Biografi Al-Khawarizmi (Algorism) Penemu Algoritma Dan Globe (Bola Dunia)

Hai kamu, ya Kamu yang sedang baca gesekan pena ini. Kami tahu Anda orang yang beruntung sanggup mengenal ilmuan Muslim satu ini, Al -Khawarizmi yang lebih dikenal di dunia sains dan matematikan dengan nama Algorism. Beliau merupakan Ilmuan muslim yang sudah memperlihatkan sumbangsi pada ilmu matematikan dan geografi. Kali ini ingin membahas siapa dan apa saja penemuan dari ilmuan muslim ini. Yuk simak Biografi Al-Kawarizmi (algorizm) penemu Algoritma dan Globe (Bola dunia)


 Al-Khawarizmi (Algorism) Penemu Algoritma dan Globe (Bola Dunia)
Sumber: agitaditiya.blogspot.com


Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa Al Khawarizmi merupakan di Khawarizmi (Kheva), Sebuah kota di selatan Sungai Oxus (sekarang Uzbekiostan) pada tahun 770. Tanggal kelahirannya tidak diketahui secara pasti. Orang Tuanya berpindah ke selatan Baghdad saat ia masih kecil. Dalam literatur barat beliau lebih dikenal dengan nama sebutan Algorizm,

Al Khawarizmi adalah salah satu andal matematika terbesar dalam sejarah. Ia adalah peletak dasar beberapa cabang dan konsep dasar matematika. Ia juga dikenal sebagai seorang jago astronomi dan geografi. Al Khawarizmi lah yang paling banyak mensugesti pedoman matematika di kurun pertengahan. Teori aljabar juga adalah penemuan dan buah  pikirannya. Nama Aljabar diambil dari judul bukunya al-jabr wa Al Muqabilah, Ia membuatkan tabel rincian trogonometri yang memuatfungsi sinus, kosinus dan kontingen serta konsep diferensiasi dari perkembangan kalkulus.

Pengaruh al Khawarizmi dalam perkembangan matematika, astronomi dan geografi dibuktikan oleh sejarah. Pendekatan sangat sisteatis dan logis, tidak hanya ia menyatukan sebagai cabang ilmu, tetapi juga memperkaya pemikirannya dengan bantuan dar dirinya sendiri. Ia menyatukan pengetahuan Yunani, dan hindu dan juga hasil pemikirannya sendiri dalam ilmu pengetahuan. Ia mengabdopsi angka nol, sebuah angka yang sangat penting dalam aritmatika dan sistem desimal. Sumbangannya dalam sistem angka dikenal sebagai Algoritma. Penamaan sistem it diambil dari nama belakangnya. Untuk mengenal angka arab, ia membuatkan beberapa prosedur aritmatika, diantaranya operasi dan pecahan.

Subangannya dalam bidang astronomi tidak diragukan lagi. Ia menulis sebuah buku tentang tabel astronomi. beberapa bukunya diterjemahkan ke dalam bahasa latin di awal kurun ke 12 oleh Adelard of Bath dangerard of Cremona. Buku Aritmatikanya ke kitab Al Jam'a Wal Tafreeq Bil Hisab Al Hindi. Terjemahan inilah yang kemudian menjadi ilmu pengetahuan baru di kalangan Barat. Buku ini dipakai hingga kurun ke 16 sebagai buku pegangan prinsip matematika di universitas eropa. Tabel-tabel astronominya juga diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa Eropa, dan kemudian bahasa Cina.

Kontribusi Al Kharizmi dalam bidang Geografi juga luar biasa. Ia tidak hanya merevisi pandangan ptolemoios tentang geografi, tetapi juga mengoreksinya secara detail. Tujuh puluh andal geografi bekerja dibawah kepemimpinannya dan mereka membuat peta pertama bola dunia (globe) di tahun 830 C. E Ia juga melakukan perhitungan derajat yang diperntahkan oleh Khalifah Ma'mun Al Rashid, yang bertujuan untuk memperkirakan volume dan panjang keliling Bumi. Buku geografnya berjudul Kitab Suratal Ard, termasuk peta-petanya, juga diterjemahkan. Kontribusi lainnya termasuk karya asli yang berhubungan dengan waktu, jam matahari (sundial), dan astrolobe. Ia juga menulis Kitab Al Tarikh dan Kitab Ar Rukhama, tentang Jam Matahari

Belum ada Komentar untuk "Biografi Al-Khawarizmi (Algorism) Penemu Algoritma Dan Globe (Bola Dunia)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel