Cara Menciptakan Bioplastik (Awetan Spesimen Di Dalam Blok Plastik)

Bioplastik yakni bentuk awetan kering mahluk hidup yang berada dalam plastic sehingga tidak akan rusak dalam waktu ratusan tahun. Untuk membuat awetan dalam bentuk ini dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang cukup, namun pembuatanya sangat simpel dan memerlukan waktu yang tidak lama.


Bioplastik

Bioplastik mampu dibuat dalam berbagai macam bentuk sesuai keinginan dan pembuatan alat cetaknya. Selain sebagai alat untuk penelitian dan koleksi, bioplastik ini juga mampu digunakan / dibuat dalam bentuk hiasan mirip pegangan kunci dll. Pada umumnya mahluk hidup yang di awetkan dalam bentuk ini yakni berbagai macam serangga, bunga dan berbagai bentuk daun tumbuhan , lantaran walaupun sudah tersimpan cukup lama, tumbuhan / bunga tersebut tidak akan layu dan masih nampak segar serta tidak akan rusak kecuali jikalau dipecah.


Alat dan Bahan yang Diperlukan Membuat Bioplastik


Untuk membuat preparat bioplastik ini dibutuhkan alat dan bahan yang sesuai dengan yang di butuhkan, bahan yang digunakan dalam membuat preparat bioplastik terdiri 4 macam :

1. bahan / objek yang akan di awetkan

Obyek makhluk hidup ini mampu dicari dalam 3 cara:

  • Bahan segar adalah hewan atau tumbuhan yang langsung diambil dari alam/ hasil tangkapan contohnya serangga, potongan daun, potongan kulit kayu, bunga,dll
  • Awetan kering/ obyek lain. Obyek lain yang dimaksud yakni untuk gesekan pena label atau mampu juga di beri foto.
  • Awetan basah dalam alcohol / formalin

Untuk bahan segar harus direndam dalam larutan styrene sebelum dibuat (boleh lama boleh juga sebentar saja).

2. Styrene

Adalah larutan untuk merendam bahan segar / obyek sebelum di buat / di masukan ke dalam bioplastik. Berfungsi sebagai penyeteriol, untuk mensterilkan obyewk yang akan di awetkan.

3.Resin

Sifat dari resin yakni beracun, karsinogen (penyebab kanker) dan juga mampu menjadikan iritasi kulit.

4. Katalis

Katalis ini sifatnya sama dengan Resin . sehingga pada waktu menggunakan harus hati-hati semoga tidak sampai terkena kulit atau pakaian lantaran noda pada pakaian tidak mampu dihilangkan dan mampu menjadikan kerusakan pada kain. Berfungsi sebagai pengeras.

5. Cobalt

Cobalt juga berfungsi sebagai pengeras sama mirip katalis.

6. Alat Cetakan / wadah

Cetakan ini mampu di buat dari seng atau aluminium tipis sehingga mampu di bengkokan menjadi wadah yang sangat rapat dan bentuknya sesuai dengan keinginan sendiri.

7. Girinda/ Ampelas

Alat ini digunakan untuk menghaluskan serpihan tepi preparat sesudah kering / selesai .

8. Compound QQ

Digunakan untuk mengkilatkan preparat yang sudah jadi dengan cara di gosok dengan kain yang halus dan bersih.

9. Alat penunjang lainya

Alat penunjang lainnya yang di perlukan misalnya

 Gunting :untuk memotong bahan / obyek serta digunakan dalam membuat cetakan

 Pisau : untuk membuat cetakan

 Pinset : untuk mengambil obyek/ mahluk hidup

 Jarum : untuk menata obyek dalam larutan

 Isolasi lakban : untuk mengaitkan / membuat cetakan

 Sendok : untuk mengadut gabungan larutan

 Kain : untuk menggosok preparat bioplastik sesudah jadi

 Gelas minuman kemasan untuk mengaduk gabungan larutan .


Cara Kerja Membuat Bioplastik

1. Membuat wadah / alat cetakan


Untuk membuat alat cetakan kita mampu gunakan aluminium tipis, seng atau plastic yang tahan terhadap resin dengan cara menggunting sesuai bentuk cetakan yang di inginkan.

Cetakan yang baik yakni fleksibel, permukaannya halus, tahan terhadap resin serta sesuai dengan obyek dan bentuk seni. Untuk itu harus pula diperhatikan setting obyek pada cetakan (orientasi, label ataupun aksesories lainnya)

2. Menyiapkan obyek
Obyek yang disiapkan mampu juga mahluk hidup contohnya kupu-kupu, belalang, bunga, daun dan lain-lain, bias juga label foto.

3. Membuat preparat bioplastik

Pembuatan preparat ini dengan cara / tahap sebagai berikut :

 Merendam obyek dalam styrene sampai terendam boleh lama boleh tidak. Untuk label / obyek kering tak perlu direndam lantaran mampu luntur warnanya.

 Menuangkan resin ke dalam tempat lain (gelas minuman kemasan ) kemudian menambahkan katalis dan cobalt dengan perbandingan resin 25 cc, katalis dan cobalt masing-masing 8 s/d 9 tetes. Kemudian kita aduk perlahan-lahan larutan resindan katalis tersebut dan usahakan jangan sampai muncul gelembung udara. Aduk larutan tersebut sampai berubah warnanya .

 Menyiapakan alat cetakan yang kita buat tadi dan masukkan gabungan resin + katalis ± 2 mm sebagai alas / sesuai denagn wadah semoga proporsional dengan cetakan tadi. Miringkan semoga merata dan masukkan ke dalam open selama ± 3 menit atau sampai mengental. Pemanasan atau pengeringan ini mampu juga dilakukan dengan lampu pijar 10 watt atau mampu juga hanya di angin-anginkan.

 Setelah mengering masukkan gabungan lagi sedikit sebagai penanam atau penjebak semoga obyek tidak muncul / timbul dipermukaan. Setelah itu masukkan obyek dan label atau foto kemudian tata dengan rapi sesuai dengan keinginan anda dengan menggunakan jarum atau lidi. Setelah selesai keringkan lagi dengan cara mirip poin di atas (dalam memasukkan obyek harus hati-hati semoga tidak ada gelembung udara yang timbul jawaban tabrakan obyek).

 Preparat yang sudah kering di ambil dan di tuangi gabungan lagi sebagai penutup, kemudian keringkan lagi mirip cara pengeringan di atas.

 Setelah preparat betul-betul kering buka wadahnya dengan cara di sobek dan dalam hal ini membukannya pun harus hati-hati semoga tidak pecah.

 Langkah selanjutnya, haluskan permukaan dengan gerinda / amplas bertingkat dari bergairah (100 – 600 – 1000) ke halus pada kondisi basah / berair, serta jangan sampai berdebu lantaran debunya mampu menjadikan kanker / karsinogen.

 Sebagai langkah terakhir haluskan dengan compound bertingkat QQ – very white dengan menggunakan kain halus sampai mengkilat. Preparat telah selesai dibuat.


Hal-Hal yang perlu Diperhatikan dalam Membuat Bioplastik

 Dalam membuat adona resin + katalis harus diperhatikan komposisi perbandingannya dan pada waktu mengaduk harus hati-hati semoga jangan sampai ada gelembung udara dan harus sekali habis lantaran sifatnya cepat mengeras.

 Pada saat memberi resin, sebelumnya harus sudah mengering dan pada waktu penutupan, obyek harus sudah kering dulu lantaran di khawatirkan obyek akan muncul ke permukaan / timbul.

Ciri-Ciri Pembuatan Bioplastik yang Berhasil dan Gagal

Pembuatan preparat Bioplastik dikatakan akan berhasil dengan baik apabila kesannya sebagai berikut :

 tidak ada gelembung udara pada preparat tersebut.

 tidak ada serpihan yang ditimbulkan lantaran terlalu panas atau terlalu banyak katalis maupun terlalu tebalnya resin.

 Obyek mengkilat.

 Tata letak atau orientasi obyek / label mengandung kreasi seni yang tinggi.

 Sudut permukannya halus dan jernih.

Adapun kesannya preparat di katakan gagal apabila kesannya sebagai berikut :

 lantaran terlalu panas ataupun terlalu banyak katalis serta terlalu Bergelembung.

 Pecah-pecah tebalnya resin.

 tata letak orientasi obyeknya jelek.

 Obyeknya tampak keruh dan buram.

 Sudutnya tajam, permukaan bergairah dan tidak jernih

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Bioplastik (Awetan Spesimen Di Dalam Blok Plastik)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel