Baik kawan kawan mari kita review Rpp Kemagnetan Ipa kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019 ini dengan seksama. Mungkin kita bisa menggunakan Rencana pelaksanaan pembelajaran ini sebagai materi pandangan baru dalam pengembangan layanan pendidikan kita sebagai pendidik Ilmu Pengetahuan Alam.
silakan cek Rpp Kemagnetan Ipa kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019 berikut.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran :IPA
Kelas /Semester : IX/ Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi : Kemagnetan
Alokasi Waktu : 15JP (6Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
No | Kompetensi Inti |
1 | Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya |
2 | Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
3 | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan peristiwa tampak mata |
4 | Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah asing (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No | Kompetensi Dasar (KD) | Kompetensi Dasar (KD) |
1 | 3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet, termasuk dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi binatang untuk mencari makanan dan migrasi
| 4.6 Membuatkarya sederhanayang memanfaatkanprinsip elektromagnetdan/ atau induksi elektromagnetik
|
2 | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3 | 3 3.1 3.2 3.3 3.4 3.5 3.6 3.6.1 Menjelaskan pengertian magnet. 3.6.2 Membedakan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik. 3.6.3 Menyebutkan pola feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik. 3.6.4 Menjelaskan 3 cara membuat magnet. 3.6.5 Menjelaskan 3 cara menghilangkan sifat magnet. 3.6.6 Menjelaskan teori kemagnetan bumi. 3.6.7 Menyebutkan contoh-contoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari. 3.6.8 Menjelaskan prinsip kerja contoh-contoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari. 3.6.9 Menjelaskan prinsip induksi elektromagnetik. 3.6.10 Menyebutkan contoh-contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari. 3.6.11 Menjelaskan prinsip kerja contoh-contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari. 3.6.12 Mengamati berbagai bentuk magnet dan banyak sekali produk yang memanfaatkan elektromagnet atau induksi elektromagnetik 3.6.13 Melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat-sifat dan pembuatan magnet | 4 4.6 4.7 4.8 4.9 4.10 4.11 4.6.1 Mengidentifikasi kutub-kutub kemagnetan bumi, sudut deklinasi, dan sudut inklinasi 4.6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya Lorentz dan mengumpulkan informasi mengenai peristiwa induksi elektromagnetik dan transformator melalui percobaan. |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Memehami arti magnet
Ø Menjelaskan konsep gaya magnet
Ø Menyebutkan jenis gaya magnet
2. PertemuanKedua
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Memahami sifat-sifat magnet
Ø Mengetahui cara membuat magnet
Ø Membuat magnet sederhana
3. PertemuanKetiga
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Memahami kemagnetan bumi
Ø Menjelaskan banyak sekali teori kemagnetan bumi
4. PertemuanKeempat
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Menjelaskan gaya lorentz
Ø Memahami induksi elektromagnetik
Ø Memahami transformator dalam kemagnetan
5. PertemuanKelima
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Menjelaskan macam-macam teknologi yang memanfaatkan kemahnetan
Ø Menyebutkan jenis-jenis produk teknologi kemagnetan
6. PertemuanKeenam
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Mengetahui medan magnet yang digunakan oleh beberapa binatang untuk bermigrasi
Ø Menyebutkan binatang yang memanfaat medan magnet
Fokus nilai-nilai sikap
1. Tanggung jawab
2. Kedisiplinan
3. Kreatif
D. Materi Pembelajaran Reguler
1. Pembelahan Sel
2. Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi pada Manusia
3. Penyakit pada sistem reproduksi manusia dan upaya pencegahannya
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Diskusi, penugasan
F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK) v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Pada semester ganjil v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, sumbangan contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan materi v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet v Aktivitas Ø Peserta didik melaksanakan penyelidikan sesuai dengan acara interaksi dua magnet. Kemudian berikanlah jawabannya. v Berdiskusi Ø Peserta didik melakukan diskusi secara berkelompok (3-4orang) mengenai ciri-ciri yang terjadi pada setiap ase pembelahan v Saling tukar informasi tentang : Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan : Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet | | 90 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Pengertian magnet Ø Konsep gaya magnet v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magne v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Mengamati lembar kerja, sumbangan contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan materi v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magnet v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magnet v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magnet untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magnet yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magnet v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magnet v Aktivitas Ø Untuk menemukan sifat magnet peserta didik diminta untuk melakuan acara berikut dengan menggunakan materi sebagai berikut v Praktik Ø Secara berkelompok peserta didik diminta untuk membuat magnet dengan bahan-bahan dan langkah berikut v Saling tukar informasi tentang : Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magnet dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magnet v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magnet v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magnet v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan : Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magnet | | 60 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 10 menit |
3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Sifat-sifat magnet Ø Cara membuat magnet v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, sumbangan contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan materi v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz v Aktivitas Ø Peserta didik diminta untuk menentukan besar dan arah gaya lorentz Ø Peserta didik untuk membuat karya tulis atau presentasi menggunakan power point, gambar, atau medialainnyamengenai penerapan gaya lorentz v Saling tukar informasi tentang : Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan : Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz | | 90 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Kemagnetan bumi Ø Teori kemagnetan bumi Ø Gaya lorentz v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Induksi elektromagnetik Ø Transformator v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, sumbangan contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berafiliasi dengan materi v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Ø Induksi elektromagnetik Ø Transformator v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Induksi elektromagnetik Ø Transformator v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Ø Induksi elektromagnetik Ø Transformator untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Ø Induksi elektromagnetik Ø Transformator yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Ø Induksi elektromagnetik Ø Transformator v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Induksi elektromagnetik Ø Transformator v Aktivitas Ø Peserta didik diminta untuk menyelidiki peristiwa induksi elektromagnetik dengan langkah-langkah berikut v Saling tukar informasi tentang : Ø Induksi elektromagnetik Ø Transformator dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : Ø Gaya lorentzInduksi elektromagnetik Ø Transformator v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Ø Induksi elektromagnetik Ø Transformator v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Induksi elektromagnetik Ø Transformator v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan : Ø Gaya lorentzInduksi elektromagnetik Ø Transformator | | 60 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 10 menit |
5. Pertemuan Ke-5 ( 3 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Induksi elektromagnetik Ø Transformator v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Kemagnetan dalam produk teknologi v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Ø Kemagnetan dalam produk teknologi v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Kemagnetan dalam produk teknologi v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Ø Kemagnetan dalam produk teknologi untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Ø Kemagnetan dalam produk teknologi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Ø Kemagnetan dalam produk teknologi v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Kemagnetan dalam produk teknologi v Saling tukar informasi tentang : Ø Kemagnetan dalam produk teknologi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : Ø Kemagnetan dalam produk teknologi v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Ø Kemagnetan dalam produk teknologi v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Kemagnetan dalam produk teknologi v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan : Ø Kemagnetan dalam produk teknologi | | 90 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
6. Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Kemagnetan dalam produk teknologi v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Ø Pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Ø Pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Ø Pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Ø Pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan v Saling tukar informasi tentang : Ø Pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : Ø Pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Ø Pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan : Ø Pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan | | 60 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 10 menit |
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Ø Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
Ø Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
Ø Menyelesaikan peran yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Ø Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
1. Pertemuan Pertama (Terlampir)
2. Pertemuan Kedua (Terlampir)
3. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
4. Pertemuan Keempat (Terlampir)
5. Pertemuan Kelima (Terlampir)
6. Pertemuan Keenam (Terlampir)
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
v Remedial sanggup diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua penggalan : remedial sebab adalah belum mencapai KKM dan remedial sebab adalah belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan peran bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø Membuat magnet sederhana.
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø Peserta didik secara berkelompok mencari info mengenai pergerakannaviga si binatang yang memanfaatkan medan magnet
……………, Januari 2019
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
link download
Demikianlah artikel RPP kemagnetan kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019 semoga anda bisa menyebarkan RPP ini agar kedepan semakin baik.
Belum ada Komentar untuk "Rpp Kemagnetan Ipa Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019"
Posting Komentar