E-Modul Alat Peraga

Sahabat Rukim ....

Saya ingin share pengalaman dikala mengajar dengan menggunakan alat peraga, ternyata membelajarkan siswa dengan media sangat memotivasi minat dan aktifitas siswa dalam pembelajaran.
Penelitian tindakan yang saya lakukan terhadap siswa kelas X IPA3 TP. 2017/2018 sebanyak 36 orang. Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa motivasi berguru siswa pada siklus 1 84,70% (baik) meningkat pada siklus 2 sebesar 88,31% (sangat baik); Nilai rata-rata tes meningkat dari 69,44 pada siklus 1 menjadi 85,69 pada siklus 2, sedangkan ketuntasan berguru secara klasikal pada siklus 1 sebesar 53,13% meningkat menjadi 91,67%. Hasil penelitian mampu disimpulkan bahwa: Alat Peraga mampu menjadi media pembelajaran untuk membantu siswa mempelajari materi pelajaran melalui pengalaman langsung berupa pengalaman konkrit, alat peraga meningkatkan motivasi berguru siswa.

Sahabat Rukim sedikit saya uraikan ihwal alat peraga, alat peraga merupakan segala sesuatu yang mampu digunakan untuk menyalurkan pesan dan mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan akseptor didik sehingga mampu mendorong terjadinya proses berguru pada diri akseptor didik. Alat peraga digunakan untuk menjelaskan konsep pembelajaran dari materi yang bersifat gila menjadi konkret sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat akseptor didik yang menjurus kearah terjadinya proses pembelajaran
Alat peraga mampu membuat siswa yang diajar lebih praktis memahami materi pelajaran atau secara ringkas terdapat beberapa alasan yang mendukung perlunya alat peraga sederhana dibuat sebagai berikut :
1. Membantu dalam pembelajaran sehingga penyampaian konsep
2. Alat praktikum yang dimiliki sekolah tidak lengkap
3. Alat bantu standar/pabrikasi yang ada di sekolah tidak mencukupi.
4. Alat bantu standar/pabrikasi ada yang rusak atau tidak mampu digunakan.
5. Sekolah tidak/belum memiliki alat bantu standar/pabrikasi.
6. Sejalan dengan tuntutan kurikulum, tujuan desain dan pembuatan alat ialah untuk :            a. Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar;   
    b. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajarinya;
    c. Menyadarkan adanya keterkaitan konsep dengan kehidupan sehari-hari.
7. Memberi variasi

Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran sangat dianjurkan, alasannya yakni dengan memanfaatkan alat peraga yang sesuai dengan materi, pembelajaran kimia akan lebih efektif dengan langsung memperagakan dan melakukan percobaan. Selain itu dengan menggunakan alat peraga, pembelajaran kimia yang dikenal ssiwa sebagai mata pelajaran yang rumit dan sukar dipelajari, akan menjadi lebih praktis dipahami, menyenangkan bagi akseptor didik dan guru mampu lebih kreatif dalam memperlihatkan materi pelajaran.

Baik sobat disini saya ingin share e-book ihwal alat peraga semoga bermanfaat.
Silakan unduh di sini


Belum ada Komentar untuk "E-Modul Alat Peraga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel