Struktur Kurikulum 2013 Smp

 sah akan digunakan di beberapa sekolah pada tahun pemikiran baru  Struktur Kurikulum 2013 SMPSetelah Kurikulum 2013 sah akan digunakan di beberapa sekolah pada tahun pemikiran baru 2013/2014 nanti menyebabkan kekuatiran para guru semakin bertambah. Kenapa kekuatiran para guru semakin bertambah?, jam wajib 24 Jam Pelajaran (JP) jawabnya. Selain bagaimana sistem kurikulum 2013 ini, problem JP yakni problem yang harus ada solusi dari pemerintah perihal jam wajib 24 JP.

Pada Struktur kurikulum 2013 untuk SMA ada perubahan JP yang sangat signifikan di beberapa mata pelajaran, bagaimana struktur kurikulum 2013 ini di SMP, mari kita simak lantaran '...apa pun yang terjadi kurikulum 2013 akan diterapkan...'.

Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban berguru untuk mata pelajaran dan beban berguru per minggu untuk setiap siswa.

Struktur kurikulum yakni juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem berguru dan pengorganisasian beban berguru dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian konten dalam sistem berguru yang digunakan yakni sistem semester sedangkan pengorganisasian beban berguru dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.

Struktur kurikulum juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam merampungkan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Lebih lanjut, struktur kurikulum menggambarkan posisi berguru seorang siswa yakni apakah mereka harus merampungkan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan aneka macam pilihan.

STRUKTUR KURIKULUM SMP/MTs


Beban berguru di SMP/MTs untuk kelas VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam per minggu. Jam berguru SMP/MTs yakni 40 menit.

Struktur Kurikulum SMP/MTs yakni sebagai berikut:
 sah akan digunakan di beberapa sekolah pada tahun pemikiran baru  Struktur Kurikulum 2013 SMP
Keterangan:
*Muatan lokal sanggup memuat Bahasa Daerah

Ekstra Kurikuler SMP/MTs antara lain:
➲ Pramuka (Wajib)
➲ OSIS
➲ UKS
➲ PMR

Kelompok A yakni mata pelajaran yang mengatakan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B yakni mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. Seni Budaya dan Prakarya menjadi dua mata pelajaran yang terpisah. Untuk seni budaya didalamnya terdapat pilihan yang diadaptasi dengan minat siswa dan kesiapan satuan pendidik dalam melaksanakannya.

IPA dan IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science dan integrative social studies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan alam.Disamping itu, tujuan pendidikan IPS menekankan pada pengetahuan perihal bangsanya, semangat kebangsaan, patriotisme, serta program masyarakat di bidang ekonomi dalam ruang atau space wilayah NKRI. IPA juga ditujukan untuk pengenalan lingkungan biologi dan alam sekitarnya, serta pengenalan aneka macam keunggulan wilayah nusantara.

BEBAN BELAJAR

Dalam struktur kurikulum SMP/MTs ada penambahan jam berguru per minggu dari semula 32, 32, dan 32 menjadi 38, 38 dan 38 untuk masing-masing kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan lama berguru untuk setiap jam berguru di SMP/MTs tetap yakni 40 menit.

Dengan adanya aksesori jam berguru ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk menyebarkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif belajar. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian warta lantaran akseptor didik perlu latihan untuk melakukan pengamatan, menanya, asosiasi, dan komunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan guru menghendaki kesabaran dalam menunggu respon akseptor didik lantaran mereka belum terbiasa. Selain itu bertambahnya jam berguru memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.

Mata pelajaran yakni unit organisasi terkecil dari Kompetensi Dasar. Untuk kurikulum SMP/MTs organisasi Kompetensi Dasar kurikulum dilakukan dengan cara mempertimbangkan kesinambungan antar kelas dan keharmonisan antarmata pelajaran yang diikat dengan Kompetensi Inti. Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran sehingga struktur Kurikulum SMP/MTs menjadi lebih sederhana lantaran jumlah mata pelajaran dan jumlah materi berkurang.

Khusus untuk muatan lokal, Kompetensi Dasar yang berkenaan dengan seni budaya, dan keterampilan, serta bahasa daerah sanggup diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Sedangkan Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Untuk lebih terperinci perihal Kurikulum 2013 dan Kompetensi Inti/ Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 sanggup dilihat di link bawah ini:

Sruktur Kurikulum 2013 kompetensi inti dan kompetensi dasar SD
Sruktur Kurikulum 2013 kompetensi inti dan kompetensi dasar SMP
Sruktur Kurikulum 2013 kompetensi inti dan kompetensi dasar SMA

Contoh Proses Belajar Mengajar yang dianjurkan pada Kurikulum 2013, mungkin video berikut sanggup membantu kita dalam penerapan kurikulum 2013;
 sah akan digunakan di beberapa sekolah pada tahun pemikiran baru  Struktur Kurikulum 2013 SMP

Belum ada Komentar untuk "Struktur Kurikulum 2013 Smp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel