Bagian kedua materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas 9 semester 2 adalah bioteknologi dan produksi pangan. Segera saja kita review Rpp bioteknologi dan produksi pangan kurikulum 2013 revisi 2019.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran :IPA
Kelas /Semester : IX/ Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi : Bioteknologi dan Produksi Pangan
Alokasi Waktu : 10JP (4Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
No | Kompetensi Inti |
1 | Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya |
2 | Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
3 | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata |
4 | Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah absurd (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No | Kompetensi Dasar (KD) | Kompetensi Dasar (KD) |
1 | 3.7 Menerapkankonsep bioteknologidan perannyadalam kehidupan manusia
| 4.7 Membuatsalahsatu produk bioteknologi konvensionalyang ada di lingkungan sekitar
|
2 | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3 | 3 3.1 3.2 3.3 3.4 3.5 3.6 3.7 3.7.1 Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi. 3.7.2 Menjelaskan perbedaan prinsip dasar pengembangan bioteknologi konvensional dan modern. 3.7.3 Mengidentifikasi penerapan bioteknologi konvensional dalam memenuhi kebutuhan pangan di kehidupan sehari hari 3.7.4 Mengidentifikasi sumber-sumber biro bioteknologi dan produk yang dihasilkan 3.7.5 Mengidentifikasi penerapan bioteknologi modern atau memenuhi kebutuhan pangan di kehidupan sehari hari 3.7.6 Menjelaskan prinsip rekayasa genetik dan hasilnya produk. 3.7.7 Menjelaskan keuntungan dan kerugian dari penerapan bioteknologi dalam bidang pangan | 4 4.7 4.8 4.9 4.10 4.11 4.12 4.7.1 Membuat produk pangan dengan menggunakan bioteknologi konvensional. 4.7.2 Menyajika hasilproduk pangan dengan menggunakan bioteknologi konvensional
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Menjelaskan arti bioteknologi
Ø Memahami prinsip dasar bioteknologi
2. PertemuanKedua
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Memahami arti bioteknologi konvensional
Ø Menyebutkan banyak sekali produk bioteknologi konvensional
Ø Memahami arti bioteknologimodern
Ø Menyebutkan produk bioteknologi modern
Ø Membuat salah satu produk bioteknologi baik konvensional maupun modern
3. PertemuanKetiga
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Menyebutkan dampak bioteknologi terhadap lingkungan
Ø Menjelaskan pengembangan bioteknologi bidang lingkungan
Ø Menyebutkan dampak bioteknologi terhadap kesehatan
Ø Menjelaskan pengembangan bioteknologi bidang kesehatan
4. PertemuanKeempat
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Menyebutkan dampak bioteknologi terhadap sosial
Ø Menjelaskan pengembangan bioteknologi bidang sosial
Ø Menyebutkan dampak bioteknologi terhadap ekonomi
Ø Menjelaskan pengembangan bioteknologi bidang ekonomi
Fokus nilai-nilai sikap
1. Tanggung jawab
2. Kedisiplinan
3. Kreatif
D. Materi Pembelajaran Reguler
1. Bioteknologi dan manfaatnya dalam produksi pangan
2. Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Diskusi, penugasan
F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali program pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Pada pertemuan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Orientasi akseptor didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Membaca (dilakukan di rumah sebelum program pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan akseptor didik | Menanya Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui program belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan wacana : Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø Bagaimana proses yag terjadi sampai terbentuk masakan berupa tapedan tempe? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau program lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi v Saling tukar informasi tentang : Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana : Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari program mengamati dan program mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pemberian pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan : Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi | | 90 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap program yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan program tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
Ø Peserta didik untuk membuat tape dengan pemberian orang renta atau orang-orang di sekitar mereka, sehingga akseptor didik sudah mengetahui tahap-tahap dalam pembuatan tape. Setelah akseptor didik membuat, tape dibawa ke sekolah untuk dilakukanpengamatan dan dilakukan analisis - Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali program pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Pengertian bioteknologi Ø Prinsip dasar bioteknologi v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti Orientasi akseptor didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan materi v Membaca (dilakukan di rumah sebelum program pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan akseptor didik | Menanya Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui program belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan wacana : Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau program lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern v Aktivitas Ø Ada banyak materi pangan yang memanfaatkan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari. Coba kamu cari, masakan atau mikroorganisme yang berperan dalam produksi masakan atauminuman tersebut. Tulislah pada tabel di bawah ini hasil observasi v Berdidkusi Ø Peserta didik melakukan diskusi kelas mengenai bioteknologi modern serta rekayasa genetika, selanjutnya guru emberi kiprah pada akseptor didik untuk melakukan diskusi mengenai jagung transgenik. Sebelumnya guru membimbing akseptor didik untukmembentuk kelompok, setiap kelompok berisi 3-4 orang. Kemudian mendiskusikan mengidentifikasi teknik pembuatan jagung transgenik v Saling tukar informasi tentang : Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana : Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari program mengamati dan program mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pemberian pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan : Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern | | 60 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap program yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan program tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 10 menit |
3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali program pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Bioteknologi konvensional Ø Bioteknologi modern v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Orientasi akseptor didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Membaca (dilakukan di rumah sebelum program pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan akseptor didik | Menanya Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui program belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan wacana : Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau program lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan v Berdikusi Ø Peserta didik diminta untuk mendiskusikan dampak penerapan bioteknologi bagi lingkungan dan kesehatan v Saling tukar informasi tentang : Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana : Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari program mengamati dan program mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pemberian pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan : Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan | | 90 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap program yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan program tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali program pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang sosial Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti Orientasi akseptor didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Membaca (dilakukan di rumah sebelum program pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang sosial Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang sosial Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang sosial Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan akseptor didik | Menanya Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui program belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan wacana : Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang sosial Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang sosial Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau program lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang sosial Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi v Berdiskusi Ø Peserta didik diminta untuk mendiskusikan dampak penerapan bioteknologi bagi sosial dan ekonomi v Saling tukar informasi tentang : Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang sosial Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana : Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang sosial Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang sosial Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari program mengamati dan program mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pemberian pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang sosial Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan : Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang sosial Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi | | 60 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap program yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan program tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 10 menit |
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Ø Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
Ø Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
Ø Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Ø Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
1. Pertemuan Pertama (Terlampir)
2. Pertemuan Kedua (Terlampir)
3. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
4. Pertemuan Keempat (Terlampir)
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
v Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua belahan : remedial lantaran adalah belum mencapai KKM dan remedial lantaran adalah belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan menawarkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø Membedakan prinsip bioteknologi konvensional dan modern
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan akseptor didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø Melakukan percobaan untuk membuat produk bioteknologi konvensional, misalnya membuat tape, tempe, atau yoghurt
……………, Januari 2019
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
link download
Semoga Rpp bioteknologi dan produksi pangan kurikulum 2013 revisi 2019 ini bisa bermanfaat untuk anda. amin
Belum ada Komentar untuk "Rpp Bioteknologi Dan Produksi Pangan Kurikulum 2013 Revisi 2019"
Posting Komentar