Sistem Gerak Pada Manusia

Salah satu ciri dari mahluk hidup adalah sanggup bergerak. Sistem gerak pada insan terdiri dari sistem rangka, sistem sendi dan sistem otot.

 #A Rangka Pada Manusia

Rangka Pada Manusia

Rangka pada insan terletak di dalam tubuh atau di bungkus otot, sehingga disebut rangka dalam (endoskeleton). Rangka pada insan secara umum berfungsi sebagai:

1. Sebagai alat gerak pasif
2. Tempat melekatnya otot rangka / lurik
3. Melindungi organ-organ tubuh belahan dalam misalnya otak, jantung, paru, usus dan lain-lain
4. Tempat terbentuknya sel darah.
5. sebagai penegak dan pemberi bentuk tubuh

Rangka insan disusun dari banyak sekali macam tulang. Tulang berdasarkan zat pembentuknya / penyusunnya dibedakan menjadi tulang rawan (kartilago) dan tulang keras (osteon). Tulanng rawan banyak mengandung zat perekat (kolagen) sedangkan tulang keras disusun oleh zat kapur, fosfor dan sedikit perekat.

Berdasarkan bentuknya Tulang dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1. Tulang Pendek : Yang berbentuk bulat pendek atau sedikit tidak beraturan pola : Ruas tulang belakang dan tulang sendi

2. Tulang Pipi : yang berbentuk pipih dan lebar serta berongga mirip spons. tulang pipih umumnya berisis sumsum merah sebagai daerah pembentuk sel-sel darah merah dan sel dara putih. Contoh : Tulang rusuk, tulang dada, tulang, belikat, tulang duduk, tulang pinggul.

3. Tulang pipa : Yang berbentuk bulat panjang mirip pipa. Bagian dalam terdapat rongga besar yang berisi sumsum kuning dan lemak. Contoh Tulang betis, tulang kering, tulang paha, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang lengan.

#Sendi

Sendi adalah korelasi antar tulang satu dengan tulang lainnya. berdasarkan sifat geraknya sendi dibedakan menjadi tiga, yaitu:

Macam-macam sendi
1. Sendi mati (sinartrosis)
sendi mati adalah sendi yang tidak sanggup digerakkan sama sekali. Contohnya adalah sendi antar tulang tengkorak.

2. Sendi Kaku (amfiartrosis)
sendi kaku merupakan korelasi anatar tulang yang masih memungkinkan terjadinya gerak, namun gerakkannya sangat terbatas. Contohnya sendi antar tulang belakang, sendi menghubungkan tulang belakang dengan rusuk dan sendi antara rusuk dan dada.

3. Sendi gerak (diartrosis)
sendi gerak adalah sendi yang sanggup bergerak lebih leluasa. Berdasarkan arah geraknya, sendi gerak dibagi menjadi lima jenis, yaitu:

a. Sendi peluru adalah persendian yang memungkinkan terjadinya gerak ke segala arah. Contohnya pada korelasi antara panggul dengan tulang pada dan tulang lengan atas dengan bahu

Macam-macam sendi dan posisinya

b. Sendi putar adalah sendi yang sanggup bergerak dua arah dengan cara tulang satu mengitari tulang lainnya. misalnya sendi antara tulang pengumpil dengan tulang hasta.

c. Sendi engsel adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya ke satu arah, mirip dengan gerakan ensel pintu membuka dan menutup. Contohnya pada siku dan lutut

d. sendi pelana Merupakan bentuk korelasi dua tulang dimana kedua ujung tulang berbentuk pelana kuda. pola korelasi antara ibu jari dengan telapak tangan.

e. Sendi geser adalah sendi yang memungkinkan terjadinya sedikit gerakan. misalnya pada korelasi antara tulang-tulang pergelangan tangan dan antara tulang tulang pergelangan kaki.

#C Otot

Otot merupakan alat gerak aktif pada manusia, hal ini di karenakan oleh otot sanggup menggerakan tulang dan sendi. Berdasarkan bentuk, susunan dan cara kerjanya otot insan di bagi menjadi 3 adalah  otot Polos, otot lurik dan otot jantung.




Cara kerja otot

Gerak pada tubuh insan melibatkan otot, tulang dan sendi. Gerakkan pada tulang sanggup terjadi alasannya adanya otot yang bekrja dengan cara berkontraksi, adalah otot menjadi besar, memendek dan keras. Otot ini akan berkontraksi bila menerima rangsangan dari saraf. bila otot berkontraksi, otot akan menggerakan tulang di dekatnya sehingga terjadinya gerakan pada sendi.

Otot Antagonis adalah otot yang bekerja berlawanan sehingga mengakibatkan suatu gerakan, otot yang satu berkontraksi sedangkan otot yang lain releksasi. Contoh otot yang berkerja secara antagonis adalah otot trisep dengan otot bisep pada lengan atas.

Otot sinergis adlah dua otot yang berkerja bersamaan. Contoh otot pronator teres dan pronator kuadratus yang terdapat pada lengan bawah. kedua otot tersebut bekerja bersamaan dikala menggerakan telapak tangan pada dikala menelungkup dan menengadah.

#D Kelainan pada sistem gerak

a. Kelainan pada tulang belakang yang membengkok dikarenakan posisi tulang belakang yang salah. kelainan ini dibedakan menjadi 3 macam, adalah skoliosis, Kifosis dan lordosis.

b. Atrofi, adalah mengecilnya otot sehingga menghilang kemampuannya untuk berkontraksi

c. Hipertrofi, adalah keadaan otot menjadi lebih besar dan besar lengan berkuasa alasannya otot dilatih secara berlebihan, misalnya otot para binaragawan dan atlet angkat berat.

d. Kram, adalah keadaan berkontraksinya otot terus-menerus sehingga otot menjadi kejang dan tidak bisa berkontraksi lagi

e. Nyeri otot, adalah penyakit membengkannya jaringan otot sehinggi menekan ujung saraf dan pembuluh darah. hasilnya aliran darah terhambat dan timbulnnya rasa nyeri.

Belum ada Komentar untuk "Sistem Gerak Pada Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel