40 Soal Dan Pembahasan Unbk Matematika Sma Ipa Tahun 2019 (*Simulasi Unbk 2020)

 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)Catatan calon guru yang akan kita diskusikan berikut ini ialah ihwal soal dan pembahasan UNBK Matematika SMA untuk kelompok IPA tahun 2019.

Perbedaan soal pada UNBK dan UNKP tidak terlalu signifikan, alasannya yaitu anatara UNBK dan UNKP yang berbeda ialah media mengerjakan soalnya. UNBK ialah Ujian Nasional Berbasis Komputer, dimana siswa mengerjakan soal pada komputer, sedangkan UNKP ialah Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), dimana siswa mengerjakan pada Lembar Jawaban Komputer (LJK).

Karena soal yang diujikan pada UNBK dan UNKP tidak terlalu jauh sehingga soal-soal pada UNBK, UNKP atau simulasi UNBK pada tahun sebelumnya sangat baik dijadikan materi latihan persiapan dalam menghadapai UNKP atau UNBK Matematika SMA baik itu kelompok IPA atau kelompok IPS/Bahasa.

Berikut beberapa catatan calon guru ihwal soal dan pembahasan UNBK Matematika SMA kelompok IPA, yang sanggup dijadikan materi latihan dalam persiapan menghadapi UNBK atau UNKP Matematika SMA Kelompok IPA.
Untuk melengkapi materi latihan dalam persiapan menghadapi UNBK Matematika SMA Kelompok IPA, berikut kita diskusikan soal dan pembahasan UNBK Matematika SMA kelompok IPA Tahun 2019, mari berlatih dan diskusi dari soal-soal berikut:

1. Perhatikan gambar grafik berikut.
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Jika grafik fungsi $f(x)=ax^{2}+bx+c$ menyerupai pada gambar, nilai $a,b$, dan $c$ yang memenuhi adalah...

$\begin{align}
(A)\ & a \gt 0,\ b \gt 0,\ \text{dan}\ c \gt 0 \\
(B)\ & a \lt 0,\ b \gt 0,\ \text{dan}\ c \gt 0 \\
(C)\ & a \lt 0,\ b \gt 0,\ \text{dan}\ c \lt 0 \\
(D)\ & a \gt 0,\ b \lt 0,\ \text{dan}\ c \gt 0 \\
(E)\ & a \lt 0,\ b \lt 0,\ \text{dan}\ c \lt 0
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menentukan keadaan nilai $a,b$, dan $c$ pada grafik Fungsi Kuadrat $f(x)=ax^{2}+bx+c$ sanggup kita ketahui dengan melihat keadaan parabola dari gambar tanpa harus menentukan nilai $a,b$, dan $c$.

  • Parabola terbuka ke atas sehingga nilai $a \gt 0$
  • Parabola memotong sumbu-$Y$ di atas sumbu-$X$ sehingga nilai $c \gt 0$
  • Titik puncak parabola berada di sebelah kiri sumbu-$Y$ maka $x_{p}=-\dfrac{b}{2a}$ bernilai negatif. Nilai $a \gt 0$ dan $b \gt 0$ atau $a \lt 0$ dan $b \lt 0$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ a \gt 0,\ b \gt 0,\ \text{dan}\ c \gt 0$

2. Pada tahun $2001$ usia Bayu $7$ tahun lebih renta dari usia Andi, sedangkan jumlah umur mereka pada tahun $2007$ ialah $43$ tahun. Pada tahun $2018$ usia Bayu adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 39\ \text{tahun} \\
(B)\ & 38\ \text{tahun} \\
(C)\ & 37\ \text{tahun} \\
(D)\ & 36\ \text{tahun} \\
(E)\ & 35\ \text{tahun}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan umur Andi dan Bayu pada tahun $2018$ ialah $\text{Andi}=A$ dan $\text{Bayu}=B$.

Dengan patokan tahun $2018$, tahun $2001$ ialah $17$ tahun yang lalu, sehingga umur mereka ialah $(A-17)$ dan $(B-17)$, berlaku:
$ \begin{align}
(A-17) +7& = (B-17) \\
A-10 & = B-17 \\
A-B & = -7\ \cdots (Pers.1)
\end{align} $

Dengan patokan tahun $2018$, tahun $2007$ ialah $11$ tahun yang lalu, sehingga umur mereka ialah $(A-11)$ dan $(B-11)$, berlaku:
$ \begin{align}
(A-11)+ (B-11) & = 43 \\
A+B & = 43+22 \\
A+B & = 65\ \cdots (Pers.2)
\end{align} $

Dari Sistem Persamaan Linear (Pers.1) dan (Pers.2) kita peroleh;
$\begin{array}{c|c|cc}
A-B = -7 & \\
A+B = 65 & (-) \\
\hline
-2B=-72 \\
B=36
\end{array} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 36\ \text{tahun}$

3. Perhatikan tempat penyelesaian berikut!
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Penyelesaian sistem pertidaksamaan $x+2y \leq 10$; $x-y \leq 0$; $2x-y \geq 0$; $x \geq 0$; $y \geq 0$ ditunjukkan oleh daerah...

$\begin{align}
(A)\ & I \\
(B)\ & II \\
(C)\ & III \\
(D)\ & IV \\
(E)\ & V \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menentukan tempat sistem pertidaksamaan pada Program Linear, pertama kita tentukan persamaan garis yang membatasi tempat pada gambar. Dengan menggunakan cara menentukan persamaan garis, kita peroleh persamaan sebagai berikut:

  • Garis $(1)$ ialah sumbu-$Y$, yaitu garis $x=0$
  • Garis $(2)$ melalui titik $(0,0)$ dan $(1,2)$, persamaan garis ialah $2x-y=0$
  • Garis $(3)$ melalui titik $(0,0)$ dan $(3,3)$, persamaan garis ialah $ x-y=0$
  • Garis $(4)$ melalui titik $(10,0)$ dan $(0,5)$, persamaan garis ialah $x+2y=10$
  • Garis $(5)$ ialah sumbu-$X$, yaitu garis $y=0$
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)

Untuk menentukan tempat sistem pertidaksamaan pada Program Linear, pertama kita tentukan persamaan garis yang membatasi tempat pada gambar. Dengan menggunakan cara menentukan persamaan garis sanggup dengan menggunakan uji titik atau dengan trik berikut:
  • Jika koefisien $y$ positif dan tanda $\leq$ maka tempat HP berada di bawah garis.
  • Jika koefisien $y$ positif dan tanda $\geq$ maka tempat HP berada di atas garis.
Himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan $x+2y \leq 10$; $x-y \leq 0$; $2x-y \geq 0$; $x \geq 0$; $y \geq 0$ jikalau kita gambarkan (*dengan metode terbalik), menyerupai berikut:
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(E)\ V$

4. Perhatikan gambar berikut.
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Daerah yang diarsir pada gambar di atas merupakan tempat penyelesaian dari sistem pertidaksamaan...

$(A)\ x+2y \geq 8;\ 2x+3y \geq 12;\ x \geq 0;\ y \geq 0$
$(B)\ 2x+y \geq 8;\ 3x+2y \geq 12;\ x \geq 0;\ y \geq 0$
$(C)\ 2x+y \leq 8;\ 2x+3y \leq 12;\ x \geq 0;\ y \geq 0$
$(D)\ 2x+y \leq 8;\ 3x+2y \leq 12;\ x \geq 0;\ y \geq 0$
$(E)\ x+2y \leq 8;\ 2x+3y \leq 12;\ x \geq 0;\ y \geq 0$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menentukan sistem pertidaksamaan dari tempat yang diarsir pada gambar, pertama kita harus menerima sistem persamaannya atau batas-batas tempat yang diarsir.
Pada gambar diatas ada 4 garis yang membatasi tempat yang diarsir, coba kita berikan ilustrasinya;

 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Batas-batas tempat yang memenuhi;
$\begin{align}
(1) &:\ 4x+6y=24\ \rightarrow\ 2x+3y=12 \\
(2) &:\ 8x+4y=32\ \rightarrow\ 2x+ y=8 \\
(3) &:\ y=0 \\
(4) &:\ x=0
\end{align}$
Untuk menentukan pertidaksamaannya, kita tentukan dengan titik uji. Kita pilih sebuah titik pada tempat yang merupakan himpunan penyelesaian atau tempat yang diarsir pada gambar.
  • Titik $(0,0)$ ke $2x+3y=12$ diperoleh $ 0 \leq 12 $, maka pertidaksamaannya ialah $ 2x+3y \leq 12 $
  • Titik $(0,0)$ ke $2x+ y=8$ diperoleh $ 0 \leq 8 $, maka pertidaksamaannya ialah $ 2x+ y \leq 8 $
  • Untuk batas $(3)$ dan $(4)$ tempat yang diarsir ialah tempat $x \geq 0;\ y \geq 0$

Alternatif untuk melihat atau menentukan tempat Himpunan Penyelesaian sanggup dengan melihat koefisien $y$.
  • Jika koefisien $y$ positif dan tanda $\leq$ maka tempat HP berada di bawah garis.
  • Jika koefisien $y$ positif dan tanda $\geq$ maka tempat HP berada di atas garis.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 2x+y \leq 8$; $2x+3y \leq 12$; $x \geq 0$; $y \geq 0$

5. Rita akan membuat makanan ringan manis bolu dan donat. Untuk satu adonan makanan ringan manis bolu dibutuhkan $200$ gr tepung terigu dan $100$ gr gula pasir, sedangkan untuk satu adonan donat dibutuhkan $300$ gr tepung terigu dan $80$ gr gula pasir. Rita hanya memiliki $9,4$ kg tepung terigu dan $4$ kg ggula pasir. Jika laba yang diperoleh dengan menjual makanan ringan manis bolu yang dibuat dari satu adonan ialah $Rp80.000,00$ dan laba yang di sanggup dari menjual donat yang dibuat dari satu adonan ialah $Rp60.000,00$, laba maksimum yang di sanggup Rita adalah...
$\begin{align}
(A)\ & Rp1.560.000,00 \\
(B)\ & Rp1.880.000,00 \\
(C)\ & Rp3.160.000,00 \\
(D)\ & Rp3.200.000,00 \\
(E)\ & Rp3.760.000,00
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk sanggup memodelkan duduk kasus di atas ke dalam model matematika, kita coba misalkan banyak adonan $\text{bolu} = x$ dan $\text{donat} = y$.

Deskripsi Soal
Kue Banyak Tepung Gula
bolu $x$ $200x$ $100x$
donat $y$ $300y$$80y$
Ketersediaan$\cdots $ $9.400$$4.000$
Dari tabel di atas dan keterangan soal, pemodelan matematikanya sanggup kita tuliskan dalam bentuk pertidaksamaan berikut;
  • Ketersedian tepung ialah $9.400$ maka $200x+300y \leq 9.400$, disederhanakan: $2 x+3 y \leq 9 4 $.
  • Ketersedian gula ialah $4.000$ maka $100x+80y \leq 4.000$, disederhanakan: $5 x+4 y \leq 200$.
  • Banyak bolu $(x)$ paling sedikit ialah $0$ maka $x \geq 0$
  • Banyak donat $(y)$ paling sedikit ialah $0$ maka $y \geq 0$
  • Fungsi laba $L=80.000x+60.000y$
Daerah Himpunan Penyelesaian dari sistem pertidaksamaan diatas kita gambarkan sebagai berikut;
Dengan Metode Sebenarnya, tempat HP ialah tempat yang paling banyak dilalui oleh arsiran, dan umumnya di final pekerjaan akan kesulitan untuk menemukan tempat yang paling banyak diarsir sehingga dipakai Dengan Metode Terbalik, tempat Hipunan Penyelesaian ialah tempat yang bersih (tidak ada arsiran).
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Dari tempat HP diatas, untuk menentukan nilai maksimum kita gunakan dengan titik uji;
Uji Titik
Titik $L=80.000x+60.000y$ Total Laba
$(0,0)$ $80(0)+60(0) $ $0$
$A\ \left(0,\dfrac{94}{3}\right)$ $80(0)+60(31) $ $1.860$
$B\ \left(32,10 \right)$ $80(32)+60(10) $ $3.160$
$C\ \left(40,0 \right)$ $80(40)+60(0) $ $3.200$
Dari tabel diatas laba maksimum $3.200$ (dalam ribuan).

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(D)\ Rp3.200.000,00 $

6. Seorang peternak ayam petelur mencatat banyak telur yang dihasilkan selama $12$ hari. Setiap hari, banyaknya telur yang dihasilkan bertambah $4$ buah. Jika hari pertama telur yang dihasilkan berjumlah $20$ buah, jumlah seluruh telur selama $12$ hari adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 480 \\
(B)\ & 496 \\
(C)\ & 504 \\
(D)\ & 512 \\
(E)\ & 520
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pertambahan telur setiap hari ialah sama, ini sesuai dengan konsep deret aritmatika. Catatan calon guru ihwal deret artimatika yang mungkin kita butuhkan ialah suku ke-$n$ yaitu $U_{n}=a+(n-1)b$ dan jumlah $n$ suku pertama yaitu $S_{n}=\dfrac{n}{2} \left(2a+(n-1)b \right)$ atau $S_{n}=\dfrac{n}{2} \left(a+U_{n} \right)$.

Dengan suku pertama $a=20$ dan pertambahan $b=4$, maka deretnya ialah $20+24+28+\cdots$ dan jumlah $12$ suku pertama adalah:
$\begin{align}
S_{n} & = \dfrac{n}{2} \left(2a+(n-1)b \right) \\
S_{12} & = \dfrac{12}{2} \left(2(20)+(12-1)(4) \right) \\
& = 6 \left(40+44 \right) \\
& = 6 \left(84 \right) =504
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 504$

7. Seorang peneliti melakukan pengamatan terhadap basil tertentu. Setiap $\dfrac{1}{2}$ hari basil membelah diri menjadi dua. Pada awal pengamatan terdapat $2$ bakteri. Jika setiap $2$ hari $\dfrac{1}{4}$ dari jumlah basil mati, banyak basil sesudah tiga hari adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 48\ \text{bakteri} \\
(B)\ & 64\ \text{bakteri} \\
(C)\ & 96\ \text{bakteri} \\
(D)\ & 128\ \text{bakteri} \\
(E)\ & 192\ \text{bakteri}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pertumbuhan basil yang diamati pada soal di atas menggunakan konsep deret geometri dengan $r=2$. Untuk merampungkan soal di atas sanggup dipakai rumus suku ke-n barisan geometri yaitu $U_{n}=ar^{n-1}$.

Tetapi alasannya yaitu yang diminta banyak basil dalam waktu tiga hari, kita kerjakan secara manual;

  • Hari Pertama: $2 \rightarrow 4 \rightarrow 8$
  • Hari Kedua: $8 \rightarrow 16 \rightarrow 32$
    Bakteri mati $\dfrac{1}{4}$, sehingga tinggal $32-8=24$
  • Hari Ketiga: $24 \rightarrow 48 \rightarrow 96$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 96$

8. Seorang anak melompat di atas trampolin. Dalam sekali ayun, pantulan pertama setinggi $150$ cm. Tinggi pantulan berikutnya hanya $\dfrac{1}{4}$ tinggi sebelumnya. Panjang lintasan seluruhnya hingga berhenti adalah...
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
$\begin{align}
(A)\ & 450\ cm \\
(B)\ & 400\ cm \\
(C)\ & 350\ cm \\
(D)\ & 300\ cm \\
(E)\ & 250\ cm
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menghitung panjang lintasan lompatan anak hingga berhenti sanggup dipakai konsep deret geometri tak hingga dengan suku pertama $a=150$ dan rasio $r=\dfrac{1}{4}$. Catatan calon guru ihwal deret geometri tak hingga yang mungkin kita butuhkan yaitu jumlah deret geometri tak hingga $S_{\infty}=\dfrac{a}{1-r}$.

Jika kita tuliskan keseluruhan lintasan yang di tempuh anak naik dan turun adalah:
$\begin{align}
& 150+150+\dfrac{75}{2}+\dfrac{75}{2}+\dfrac{75}{8}+\dfrac{75}{8}+\cdots \\
&=2 \left( 150+ \dfrac{75}{2}+\dfrac{75}{8}+\cdots \right) \\
&=2 \left( 150+ \dfrac{75}{2}+\dfrac{75}{8}+\cdots \right) \\
\hline
S_{\infty} &=\dfrac{a}{1-r} \\
\hline
&=2 \left( \dfrac{150}{1-\dfrac{1}{4}} \right) \\
&=2 \left( \dfrac{150}{\dfrac{3}{4}} \right) \\
&=2 \left( 150 \times \dfrac{4}{3} \right) \\
&=2 \left( 200 \right) \\
&= 400
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ 400\ cm$

9. Daerah asal fungsi $h(x)= \sqrt{ \dfrac{x^{2}-3x+2}{x+2}}$ semoga terdefenisi adalah...
$(A)\ \left \{x | -2 \lt x \leq 1\ \text{atau}\ x \geq 2,\ x \in \mathbb{R} \right \}$
$(B)\ \left \{x | -2 \leq x \leq 1\ \text{atau}\ x \geq 2,\ x \in \mathbb{R} \right \}$
$(C)\ \left \{x | -2 \lt x \leq 1\ \text{atau}\ x \geq 1,\ x \in \mathbb{R} \right \}$
$(D)\ \left \{x | x \lt -2\ \text{atau}\ 1 \leq x \leq 2\ x \in \mathbb{R} \right \}$
$(E)\ \left \{x | x \leq -2\ \text{atau}\ 1 \leq x \leq 2\ x \in \mathbb{R} \right \}$
Alternatif Pembahasan:

Domain (daerah asal) fungsi $f(x)$ semoga $f(x)$ terdefinisi maksudnya ialah batasan nilai $x$ semoga fungsi $f(x)$ memiliki nilai real atau sering juga disebut hanya "agar fungsi $f(x)$ memiliki penyelesaian".

Fungsi pada soal terdiri atas dua fungsi yaitu, fungsi bentuk akar dan fungsi pecahan.

Untuk fungsi bagian $f(x)=\dfrac{u(x)}{v(x)}$, semoga fungsi bagian terdefenisi (mempunyai nilai real) syaratnya ialah penyebut tidak sama dengan nol $v(x) \neq 0$.
$ \begin{align}
x+2 & \neq 0 \\
x & \neq -2
\end{align} $

Untuk fungsi bentuk akar $f(x)=\sqrt{u(x)}$, semoga fungsi bagian terdefenisi (mempunyai nilai real) syaratnya ialah yang di dalam akar harus lebih dari atau sama dengan nol $u(x) \geq 0$.
$ \begin{align}
\dfrac{x^{2}-3x+2}{x+2} & \geq 0 \\
\dfrac{(x-2)(x-1)}{x+2} & \geq 0
\end{align} $
Untuk mencari himpunan penyelesaian pada pertidaksamaan bagian dia atas, menyerupai gambar berikut:

 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Himpunan penyelesaian $\dfrac{(x-2)(x-1)}{x+2} \geq 0$ ialah $-2 \leq x \leq 1$ atau $x \geq 2$.

Jika kesulitan untuk merampungkan pertidaksamaan bagian di atas, silahkan dicoba Bank Soal Matematika Dasar Pertidaksamaan (*Soal dan Pembahasan).

Batasan nilai $x$ yang memenuhi ialah irisan dari pertidaksamaan $-2 \leq x \leq 1$, $x \geq 2$ dan $x \neq -2$ yaitu:

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ \left \{x | -2 \lt x \leq 1\ \text{atau}\ x \geq 2,\ x \in \mathbb{R} \right \}$


10. Fungsi $f:R \rightarrow R$ dan $g: R \rightarrow R$. Jika $g(x)=x-1$ dan $(fog)(x)=x^{3}-4x$, nilai dari $f(2)=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 9 \\
(B)\ & 13 \\
(C)\ & 15 \\
(D)\ & 17 \\
(E)\ & 25
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal Fungsi Komposisi di atas, diketahui $(fog)(x)=x^{3}-4x$ maka:
$ \begin{align}
f \left ( g(x) \right ) & = x^{3}-4x \\
f \left ( x-1 \right ) & = x^{3}-4x \\
\hline
\text{untuk}\ x=3 \\
\hline
f \left ( 3-1 \right ) & = 3^{3}-4(3) \\
f \left ( 2 \right ) & = 27-12 \\
& = 15 \\
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 15$

11. Diketahui fungsi $f(x)=\sqrt{5x+1}$, dengan $x \geq -\dfrac{1}{5}$. Jika $f^{-1}(x)$ ialah invers dari fungsi $f(x)$, nilai dari $f^{-1}(3)=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 0 \\
(B)\ & \dfrac{4}{5} \\
(C)\ & 1 \\
(D)\ & \dfrac{8}{5} \\
(E)\ & 2
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal Fungsi Invers di atas, diketahui $f(x)=\sqrt{5x+1}$ maka berlaku:
$ \begin{align}
y & = \sqrt{5x+1} \\
y^{2} & = 5x+1 \\
y^{2}-1 & = 5x \\
\dfrac{y^{2}-1}{5} & = x \\
\hline
f^{-1}(x) &=\dfrac{x^{2}-1}{5} \\
f^{-1}(3) &=\dfrac{3^{2}-1}{5} \\
&=\dfrac{8}{5}
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ \dfrac{8}{5}$

12. Diketahui persamaan matriks $\begin{pmatrix}
a & b\\
1 & 3
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
2 & 1\\
4 & -2
\end{pmatrix}=\begin{pmatrix}
8 & 12\\
14 & -5
\end{pmatrix}$. Nilai $2a-b=\cdots$

$\begin{align}
(A)\ & 18 \\
(B)\ & 16 \\
(C)\ & 14 \\
(D)\ & 10 \\
(E)\ & 6
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal perkalian matriks di atas, maka berlaku:
$\begin{align}
\begin{pmatrix}
a & b\\
1 & 3
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
2 & 1\\
4 & -2
\end{pmatrix} &= \begin{pmatrix}
8 & 12\\
14 & -5
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
2a+4b & a-2b\\
2+12 & 1-6
\end{pmatrix} &= \begin{pmatrix}
8 & 12\\
14 & -5
\end{pmatrix}
\end{align} $
$\begin{array}{c|c|cc}
2a+4b = 8 & \times 1 \\
a-2b = 12 & \times 2 \\
\hline
2a+4b = 8 & \\
2a-4b = 24 & (+)\\
\hline
4a=32 \\
a=8 \\
b=-2
\end{array} $
Nilai $2a-b=2(8)-(-2)=18$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ 18$

13. Misalkan $A'(-1,-2)$ dan $B'(3,7)$ ialah hasil bayangan titik $A(-1,0)$ dan $B(2,1)$ oleh transformasi matriks $X$ berordo $2 \times 2$. Jika $C'(0,1)$ ialah bayangan titik $C$ oleh transformasi tersebut, titik $C$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & (-1,1) \\
(B)\ & (1,1) \\
(C)\ & (1,3) \\
(D)\ & (2,-3) \\
(E)\ & (2,3)
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari catatan calon guru ihwal Transformasi Geometri bahwa sebuah titik $A(x,y)$ ditransformasikan oleh sebuah matriks $X$ dan menghasilkan bayangan $A'(x',y')$ sehingga berlaku;
$\begin{align}
\begin{pmatrix}
x'\\
y'
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
a & b \\
c & d
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
x \\
y
\end{pmatrix}\\
\begin{pmatrix}
-1 \\
-2
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
a & b \\
c & d
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
-1 \\
0
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
-1 \\
-2
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
-a \\
-c
\end{pmatrix}\\
a=1\ \text{dan}\ c=2 \\
\hline
\begin{pmatrix}
3 \\
7
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
a & b \\
c & d
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
2 \\
1
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
3 \\
7
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
2a+b \\
2c+d
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
3 \\
7
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
2(1)+b \\
2(2)+d
\end{pmatrix} \\
b=1\ \text{dan}\ d=3 \\
\hline
\end{align}$
Matriks $X=\begin{pmatrix}
1 & 1 \\
2 & 3
\end{pmatrix}$

Titik $C(x,y)$
$\begin{align}
\begin{pmatrix}
0 \\
1
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
1 & 1 \\
2 & 3
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
x \\
y
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
0 \\
1
\end{pmatrix} &=\begin{pmatrix}
x+y \\
2x+3y
\end{pmatrix}
\end{align}$
Dari kesamaan dua matriks di atas, kita peroleh $x+y=0$ dan $2x+3y=1$. Dengan proses eliminasi atau substitusi kita peroleh nilai $(x,y)$ ialah $(-1,1)$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ (-1,1)$

14. Diketahui $f(x)=5x^{2}+3$. Hasil dari $\lim\limits_{h \to 0} \dfrac{f(x+h)-f(x)}{h}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 0 \\
(B)\ & 5 \\
(C)\ & 10 \\
(D)\ & 10x \\
(E)\ & 5x^{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada soal, yang ditanyakan ialah $\lim\limits_{h \to 0} \dfrac{f(x+h)-f(x)}{h}$ dari sebuah fungsi $f(x)$. Jika kita teliti dalam membaca soal bahwa yang ditanyakan pada soal ialah turunan fungsi $f(x)$.
Defenisi turunan fungsi $f(x)$ ialah $f'(x)=\lim\limits_{h \to 0} \dfrac{f(x+h)-f(x)}{h}$.
$ \begin{align}
f(x) &=5x^{2}+3 \\
f'(x) &=10x
\end{align}$

Tetapi jikalau ingin mengerjakannya dengan proses limit fungsi,
$\begin{align}
& \lim\limits_{h \to 0} \dfrac{f(x+h)-f(x)}{h} \\
& = \lim\limits_{h \to 0} \dfrac{ 5(x+h)^{2}+3 -\left( 5x^{2}+3 \right)}{h} \\
& = \lim\limits_{h \to 0} \dfrac{ 5 \left(x^{2}+2hx+h^{2} \right) +3 - 5x^{2}-3}{h} \\
& = \lim\limits_{h \to 0} \dfrac{ 5 x^{2}+10hx+5h^{2} +3 - 5x^{2}-3}{h} \\
& = \lim\limits_{h \to 0} \dfrac{ +10hx+5h^{2}}{h} \\
& = \lim\limits_{h \to 0} \left( +10 x+5h \right) \\
& = 10 x+5(0) \\
& = 10x
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 10x$

15. Nilai $\lim\limits_{x \to 2} \dfrac{x^{2}-6x+8}{3-\sqrt{17-2x^{2}}}=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 6 \\
(B)\ & \dfrac{2}{3} \\
(C)\ & 0 \\
(D)\ & -\dfrac{3}{2} \\
(E)\ & -6
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Bentuk soal limit fungsi di atas sanggup kita kerjakan dengan menggunakan turunan atau dengan akar sekawan, disini kita coba dengan mengalikan dengan akar sekawan.
$\begin{align}
& \lim\limits_{x \to 2} \dfrac{x^{2}-6x+8}{3-\sqrt{17-2x^{2}}} \cdot \dfrac{3+\sqrt{17-2x^{2}}}{3+\sqrt{17-2x^{2}}} \\
& = \lim\limits_{x \to 2} \dfrac{(x-2)(x-4)\left( 3+\sqrt{17-2x^{2}} \right)}{9-\left( 17-2x^{2} \right)} \\
& = \lim\limits_{x \to 2} \dfrac{(x-2)(x-4)\left( 3+\sqrt{17-2x^{2}} \right)}{ 2x^{2}-8} \\
& = \lim\limits_{x \to 2} \dfrac{(x-2)(x-4)\left( 3+\sqrt{17-2x^{2}} \right)}{ 2(x-2)(x+2)} \\
& = \lim\limits_{x \to 2} \dfrac{ (x-4)\left( 3+\sqrt{17-2x^{2}} \right)}{ 2 (x+2)} \\
& = \dfrac{ (2-4)\left( 3+\sqrt{17-2(2)^{2}} \right)}{ 2 (2+2)} \\
& = \dfrac{ (-2)\left( 3+3 \right)}{8} \\
& = -\dfrac{3}{2}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(D)\ -\dfrac{3}{2}$

16. Nilai dari $ \lim\limits_{x \to \infty} \left ( \left (\sqrt{3x} -\sqrt{3x-4} \right ) \left( \sqrt{3x+2} \right) \right )$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -\dfrac{4}{3}\sqrt{3} \\
(B)\ & -2 \\
(C)\ & 0 \\
(D)\ & 2 \\
(E)\ & \dfrac{4}{3}\sqrt{3}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Soal limit fungsi tak hingga di atas kita coba kerjakan dengan santunan rumus alternatif yaitu $\dfrac{b-q}{2\sqrt{a}}$.
$\begin{align}
& \lim\limits_{x \to \infty} \left ( \left (\sqrt{3x} -\sqrt{3x-4} \right ) \left( \sqrt{3x+2} \right) \right ) \\
&= \lim\limits_{x \to \infty} \left (\sqrt{\left( 3x \right)\left( 3x+2 \right)} -\sqrt{\left( 3x-4 \right)\left( 3x+2 \right)} \right ) \\
&= \lim\limits_{x \to \infty} \left (\sqrt{9x^{2}+6x} -\sqrt{9x^{2}-6x-8} \right ) \\
&= \dfrac{b-q}{2\sqrt{a}} \\
&= \dfrac{6-(-6)}{2\sqrt{9}} \\
&= \dfrac{12}{6}=2
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 2$

17. Persamaan garis singgung kurva $y=\sqrt{2x+7}$ yang tegak lurus dengan garis $5x+y-10=0$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & x-5y+4=0 \\
(B)\ & x-5y+16=0 \\
(C)\ & x-5y+34=0 \\
(D)\ & x+5y-4=0 \\
(E)\ & x+5y-16=0 \\ \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika gradien garis singgung kurva ialah $m_{1}$, gradien garis $5x+y-10=0$ ialah $m_{2}=-5$ dan kedua garis saling tegak lurus maka berlaku:
$\begin{align}
m_{1} \times m_{2}=-1 \\
m_{1} \times -5=-1 \\
m_{1} = \dfrac{1}{5}
\end{align}$

Untuk menerima Persamaan Garis Singgung Kurva kita perlu sebuah titik singgung pada kurva dan gradien garis. Gradien persamaan garis singgung pada kurva $y=\sqrt{2x+7}$ gradiennya ialah $m=\dfrac{1}{5}$.
$\begin{align}
y & = \sqrt{2x+7} \\
y & = \left( 2x+7 \right)^{\frac{1}{2}} \\
m=y' & = \frac{1}{2} \left( 2x+7 \right)^{-\frac{1}{2}} \cdot 2 \\
\dfrac{1}{5} & = \left( 2x+7 \right)^{-\frac{1}{2}} \\
\dfrac{1}{5} & = \dfrac{1}{\sqrt{2x+7}} \\
\sqrt{2x+7} & = 5 \\
2x+7 & = 25 \\
2x & = 18 \\
x & = 9 \\
y & = \sqrt{2x+7}\\
&=\sqrt{2(9)+7}=5
\end{align} $

Persamaan garis singgung kurva melalui titik $(9,5)$ dengan gradien $m=\dfrac{1}{5}$
$\begin{align}
y-y_{1} & = m (x-x_{1}) \\
y-5 & = \dfrac{1}{5} (x-9) \\
5y-25 & = x-9 \\
5y-x-25+9 & = 0 \\
5y-x-16 & = 0 \\
x-5y+16 & = 0
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ x-5y+16=0$

18. Persamaan garis yang melalui $A(2,-4)$ dan tegak lurus dengan garis singgung kurva $y=2x^{2}-3x-6$ pada titik tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 5x-y-14=0 \\
(B)\ & 5x+y-6=0 \\
(C)\ & x+5y-27=0 \\
(D)\ & x+5y+18=0 \\
(E)\ & x-5y-22=0 \\ \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menerima Persamaan Garis Singgung Kurva kita perlu sebuah titik singgung pada kurva dan gradien garis.
$\begin{align}
y & = 2x^{2}-3x-6 \\
m=y' & = 4x-3 \\
\hline
x=2 \\
\hline
m=4(2)-3=5
\end{align} $

Jika gradien garis singgung kurva ialah $m_{1}=5$, gradien garis ialah $m_{2}$ dan kedua garis saling tegak lurus maka berlaku:
$\begin{align}
m_{1} \times m_{2}=-1 \\
5 \times m_{2}=-1 \\
m_{2} = -\dfrac{1}{5}
\end{align}$

Persamaan garis singgung kurva melalui titik $A(2,-4)$ dengan gradien $m=-\dfrac{1}{5}$
$\begin{align}
y-y_{1} & = m (x-x_{1}) \\
y-(-4) & = -\dfrac{1}{5} (x-2) \\
-5y-20 & = x-2 \\
-5y-20-x+2 & = 0 \\
-5y-x-18 & = 0 \\
x+5y+18 & = 0
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ x+5y+18=0$


19. Dari selembar karton berbentuk persegi yang berukuran sisi $30\ cm$ akan dibuat kotak tanpa tutup, dengan cara mengunting empat persegi di setiap pojok karton, menyerupai gambar. Volume kotak yang terbesar yang sanggup dibuat adalah...
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
$\begin{align}
(A)\ & 2.000\ cm^{3} \\
(B)\ & 3.000\ cm^{3} \\
(C)\ & 4.000\ cm^{3} \\
(D)\ & 5.000\ cm^{3} \\
(E)\ & 6.000\ cm^{3} \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Soal ini ialah salah satu contoh penerapan atau aplikasi fungsi turunan, volume kotak sanggup kita hitung dengan aturan menghitung volum tabung yaitu $\text{Luas Alas} \times \text{tinggi}$.

Panjang sisi karton ialah $30\ cm$ dan dipotong sebesar $x\ cm$ di setiap sudut karton, sehingga alas kotak nantinya ialah persegi dengan panjang sisi $30-2x$ dan tinggi kotak ialah $x$. Volume kotak adalah:
$\begin{align}
V(x) & = \left(30-2x \right)^{2} \cdot x \\
& = \left( 900-120x+4x^{2} \right) \cdot x \\
& = 4x^{3}-120x^{2}+900x \\
\end{align}$

Volume kotak terbesar kita coba tentukan dengan uji turunan pertama yaitu;
$\begin{align}
V'(x) & = 0 \\
12x^{2}-240x+900 & = 0 \\
x^{2}-20x+75 & = 0 \\
(x-15)(x-5) & = 0
\end{align}$

Untuk menentukan volume kotak terbesar sanggup dengan menguji pembuat nol pada turunan pertama ($x=5$ dan $x=15$) ke turunan kedua yaitu;
$\begin{align}
V''(x) & = 2x-20 \\
\hline
x=15 & \rightarrow V''(15) = 10\ ( 10 \gt 0) \\
& x=15\ \text{pembuat volume minimum} \\
\hline
x=5 & \rightarrow V''(5) = -10\ (-10 \lt 0) \\
& x=5\ \text{pembuat volume maximum} \\
\hline
V(x) & = \left(30-2x \right)^{2} \cdot x \\
V(5) & = \left(30-2(5) \right)^{2} \cdot 5 \\
V(5) & = 400 \cdot 5 =2000
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ 2.000\ cm^{3}$

20. $\int \left ( 12x^{2}-4x+1 \right )\ dx =\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 6x^{3}-4x^{2}+x + C \\
(B)\ & 6x^{3}-4x^{2} + C \\
(C)\ & 4x^{3}+2x^{2}+x + C \\
(D)\ & 4x^{3}-2x^{2}+x + C \\
(E)\ & 4x^{3}+2x^{2}+x + C
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
&\int \left ( 12x^{2}-4x+1 \right )\ dx \\
& = \dfrac{12}{2+1}x^{2+1}-\dfrac{4}{1+1}x^{1+1}+1x+C\\
& = 4x^{3}-2x^{2}+ x+C
\end{align}$
Soal integral di atas sangat sederhana, coba berlatih lagi soal integral disini

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 4x^{3}-2x^{2}+x + C$

21. Hasil dari $\int \left ( x-2 \right ) \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{5}\ dx $ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{1}{3} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} + C \\
(B)\ & \dfrac{1}{6} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} + C \\
(C)\ & \dfrac{1}{12} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} + C \\
(D)\ & \dfrac{1}{6} \left ( x-2 \right )^{2} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} + C \\
(E)\ & \dfrac{1}{6} \left ( x-2 \right )^{2} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} + C
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk merampungkan soal Integral di atas kita coba dengan menggunakan pemisalan;

misal:
$\begin{align}
u & = x^{2}-4x+3 \\
\dfrac{du}{dx} & = 2x-4 \\
\dfrac{du}{dx} & = 2 (x-2) \\
\dfrac{1}{2}\ du & = (x-2)\ dx
\end{align}$

Soal di atas, kini bisa kita rubah menjadi;
$\begin{align}
&\int \left ( x-2 \right ) \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{5}\ dx \\
& = \int u^{5} \left ( x-2 \right )\ dx \\
& = \int u^{5} \cdot \dfrac{1}{2}\ du \\
& = \dfrac{1}{5+1} u^{5+1} \cdot \dfrac{1}{2}+C \\
& = \dfrac{1}{12} u^{6} +C \\
& = \dfrac{1}{12} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} +C \\
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ \dfrac{1}{12} \left ( x^{2}-4x+3 \right )^{6} + C$

22. Diketahui $sin\ A=\dfrac{1}{a}$, $A$ ialah sudut tumpul. Nilai $cos\ A=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{a}{\sqrt{a^{2}+1}} \\
(B)\ & \dfrac{1}{\sqrt{a^{2}+1}} \\
(C)\ & \dfrac{\sqrt{a^{2}+1}}{a} \\
(D)\ & -\dfrac{\sqrt{a^{2}+1}}{a} \\
(E)\ & -\dfrac{\sqrt{a^{2}-1}}{a}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Masalah trigonometri di atas sanggup kita selesaikan dengan menggunakan santunan segitiga siku-siku kemudian defenisi sinus dan cosinus. Tetapi berikut ini kita coba selesaikan dengan menggunakan identitas trigonometri dasar yaitu:
$\begin{align}
sin^{2}A+cos^{2}A &=1 \\
cos^{2}A &=1-sin^{2}A \\
&=1-\left( \dfrac{1}{a} \right)^{2} \\
&=1- \dfrac{1}{a^{2}} \\
&=\dfrac{a^{2}}{a^{2}}-\dfrac{1}{a^{2}} \\
&=\dfrac{a^{2}-1}{a^{2}} \\
cos\ A &=\pm \sqrt{\dfrac{a^{2}-1}{a^{2}}} \\
cos\ A &=\pm \dfrac{\sqrt{ a^{2}-1}}{a}
\end{align}$
Karena $A$ ialah sudut tumpul, maka $A$ berada di kwadran kedua sehingga $cos\ A$ bernilai negatif, $cos\ A =- \dfrac{\sqrt{ a^{2}-1}}{a}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ -\dfrac{\sqrt{a^{2}+1}}{a}$

23. Grafik fungsi trigonometri $y=sin \left( 2x-90^{\circ} \right)$ adalah...
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Alternatif Pembahasan:

Grafik fungsi trigonometri $y=sin \left( 2x-90^{\circ} \right)$

  • Aplitudo ialah $1$,
    • Nilai maksimum ialah $1$ saat $x=90^{\circ},270^{\circ},\cdots$
    • Nilai minimum ialah $-1$ saat $x=0^{\circ},180^{\circ},\cdots$
  • Pembuat fungsi nol atau $y=0$ saat $x=45^{\circ},135^{\circ},225^{\circ},\cdots$
Silahkan disimak, soal komplemen untuk grafik fungsi trigonometri

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)$

24. Sebidang tanah berbentuk segitiga dengan setiap titik sudutnya diberi tonggak pembatas $A, B,\ \text{dan}\ C$. Jika jarak antara tonggak $A$ dan $B$ ialah $300\ m$, sudut $ABC=45^{\circ}$, dan sudut $BCA=60^{\circ}$, jarak antara tonggak $A$ dan $C$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 50\sqrt{6}\ m \\
(B)\ & 100\sqrt{3}\ m \\
(C)\ & 150\sqrt{2}\ m \\
(D)\ & 100\sqrt{6}\ m \\
(E)\ & 300\sqrt{6}\ m
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Sebagai citra jikalau kita gambarkan tonggak pembatas $A, B,\ \text{dan}\ C$ beserta ukurannya, sanggup digambarkan menyerupai berikut:


Dengan menggunkan Aturan Sinus sanggup kita hitung, $AC$ yaitu:
$\begin{align}
\dfrac{AC}{sin\ ABC} & = \dfrac{AB}{sin\ ACB} \\
\dfrac{AC}{sin\ 45^{\circ}} & = \dfrac{300}{sin\ 60^{\circ}} \\
AC & = \dfrac{300}{sin\ 60^{\circ}} \cdot sin\ 45^{\circ} \\
& = \dfrac{300}{\frac{1}{2} \sqrt{3}} \cdot \frac{1}{2} \sqrt{2} \\
& = \dfrac{300\sqrt{2}}{ \sqrt{3}} \cdot \dfrac{\sqrt{3}}{ \sqrt{3}}\\
& = 100 \sqrt{6}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 100 \sqrt{6}$

25. Diketahui kubus $ABCD.EFGH$ dengan panjang rusuk $6\ cm$. Titik $P,\ Q,\ \text{dan}\ R$ berturut-turut merupakan titik tengah rusuk $EH,\ BF,\ \text{dan}\ CG$. Jarak titik $P$ ke garis $QR$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 3 \sqrt{7}\ cm \\
(B)\ & 3 \sqrt{6}\ cm \\
(C)\ & 3 \sqrt{5}\ cm \\
(D)\ & 3 \sqrt{3}\ cm \\
(E)\ & 2 \sqrt{3}\ cm
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita gambarkan kubus $ABCD.EFGH$ dan titik $P,\ Q,\ R$ menyerupai berikut ini:

teorema phytagoras pada segitiga $PTS$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
PS^{2} &= PT^{2}+TS^{2} \\
&= 6^{2}+3^{2} \\
&= 36+9 \\
&= 45 \\
PS &= \sqrt{45} \\
&= 3 \sqrt{5}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 3 \sqrt{5}\ cm$

26. Diketahui kubus $ABCD.EFGH$ dengan panjang rusuk $3\ cm$. Jarak titik $C$ ke garis $BDG$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \sqrt{2}\ cm \\
(B)\ & \sqrt{3}\ cm \\
(C)\ & 2 \sqrt{2}\ cm \\
(D)\ & 2 \sqrt{3}\ cm \\
(E)\ & 3 \sqrt{3}\ cm
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita gambarkan kubus $ABCD.EFGH$ dan titik $C$ ke bidang $BDG$ menyerupai berikut ini:

 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Jarak titik $C$ ke bidang $BDG$ adalah
$\begin{align}
OC &= \dfrac{1}{3} EC \\
&= \dfrac{1}{3} \cdot 6 \sqrt{3} \\
&= 2\sqrt{3}
\end{align}$

Jika ingin melihat penjelasan jarak titik ke bidang dengan posisi sama menyerupai soal diatas ialah $\frac{1}{3} a \sqrt{3}$. Penjelasannya silahkan simak di Pertanyaan Tentang Jarak Titik ke Bidang [Geometri] atau Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Terbuat Dari Kertas.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 2 \sqrt{3}\ cm$

27. Persamaan peta garis $x-2y-4=0$ yang dirotasikan dengan pusat $O(0,0)$ sebesar $90^{\circ}$ berlawanan arah dengan jarum jam dan dilanjutkan dengan pencerminan terhadap garis $y=$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & x+2y+4=0 \\
(B)\ & x+2y-4=0 \\
(C)\ & 2x+ y+4=0 \\
(D)\ & 2x-y-4=0 \\
(E)\ & 2x+y-4=0
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Catatan calon guru ihwal Transformasi Geometri yang mungkin membantu yaitu;

  • Jika titik $A(x,y)$ dicerminkan terhadap garis $y=x$ maka bayangan yang dihasilkan ialah $A'\left( y, x \right)$
    Dengan menggunakan matriks,
    $A'=\begin{pmatrix}
    x'\\y'
    \end{pmatrix}=\begin{pmatrix}
    0 & 1\\
    1 & 0
    \end{pmatrix}\begin{pmatrix}
    x\\y
    \end{pmatrix}$
  • Jika titik $A(x,y)$ dirotasi sejauh $\theta$ dengan pusat $(0,0)$ maka bayangan yang dihasilkan adalah
    $A'=\begin{pmatrix}
    x'\\y'
    \end{pmatrix}=\begin{pmatrix}
    cos\ \theta & - sin\ \theta\\
    sin\ \theta & cos\ \theta
    \end{pmatrix}\begin{pmatrix}
    x \\y
    \end{pmatrix}$
  • Jika $T_{1}$ ialah suatu transformasi yang memetakan obyek $A(x,y)$ ke obyek lain $A'$, kemudian dilanjutkan oleh transformasi $T_{2}$ obyek $A'$ dipetakan ke obyek $A''(x'',y'')$ secara umum Bayangan hasil komposisi transformasi (*Refleksi, Rotasi dan Dilatasi)
    $\begin{pmatrix}
    x''\\ y''
    \end{pmatrix}=T_{2} \cdot T_{1} \cdot \begin{pmatrix}
    x \\ y
    \end{pmatrix}$
Bayangan kurva $x-2y-4=0$ oleh rotasi $[0,90^{\circ}]$, kemudian dilanjutkan oleh pencerminan terhadap garis $y=x$
$\begin{align}
\begin{pmatrix}
x''\\ y''
\end{pmatrix} &= T_{2} \cdot T_{1} \cdot \begin{pmatrix}
x \\ y
\end{pmatrix} \\
&= \begin{pmatrix}
0 & 1\\
1 & 0
\end{pmatrix} \cdot \begin{pmatrix}
cos\ 90^{\circ} & - sin\ 90^{\circ}\\
sin\ 90^{\circ} & cos\ 90^{\circ}
\end{pmatrix} \cdot \begin{pmatrix}
x \\ y
\end{pmatrix} \\
&= \begin{pmatrix}
0 & 1\\
1 & 0
\end{pmatrix} \cdot \begin{pmatrix}
0 & -1\\
1 & 0
\end{pmatrix} \cdot \begin{pmatrix}
x \\ y
\end{pmatrix} \\
&= \begin{pmatrix}
1 & 0\\
0 & -1
\end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix}
x \\ y
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
x''\\ y''
\end{pmatrix} &= \begin{pmatrix}
x \\ -y
\end{pmatrix}
\end{align}$
Dari kesamaan dua matriks di atas kita peroleh $x''=x$ dan $y''=-y$
$\begin{align}
x-2y-4 &= 0 \\
x''-2\left( -y''\right)-4 &= 0 \\
x +2y-4 &= 0
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ x+2y-4=0$


28. Diagram batang berikut menyampaikan produksi pakaian yang dikelola Bu Rahmi selama tahun 2017 dari bulan Januari hingga bulan Desember.
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Peningkatan tertinggi jumlah produksi pakaian Bu Rahmi terjadi pada bulan...
$\begin{align}
(A)\ & \text{April} \\
(B)\ & \text{Juni} \\
(C)\ & \text{Juli} \\
(D)\ & \text{September} \\
(E)\ & \text{November} \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari informasi yang disampaikan pada diagram batang di atas sanggup kita lihat produksi pakaian setiap bulan yang dikelola oleh Bu Rahma. Tiap bulan hasil produksi pakaian berbeda-beda dan peningkatan produksi jikalau kita jabarkan mulai bulan Februari, menyerupai berikut ini:

  • Februari: $136-122=14$
  • Maret: $112-136=-24$
  • April: $151-112=39$
  • Mei: $18-151=-133$
  • Juni: $81-18=63$
  • Juli: $133-81=52$
  • Agustus: $150-133=17$
  • September: $166-150=16$
  • Oktober: $87-166=-79$
  • November: $153-87=66$
  • Desember: $131-153=-22$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(E)\ \text{November}$

29. Perhatikan histogram data hasil pengukuran berat badan sekelompok domba berikut ini.
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Kuartil bawah dari data tersebut adalah...

$\begin{align}
(A)\ & 43,19\ kg \\
(B)\ & 46,27\ kg \\
(C)\ & 46,88\ kg \\
(D)\ & 47,28\ kg \\
(E)\ & 56,00\ kg
\end{align} $
Alternatif Pembahasan:

Kuartil ialah suatu nilai pembatas yang membagi data menjadi empat penggalan yang sama besar sesudah diurutkan dari yang terkecil ke terbesar.
Kuartil terdiri dari tiga jenis yaitu kuartil pertama $(Q_{1})$ yang disebut juga kuartil bawah, Kuartil kedua $(Q_{2})$ yang disebut juga median atau nilai tengah, dan Kuartil ketiga $(Q_{3})$ yang disebut juga kuartil atas.

Untuk Statistika data berkelompok, data sanggup disajika dalam bentuk histogram menyerupai di atas dan jikalau kita sajikan dalam bentuk tabel, menyerupai berikut;

Berat Frekuensi
$36-40$ $3$
$41-45$ $5$
$46-50$ $13$
$51-55$ $10$
$56-60$ $6$
$61-65$ $3$
Jumlah $40$
Untuk menentukan letak $Q_{1}$ ada pada data ke- $\left[\frac{1}{4}(n+1) \right]$
$Q_{1}$ terletak pada data ke- $\left[\frac{1}{4}(40+1) \right]=10,25$

$Q_{1}$ pada data ke-$10,25$ artinya $Q_{1}$ berada pada kelas interval $46-50$
Tepi bawah kelas $Q_{1}$: $46-50$
$t_{b}= 46 - 0,5 = 45,5 $
Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Q_{1}$,
$f_{k}= 3+5=8$
Frekuensi kelas $Q_{1}$, $f_{Q_{1}}=13$
Panjang kelas $c=50,5-46,5=5$

$ \begin{align}
Q_{1} & = t_{b} + \left( \frac{\frac{1}{4}n - f_{k}}{f_{Q_{1}}} \right)c \\
& = 45,5 + \left( \frac{\frac{1}{4} \cdot 40 - 8}{13} \right) 5 \\
& = 45,5 + \left( \frac{10 - 8}{13} \right) 5 \\
& = 45,5 + \left( \frac{2}{13} \right) 5 \\
& = 45,5 + \frac{10}{13} \\
& = 45,5+0,77 \\
& = 46,27
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(B)\ 46,27\ kg$

30. Tabel berikut menyatakan hasil penilaian guru terhadap kemampuan pelajaran fisika dari $70$ orang siswa.
Nilai Frekuensi
$34-38$ $5$
$49-43$ $9$
$44-48$ $14$
$49-53$ $20$
$54-58$ $16$
$59-63$ $6$
Modus dari data pada tabel tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 49,5 \\
(B)\ & 50,5 \\
(C)\ & 51,5 \\
(D)\ & 52,5 \\
(E)\ & 53,5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Modus ialah nilai yang paling sering muncul atau frekuensi yang paling besar.
Untuk data tunggal modus suatu data simpel ditemukan, tetapi untuk Statistika data berkelompok modus data sedikit lebih rumit.
Modus data berkelompok dirumuskan menyerupai berikut ini;
$Mo = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c$
dimana;
$Tb_{mo}:$Tepi bawah kelas modus, dan Kelas modus ialah kelas dengan frekuensi paling besar.
Dari tabel terlihat bahwa kelas yang memiliki frekuensi tertinggi ialah kelas $49-53$ dengan frekuensi $20$, maka kelas modusnya ialah kelas ke-4 dengan interval $49-53$; $(Tb_{mo} = 49 - 0,5 = 48,5)$;
$d_1:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sebelum kelas modus; $(d_{1}=20-14=6)$;
$d_2:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sesudah kelas modus; $(d_{2}=20-16=4)$;
$c:$ Panjang Kelas $(c=53,5-48,5=5)$;

$ \begin{align}
Mo & = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c \\
& = 48,5 + \left( \frac{6}{4 + 6} \right) \cdot 5 \\
& = 48,5 + \left( \frac{4}{10} \right) \cdot 5 \\
& = 48,5 + \frac{20}{10} \\
& = 48,5 + 2 \\
& = 50,5
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(B)\ 50,5$

31. Diketahui data: $7,6,2,p,3,4$. Jika rata-rata dari data tersebut sama dengan mediannya banyaknya nilai $p$ yang mungkin untuk $p$ bilangan asli adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 1 \\
(B)\ & 2 \\
(C)\ & 3 \\
(D)\ & 4 \\
(E)\ & 5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Data $7,6,2,p,3,4$, maka $\bar{x} = \dfrac{p+2+3+4+6+7}{6}= \dfrac{22+p}{6}$.

Karena rata-rata dari data tersebut sama dengan mediannya, sehingga jikalau pada semua kemungkinan nilai $p$ data diurutkan dari yang terkecil ke terbesar kemungkinannya adalah

  • $p, 2,3,4,6,7$
    $p$ yang mungkin ialah $1$ atau $2$ sehingga $\bar{x}= \dfrac{23}{6}=3,8...$ atau $\bar{x}= \dfrac{24}{6}=4$ dan $Me=3,5$
  • $2, p,3,4,6,7$
    $p$ yang mungkin ialah $3$ sehingga $\bar{x}= \dfrac{25}{6}=4,1..$ dan $Me=3,5$
  • $2,3,p,4,6,7$
    $p$ yang mungkin ialah $4$ sehingga $\bar{x}= \dfrac{26}{6}$ dan $Me=3,5$
  • $2,3,4,p,6,7$
    $p$ yang mungkin ialah $5$ sehingga $\bar{x}= \dfrac{27}{6}=4,5$ dan $Me=4,5$
  • $2,3,4,6,p,7$
    $p$ yang mungkin ialah $6$ sehingga $\bar{x}= \dfrac{28}{6}=4,6..$ dan $Me=4,5$
  • $2,3,4,6,7,p$
    $p$ yang mungkin ialah $7,8,\cdots$ sehingga $\bar{x}= \dfrac{29}{6}=4,8..$ atau lebih dari $4,8$ dan $Me=4,5$
Banyak nilai $p$ yang mungkin yang mengakibatkan rata-rata dari data tersebut sama dengan mediannya ialah $1$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ 1$

32. Dalam sebuah kantong terdapat $6$ bola hitam dan $4$ bola merah. Dari kantong tersebut akan diambil $5$ bola sekaligus. Banyak cara yang mungkin bila paling sedikit diambil $3$ bola berwarna hitam adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 60\ \text{cara} \\
(B)\ & 120\ \text{cara} \\
(C)\ & 180\ \text{cara} \\
(D)\ & 186\ \text{cara} \\
(E)\ & 206\ \text{cara}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Banyak kemungkinan cara pengambilan $5$ bola sekaligus dari $10$ bola dimana bola yang dibutuhkan paling sedikit diambil $3$ bola berwarna hitam dari $6$ bola hitam ($H$) dan $4$ bola merah ($M$).

Secara kalimat yang cara yang mungkin terjadi ialah terpilih $5H$ dari $6H$ dan $0M$ dari $4M$ atau $4H$ dari $6H$ dan $1M$ dari $4M$ atau $3H$ dari $6H$ dan $2M$ dari $4M$.

Untuk menghitung banyak kemungkinan $5H$ dari $6H$, kita gunakan aturan combinasi:
Banyak kombinasi $r$ elemen dari $n$ elemen berbeda diberi notasi $C(6,5)$ atau $C_{5}^{6}$ atau $_{6}C_{5}$ atau $\binom{6}{5}$.
$C(n,r)=\binom{n}{r}=\dfrac{n!}{r!(n-r)!}$
dimana $r \leq n$

Total banyak cara adalah:
$5H$ dari $6H$ dan $0M$ dari $4M$ atau $4H$ dari $6H$ dan $1M$ dari $4M$ atau $3H$ dari $6H$ dan $2M$ dari $4M$.
$\begin{align}
&=C(6,5) \cdot C(4,0) + C(6,4) \cdot C(4,1) + C(6,3) \cdot C(4,2) \\
&= \dfrac{6!}{5!(6-5)!} \cdot \dfrac{4!}{0!(4-0)!}+\dfrac{6!}{4!(6-4)!} \cdot \dfrac{4!}{1!(4-1)!}+\dfrac{6!}{3!(6-3)!} \cdot \dfrac{4!}{2!(4-2)!} \\
&= 6 \cdot 1 + 15 \cdot 4 + 20 \cdot 6 \\
&= 6 + 60 + 120 \\
&= 186
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 186\ \text{cara}$

33. Bejo memiliki $8$ bola dengan warna yang sama. Ia ingin memasukkan bola tersebut ke dalam $3$ kotak. Kotak I sanggup menampung $2$ bola. Kotak II sanggup menampung $4$ bola. Kotak III sanggup menampung $2$ bola. Banyak cara Bejo memasukkan bola tersebut ke dalam kotak adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 56 \text{cara} \\
(B)\ & 210 \text{cara} \\
(C)\ & 420 \text{cara} \\
(D)\ & 840 \text{cara} \\
(E)\ & 1.680 \text{cara}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Banyak kemungkinan cara Bejo memasukkan bola ke dalam $3$ kotak.

Karena urutan kotak tidak diatur sehingga urutan kotak tidak ada jadi masalah. Secara keseluruhan banyak cara memasukkan bola ke dalam kotak jikalau kita tuliskan dalam kalimat ialah akan dipilih $2$ bola dari $8$ bola untuk isi kotak I dan akan dipilih $4$ bola dari $8-2=6$ bola untuk isi kotak II dan akan dipilih $2$ bola dari $6-4=2$ bola untuk isi kotak III
$\begin{align}
&C(8,2) \cdot C(6,4) \cdot C(2,2) \\
&= \dfrac{8!}{2!(8-2)!} \cdot \dfrac{6!}{4!(6-4)!} \cdot \dfrac{2!}{2!(2-2)!} \\
&= \dfrac{8 \cdot 7 \cdot 6!}{2!(6)!} \cdot \dfrac{6 \cdot 5 \cdot 4!}{4!(2)!} \cdot \dfrac{2!}{2!(0)!} \\
&= 28 \cdot 15 \cdot 1 \\
&= 420
\end{align}$

Alternatif penyelesaian, mungkin lebih sanggup dipahami, yaitu dengan menggunakan permutasi jikalau ada unsur yang sama, alasannya yaitu akan kita susun $8$ unsur kepada tiga kelompok yang terdiri dari $2$, $4$, dan $2$ kelompok yaitu:
$\begin{align}
P_{n_{1},n_{2},n_{3}}^{n} &=\dfrac{n!}{n_{1}! \times n_{2}! \times n_{3}!} &=\dfrac{8!}{2! \times 4! \times 2!} \\
&=\dfrac{8 \cdot 7 \cdot 6 \cdot 5 \cdot 4!}{2! \times 4! \times 2!} \\
&=\dfrac{8 \cdot 7 \cdot 6 \cdot 5}{2! \times 2!} \\
&=4 \cdot 7 \cdot 6 \cdot 5 \\
&= 420
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 420 \text{cara}$

34. Sekolah $P$ akan mengirim $2$ perwakilan grup band untuk Pentas Musik Nusantara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda. Sekolah tersebut memiliki $6$ grup band putra dan $4$ grup band putri. Berdasarkan penilaian, kemampuan grup band tersebut merata sehingga penentuan kedua perwakilan grup band dilakukan dengan cara mengambil secara acak satu per satu. Peluang terambil grup band putra pada pengambilan pertama dan grup band putri pada pengambilan kedua adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{1}{5} \\
(B)\ & \dfrac{6}{25} \\
(C)\ & \dfrac{4}{15} \\
(D)\ & \dfrac{2}{5} \\
(E)\ & \dfrac{13}{25}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Banyak grup keseluruhan ialah $10$ grup yang terdiri dari $6$ grup putra dan $4$ grup putri.

Untuk menerima peluang grup band putra pertama dan kedua putri sanggup kita hitung dengan peluang kejadi bersyarat atau peluang terpilih putra pertama dan putri kedua dengan syarat pertama sudah terpilih putra.
$\begin{align}
P(A \cap B) &= P(A) \cdot P(B|A) \\
P(Pa_{1} \cap Pi_{2}) &= P(Pa_{1}) \cdot P(Pi_{2}|Pa_{1}) \\
&= \dfrac{6}{10} \cdot \dfrac{4}{9} \\
&= \dfrac{24}{90}= \dfrac{4}{15}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ \dfrac{4}{15}$

35. Suatu alat percobaan bisa mengeluarkan satu kartu secara acak dari seperangkat kartu remi yang ada di dalamnya dengan menekan sebuah tombol pada alat tersebut. Terdapat $52$ kartu yang terdiri dari $26$ warna hijau dan $26$ warna merah.
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Kartu yang sudah keluar dimasukkan kembali ke dalam alat. Bila tombol alat tersebut ditekan sebanyak $260$ kali, frekuensi harapan keluarnya kartu king merah dari $4$ kartu king adalah...

$\begin{align}
(A)\ & 20\ \text{kali} \\
(B)\ & 18\ \text{kali} \\
(C)\ & 10\ \text{kali} \\
(D)\ & 9\ \text{kali} \\
(E)\ & 6\ \text{kali}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menghitung frekuensi harapan sebuah peluang kejadian, sebagai tahap awal kita harus sanggup menentukan peluang insiden yang diharapkan. Kejadian yang dibutuhkan ialah keluar kartu king merah dari $52$ kartu.

$E$ = Kejadian yang dibutuhkan Muncul kartu king merah maka $n(E) = 2$
$S$ = Kejadian yang mungkin terjadi dari satu set kartu remi, maka $n(S) = 52$

$ P(E) = \frac{n(E)}{n(S)} = \dfrac{2}{52} = \dfrac{1}{26} $

Aturan untuk menghitung frekuensi harapan ialah $ f_{h}(E)= n\ \cdot P(E) $ dengan $n$ ialah banyak percobaan.
$\begin{align}
f_{h}(E) &= n\ \cdot P(E) \\
&= 260\ \cdot \dfrac{1}{26} \\
&= \dfrac{260}{26} \\
&= 10
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 10\ \text{kali}$

36. Peluang hidup seekor gajah, unta, dan rino di sebuah kebun binatang untuk jangka waktu $30$ tahun ke depan berturut-turut ialah $30\%$, $25\%$, dan $20\%$. Peluang bahwa hanya gajah saja yang hidup sedangkan unta dan rino keduanya mati untuk jangka waktu tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 1,5\% \\
(B)\ & 4,5\% \\
(C)\ & 12,0\% \\
(D)\ & 18,0\% \\
(E)\ & 75,0\% \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dalam waktu $30$ tahun ke depan

  • Peluang gajah, hidup $P \left( G \right)=30\%$, mati $P \left( G' \right)70\%$
  • Peluang unta, hidup $P \left( U \right)=25\%$, mati $P \left( U' \right)=75\%$
  • Peluang badak, hidup $P \left( B \right)=20\%$, mati $P \left( B' \right)=80\%$

Peluang bahwa hanya gajah saja yang hidup sedangkan unta dan rino keduanya mati untuk jangka waktu tersebut, jikalau kita jawab dalam kalimat ialah gajah hidup dan unta mati dan badak mati.
$\begin{align}
P \left( E \right) &= P \left( G \right) \cdot P \left( U' \right) \cdot P \left( B' \right) \\
&= 30\% \cdot 75\% \cdot 80\% \\
&= 30\% \cdot 75\% \cdot 80\% \\
&= 18,0\%
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 18,0\%$


37. Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, Desa X mengadakan lomba mengambil kelereng dari wadah dengan aturan sebagai berikut:
  • Setiap tim terdiri dari $5$ orang dan setiap anggota kelompok harus mengambil kelereng sesuai urutannya
  • Pada pengambilan putaran pertama ($5$ orang secara bergantian) hanya diperbolehkan mengambil masing-masing satu kelereng
  • Pada putaran kedua, orang pertama setiap kelompok mengambil $2$ kelereng dan selalu bertambah $3$ kelereng untuk peserta pada urutan berikutnya dalam kelompok tersebut
  • Pada putaran selanjutnya, setiap anggota tim mengambil $3$ kelereng lebih banyak dari anggota sebelumnya.
Tim A beranggotakan Andi, Beny, Cakra, Dani, dan Eko (Urutan pengambilan kelereng sesuai dengan urutan aksara awal nama). Bersamaan dengan habisnya waktu, ternyata Tim A berhasil mengumpulkan $265$ kelereng. Banyak kelereng yang berhasil diambil pada pengambilan terakhir oleh salah seorang anggota Tim A adalah...kelereng
Alternatif Pembahasan:

  • Pada pengambilan pertama, kelereng yang terambil ialah $1+1+1+1+1= 5$
  • Pada pengambilan kedua, kelereng yang terambil ialah $2+5+8+11+14=40$
Sampai pada tahap ini kelereng yang terambil sudah $5+40=45$ dan total kelereng yang belum terambil ialah $265-45=220$

Jumlah kelereng $220$ ialah jumlah keseluruhan kelereng pada pengambilan ketiga oleh Tim A dimana beda banyak kelereng yang diambil oleh setiap peserta ialah $3$ kelereng. Secara matematis sanggup kita tuliskan:
$\begin{align}
A+B+C+D+E &= 220 \\
A+(A+3)+(A+6)+(A+9)+(A+12) &= 220 \\
5A + 30 &= 220 \\
5A &= 220-30 \\
5A &= 190 \\
A &= \dfrac{190}{5} \\
A &=38 \\
\end{align}$
Banyak kelereng yang berhasil diambil Eko ialah $A+12=38+12=50$

$\therefore$ Jawaban yang sesuai ialah $50$

38. Perhatikan gambar berikut.
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)
Sumber :https://ssemuaadadisini.blogspot.com/search?q=unbk-matematika-ipa
Tiga orang petugas dinas lingkungan hidup akan mengukur panjang Danau Tanralili di Kabupaten Goa. Orang pertama berada di titik $A$, orang kedua berada di titik $B$, dan orang ketiga berada di titik $C$. Ketiga petugas tersebut mengukur panjang Danau Tanralili dengan santunan drone. Dari titik $A$ orang pertama menerbangkan drone dengan jurusan tiga angka $045^{\circ}$ ke titik $B$ dan tercatat drone terbang selama $15$ menit dengan kecepatan $1,2\ km/jam$. Kemudian dari titik $B$ orang kedua menerbangkan drone dengan jurusan tiga angka $105^{\circ}$ ke titik $C$ dan tercatat drone terbang selama $20$ menit dengan kecepatan $1,2\ km/jam$. Jika $p$ ialah jarak titik $A$ ke titik $C$ atau panjang Danau Tanralili dalam meter, nilai $p^{2}=\cdots$
Alternatif Pembahasan:

Drone begerak dengan arah $045^{\circ}$ artinya diukur $45^{\circ}$ dari Utara dan searah jarum jam (Jurusan Tiga Angka). Jika apa yang disampaikan di atas kita gambarkan kembali, menyerupai berikut ini:

 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)

$\therefore$ Jawaban yang sesuai ialah $670$

39. Sebuah penyedia layanan telepon seluler akan mengeluarkan produk baru dengan nomor kartu terdiri dari $12$ digit. Seorang pegawai menerima kiprah menyusun nomor kartu dengan aba-aba prefix (empat nomor awal dari identitas penyedia layanan telepon seluler) ialah $0844$ dan epat digit terakhir merupakan angka elok yaitu $1221$. Pegawai tersebut hanya diperbolehkan menggunakan angka $2,3,4,5,7,8,9$ untuk menyusun nomor kartu. Banyak nomor kartu yang sanggup dibuat oleh pegawai tersebut adalah...
Alternatif Pembahasan:

Banyak nomor kartu ialah $12$ digit yaitu $0844-xxxx-1221$ sehingga pegawai kantor hanya akan menyusun $4$ angka yang belum diketahui, yang disusun dari $2,3,4,5,7,8,9$.

$\begin{array}{c|c|c|cc}
x_{1} & x_{2} & x_{3} & x_{4} \\
\hline
7 & 7 & 7 & 7
\end{array} $
Banyak nomor kartu yang sanggup dibuat ialah yaitu $7^{4}=2401$

$\therefore$ Jawaban yang sesuai $2.401$

40. Sebuah akuarium berbentuk balok tanpa tutup memiliki alas berbentuk persegipanjang dengan perbandingan lebar dan panjangnya $2:3$. Jika luas permukaan akuarium ialah $1.800\ cm^{2}$, volume maksimum akuarium tersebut adalah...$cm^{3}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita ilustrasikan balok yang disampaikan pada soal dan dengan memisalkan panjang $3x$, lebar $2x$ tinggi $t$, kurang lebih menyerupai berikut ini:

 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)

Luas permukaan balok tanpa tutup ialah $1.800\ m^{2}$ sehingga berlaku:
$\begin{align}
1800 &= 2x \cdot 3x + 2 \cdot 2x \cdot t + 2 \cdot 3x \cdot t \\
1800 &= 6x^{2} + 4xt + 6xt \\
1800 &= 6x^{2} + 10xt \\
1800 - 6x^{2} &= 10xt \\
\dfrac{1800- 6x^{2}}{10x} &= t
\end{align} $
Volume balok:
$\begin{align}
V &= 2x \cdot 3x \cdot t \\
&= 6x^{2} \cdot \dfrac{1800- 6x^{2}}{10x} \\
&= 6x \left( 1800- 6x^{2} \right) \\
&= 10800x- 36x^{3}
\end{align} $
Dengan menggunakan uji turunan pertama (V'=0) kita peroleh $x$ pembuat maksimum:
$\begin{align}
V' &= 10800 - 108x^{2} \\
0 &= 108 \left( 100 - x^{2} \right) \\
0 &= 108 \left( 10 + x \right)\left( 10 - x \right) \\
\hline
& x = -10\ \text{atau}\ x=10 \\
\hline
V &= 10800x- 36x^{3} \\
V &= 10800(10)- 36(10)^{3} \\
V &= 108.000- 36.000 \\
V &= 72.000
\end{align} $

$\therefore$ Jawaban yang sesuai $72.000$


Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan ___pythagoras

Jika tertarik untuk menyimpan catatan calon guru di atas dalam bentuk file (.pdf) silahkan di download pada link berikut ini:
  • Soal UNBK Matematika SMA Kelompok IPA Tahun 2019 ๐Ÿ‘€ Download
  • Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA Kelompok IPA Tahun 2019 ๐Ÿ‘€ Download
Untuk saran yang sifatnya membangun terkait duduk kasus alternatif penyelesaian Soal UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan๐Ÿ˜ŠCMIIW.

Jangan Lupa Untuk Berbagi ๐Ÿ™Share is Caring ๐Ÿ‘€ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE๐Ÿ˜Š

Video pilihan khusus untuk Anda ๐Ÿ˜Š Cara Pilar (Pintar Bernalar) Perkalian Dua Angka;
 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun  40 Soal dan Pembahasan UNBK Matematika SMA IPA Tahun 2019 (*Simulasi UNBK 2020)

Belum ada Komentar untuk "40 Soal Dan Pembahasan Unbk Matematika Sma Ipa Tahun 2019 (*Simulasi Unbk 2020)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel