Sifat Sifat Unsur, Senyawa Dan Gabungan Beserta Pola Lengkap

Sifat Sifat Unsur, Senyawa dan Campuran Beserta Contoh Lengkap - Dalam ilmu fisika terdapat bentuk materi zat yang memiliki pengertian yaitu segala hal yang memiliki massa dan menempati ruang. Salah satu acuan dari bentuk materi ini yaitu alam semesta yang terdiri dari udara, meja, kursi dan sebagainya. Materi zat mampu dibagi menjadi dua bentuk yakni zat murni dan campuran. Zat murni yaitu zat kimia yang terdiri dari serpihan potongan yang seluruhnya bersifat seragam dan tetap, misalnya karbondioksida, air, udara, dan nitrogen. Sedangkan zat adonan yaitu zat yang tersusun dari beberapa bentuk zat. Untuk zat murni mampu dibagi menjadi unsur dan senyawa. Maka dari itu terdapat sifat unsur, acuan unsur, sifat senyawa, acuan senyawa, sifat adonan dan acuan campuran.
 Senyawa dan Campuran Beserta Contoh Lengkap  Sifat Sifat Unsur, Senyawa dan Campuran Beserta Contoh Lengkap
Lalu apa itu unsur? Apa itu senyawa? Apa itu campuran? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sifat sifat unsur, acuan unsur, sifat sifat senyawa, acuan senyawa, sifat sifat adonan dan acuan campuran. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak dibawah ini.

Sifat Sifat Unsur, Senyawa dan Campuran Beserta Contoh Lengkap

Secara garis besar materi mampu dibagi menjadi 3 jenis yakni unsur, senyawa dan campuran. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai sifat sifat unsur, sifat sifat senyawa, dan sifat sifat adonan lengkap dengan acuan unsur, acuan senyawa dan acuan campuran.
Baca juga : Penjelasan Konfigurasi Elektron Lengkap

Unsur

Unsur yaitu zat tunggal yang tidak mengalami reaksi kimia sehingga tidak mampu diuraikan lagi menjadi sebuah zat baru yang sederhana. Unsur tersebut masih mampu dibagi lagi menjadi dua bentuk yakni unsur non logam dan unsur logam. Setiap bentuk unsur memiliki sifat dan misalnya masing masing.

Sifat Sifat Unsur Logam
  1. Memiliki warna yang mengkilap.
  2. Penghantar listrik yang baik.
  3. Penghantar panas yang baik.
  4. Memiliki wujud berupa zat padat (kecuali raksa/merkuri).
  5. Bisa ditempa menjadi sebuah lempengan ataupun lembaran.
Contoh unsur logam meliputi emas, besi, tembaga, platina, raksa dan seng.

Sifat Sifat Unsur Non Logam
  1. Memiliki wujud padat, gas dan cair pada suhu kamar.
  2. Memiliki warna yang tidak mengkilap.
  3. Tidak mampu menghantarkan panas.
  4. Tidak mampu menghantarkan lisrik.
  5. Tidak mampu ditempa.
Contoh unsur non logam meliputi Carbon, Platinum, Oksigen, Sulfur dan sebagainya.
Baca juga : Pengertian, Teori, Sifat Asam dan Basa

Senyawa

Senyawa yaitu zat tunggal yang dibentuk oleh gabungan dua atau lebih atom yang mengalami reaksi kimia. Berikut sifat sifat senyawa yaitu:
  1. Dapat diuraikan hingga menjadi zat unsur/zat sederhana.
  2. Dibentuk dengan melalui reaksi kimia.
  3. Memiliki perbandingan yang tetap.
  4. Ketika berkembang menjadi senyawa, unsur pembentuknya memiliki sifat yang berbeda/berubah.
  5. Termasuk zat tunggal.
Contoh senyawa meliputi garam dapur (NaCl), cuka (CH3COOH), air (H2O), dan asam sulfat (H2SO4). 

Campuran

Campuran yaitu jenis materi yang terdiri dari dua atau lebih zat yang sifatnya berlawananan, namun sifat zat aslinya masih terasa dan perbandingannya tidak tetap. Berikut sifat sifat campuran yakni:
  1. Terdiri dari dua atau lebih jenis zat.
  2. Masih memiliki sifat asli dari zat sebelumnya.
  3. Memiliki perbandingan yang tidak tetap atau sembarang.
  4. Secara Fisika mampu dipisahkan.
Campuran ini mampu dibagi lagi menadi dua jenis yakni adonan heterogen dan adonan homogen. Berikut penjelasan mengenai masing masing jenis campuran:

Campuran Homogen
Campuran Homogen yaitu adonan yang didalamnya tidak mampu membedakan zat zat yang tercampur didalamnya. Contoh adonan homogen yaitu teh manis, udara dan sirup.
Baca juga : Pengertian, Klasifikasi, Struktur dan Sifat Polimer
Campuran Heterogen
Campuran heterogen yaitu jenis adonan yang zatnya tidak mampu bercampur satu sama lain secara sempurna. Selain itu adonan ini masih mampu dipisahkan melalui reaksi tertentu. Contoh adonan heterogen yaitu adonan pasir, air dan semen, adonan gula dengan kopi, adonan tanah dengan air. Jenis adonan heterogen masih mampu dibagi lagi menjadi dua bentuk yakni koloid dan suspensi. Koloid yaitu jenis adonan heterogen yang memilili adonan zat dengan sifat sama. Misalnya adonan air dengan susu, adonan awan dengan udara, dan adonan air dengan cat. Sedangkan suspensi yaitu jenis adonan heterogen yang memiliki sifat mampu dilihat mata dan teksturnya kasar. Misalnya adonan air dengan minyak, adonan air sungai sehingga berwarna keruh, dan adonan air dengan kapur.

Demikianlah penjelasan mengenai sifat sifat unsur, sifat sifat senyawa, dan sifat sifat adonan lengkap dengan acuan unsur, acuan senyawa dan acuan campuran. Semoga artikel ini mampu menambah wawasan anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Sifat Sifat Unsur, Senyawa Dan Gabungan Beserta Pola Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel