Cara Gampang Menghitung Persen Bunga Proteksi Koperasi/Bank

cara praktis menghitung persen bunga perlindungan koperasi/Bank

 cara praktis menghitung persen bunga perlindungan koperasi cara praktis menghitung persen bunga perlindungan koperasi/Bank

kali ini kita akan mencar ilmu bagaimana cara praktis menghitung persen bunga bang atau koperasi. Menghitung persen bunga perlindungan mampu dilakukan dengan berbagai cara. Cara paling praktis menurut pengalaman saya selama mengajar yakni dengan menggunakan teknik perbandingan. konsep perbadingan memang berbagai manfaatnya, selain mampu untuk menghitung persen bunga perlindungan juga mampu digunakan untuk menghitung lama waktu perlindungan dan besar angsuran Koperasi atau bank.

Menghitung bunga pinjaman, angsuran dan lama menabung masuk dalam kurikulum matematika SMP kelas 7 pada materi aritmatika sosial bersama dengan harga jual harga beli dan lain lain.. Materi ini selalu keluar dalam setiap ujian nasional dan masuk dalam kategori yang sulit. Selama beberapa tahun saya selalu berusaha supaya anak didik mampu menguasai materi ini akan tetapi selalu ada saja kendalanya. Nilai ulangan harian pada materi menghitung persen bunga perlindungan selalu rendah, apalagi jikalau saya berikan soal soal bertipe ujian nasional sudah mampu dipastikan akhirnya nol besar. Oleh sebab yakni itu saya berusaha untuk mencari cara praktis menghitung persen bunga perlindungan bank atau koperasi.

Akhirnya setelah melakukan beberapa perrcobaan pada saat pembelajaran , cara praktis menghitung persen bunga perlindungan bank atau koperasi yakni dengan metode perbandingan. Beberapa tahun kemudian saya mencoba untuk mengasosiasikan konsep perbandingan untuk mencari besar persen bunga pinjam dan lama menabung. Hasilnya sejauh ini lumayan efektif meskipun belum benar benar efektif. setidaknya cara ini lebih praktis digunakan dan praktis diingat siswa.

Kita mulai saja perhatikan tumpuan pengaplikasian cara praktis menghitung persen bungan perlindungan bank atau koperasi berikut ini!

contohnya mirip ini
Nina menyimpan uang Rp2.500.000,00 di sebuah Bank, setelah 8 bulan uangnya menjadi Rp2.600.000,00. Persentase bunga  pertahun yang diberikan oleh Bank tersebut yakni ….
A.  3,5%                     C. 5,0%
B.  4,5%                     D. 6,0%

Penyelesaian
Mo = 2.500.000
Ma = 2.600.000
Maka bunga dalam 8 bulan = 2.600.000 – 2.500.000 = 100.000
Jika dijadikan persentase bungan 8 bulan 
 cara praktis menghitung persen bunga perlindungan koperasi cara praktis menghitung persen bunga perlindungan koperasi/Bank 
Jadi persentase bunga perlindungan yang di berikan oleh Bank = 6% pertahun

Mudah kan caranya? meskipun ditinjau dari skema penyelesaian terkesan lebih panjang akan tetapi jikalau anak sudah terbiasa maka mereka hanya akan menggunakan perbandingannya secara langsung.

Perhatikan tumpuan cara menghitung persen bunga perlindungan bank atau koperasi pada soal ke dua berikut.

Ani menabung  uang  Rp4.500.000,00 pada sebuah bank. Setelah 8 bulan  uangnya  diambil  sebanyak Rp4.740.000,00.  Persentase  bunga per tahun  yakni ....
a.  6%
b. 8%
c.  9%
d.  12%

penyelesaian dengan cara praktis
Mo = 4.500.000
Ma = 4.740.000
Bunga 8 bulan = 4.740.000 – 4.500.000 = 240.000
Gunakan perbandingan
 cara praktis menghitung persen bunga perlindungan koperasi cara praktis menghitung persen bunga perlindungan koperasi/Bank

Pada tumpuan cara menghitung persen bunga perlindungan bank atau koperasi soal yang pertama dengan yang kedua terdapat dua langkah berbeda. Yang pertama menghitung dahhulu persentasenya baru gunakan perbandingan yang kedua membandingkan dulu baru menghitung persentase bunga pinjamannya.

Demikianlah artikel ihwal cara menghitung persen bunga perlindungan bank atau  koperasi supaya artikel ini bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "Cara Gampang Menghitung Persen Bunga Proteksi Koperasi/Bank"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel