Trik Cepat Selesaikan Soal Diskon Harga Pembelian

TRIK CEPAT SELESAIKAN SOAL DISKON HARGA PEMBELIAN


Tahukah kalian bahwa kesuksesan memperoleh nilai tepat ujian nasional yang didapat oleh siswa siswa Indonesia mirip Ni Putu Tamara dari SMPN 1 Denpasar, Novia Meyzura dari SMPN 49 Jakarta dan masih banyak lagi merupakan hasil kerja keras dan tentunya mereka punya trik jitu untuk menerima hasil yang mirip itu. Mengerjakan soal UN dengan persiapan matang diimbangi dengan seni manajemen yang cepat dan tepat menjadi kunci utama memperoleh nilai sempurna. Nah kali ini kita akan membagikan salah satu trik cepat tersebut pada soal diskon harga pembelian.

Tepatnya UN  tingkat SMP  tahun 2016 berisi berbagai soal soal pemecahan masalah, termasuk juga soal aritmatika sosial perihal cara memilih toko dengan harga termurah kalau tokotoko tersebut memperlihatkan diskon berbeda beda. Keterampilan dalam mengolah budi berpikir akan sangat penting dalam merampungkan soal ini. Mengapa demikian? jawabnya mengerjakan soal Ujian Nasional adalah soal waktu, dengan waktu hanya 120 menit tanpa menggunakan trik tertentu, tanpa menggunakan cara cepat maka tak akan cukup waktu untuk memeriksa kembali akibat yang telah dikerjakan.

Coba kita perhatikan soal diskon yang keluar di ujian nasional 2016 dibawah ini.

“Toko Pakaian”
Ada empat toko menjal jenis barang yang sama. Daftar harga barang dan diskon mirip pada tabel.


Barang

Harga (Rp)
Diskon
Toko Rame
Toko Damai
Toko Seneng
Toko Indah
Baju
80.000
25%
20%
15%
10%
Celana
100.000
10%
15%
20%
25%

Ali akan membeli sebuah baju dan celana di toko yang sama. Di toko manakah Ali berbelanja biar diperoleh harga yang paling murah?
A.        Toko Rame      C.         Toko Seneng

B.         Toko Damai     D.        Toko Indah

Trik cepat penyelesaiannya

1. sederhanakan kedalam bentuk perbandingan yang paling kecil pada harga baju dan celana juga pada nilai diskon masing masing toko baik pada diskon baju maupun diskon pada celana.
2. logikanya toko dengan indeks diskon terbesarlah yang memperlihatkan harga paling murah jadi tidak perlu kita mencari harga jual kedua barang pada masing masing toko. Jika kita mampu menghitung diskon yang paling besar maka pekerjaan selesai. 

Soal diatas kalau disederhanakan akan didapati indeks pada masing masing item 


Barang

Harga (Rp)
Diskon
Toko Rame
Toko Damai
Toko Seneng
Toko Indah
Baju
8
5
4
3
2          
Celana
10
2
3
4
5








40+20
=60
32+30
=62
24+40
=64
16+50
=66







Karena toko indah yang memperlihatkan indeks diskon terbesar maka Toko yang memperlihatkan harga termurah kalau membeli baju dan celana adalah toko indah.
Waw sangat praktis bukan.
Jika siswa mengetahui cara ini saya yakin soal pemecahan dilema perihal diskon ini akan jadi sangat gampang, cepat dan benar.

Bagaimana tertarik untuk menggunakan trik ini? buruan cari soal yang setipe dan lakukan!

Semoga artikel trik cepat selesaikan soal diskon harga pembelian ini memperlihatkan manfaat bagik untuk guru sebagai pengajar maupun untuk siswa kita. namun perlu di ingat trik ini hanya dipakai untuk merampungkan soal pilihan ganda.

Belum ada Komentar untuk "Trik Cepat Selesaikan Soal Diskon Harga Pembelian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel