Soal Hots Kesebangunan Dan Kekongruenan

Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan

 Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan

Salah seorang murid saya pernah bertanya apakah semua soal hots sulit pak?. Ya itulah yang ada dibenak mereka semua. Dan memang kenyataannya soal hots yang selalu keluar diujian nasional memimili bobot yang tinggi. Untuk mampu mengerjakannya siswa mampu menghabiskan bermenit menit. Sehingga waktu yang begitu banyak hanya untuk merampungkan soal hots mengakibatkan mengurangi jatah waktu pengerjaan soal ujian nasional yang lain.

Untuk merubah pandangan siswa tersebut maka kita sebagai seorang guru harus melakukan inovasi dalam melakukan pembelajaran yang berbasis soal hots. Dengan banyak mengatakan ruang kepada siswa dalam melakukan pengenalan dan pembiasaan akan cara merampungkan soal hots maka kendala tersebut baru mampu teratasi.

Salah satu inovasi yang mampu kita lakukan yaitu mencoba mengatakan konsep pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menggunakan secara maksimal logika berpikir atau biasa disebut keterampilan bernalar. Karena pada dasarnya keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimaksud yaitu keterampilan bernalar.

Keterampilan bernalar anak akan berkembang sedikit demi sedikit sampai kesudahannya siswa mampu menggunakan keterampilan tersebut untuk merampungkan soal pemecahan masalah. 

kharakter soal hots meliputi lima dasar keterampilan antara lain
1. keterampilan pemecahan masalah
2. keterampilan penalaran
3.keterampilan menggunakan  logika berpikir yang benar
4.keterampilan anak dalam menganalisis permasalahan.
5. keterampilan anak dalam menyimpulkan dan melakukan tindakan yang tepat.

Pada kepingan ini kita akan membahas bagimana cara menggunakan ke lima keterampilan tersebut untuk merampungkan soal materi kesebangunan dan kekongruenan.

Kita tahu bahwa soal ujian nasional yang keluar 5 tahun terakhir selalu memasukan materi kesebangunan dan kekongruenan kedalam  kategori soal HOTS . Sebagai pola saat ujian tahun 2016 mata pelajaran matematika tingkat SMP soal kesebagunan dan kekongruenan juga termasuk kategori soal hots. 

Coba simak soal un 2016 mata pelajaran matematika tingkat SMP no 32 berikut

“Lebar Sungai”
Andi ingin mengetahui lebar sungai. Di seberang sungai terdapat sebuah pohon. Untuk itu ia menancapkan tongkat pada posisi A, B, C, dan D dengan ukuran ibarat pada gambar.
 Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan
 













Andi ingin mengukur lebar sungai dari tongkat D sampai pohon. Berapa lebar sungai tersebut?
A.11 m            C.         15 m
B.12 m             D.        16 m

Lalu bagaimana cara penyelesaiannya? yuk mari simak ulasannya!

anggap lebar sungai ED yaitu x maka 
 Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan

soal diatas merupakan soal hots yang menguji keteranmpilan memecahkan masalah.
Cara penyelelaiannnya mampu menggunakancara formal yang sudah di ajarkan kepada siswa dikala kelas 9 semester satu atau mampu juga menggunakan cara lain dan mengatakan hasil yang sama pula.
















Perhatikan tipe soal hots materi kesebangunan dan kekongruenan yang kedua ini. Soal ini juga diambil dari UN 2016 no 33
Perhatikan gambar bagan berikut!

 Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan


Pak Syahebi memiliki sebidang lahan berbentuk jajargenjang. Sebagian lahan tersebut ditanami sayuran. Di sekeliling tanaman sayurandibuat jalan ibarat tampak pada gambar di atas. Jika lahan dan lahan sayuran sebangun, maka luas jalan yaitu ....
A.        200 m2 C.         150 m2
B.         152 m2 D.        136 m2

Cara penyelesaian yang paling simpel dan mengurangi sedikit perhitungan yaitu menggunakan teknik perbandingan ibarat yang pernah kita ulas pada artikel sebelumnya. Namun untuk lebih membiasakan teknik baru ini saya akan coba mengatakan pembahasannya kembali

Kecil : Besar = 36 : 40 = 9 : 10.
lihat mana diatara gambar kecil dengan gambar besar yang ukurannya lebih lengkap? jelas yang kecil. maka kita cari luas yang kecil dulu.
 Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan

Penyelesaian yang ibarat disamping akan melatih anak untuk berpikir logis dan menemukan alternatif baru yang lebih sederhana dan simpel digunakan









Soal ketiga kita ambil dari UN 2015 no 27 Paket D.  coba kita analsis 
Panjang bayangan sebuah menara 15 m dan pada dikala yang sama sebuah tiang pancang memiliki panjang bayangan 3 m. Jika tinggi tiang pancang 7 m, maka tinggi menara yaitu ....
A.        19 meter          C.        25 meter
B.        22 meter          D.        35 meter

cara penyelesaianya yaitu dengan menggunakan perbandingan. pertikan bagan dibawah ini.
 Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan Soal Hots kesebangunan dan kekongruenan
Sebenarnya masih banyak lagi pola referensi soal hots yang menarik. Nanti di postingan berikutnya kita akan bahas lebih detil. Jika ada masukan terkait soal kesebangunan dan kekongruenan mampu konsultasikan disini.

Terimakasih!!

baca juga











1 Komentar untuk "Soal Hots Kesebangunan Dan Kekongruenan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel