Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, Dan Kaidah Kebahasaan

Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan - Materi yang kita bahas kali ini yakni materi ihwal iklan, pastinya kalian sudah familiar dengan yang namanya iklan entah itu iklan di tv, internet, majalah, koran, banner, selebaran, baliho dan sebagainya. Dalam pelajaran di sekolah pun iklan juga merupakan salah satu materi yang dipelajari,oleh sebab yakni itu pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari lebih dalam mengenai teks iklan. Hal-hal yang kita akan bahas dalam posting ini meliputi Pengertian, fungsi, struktur, kaidah kebahasaan, serta teladan dari teks iklan.Untuk itu simak baik-baik yang dibawah ini.

Pengertian teks iklan menurut para hebat intinya mengarah pada pengertian umum yakni teks iklan yakni jenis teks yang bertujuan untuk mempromosikan suatu hal kepada orang lain. Teks iklan sendiri memiliki ciri-ciri yakni memakai bahasa yang terkesan membujuk dan bersifat persuasi. Contoh teks iklan mampu kita temukan dalam banyak sekali media cetak menyerupai koran, majalah, dan sebagainya.

Struktur teks iklan umumnya terdiri dari tiga cuilan yakni judul yang umumnya terletak di cuilan atas teks iklan, nama produk yang tengah dipromosikan dan deskripsi produk itu sendiri yang intinya menjadi inti dari teks iklan ini. Sedangkan ciri ciri teks iklan dan kaidah kebahasaan teks iklan mampu dibagi menjadi 4 yakni slogan, bahasa yang persuasif, kata ganti atau sudut pandang orang pertama dan gambar yang menarik.

Tanpa saya jelaskan tentunya anda telah mengetahui fungsi teks iklan bukan? yap, teks iklan berfungsi untuk mempromosikan sebuah produk berupa barang maupun jasa tertentu memakai struktur dan kaidah kebahasaan yang terkesan menarik dan bersifat membujuk. Maka dari itu teks iklan biasanya memakai kata seperti, ayo gunakan, belilah, dan sebagainya.

Pada dasarnya teladan teks iklan telah banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari oleh produsen kuliner maupun minuman. Tidak hanya berbentuk teks saja, namun iklan juga mampu berbentuk gambar maupun suara yang disampaikan secara lisan oleh seseorang, menyerupai teladan iklan di televisi dan radio.

Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

Tidak hanya dalam bentuk cetak dan media saja. Namun penggunaan teladan teks iklan juga mampu kita temui dalam media periklanan online menyerupai iklan google. Karena perkembangan jaman semakin maju dan kebutuhan akan info semakin meningkat jadinya teks iklan online menjadi populer penggunaannya.

Untuk mampu memahami apa itu teks iklan, maka anda harus mempelajari pengertian, fungsi, struktur, kaidah kebahasaan dan melihat teladan teks iklan terlebih dahulu.

Pengertian Teks Iklan
Teks iklan yakni suatu teks yang dibuat semenarik mungkin sebagai media promosi untuk mempromosikan suatu barang atau jasa guna menarik minat dari pembaca semoga memakai barang atau jasa yang dipromosikan.

Dalam iklan pembuat akan berusaha membuat iklan tersebut semenarik mungkin semoga pembacanya merasa tertarik dengan produk yang dipromosikan serta menyampaikan informasi-informasi mengenai keunggulan suatu produk atau jasa yang ditawarkan semoga calon pembeli merasa yakin dengan produk atau jasa tersebut serta tertarik untuk membelinya.
Baca Juga : Contoh Iklan Bahasa Inggris Singkat
Media yang dipakai untuk beriklan pun juga beragam dari memakai media elektronik menyerupai tv, radio, internet atau memakai media cetak menyerupai Koran, majalah, banner dan lain-lain.Namun perbedaan media tersebut semuanya tidak lepas dari tujuan utama beriklan yakni untuk menarik minat konsumen semoga membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Struktur Teks Iklan
Teks iklan terdiri dari 3 struktur, yang pertama yakni judul, yang kedua Nama produk, dan yang terakhir yakni penjelasan ihwal produk. Untuk mengetahui lebih dalam setiap cuilan dari struktur teks iklan di atas kalian mampu simak baik-baik di bawah ini.

Judul
Judul biasa nya terletak di cuilan atas ,tapi dalam teks iklan tak jarang kita tidak menemui judul melainkan nama produk yang ada di cuilan atas teks iklan.

Nama produk
Bagian ini berisikan mengenai nama dari suatu produk barang atau jasa yang akan ditawarkan dalam iklan tersebut.

Penjelasan Tentang Produk
Bagian ini berisi ihwal deskripsi dari produk yang ditawarkan meliputi keunggulan, spesifikasi, cara menerima produk, lokasi penjualan, nomer telpon dan sebagainya yang intinya berkaitan dengan hal-hal pokok mengenai produk yang ditawarkan.

Ciri-ciri Kebahasaan Teks Iklan
Setelah membahas pengertian dan struktur sebelumnya, selanjutnya kita akan membahas ciri-ciri teks iklan sebagai berikut.

Menggunakan Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif merupan kalimat yang berisi usul atau tawaran dengan tujuan membujuk pembaca semoga mau menjalankan atau merima apa yang penulis katakan. Dalam teks iklan terdapat beberapa beberapa teladan kaliamt persuasif menyerupai “Murah, Berkualitas, Handal, Cepat dan sebagainya”.

Menggunakan Kalimat Slogan
Untuk membuat teks iklan yang menarik dan mencolok sehingga mudah diingat oleh pembaca kita perlu memakai kalimat slogan. Slogan sendiri biasanya terdiri dari 4 hingga 5 kata  yang simpel dan kreatif  sehingga mudah diingat serta harus memiliki daya tarik semoga mampu menarik minat pembaca.Slogan yang baik akan mudah dingat oleh pembaca sehingga akan menjadi ciri khas tersendiri untuk produk yang ditawarkan dengan begitu  mendengar slogan tersebut pembaca mampu pribadi mengetahui produk yang memperlihatkan memakai slogan tersebut.

Menggunakan Subjek Orang Pertama
Pada Teks iklan untuk menggantikan pihak atau pelaku pemasang iklan biasanya memakai subjek orang pertama jamak atau tunggal  menjadi kami, saya, atupun saya sebagai pengganti pihak atau pelaku yang memasang iklan.

Menggunakan Gambar yang Menarik
Selain memakai kalimat slogan serta persuasif untuk menarik minat pembeli biasanya pada iklan akan disertai gambar dari produk yang ditawarkan .

Contoh Teks Iklan
Berikut di bawah ini terdapat beberapa teladan dari teks iklan.Tentunya masih banyak lagi teladan lain yang ada tetapi pastinya saya tidak mampu menyampaikan semua nya disini.

 Materi yang kita bahas kali ini yakni materi ihwal iklan Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

 Materi yang kita bahas kali ini yakni materi ihwal iklan Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

Selain teks iklan gambar di atas, saya juga akan menyampaikan teks iklan berupa gesekan pena yang umumnya terdapat pada pamflet, brosur, dan banner.
Baca Juga: Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya
Contoh teks iklan ihwal makanan
Crispy crackers yakni kuliner yang tidak kenal usia, cracker yang terbuat dari mentega, telur, garam, dan keju ini sangat kress ketika dimasukkan kemulut, Belilah cryspy cracker di supermarket terdekat.

Contoh iklan dialog
Resepsionis : Ada yang mampu saya bantu pak?
Tamu : ya, tolong saya mau cek instruksi booking.
Resepsionis : Baik, atas nama bapak siapa?
Tamu: Bapak Budy.
Resepsionis: Maaf instruksi booking untuk bapak Rudy tidak ada.
Tamu: Bapak Budy.
Resepsionis: maaf instruksi boking atas nama bapak Yadi tidak ada.
Tamu: Hmmm pakai dukungan traveloka aja deh.

Contoh teks iklan ihwal jasa
Tambal ban kilat, anda telfon kami datang. Tidak hingga 15 menit ban motor anda yang bocor akan kami tambal. Hubungi 08123908982.

Sekian artikel kali ini tentang Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah KebahasaanPerlu diingat kembali bahwa teks iklan memiliki contoh, pengertian, struktur, ciri-ciri dan kaidah kebahasaan yang mampu kita pelajari.

Belum ada Komentar untuk "Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, Dan Kaidah Kebahasaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel