Pengertian Resistor, Jenis Resistor Dan Fungsi Resistor Lengkap

Pengertian Resistor, Jenis Resistor dan Fungsi Resistor Lengkap - Resistor merupakan komponen elektronik yang sering kita temukan. Umumnya, komponen elektronik pasif ini sanggup dengan simpel kita jumpai pada rangkaian elektronik yang ada. Resistor tersusun dari beberapa gelang warna yang merepresentasikan sebuah nilai hambatan atau resistensi, fungsi dari nilai hambatan ini tentunya yaitu untuk membatasi serta mengatur besaran arus listrik yang ada pada rangkaian elektronika. Dalam bahasa Indonesia, Resistor yang notabennya disebut sebagai tahanan atau hambatan ini dilambangkan menggunakan huruf "R" dengan satuan hambatan OHM (Ω).

Dalam pembelajaran elektronik di sekolahan khususnya SMK, kita akan menemukan materi yang berisi pengertian resistor, fungsi resistor, jenis resistor, serta instruksi warna resistor. Selain itu kita juga dituntunt sanggup untuk merangkai sebuah rangkaian elektronik dengan hambatan tertentu. Untuk menentukan sebuah nilai hambatan inilah kita diharuskan menggunakan resistor.
 Jenis Resistor dan Fungsi Resistor Lengkap Pengertian Resistor, Jenis Resistor dan Fungsi Resistor Lengkap
Materi resistor (pegertian, fungsi, macam dan jenis)

Sebuah resistor sendiri memiliki dua buah pin dan didesain sedemikian rupa yang sanggup memproduksi tegangan listrik diantara kedua pin supaya sanggup mengatur besaran arus listrik pada rangkaian elektronik rumit maupun simpel. Jika kita telah mempelajari hukum OHM pada artikel sebelumnya, maka kita akan menemukan fakta bahwa nilai tegangan resistor akan berbanding lurus dengan aliran arus listrik.

Pengertian Resistor, Jenis Resistor dan Fungsi Resistor Lengkap

Dalam artikel kali ini kita akan mempelajari lebih dalam perihal apa itu resitor, fungsi dan jenis resistor serta berbagai gelang warna resistor. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel dibawah ini.

Pengertian resistor

Resistor sanggup diartikan sebagai sebuah komponen elektronik pasif pada sebuah rangkaian elektronik yang memiliki nilai hambatan atau resistensi tertentu. Nilai hambatan ini berfungsi sebagai pembatas dan sanggup mengatur arus listrik yang mengalir. Resistor sanggup kita deskripsikan memiliki bentuk bulat panjang dan memiliki beberapa gelang warna. Setiap warna pada resistor memiliki nilai yang berbeda beda dan sanggup dihitung menggunakan rumus tertentu.
Baca juga: Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)
Sang penemu resistor yaitu "Georg Simon Ohm", ia yaitu seorang fisikawan asal jerman yang pada masanya diakui sebagai salah satu fisikawan terhebat. selanjutnya dari nama tersebut kita mengenal besaran resistor dengan nilai satuan ohm. Komponen yang terdapat dalam resistor terbuat dari isolator sehingga resistor sanggup menghambat arus listrik yang mengalir. Resistor juga bekerja berdasar atas hukum OHM yang artinya nilai resistensi atau hambatan akan berbanding lurus dengan aliran arus listrik pada sebuah rangkaian elektronika.

Jenis jenis resistor

Pada mulanya resistor dibagi menjadi dua jenis yang terdiri dari resistor tetap (resistor yang memiliki resistensi tetap dan tidak berubah ubah) dan resistor tidak tetap (resistor yang memiliki resistenti yang sanggup berubah ubah). Namun seiring perkembangan jaman resistor berkembang dan munculah resistor thermal serta light dependent resistor (LDR)

 Jenis Resistor dan Fungsi Resistor Lengkap Pengertian Resistor, Jenis Resistor dan Fungsi Resistor Lengkap
jenis jenis resistor
Resistor tetap
Resistor tetap atau yang sering disebut fixed resistor merupakan sebutan untuk resistor yang memiliki nilai hambatan tetap dan tidak akan berubah ubah selamanya. Resistor tetap sendiri sanggup dibagi menjadi tiga macam berdasarkan materi pembuatannya yakni karbon, film karbon dan film logam.

Berikut ini yaitu penjelasan jenis resistor tetap:

  • Carbon composed resistor (resistor berbahan karbon) : Resistor yang satu ini terbuat dari materi karbon halus bercampur isolasi bubuk sebagai materi pengikatnya (binder) supaya menerima nilai hambatan yang kita inginkan.
  • Carbon film resistor (resistor berbahan film karbon) : jenis resistor yang satu ini memiliki materi film karbon tipis yang selanjutnya mengalami pengendapan menggunakan isolator lalu dipotong menjadi bentuk spiral. Nilai resistensi untuk jenis resistor ini dipengaruhi oleh proporsi penggunaan karbon dan isolator yang dipakai. Jika materi karbon yang digunakan semakin banyak, maka nilai hambatan akan semakin rendah dan begitu juga sebaliknya. Salah satu keuntungan penggunaan resistor ini yaitu sanggup menghasilkan resistor dengan nilai hambatan lebih rendah.
  • Metal Film resistor : Resistor ini terdiri dari lapisan filem logam tipis yang didalamnya terdapat substrat keramik berbentuk spiral. Nilai hambatan atau resistensi sebuah metal film resistor akan dipengaruhi oleh ketebalan spiral, panjang dan lebar resistor tersebut.

Resistor tidak tetap (variabel)
Resistor variabel merupakan jenis resistor yang memiliki nilai hambatan (resistensi) yang sanggup berubah ubah. Terdapat eberapa jenis resistor tidak tetap diantaranya yaitu rheostat, ptensiometer, tripot atau yang disebut sebagai preset resistor. Umumnya nilai resistor pada perangkat perangkat tersebut sanggup dirubah dan diatur secara manual.

Resistor termal (thermistor)
Jenis resistor yang satu ini pada dasarnya termasuk kedalam resistor tidak tetap. Hal ini disebabkan karena nilai hambatan resistor sanggup berubah ubah. Namun perubahan resistensi yang terjadi pada resistor thermal ini dipengaruhi oleh temperatur suhu. Jenis resistor termal sendiri sanggup dibagi dan diklasifikasikan menjadi dua macam yakni negative temperature coefficient dan positive temperature coefficient.
Baca juga: Pengertian Beda Potensial, Hambatan Listrik dan Kuat Arus Listrik Beserta Rumus
Light dependent resistor
Sama menyerupai resistor thermal, Light dependent resistor ini juga merupakan salah satu resistor tidak tetap yang sanggup berubah nilai resistensinya. Yang sanggup merubah nilai resistensi pada jenis resistor yang satu ini yaitu intensitas cahaya. Contoh penggunaan resistor light dependent resistor sanggup kita amati pada lampu penerangan jalan otomatis.

Fungsi resistor

Sama menyerupai komponen elektronik yang lain, tentunya resistor ikut andil dan memiliki fungsi tersendiri dalam sebuah rangkaian elektronika. Secara umum, fungsi resistor yaitu untuk memperlihatkan hambatan atau resistensi dengan nilai tertentu dalam suatu rangkaian elektronika. Namun jikalau dijabarkan secara terperinci, fungsi resistor adalah:

  1. Sebagai komponen pembatas aliran arus listrik.
  2. Sebagai komponen yang mengatur arus listrik.
  3. Resistor juga berfungsi untuk membagi tegangan listrik yang masuk.
  4. Berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik yang berlebihan.

Itulah materi elektronik yang membahas perihal pengertian resistor, fungsi resistor, dan jenis resistor yang sanggup saya sampaikan dalam artikel kali ini. Pada dasarnya penggunaan resistor sanggup dengan simpel kita temukan pada hampir semua perangkat elektronik untuk membatasi arus listrik yang masuk.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Resistor, Jenis Resistor Dan Fungsi Resistor Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel