Contoh Ptk Yang Lengkap Dan Anggun Super Untuk Angka Kredit Pak.
RUMAH CERIA MATEMATIKA BERBAGI CONTOH PTK SUPER BAGUS SIMAK YA!!
Bapak/Ibu guru praktisi pendidikan tentunya banyak yang pernah mengalami kegagalan dikala pengajuan Karya Tulis ilmiah untuk angka kredit. semua itu terjadi alasannya yaitu mungkin kita terlalu disibukan dengan proses pembelajaran sehingga sulit untuk memperlihatkan proporsi waktu kita dirumah untuk membuat karya tulis atau PTK. pembuatan PTK yang tak dilandasi dengan perencanaan yang matang akan berujung pada penolakan PTK oleh TIM PENILAI Karya tulis ilmiah. apalagi bila kita membuat PTK hanya dari comot sumber sana-sini diinternet dan dikerjakan dalam waktu singkat tanpa benar-benar diadakan penelitian yang serius.
Untuk memenuhi rasa penasaran anda ihwal bagaimana membuat PTK yang bisa dinilai sebagai belahan dari PKB atau pengembangan Keprofesionalitasan Bererkelanjutan. dibawah ini kita sajikan teladan PTK yang sudah dinilai dan memenuhi standar evaluasi oleh TIM Penilai.
bila bapak ibu membutuhkan juknisnya bisa di download di sini
OKe Gan langsung saja. untuk sharing yang pertama kita akan berikan PTK dengan Judul
Meningkatkan Aktivitas danhasil berguru matematika bahan bangun ruang sisi lengkung melalui penerapanmodel pembelajaran RME pada siswa kelas IX-E SMP Negeri 1 Karangrayungsemester ganjil tahun pelajaran 2016/2017
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Materi bangun ruag sisi lengkung ialah salah satu materi dalam mata pelajaran matematika yang diajarkan pada siswa kelas IX. Materi ini sangat esensial sehingga penguasaan kompetensi ini menjadi dasar dalam penguasaan bahan berikutnya. Adanya kelemahan pada pembelajaran di tingkat dasar akan sangat berpengaruh pada pembelajaran selanjutnya sehingga keberhasilan yang dicapai tidak akan maksimal.
Dalam standar isi mata pelajaran matematika, meteri bangun ruang sisi lengkung diajarkan di kelas IX semester satu. Materi ini juga diperdalam lagi pada jenjang sekolah selanjutnya. Bertolak dari fenomena tersebut terlihat bahwa materi bangun ruang sisi lengkung memiliki peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan penguasaan bahan berikutnya.
Kenyatan memperlihatkan bahwa penguasaan kompetensi materi bangun ruang sisi lengkung masih jauh dari harapan. Selama ini pembelajaran telah dilakukan dengan memperlihatkan penjelasan tentang luas dan volume bangun ruang, kemudian siswa diminta mengerjakan soal yang diberikan. Adakalanya campur tangan guru dalam membantu siswa memahami konsep tersebut, pada dikala siswa diberi soal yang relatif sama, mereka bisa menjawab hampir semua soal, tetapi tatkala bertemu dengan soal sejenis dengan bahan yang berbeda, mereka kesulitan untuk memahami, dan tatkala diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada, banyak kesalahan yang dibuat. Hal ini memperlihatkan masih kurangnya pemahaman siswa terhadap materi luas dan volume bangun ruang. Hal ini dibuktikan kondisi awal dikala diberikan 5 soal berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang, tingkat kebenaran balasan mereka hanya 45%.
Kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi luas dan volume bangun ruang perlu dicari solusi pemecahan. Pemecahan problem tersebut akan dilakukan dengan menerapkan model Realistic mathematics Educations (RME). Apabila model ini diterapkan mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks, siswa dimungkinkan akan merasa terbantu karena model pembelajaran ini bahan belajarnya lebih banyak didominasi menggunakan benda-benda aktual yang sudah biasa dipergunakan anak dalam bermain sehari-hari bersama teman-temanya.
Jika problem ini tidak segera diatasi, banyak sekali resiko pendidikan akan muncul, yaitu : 1). Mayoritas siswa SMP Negeri 1 Karangyung akan memperoleh nilai final semester yang mengecewakan, 2). Sebagian besar siswa SMP Negeri 1 karangrayung mempunyai kualitas rendah yang berarti pemborosan sumber daya. Semua ini sanggup dilihat dari indikator keberhasilan siswa dalam mengerjakan Ulangan Harian semester gasal tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran matematika yang rata-ratanya hanya mencapai 64,41.
. Berbagai upaya peningkatan minat dan prestasi berguru telah banyak dilakukan oleh banyak sekali pihak, termasuk suplemen pelajaran di sekolah. Namun masih sedikit efek suplemen pelajaran terhadap prestasi siswa. Dengen menerapkan model pembelajaran RME ini diharapkan sanggup memperbaiki pembelajaran yang selama ini diterapkan untuk memecahkan problem pendidikan.
Penelitian ini akan memberi manfaat bagi peningkatan dan perbaikan kualitas berguru siswa di SMP Negeri 1 Karangrayung secara aktual sebagaimana ditunjukkan oleh beberapa indikator utama, yaitu : 1). Pada Ulangan Semester gasal sebagian besar siswa memperoleh nilai mapel matematika baik, 2). Makin banyak siswa memperoleh nilai di atas standar ketuntasan yang ditetapkan yakni 75, 3). Suasana Pembelajaran aktif kreatif.
B. Identifikasi Masalah
Berdasar uraian latar belakang masalah, maka sanggup diidentifikasi beberapa problem yang menjadi belahan dalam penelitian ini, yaitu:
Masalah yang mendasar pada penelitian ini ialah rendahnya kemampuan siswa dalam merampungkan problem yang berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang sisi lengkung baik soal yang disertai gambar mauipun soal cerita . Kondisi yang memprihatinkan semacam ini mungkin dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya ialah perencaaan pembelajaran yang kurang, penggunaan metode atau teknik yang tidak tepat sehingga kurang membantu siswa untuk menguasai kompetensi yang diajarkan, rendahnya skemata siswa, minimnya sumber belajar, atau evaluasi yang kurang tepat.
Rendahnya hasil berguru tersebut merupakan tanggung jawab guru sebagai pembelajar. Guru perlu melakukan upaya-upaya peningkatan kemampuan siswa dalam merampungkan soal yang berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang sisi lengkung. Dengan demikian, pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil berguru siswa.
C. Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini berdasar pada latar belakang problem yang ada, maka sanggup dirumuskan problem sebagai berikut:
1. Dapatkah model pembelajaran RME meningkatkan aktifitas berguru matematika pada siswa kelas 9E Semester gasal SMP Negeri 1 Karangrayung tahun pelajaran 2016/2017?
2. Apakah model pembelajaran RME dapat meningkatkan hasil berguru matematika a pada siswa kelas 9E Semester gasal SMP Negeri 1 Karangrayung tahun pelajaran 2016/2017?
D. Tujuan Penelitian
Sebagai penelitian yang berbasis tindakan kelas dan mengacu pada rumusan problem diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk:
- Meningkatkan aktifitas berguru matematika pada siswa kelas 9E semester gasal SMPN 1 Karangrayung dengan menggunakan model pembelajaran RME.
- Meningkatkan hasil berguru matematika pada siswa kelas 9E semester gasal SMPN 1 Karangrayung dengan menggunakan model pembelajaran RME.
E. Manfaat Penelitian
1. Manfaat teoretis
Hasil penelitian ini diharapkan sanggup melengkapi penelitian yang sudah ada sebelumnya, dan sanggup menambah wawasan guru dalam menerapkan model pembelajaran yang tidak monoton dalam pembelajaran matematika sesuai dengan landasan teori yang mendukungnya..
2. Manfaat Praktis
a. Bagi siswa
Diharapkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam memahami konsep luas dan volume bangun ruang sisi lengkung menggunakan model pembelajaran RME.lebih meningkat .
b. Bagi Guru
Guru lebih mudah menyajikan pembelajaran yang mengaktifkan siswa dan
menantang siswa untuk berkompetisi.
- Bagi Sekolah
Penelitian ini diharapkan akan berdampak pada hasil pencapaian siswa dalam Ujian Nasional.
Belum ada Komentar untuk "Contoh Ptk Yang Lengkap Dan Anggun Super Untuk Angka Kredit Pak."
Posting Komentar