Tutorial Pembuatan Tawaran Penelitian Ptk Belahan 1
RUMAH CERIA MATEMATIKA BERBAGI TUTORIAL PEMBUATAN PROPOSA; PENELITIAN PTK BAB 1
Langkah awal dalam perencanaan pembuatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yaitu pembuatan ajuan PTK. Hal-hal yang harus dicantumkan dalam BAB 1 Pendahuluan ajuan yaitu sebagai berikut.
perhatikan Draft berikut
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Judul
Peningkatan.... melalui....di Kelas...
Alternatif lain
Upaya Meningkatankan... melalui.... di Kelas
Optimalisasi Penggunaan... untuk Meningkatkan....
B. Latar Belakang
|
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 ihwal Standar Isi disebutkan bahwa pembelajaran ....
Alternatif lain
Dalam ... disebutkan bahwa....
Sebagaimana tertuang dalam... bahwa .....
Pada.... dikatakan bahwa....
Contoh
|
Menulis puisi yaitu salah satu kompetensi dasar yang membekali siswa semoga mencapai tujuan tersebut. Selain sebagai sarana untuk membantu siswa mengomunikasikan gagasan dan perasaansecara tertulis, menulis puisi juga berfungsi sebagai sarana meningkatkan keterampilan menulis sastra. Sebagai bentuk ukiran pena sastra tentunya puisi yang ditulis siswa diharapkan memenuhi nilai-nilai kesastraan.
Contoh lain
Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai dalam mata pelajaran PKn yaitu menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kompetensi dasar ini membekali siswa agar….
Namun kenyataan yang diperoleh dari hasil belajar siswa mata pelajaran ......... di SMP............. pada kelas ......... materi ............. hasilnya masih jauh dari harapan. Ada .... siswa dari ...... siswa belum tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ......
Berdasarkan kondisi tersebut menawarkan bahwa hasil berguru mapel...khusunya materi......... kurang optimal. Hal ini disebabkan siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran, masih merasa kesulitan mendapat penjelasan dari guru, tidak berani bertanya, kurang kasar mempelajari materi pelajaran, kurang termotivasi belajarnya, pembelajaran dikelas kurang efektif, merasakan bahwa pelajaran yang diikutinya kurang menyenangkan, selama di rumah kurang tekun belajarnya, merasa kurang adanya perhatian dari guru, kurang kerja sama antarsiswa dalam diskusi kelompoknya, kurang memiliki kepercayaan pada diri sendiri, kurang bersemangat dalam komunikasi ilmiah yang bebas dan terarah, kurang berkembang kreativitas belajarnya, dan kurang sekali membaca buku-buku yang berafiliasi dengan mata pelajaran yang harus dipelajarinya.
Kurang optimalnya hasil berguru ini juga disebabkan oleh kekurangtepan guru dalam menggunakan metode/model/teknik pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan cenderung bersifat memompakan informasi kepada siswa, belum bisa memotivasi atau merangsang siswa menjadi lebih antusias mengikuti pelajaran, mudah mendapat penjelasan guru, berani bertanya, bergairah mempelajari materi pelajaran, pembelajaran yang diikuti efektif dan menyenangkan, tekun berguru di rumah, dan diperhatikan oleh guru. Juga terwujudnya kerja sama yang baik antarsiswa melalui diskusi atau kerja kelompok sehingga siswa memiliki kepercayaan pada diri sendiri, lebih bersemangat dalam komunikasi ilmiah yang bebas dan terarah.
Berdasarkan data tersebut di atas tentunya perlu dilakukan untuk memperbaiki kondisi yang memprihatinkan tersebut. Jika tidak diatasi, tentu akan membawa aneka macam dampak. Selain pembelajaran tidak tuntas, proses pembelajaannya juga tidak efektif dan dampak terbesarnya yaitu tujuan pendidikan tidak tercapai.
Untuk mengatasi dilema tersebut, peneliti akan menerapkan.................Metodel/model pembelajaran ini diharapkan bisa menggairahkan pembelajaran, memudahkan siswa menyerap informasi sehingga hasil belajarnya menjadi lebih baik.
B. Perumusan Masalah
|
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi dilema tersebut, permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut.
1. Bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam .... dengan ....?
2. Seberapa besar peningkatan kemampuan siswa dalam .... dengan ....?
3. Bagaimana perubahan tingkah laku (minat) siswa dalam pembelajaran .... ?
D. Tujuan Penelitian
|
Sesuai dengan latar belakang, identifikasi dilema dan rumusan dilema di atas, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkap hal-hal sebagai berikut.
1. Mengetahui tingkat keefektifan penggunaan teknik/model pembelajaran .... dalam meningkatkan kemampuan ....
2. Mengetahui besarnya peningkatan kemampuan siswa dalam .... dengan teknik/model ....
3. Mengetahui perubahan tingkah laku (minat) siswa pada pembelajaran kompetensi .... dengan ....
E. Manfaat Penelitian
|
Penelitian ini sanggup menawarkan manfaat:
1. Bagi Siswa, untuk meningkatkan kemampuan .... dan meningkatkan motivasi belajar.
2. Bagi Guru, untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rancangan pembelajaran, melaksanakan proses berguru mengajar yang lebih inovatif dan mengevaluasi proses pembelajaran semoga memperoleh hasil yang diharapkan.
3. Bagi penyelenggara pendidikan/praktisi pendidikan, temuan ini sanggup dijadikan sebagai materi kajian.
4. Bagi masyarakat, sanggup menambah wawasan pengetahuan ihwal perkembangan dunia pendidikan dikala ini.
Untuk contoh riil nya bisa didownload di sini
Belum ada Komentar untuk "Tutorial Pembuatan Tawaran Penelitian Ptk Belahan 1"
Posting Komentar