Faktor Yang Menghipnotis Pengangkutan Air Dari Akar Melalui Xilem

Faktor Yang Mempengaruhi Pengangkutan Air dari Akar Melalui Xilem - Dalam ilmu pengetahuan alam, jaringan pembuluh pada tumbuhan mampu dibagi menjadi dua yakni jaringan xilem dan jaringan floem. Kedua jaringan tersebut memiiki fungsi untuk mengangkut air dan mineral dari tanah menuju daun. Namun terdapat beberapa faktor yang menghipnotis pengangkutan air dari akar melalui xilem.
Faktor Yang Mempengaruhi Pengangkutan Air dari Akar Melalui Xilem Faktor Yang Mempengaruhi Pengangkutan Air dari Akar Melalui Xilem
Sistem Pengangkutan Air dari Akar Melalui Xilem

Xilem yaitu salah satu pembuluh jaringan tumbuhan yang berguna untuk mengangkut bahan kuliner (air dan mineral) dari tanah menuju daun. Kemudian bahan tersebut akan diolah oleh daun melalui proses fotosintesis. Sebelum xilem mengangkut air, terdapat beberapa hal yang menghipnotis pengangkutannya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa faktor yang menghipnotis pengangkutan air dari akar melalui xilem. Langsung saja mampu anda simak di bawah ini.

Faktor Yang Mempengaruhi Pengangkutan Air dari Akar Melalui Xilem

Garam mineral dan air yang terdapat didalam tanah mampu naik menuju daun melalui akar yang dibantu dengan jaringan xilem. Namun terdapat beberapa faktor yang menghipnotis pengangkutan air dari tanah melalui jaringan xilem. Faktor tersebut seolah-olah daya hisap akar, kapilaritas dan daya hisap daun. Xilem berbentuk seolah-olah selang atau pipa yang saling berkaitan satu sama lain. Xilem (pembuluh kayu) mampu diartikan sebagai pipa kapiler. Xilem digunakan sebagai media pengangkut garam mineral dan air dari tanah menuju cuilan batang dan daun. Dibawah ini terdapat beberapa faktor yang menghipnotis pengangkutan air dari tanah melalui xilem yaitu:

Faktor Daya Hisap Akar

Faktor yang menghipnotis pengangkutan air dari tanah melalui xilem yang pertama yaitu daya hisap akar pada tumbuhan. Akar tersebut memiliki tenaga yang digunakan untuk menggerakkan garam mineral dan air menuju batang dan daun. Hal ini mampu dibuktikan dengan memotong cuilan akar yang dekat dengan tanah. Setelah akar dipotong maka beberapa dikala kemudian air akan keluar. Maka dari itu terdapat proses pengangkutan air tanah melalui xilem pada akar.

Faktor Daya Hisap Daun

Faktor yang menghipnotis pengangkutan air dari tanah melalui xilem selanjutnya yaitu daya hisap daun. Daya hisap daun pada tumbuhan berkaitan dengan proses transpirasi daun. Transpirasi daun yaitu proses melepasnya uap air dan karbon dioksida (CO2) melalui kutikula dan stomata daun menuju udara bebas. Proses tersebut dilakukan dengan menguapkan air biar air dalam tumbuhan mampu keluar. Kemudian karena transpirasi inilah garam mineral dan air mampu naik menuju daun melalui jaringan xilem akar.
Baca juga: Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Faktor Kapilaritas

Faktor yang menghipnotis pengangkutan air dari tanah melalui xilem yang terakhir yaitu kapilaritas. Garam mineral dan air dari akar mampu naik menuju daun karena pinjaman jaringan xilem. Jaringan tersebut digunakan sebagai pipa kapiler tanggapan adhesi dinding xilem dan airnya lebih besar dibandingkan kohesinya. Adhesi yaitu gaya tarik menarik yang disebabkan oleh molekul yang berbeda jenis. Sedangkan kohesi yaitu gaya tarik menarik yang disebabkan oleh molekul yang sesama jenis.

Demikianlah penjelasan mengenai faktor yang menghipnotis pengangkutan air dari tanah melalui xilem pada tumbuhan. Semoga artikel ini mampu menambah wawasan anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Faktor Yang Menghipnotis Pengangkutan Air Dari Akar Melalui Xilem"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel