Soal Dan Pembahasan Olimpiade Mipa Science Expo Sma Unggul Del 2018 (*Matematika Smp Hots)

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Tika.., selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong buatan mu ini, gimana kalu kita sambil membahas soal matematika, kata Ema dengan semangat.

Ide elok itu Ema.., apalagi dengan minum kopi lintong ini mungkin ide-ide kreatif kita akan bermunculan.. hahahaa... balas Tika. Soal matematika mana yang akan kita coba diskusikan...

Ini ada soal matematika SMP dari temannya Mat, oh iya Mat sedang perjalanan menuju kemari kita lanjut aja katanya duluan diskusi. Kata temannya Mat ini yaitu soal Olmpiade matematika SMP yang dilaksanakan oleh sekolah favorit di wilayah Sumatera Utara yaitu SMA Unggul DEL. Untuk belum remaja SMP yang tidak terbiasa dengan soal-soal mirip ini mungkin akan sedikit merasa kesulitan pada awalnya, tetapi setelah dipahami secara matematis dan sedikit logika, maka soal pasti pasti mampu diselesaikan dan dipahami.

Baiklah mari kita coba, sambung Tika, sambil menunggu Mat tiba mudah-mudahan ada yang mampu tamat kita diskusikan;
1. Max berlari menghindari kejaran zombie. Untuk melepaskan diri, ia berlari $40$ meter dan kemudian putar arah halaun $90^{\circ}$ ke kanan atau ke kiri. Tepat sebelum putaran ke-4, jarak terjauh dari tempat semula adalah...
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
$\begin{align}
(A)\ & 40 \sqrt{5}\ meter \\
(B)\ & 160\ meter \\
(C)\ & 80 \sqrt{10}\ meter \\
(D)\ & 80 \sqrt{2}\ meter
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Max berlari dan akan putar kiri atau kanan setelah berlari sejauh $40$ meter.
Agar jarak tempuh dari tempat awal ke tempat tamat terjauh, setelah berlari $40\ m$ Max putar kanan, kemudian berlari dan putar kiri, kemudian berlari dan putar kanan dan seterusnya.
Dengan kata lain Max setealh berlari harus berputar berlawanan arah putar dari arah sebelumnya, alasannya yaitu yaitu jikalau Max berputar dengan arah putar yang sama maka ia akan kembali ke tempat semula atau jarak dari tempat semula akan minimum.

Ilustrasi lintasan yang ditempuh Max jikalau ia berlari arah putaran selalu sama.

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Ilustrasi lintasan yang ditempuh Max jikalau ia berlari arah putaran selalu beda.

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Dari lintasan yang ditempuh Max diatas kita peroleh jarak terjauh dari tempat semula yaitu $AE$.
$\begin{align}
AC^{2} & = AB^{2}+BC^{2} \\
& = 40^{2} + 40^{2} \\
& = 1600 + 1600 \\
& = 3200 \\
AC & = \sqrt{3200}=40\sqrt{2}
\end{align}$

Karena jarak $AC=CE$, maka $AE=40\sqrt{2}+40\sqrt{2}=80\sqrt{2}$

$\therefore$ Jarak terjauh dari tempat semula yaitu $(D)\ 80 \sqrt{2}\ meter$


2. Banyak persegi pada teladan gambar ke-(10) adalah
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
$\begin{align}
(A)\ & 181 \\
(B)\ & 201 \\
(C)\ & 221 \\
(D)\ & 241
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dengan melihat gambar banyak persegi pada setiap teladan adalah

  • Pola 1: 5 Persegi
  • Pola 2: 13 Persegi
  • Pola 3: 25 Persegi
Selain teladan banyak anyak persegi, dari gambar juga mempunyai teladan yaitu yang di tengah selalu tetap dan atas bawah berubah mengikti teladan sebagai beriktu;
  • Pola 1: $2 (2 \times 1) +1=5$
  • Pola 2: $2 (3 \times 2) +1=13$
  • Pola 3: $2 (4 \times 3) +1=25$
  • Jika kita teruskan polanya menjadi
  • Pola 4: $2 (5 \times 4) +1=41$
  • Pola 5: $2 (6 \times 5) +1=61$
  • Pola 10: $2 (11 \times 10) +1=221$
$\therefore$ Banyak persegi pada teladan gambar ke-10 ada $(C)\ 221$

3. Perhatikan gambar di bawah ini
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Berapa banyak persegi yang diharapkan semoga neraca tetap setimbang dikala dilepaskan adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 3 \\
(B)\ & 4 \\
(C)\ & 5 \\
(D)\ & 6
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari citra gambar kita peroleh informasi bahwa timbangan seimbang dikala 3 persegi ditambah 1 segitiga dengan 1 segitiga dan 1 lingkaran.
Secara simbol mampu kita tuliskan $3P+1S\ \equiv\ 1S+1L$.
Dari informasi diatas mampu juga kita simpulkan yaitu $3P\ \equiv\ 1L$.

Pada timbangan kedua ada $1L+2P$, semoga timbangan seimbang maka banyak persegi yang harus diisi yaitu 5 persegi, alasannya yaitu yaitu $3P\ \equiv\ 1L$.
$\begin{align}
1L+2P & \equiv\ 1L+2P \\
& \equiv\ 3P+2P \\
& \equiv\ 5P
\end{align}$

$\therefore$ Banyak persegi yang diharapkan semoga neraca tetap setimbang dikala dilepaskan yaitu $(C)\ 5$

4. Bilangan $\frac{2016^{2}-2017^{2}}{2016+2017}$ merupakan bilangan...
$\begin{align}
(A)\ & \text{bilangan bulat postif} \\
(B)\ & \text{bilangan asli} \\
(C)\ & \text{bilangan bulat negatif} \\
(D)\ & \text{bilangan pecahan}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Sebagai catatan kita masih ingat sifat aljabar yaitu $a^{2}-b^{2}=(a+b)(a-b)$.
$\begin{align}
& \frac{2016^{2}-2017^{2}}{2016+2017} \\
& = \frac{(2016+2017)(2016-2017)}{2016+2017}\\
& = (2016-2017) \\
& = -1
\end{align}$

$\therefore$ Bilangan $\frac{2016^{2}-2017^{2}}{2016+2017}$ merupakan $(C). \text{bilangan bulat negatif}$

5. Arjuna menyalin catatan pelajaran menjumlahkan adiknya, namun ia mengganti angka-angka pada catatan tersebut menjadi abjad $D,\ E,\ \text{dan}\ L$. Jika yang dicatat Arjuna adalah
$\begin{align}
& E\ E\ E\ E \\
& D\ D\ D\ D \\
& L\ L\ L\ L \, \, (+)\\
\hline
D\ & E\ E\ E\ L
\end{align}$
maka nilai $L$ yang tepat adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 5 \\
(B)\ & 6 \\
(C)\ & 7 \\
(D)\ & 8
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari melihat teladan penjumlahan bilangan, pertama yang mampu kita simpulkan yaitu $D,\ E,\ \text{dan}, L$ yaitu bilangan asli.

Lalu kita coba cek penjumlahan dari satuan yaitu $E+D+L=L$ artinya $E+D=10$.
Lalu kita coba cek penjumlahan dari puluhan yaitu $1+E+D+L=E$ artinya $1+D+L=10$.
Lalu kita coba cek penjumlahan dari ratusan yaitu $1+E+D+L=E$ artinya $1+D+L=10$.
Lalu kita coba cek penjumlahan dari ribuan yaitu
$\begin{align}
1+E+D+L & = DE \\
1+10+L & = DE \\
11+L & = DE \\
\end{align}$
Sampai pada persamaan $11+L = DE$, nilai $L$ sudah mampu kita tafsir alasannya yaitu yaitu nilai $DE$ kurang dari $20$ dan $D+E=10$ maka nilai $L$ yang mungkin yaitu $8$

$\therefore$ Nilai $L$ yang tepat yaitu $(D)\ 8$

6. Hari ini hari sabtu, 2017 hari yang akan tiba yaitu hari...
$\begin{align}
(A)\ & \text{Jumat} \\
(B)\ & \text{Sabtu} \\
(C)\ & \text{Mingggu} \\
(D)\ & \text{Senin}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Hari yang ada yaitu Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Artinya hari akan kembali berulang setelah hari kedelapan.

Kita coba dengan menggunakan konsep sisa pembagian,
Misalnya jikalau kini hari sabtu 9 hari lagi yaitu hari senin, alasannya yaitu yaitu 9 dibagi 7 sisa 2.
Jadi 9 hari lagi sama dengan 2 hari lagi.

Untuk 2017 hari lagi, cukup dengan kita bagi 7, 2017 dibagi 7 sisa 1.
Jadi 2017 hari lagi sama dengan 1 hari lagi.

$\therefore$ Hari ini hari sabtu, $2017$ hari yang akan tiba yaitu hari $(C)\ \text{Minggu}$

Coba latih lagi soal tentang menemukan hari lahir pada Matematika di Hari Paskah [Cara Menentukan Hari Lahir]

7. Jika $FPB(x,y)=12$ dan $KPK(x,y)=210$, maka $xy=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 2010 \\
(B)\ & 2520 \\
(C)\ & 2250 \\
(D)\ & 2100
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

FPB: Faktor Persekutuan Terbesar;
KPK: Kelipatan Persekutuan Terkecil;

Jika $FPB(x,y)=m$ dan $KPK(x,y)=n$ maka $x \cdot y = m \cdot n$
Jika $FPB(x,y)=12$ dan $KPK(x,y)=210$, maka $xy= 12 \cdot 210=2250$

$\therefore$ Nilai $xy$ yaitu $(C)\ 2250$

8. Pada gambar di bawah ini
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Nilai dari $a+b+c$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 75^{\circ} \\
(B)\ & 90^{\circ} \\
(C)\ & 115^{\circ} \\
(D)\ & 120^{\circ}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari gambar mampu kita tentukan bahwa segitiga $AED$ yaitu segitiga siku-siku sama kaki, sehingga sudut $\angle EAD= \angle ADE$.

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Karena $\angle EAD=\angle ADE$ dan $\angle EAD + \angle ADE=90^{\circ}$ maka $\angle EAD=a=45^{\circ}$

Untuk sudut $b$ dan $c$, kita coba ilustrasikan mirip berikut;
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Jika sudah mampu hanya dengan melihat gambar, kita mampu tentukan bahwa $\bigtriangleup CDF$ yaitu segitiga siku-siku sama kaki yang siku-siku di $\angle CFD$.

Tetapi jikalau belum mampu dengan melihat gambar, kita coba tentukan lewat panjang sisi-sisi segitiga, nilai $CF=\sqrt{2^{2}+1^{2}}=\sqrt{5}$, $DF=\sqrt{2^{2}+1^{2}}=\sqrt{5}$ dan $CD=\sqrt{3^{2}+1^{2}}=\sqrt{10}$.

Dari kekerabatan nilai $CF=DF=\sqrt{5}$ dan $CD=\sqrt{10}$ berlaku $CD^{2}=DF^{2}+CD^{2}$ sehingga $\bigtriangleup CDF$ yaitu segitiga siku-siku sama kaki yang siku-siku di $\angle CFD$.

Karena $\bigtriangleup CFD$ siku-siku sama kaki maka $\angle FCD = \angle FDC=45^{\circ}$ dan $\angle FCD =b+c=45^{\circ}$.

$\therefore$ Nilai dari $a+b+c=45^{\circ}+45^{\circ}$ yaitu $(B)\ 90^{\circ}$

9. Jika luas segi enam beraturan di bawah ini $1$ satuan luas, maka luas tempat yang diarsir adalah...
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
$\begin{align}
(A)\ & \frac{1}{15} \\
(B)\ & \frac{1}{16} \\
(C)\ & \frac{1}{18} \\
(D)\ & \frac{1}{24}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Segi enam beraturan disusun oleh 6 segitiga samasisi, ilustrasinya kurang lebih mirip berikut ini;

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Dari gambar di atas kita peroleh $\bigtriangleup OAB$ yaitu segitiga samasisi, yang luasnya yaitu $\frac{1}{6}$ dari luas segi enam beraturan yaitu $\frac{1}{6}$ satuan luas.

Dari gambar juga kita peroleh bahwa luas yang dirsir $OB'PA'$ yaitu $\frac{1}{3}$ dari luas $\bigtriangleup OAB$ yaitu $\frac{1}{3} \times [OAB]=\frac{1}{3} \times \frac{1}{6}=\frac{1}{18}$.

$\therefore$ Luas tempat yang diarsir yaitu $(C)\ \frac{1}{18}$


10. Jika 4 alat masak membutuhkan waktu 4 jam untuk membuat 4 porsi kudapan manis ulang tahun, maka berapa waktu yang diharapkan membuat 8 porsi kudapan manis ulang tahun dengan menggunakan 8 alat masak adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 1\ \text{jam} \\
(B)\ & 2\ \text{jam} \\
(C)\ & 4\ \text{jam} \\
(D)\ & 8\ \text{jam}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Disampaikan bahwa untuk 4 alat masak membutuhkan waktu 4 jam untuk membuat 4 porsi kudapan manis ulang tahun.
Waktu untuk membuat 8 porsi kudapan manis ulang tahun dengan menggunakan 8 alat masak yaitu 4 jam.
Karena ini sama dengan pernyataan awal bahwa membuat 4 porsi kudapan manis ulang tahun dengan 4 alat masak membutuhkan waktu 4 jam.

$\therefore$ Waktu yang diharapkan yaitu $(C)\ 4\ \text{jam}$

11. Pada hari sabtu, tanggal 25 Februari 2017, Ima, Ami dan Mia bermain bulu tangkis di Gedung Serba Guna berturut-turut 5 hari sekali, 7 hari sekali dan 6 hari sekali. Pada hari apakah mereka akan bermain bulu tangkis bahwasanya lagi adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \text{Jumat} \\
(B)\ & \text{Sabtu} \\
(C)\ & \text{Minggu} \\
(D)\ & \text{Senin}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pada hari sabtu, tanggal 25 Februari 2017, Ima, Ami dan Mia bermain bersama.
Ima bermain 5 hari sekali;
Ami bermain 7 hari sekali;
Mia bermain 6 hari sekali;

Untuk menentukan kapan mereka bermain bersama lagi mampu dengan menggunakan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK).
KPK dari 5, 6, dan 7 yaitu $5 \times 6 \times 7=210$
Berarti mereka bermain bersama 210 hari setelah hari sabtu, yaitu hari sabtu.
Cara mentukan harinya yaitu dengan membagi $210$ dengan $7$ sisanya $0$, berarti $210$ hari lagi sama dengan $0$ hari lagi atau hari yang sama.

$\therefore$ Mereka akan bermain bulu tangkis bahwasanya lagi pada hari $(B)\ \text{Sabtu}$

Coba latih lagi soal yang sama tentang modulo pada Belajar Modulo Dengan Cara Sederhana

12. Perhatikan gambar di bawah ini.
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Koordinat titik $A,\ B,\ C,\ \text{dan}\ D$ setelah dilakukan pencerminan terhadap garis $g$ dilanjutkan dengan pencerminan terhadap sumbu $X$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & A(5,3);\ B(4,1),\ C(2,1),\ D(1,3) \\
(B)\ & A(-5,-3);\ B(-4,-1),\ C(-2,-1),\ D(-1,-3) \\
(C)\ & A(3,-5);\ B(1,-4),\ C(1,-2),\ D(3,-1) \\
(D)\ & A(3,5);\ B(1,4),\ C(1,2),\ D(3,1)
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari titik yang diberikan pada gambar pertama di refleksikan terhadap garis $g:y=x$, perubahan titik adalah;

  • $A(-5,3) \rightarrow A'(3,-5)$
  • $B(-4,1) \rightarrow B'(1,-4)$
  • $C(-2,1) \rightarrow C'(1,-2)$
  • $D(-1,3) \rightarrow D'(3,-1)$
Lalu titik bayangan direfleksikan lagi terhadap sumbu-$X$.
  • $A'(3,-5) \rightarrow A''(3,5)$
  • $B'(1,-4) \rightarrow B''(1,4)$
  • $C'(1,-2) \rightarrow C''(1,2)$
  • $D'(3,-1) \rightarrow D'(3,1)$
$\therefore$ Koordinat bayangan titik yaitu $(D)\ A(3,5);\ B(1,4),\ C(1,2)\ D(3,1)$


13. Sebuah botol kecil berkapasitas 495 mililiter digunakan untuk mengisikan cairan ke dalam botol besar berkapasitas 20 liter. Untuk membuat botol besar yang semula kosong menjadi penuh, maka digunakan botol kecil sebanyak...
$\begin{align}
(A)\ & 40 \\
(B)\ & 41 \\
(C)\ & 42 \\
(D)\ & 43
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk mengisi botol besar dengan kapasitas $20\ liter$ atau setara dengan $20.000\ mililiter$ dengan botol kecil berkapasitas $495\ mililiter$ maka akan diharapkan botol kecil sebanyak $41\ botol$ alasannya yaitu yaitu $\frac{20.000}{495}=40,4...$ jadi untuk membuat penuh diharapkan $41\ botol$.

$\therefore$ Botol kecil digunakan sebanyak $(B)\ 41$

14. Jika kita menyusun persegi-persegi di bawah ini menjadi sebuah persegi yang besar, maka panjang sisi persegi yang dihasilkan adalah...
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
$\begin{align}
(A)\ & 14 \\
(B)\ & 15 \\
(C)\ & 16 \\
(D)\ & \text{tidak mungkin}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menyusun persegi-persegi diatas mejadi sebuah persegi yang besar, tahap awalnya kita uji dari mungkin atau tidaknya pertama dari banyak persegi yang ada.

Kita anggap saja semua yaitu persegi $1 \times 1$, sehingga:

  • Persegi $6 \times 6$ ada 36 persegi $1 \times 1$
  • Persegi $5 \times 5$ ada 50 persegi $1 \times 1$
  • Persegi $4 \times 4$ ada 48 persegi $1 \times 1$
  • Persegi $3 \times 3$ ada 36 persegi $1 \times 1$
  • Persegi $2 \times 2$ ada 20 persegi $1 \times 1$
  • Persegi $1 \times 1$ ada 6 persegi $1 \times 1$
Total persegi $1 \times 1$ ada sebanyak $36+50+48+36+20+6=196$, alasannya yaitu yaitu $196$ yaitu bilangan kuadrat dari $14$ maka ada kemungkinan persegi yang disusun yaitu persegi $14 \times 14$.

Setelah dari persegi-persegi yang kita anggap $1 \times 1$ mampu disusun menjadi persegi besar, kemudian coba dirancang atau disusun dari persegi yang tersedia jadi persegi besar yang ukurannya $14 \times 14$.
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
$\therefore$ Sisi persegi yang dihasilkan yaitu $(A)\ 14$

15. Jari-jari sebuah tabung dua kali jari-jari sebuah kerucut. Jika tinggi kerucut dua kali tinggi tabung. Maka perbandingan volume tabung dengan kerucut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 1:1 \\
(B)\ & 2:1 \\
(C)\ & 3:1 \\
(D)\ & 6:1
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Diketahui $r_{T}=2r_{K}$ dan $t_{K}=2t_{T}$ Perbandingan volume tabung dengan kerucut
$\begin{align}
V_{T}:V_{K} & = \pi \cdot r_{T}^{2} \cdot t_{T} : \frac{1}{3} \cdot \pi \cdot r_{K}^{2} \cdot t_{K} \\
& = r_{T}^{2} \cdot t_{T} : \frac{1}{3} \cdot r_{K}^{2} \cdot t_{K} \\
& = (2r_{K})^{2} \cdot t_{T} : \frac{1}{3} \cdot r_{K}^{2} \cdot 2t_{T} \\
& = 4r_{K}^{2} \cdot t_{T} : \frac{1}{3} \cdot r_{K}^{2} \cdot 2t_{T} \\
& = 4: \frac{2}{3} \\
& = 12: 2 \\
& = 6: 1
\end{align}$

$\therefore$ Perbandingan volume tabung dengan kerucut yaitu $(D)\ 6:1$

16. Perhatikan gambar di bawah ini!
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Sebuah jairng-jaring kubus digambar pada kertas gambar, diberi arsiran salah satu muka, kemudian dipotong. Kubus yang terbentuk berdasarkan jaring-jaring kubus adalah...
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Alternatif Pembahasan:

Pada kubus (A), (B) dan (C) ada satu warna untuk tiga persegi saling berdekatan, pada jaring-jaring kubus sepertinya tidak ada peluang untuk bertemu tiga persegi dengan warna sama.

$\therefore$ Kubus yang mungkin terbentuk yaitu kubus$(D)$

17. Perhatikan diagram di bawah ini!
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Berdasarkan diagram tersebut maka jumlah seluruh uang yang diambil oleh Ajeng dalam $6$ bulan adalah...
$\begin{align}
(A)\ & Rp100.000,00 \\
(B)\ & Rp150.000,00 \\
(C)\ & Rp200.000,00 \\
(D)\ & Rp350.000,00
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pada diagram tabel digambarkan uang tabungan Ajeng yang bertambah dan berkurang. Pada dikala uang tabungan berkurang maka pada dikala itu Ajeng mengambil uangnya.

Uang berkurang pada dikala bulan ke III berkurang $Rp150.000,00$.
Uang berkurang pada dikala bulan ke V berkurang $Rp100.000,00$.
Uang berkurang pada dikala bulan ke VI berkurang $Rp100.000,00$.

Total uang yang diambil Ajeng yaitu $Rp350.000,00$.

$\therefore$ Jumlah seluruh uang yang diambil oleh Ajeng dalam $6$ bulan yaitu $(D)\ Rp350.000,00$

18. Jika kertas lipat, dilipat menjadi 2 kepingan yang sama besar, kemudian dilipat lagi menjadi 2 kepingan yang sama besar dan dilipat lagi menjadi 2. Selanjutnya, tepat di tengah-tengah, kertas tadi dilubangi dengan paku sebanyak 3 kali di tempat yang berbeda. Ketika kertas dibuka maka banyak lubang yang terdapat di kertas adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 6 \\
(B)\ & 12 \\
(C)\ & 24 \\
(D)\ & 48
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Percobaan kita lakukan mulai dari hal yang paling sederhana;

  • Kertas dilipat jadi dua kepingan sama besar satu kali kemudian dilubangi di tiga tempat yang berbeda, akhirnya ada 6 lubang.
  • Kertas dilipat jadi dua kepingan sama besar dua kali kemudian dilubangi di tiga tempat yang berbeda, akhirnya ada 12 lubang.
  • Kertas dilipat jadi dua kepingan sama besar tiga kali kemudian dilubangi di tiga tempat yang berbeda, akhirnya ada 24 lubang.
$\therefore$ Banyak lubang yang terdapat di kertas yaitu $(C)\ 24$


19. Luas tempat yang diarsir adalah...
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
$\begin{align}
(A)\ & 28\ cm^{2} \\
(B)\ & 34\ cm^{2} \\
(C)\ & 35\ cm^{2} \\
(D)\ & 42\ cm^{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pada gambar disampaikan bahwa ada tempat setengah lingkaran yang beririsan, dan yang beririsan itu yaitu tembereng lingkaran yang berimpit.

Untuk menghitung luas tempat yang diarsir, kita cukup menghitung salah satu luas tembereng kemudian nanti dikalikan dengan 2 atau dijumlahkan;

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Luas tembereng lingkaran $(L_{t})$ tersebut dengan $\pi=\frac{22}{7}$ adalah
$\begin{align}
L_{t} & = [\text{Juring}\ EAC]-[\triangle\ EAC] \\
& = \frac{1}{4} \times \pi r^{2} - \frac{1}{2} \times AE \times EC \\
& = \frac{1}{4} \times \frac{22}{7} \times 7^{2} - \frac{1}{2} \times 7 \times 7 \\
& = \frac{77}{2} - \frac{49}{2} \\
& = \frac{28}{2} = 14\\
\end{align}$

$\therefore$ Luas tempat yang diarsir yaitu $(A)\ 28$
Coba latih lagi soal tentang Luas Lingkaran pada Perbandingan Luas Lingkaran dan Luas Persegi

20. Digit desimal ke-2017 dari $\frac{5}{54}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 0 \\
(B)\ & 2 \\
(C)\ & 5 \\
(D)\ & 9
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Pecahan $\frac{5}{54}=0,0925925925...$
Digit desimak ke-1 yaitu 0;
Digit desimak ke-2 yaitu 9;
Digit desimak ke-3 yaitu 2;
Digit desimak ke-4 yaitu 5;
Digit desimak ke-5 yaitu 9;
dan seterusnya digit-digit desimal akan berulang untuk angka $925$, dan pengulangan terjadi untuk tiga kali.

Digit ke-1 yaitu 0, digit-digit mengalami pengulangan mulai digit ke-2, jadi digit ke-2017 pada soal dan untuk perkara $925925925925 \cdots$ yang diminta yaitu digit ke-2016.

Dengan menggunakan konsep sisa pembagian yaitu $\frac{2016}{3}= \cdots \text{sisa}\ 0$, sehingga digit ke-2016 yaitu sama dengan digit ke-3 yaitu 5.

$\therefore$ Digit desimal ke-2017 dari $\frac{5}{54}$ yaitu $(C)\ 5$

21. Seekor semut berada pada sebuah pusat koordinat bidang kartesius. Jika semut tersebut ingin mengambil gula yang di koordinat $(3,4)$. Jika semut hanya mampu bergerak ke kanan atau atas, maka banyak cara berbeda semut melakukannya adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 7 \\
(B)\ & 12 \\
(C)\ & 20 \\
(D)\ & 35
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Semut berada pada sebuah pusat koordinat bidang kartesius yaitu $(0,0)$ banyak cara ke titik $(3,4)$

Untuk hingga ke titik $(1,1)$ ada dua cara
Untuk hingga ke titik $(1,2)$ ada tiga cara
dan seterusnya, coba perhatikan alurnya dari gambar berikut;

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)\ 35$

22. Dua lilin yang sama panjang dinyalakan pada jam yang sama. Lilin pertama akan habis seluruhnya dalam $4$ jam sedangkan lilin kedua akan habis seluruhnya $40$ menit setelah lilin pertama habis seluruhnya. Jika kedua lilin dinyalakan pada pukul 20.00, maka panjang salah satu lilin dua kali lilin yang lain terjadi pada pukul...
$\begin{align}
(A)\ & 22.30 \\
(B)\ & 23.00 \\
(C)\ & 23.30 \\
(D)\ & 23.45
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Tinggi kedua lilin yaitu sama dan waktu dinyalakan juga sama tetapi waktu habisnya yang berbeda.
Misal:

  • $h=$ panjang lilin mula-mula,
  • $t=$ waktu pada dikala tinggi lilin $B$ yaitu 2 kali tinggi lilin $A$.
  • $h_{a}=$ panjang lilin $A$ setelah $t$ menit,
  • $h_{b}=$ panjang lilin $B$ setelah $t$ menit

Dari rumus kecepatan kita peroleh;
$V_{a}=\dfrac{h}{240}$
$V_{b}=\dfrac{h}{280}$

Tinggi lilin setelah $t$ menit yaitu $h-h_{a}$ dan $h-h_{b}$ dan terjadi:
$\begin{align}
2(h-h_{a})\ & =h-h_{b} \\
2h-2h_{a}\ & =h-h_{b} \\
h & = 2h_{a}-h_{b}
\end{align}$

Waktu tempuh untuk mencapai ketinggian $h_{a}$ dan $h_{b}$ yaitu sama yaitu $t$ dimana $t=\dfrac{h_{a}}{V_{a}}$ dan $t=\dfrac{h_{b}}{V_{b}}$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
\dfrac{h_{a}}{V_{a}} & = \dfrac{h_{b}}{V_{b}}\ \text{atau}\ \dfrac{V_{b}}{V_{a}} = \dfrac{h_{b}}{h_{a}} \\
\dfrac{\frac{h}{280}}{\frac{h}{240}}\ & = \dfrac{h_{b}}{h_{a}}\ \text{atau}\ \dfrac{240}{280}\ = \dfrac{h_{b}}{h_{a}} \\
\dfrac{6}{7}\ & = \dfrac{h_{b}}{h_{a}} \\
h_{b} & = \dfrac{6}{7}\ h_{a}
\end{align}$

$\begin{align}
h\ & = 2h_{a}-h_{b} \\
& = 2h_{a}-\dfrac{6}{7}\ h_{a} \\
& = \dfrac{8}{7}\ h_{a}
\end{align}$

$\begin{align}
t\ & = \dfrac{h_{a}}{V_{a}} \\
& = \dfrac{h_{a}}{\dfrac{h}{240}} \\
& = h_{a} \times \dfrac{240}{h} \\
& = h_{a} \times \dfrac{240}{\dfrac{8}{7}\ h_{a}} \\
& = 240 \times \dfrac{7}{8} = 210
\end{align}$

Waktu yang diharapkan semoga panjang salah satu lilin dua kali lilin yang lain yaitu $210$ menit atau $3,5$ jam.

$\therefore$ Panjang salah satu lilin dua kali lilin yang lain terjadi yaitu pada pukul $(C)\ 23.30$

23. Perhatikan gambar berikut!
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Jika angka-angka pada gambar memberikan keliling dari masing-masing bagian, maka keliling persegi panjang $ABCD$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 48\ \text{satuan panjang} \\
(B)\ & 46\ \text{satuan panjang} \\
(C)\ & 24\ \text{satuan panjang} \\
(D)\ & 23\ \text{satuan panjang}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari gambar mampu kita peroleh beberapa informasi, antara lain kepingan yang diketahui kelilingnya ada dua macam bagaian yaitu persegi dan persegi panjang.

  • Persegi: $k=8$ sehingga panjang sisinya $2$
  • Persegi panjang $k=11$ sehingga panjang sisinya $2$ dan $3,5$
  • Persegi panjang $k=12$ sehingga panjang sisinya $2$ dan $4$
  • Persegi panjang $k=20$ sehingga panjang sisinya $2$ dan $8$
  • Keliling $ABCD$ yaitu $2 \times \left( [3,5+2+4] +[8+2+3,5] \right) $$=2 \times \left( 23 \right)=46$
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)

$\therefore$ keliling persegi panjang ABCD yaitu $(B)\ 46\ \text{satuan panjang} $

24. Teacher ask to Sinta, "What time is it?"
Sinta says, "It is ten to eight, sir"
Then, the smallest angle when the watch show that time must be...
$\begin{align}
(A)\ & 60^{\circ} \\
(B)\ & 62,5^{\circ} \\
(C)\ & 65^{\circ} \\
(D)\ & 67,5^{\circ}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk merampungkan soal di atas, kita coba translate percakapan kedalam Bahasa Indonesia. kurang lebih mirip berikut:
Guru bertanya kepada Sinta, "Pukul berapa sekarang?"
Sinta mengatakan, "Sekarang pukul 8 kurang 10, pak"
Sehingga, sudut terkecil yang dibuat jarum jam pada waktu yang disebutkan harus...

Jika kita ilustrasikan jarum jam yang memberikan pukul 8 kurang 10, kurang lebih mirip berikut ini;

 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)
Satu putaran jarum jam membentuk sudut $360^{\circ}$, dari perputaran jarum mampu kita simpulkan yaitu;
  • Jika jarum panjang bergerak $360^{\circ}$ maka jarum pendek akan bergerak $1$ jam sekitar $\dfrac{1}{12} \times 360^{\circ}=30^{\circ}$,
    misal Jika jarum panjang bergerak satu putaran maka jarum pendek dari tepat pukul $2$ menjadi tepat pukul $3$.
  • Jika jarum panjang bergerak $30^{\circ}$ maka jarum pendek akan bergerak sekitar $\dfrac{1}{12} \times 30^{\circ}=2,5^{\circ}$
Jika kita perhatikan gambar posisi jarum panjang tepat berada pada pukul $10$ dan jarum pendek mendekati pukul $8$. Jarum pendek akan hingga pada pukul $8$ jikalau jarum panjang bergerak $60^{\circ}$.

Sehingga besar sudut yang dibuat jarum pendek dan tepat pukul $8$ yaitu $\dfrac{1}{12} \times 60^{\circ}=5^{\circ}$. Sudut terkecil yang dibuat jarum panjang dan jarum pendek yaitu $60^{\circ}+5^{\circ}=65^{\circ}$.

$\therefore$ The smallest angle when the watch show that time must be $(C)\ 65^{\circ}$


Jika engkau tidak mampu menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan ___pythagoras

Selesai Tika, kita berhasil menyelesaikannya,... tapi hingga kini Mat belum juga datang... saya minta nambah kopi lintong lagi dong Ema, mumpung Mat belum tiba dan supaya nunggunya tidak membosankan.

Baiklah, tunggu iya supaya saya buatin kopinya... dan nanti jikalau Mat sudah hingga kita kasih kepingan untuk mengkoreksi hasil diskusi kita.

Jika ada masukan yang sifatnya membangun terkait perkara alternatif penyelesaian Diskusi Matematika SMP, Soal Science Expo SMA Unggul DEL atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan😊CMIIW

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Cara Pilar (Pintar Bernalar) Perkalian Dua Angka;
 selagi kita ada waktu bersantai sambil menikmati pisang goreng dan segelas kopi lintong b Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo SMA Unggul DEL 2018 (*Matematika SMP HOTS)

Belum ada Komentar untuk "Soal Dan Pembahasan Olimpiade Mipa Science Expo Sma Unggul Del 2018 (*Matematika Smp Hots)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel