Rpp Matematika Urutan Bilangan Lingkaran Dan Belahan Kelas 7 Kk 2013
berikut ini kami sajikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) materi bilangan lingkaran untuk kelas 7 SMP. RPP tersebut sudah menggunakan kurikulum 2013 setuju eksklusif saja kita simak!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : VII/1
Materi : BILANGAN
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit
Pertemuan : 2 pertemuan
A. KOMPETENSI INTI
KI-1 | : | Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya. |
KI-2 | : | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
KI-3 | : | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata |
KI-4 | : | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah absurd (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan lingkaran ( positif dan negatif dengan
urutan naik / turun dengan benar
2. Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan pecahan dengan benar
3. Menyelesaikan duduk kasus sehari- hari yang berkaitan dengan bilangan bulat dan pecahan dengan benar
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Materi pembelajaran Reguler
a. Mengurutkan bilangan bulat
b. Mengurutkan bilangan pecahan
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Soal-soal kontekstual operasi mengurutkan bilangan
3. Materi Pembelajaran Remidial
a. Mengurutkan bilangan bulat
b. Mengurutkan bilangan pecahan
D. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan Saintifik
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit) | |||
| |||
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi waktu | |
Pendahuluan | 1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali acara dengan berdoa, menyelidiki kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengondisikan suasana berguru yang menyenangkan 2. Guru memperlihatkan kompetensi yang akan dicapai yaitu peserta didik mampu mengurutkan bilangan lingkaran dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 3. Guru memperlihatkan garis besar cakupan materi dan acara yang akan dilakukan, yaitu diskusi kelompok untuk merampungkan LK yang diberikan guru 4. Guru memperlihatkan lingkup penilaian, yaitu penilaian keterampilan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes tertulis dan kinerja. | 10 menit | |
Inti | Mengamati 5. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4 orang 6. Guru memperlihatkan penjelasan mengurutkan bilangan lingkaran negatif dan positif dengan menggunakan garis bilangan Menanya 7. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari penjelasan yang diberikan guru. Mengumpulkan informasi 8. Peserta didik diminta untuk membaca buku siswa halaman 5-10. Mengasosiasi 9. Dengan bimbingan guru, peserta didik dalam kelompoknya mengerjakan LKS yang telah disiapkan Guru 10. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan memperlihatkan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami 11. Guru memperlihatkan pinjaman kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik Mengomunikasikan 12. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan. Peserta didik yang lain dan guru memperlihatkan jawaban dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memperlihatkan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun jawaban lainnya. | 60 menit | |
Penutup | 1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan. 2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan acara pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa, . 3. Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan. 4. Guru memberitahukan acara berguru yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu Mengurutkan Bilangan Pecahan 5. Guru memperlihatkan PR yang diambil dari buku paket halama 10 pilih 4 soal | 10 menit | |
PR/ Tugas : 1. Buku Paket halaman 10 pilih 4 soal 2. Mempelajari materi Mengurutkan Bilangan Pecahan | |||
Pertemuan 2 (kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit) | |||
| |||
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi waktu | |
Pendahuluan | 1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali acara dengan berdoa, menyelidiki kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengondisikan suasana berguru yang menyenangkan 2. Guru memperlihatkan kompetensi yang akan dicapai yaitu peserta didik mampu melakukan mengurutkan bilangan pecahan dan manfaatnya kehidupan sehari-hari 3. Guru memperlihatkan garis besar cakupan materi dan acara yang akan dilakukan, yaitu diskusi kelompok untuk merampungkan LK yang diberikan guru 4. Guru memperlihatkan lingkup penilaian, yaitu penilaian keterampilan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes tertulis dan kinerja. 5. Guru mengecek tugas yang sebelumnya sudah diberikan, yaitu PR sebelumnya | 10 menit | |
Inti | Mengamati 6. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4 orang 7. Guru memperlihatkan penjelasan operasi perkalian pada bentuk aljabar Menanya 8. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari penjelasan yang diberikan guru. Mengumpulkan informasi 9. Peserta didik diminta untuk membaca buku siswa halaman 38-45. Mengasosiasi 10. Dengan bimbingan guru, peserta didik dalam kelompoknya mengerjakan LKS yang telah disiapkan Guru 11. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan memperlihatkan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami 12. Guru memperlihatkan pinjaman kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik Mengomunikasikan 13. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan. Peserta didik yang lain dan guru memperlihatkan jawaban dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memperlihatkan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun jawaban lainnya. | 95 menit | |
Penutup | 1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan. 2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan acara pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa, . 3. Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan. 4. Guru memberitahukan acara berguru yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu Operasi Pembagian pada Bentuk Aljabar | 15 menit | |
PR/ Tugas : 1. Buku Paket halaman 45 pilih 4 soal 2. Mempelajari materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat | |||
F. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian: Tes Tertulis dalam LKPD
b. Bentuk Instrumen: Uraian
c. Kisi kisi
Instrumen Test: lampiran 1
2. Keterampilan
a. Teknik Penilaian:Observasi
b. Bentuk Instrumen: Check list
c. Kisi-kisi:
No. | Keterampilan | Butir Instrumen |
| Mempresentasikan hasil diskusi dari LKPD. | 1-4 |
Instrumen: lihat Lampiran 2
PEMBELAJARAN REMIDIAL
Kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
• Pembelajaran ulang
• Bimbingan perorangan
• Belajar kelompok
• Pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan berguru sesuai hasil analisis penilaian.
PEMBELAJARAN PENGAYAAN
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan berguru diberi acara pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi).
G. MEDIA/ALAT DAN BAHAN, SUMBER BELAJAR
1. Media/Alat | : | LK Kelompok |
2. Sumber Belajar | : | -Buku Siswa VII/1: Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron dan Ibnu Taufiq. 2014. MATEMATIKA. Jakarta: Kemdikbud (hal. 1-45) -Buku Guru VII/1: Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron dan Ibnu Taufiq. 2014. MATEMATIKA. Jakarta: Kemdikbud (hal. 73-80) -Lingkungan ( Kejadian sehari-hari) |
Mengetahui Karangrayung,
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung Guru Mata Pelajaran,
Marko, S.Pd Eko Suseno, S.Pd
NIP.19630716 198405 1 001 NIP. 19850113 2009021 003
BILANGAN BULAT
PENILAIAN PENGETAHUAN
a. Teknik Penilaian: Tes Tertulis dalam LKPD
b. Bentuk Instrumen: Uraian
c. KISI-SISI
NO. URUT | MATERI | KOMPETENSI YANG DIUJI | INDIKATOR | NO. SOAL | BENTUK SOAL |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
1 | bilngan bulat | 3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan lingkaran ( positif dan negatif ) dan pecahan ( biasa, campuran, desimal, persen ). | 3.1.1. Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan lingkaran ( positif dan negatif dengan urutan naik / turun 3.1.2. Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan pecahan | 1,2,3,4 LKPD 1 1,2,3,4 LKPD 2 | Uraian Uraian |
Lampiran 1
Lembar Kerja (LKPD 1) Pertemuan Pertama
Sub Materi Pokok : Urutan Bilangan Bulat dan Pecahan
Kelas / Semester : VII / 1
Nama Kelompok : ...........
DISKUSIKAN DALAM KELOMPOKMU !
1. Urutkan Bilangan berikut dengan urutan naik !
a. 12, 6, 8,5,10
b. 53,34,36,49,50,73
2. Urutkan Bilangan berikut dengan urutan turun !
a. -4,-7,-3,-6,-5
b. -30, -43 ,-24, -50,-20
3. Perhatikan Tabel berikut :
No | Nama Petani | Hasil Panen Petani |
1. | Pak Agung | 90 Kuintal |
2. | Pak Burhan | 86 Kuintal |
3. | Pak Candra | 67 Kuintal |
4. | Pak Deni | 96 Kuintal |
Urutan hasil panen padi dari petani diatas dengan urutan turun adalah.....
4. Susunlah deretan bilangan berikut dengan urutan naik !
a. 7, 10, 3 , 8 ,20 c. -60 , -35 , -27 , -30, -5
b. 5, 0 ,-7 , -4 , 7 d. -4 , -23 , 8 , -17,11
Lampiran 2
Lembar Kerja (LKPD 2) Pertemuan Kedua
Sub Materi Pokok : Urutan Bilangan Bulat dan Pecahan
Kelas / Semeester : VII / 1
Nama Kelompok : ...........
DISKUSIKAN DALAM KELOMPOKMU !
1. Urutkan Bilangan berikut dengan urutan naik !
a. 2/3 , 3/4 , 7/8 , 2/4
b. 7/24 , 3/6 , 1/3 , 3/8
2. Urutkan Bilangan berikut dengan urutan naik !
a. 0,3 ; 3,1 ; 2,3 ; 5,1
b. 1,12 ; 2,1 ; 3,22 ; 2,17
3. Urutkan Bilangan berikut dengan urutan turun !
a. 2 2/3 , 1 ¾ ,3 1/3 ,2 2/3
c. – 5 2/4 , -4 3/5 , -4 ½ , -1 3/2
d. 7% , 6% ,3%, 5%
e. – 5 % , -8% , -1% , -6%
Belum ada Komentar untuk "Rpp Matematika Urutan Bilangan Lingkaran Dan Belahan Kelas 7 Kk 2013"
Posting Komentar