Cara Gampang Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta ContohDalam pelajaran Matematika terdapat materi pembelajaran mengenai persen. Materi ini biasanya sering kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya ketika obral diskon pakaian atau alat kecantikan. Tentu saja teknik menghitung persen ini diterapkan. Dalam ilmu Matematika, menghitung persen mampu menggunakan rumus tertentu atau menggunakan kalkulator supaya lebih mudah. Namun sekarang ini ada cara praktis menghitung persen tanpa kalkulator. Bahkan dalam tumpuan menghitung persen tanpa kalkulator akan lebih praktis untuk menggunakan cara cara tersebut. Dengan begitu kita tidak akan malas berhitung dan tidak bergantung terhadap alat mirip kalkulator lagi.
Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh
Menghitung persen tanpa tunjangan kalkulator mampu digunakan untuk mengasah otak dengan cara berhitung manual. Cara ini tentunya lebih praktis dan lebih baik dilakukan kalau dibandingkan menggunakan tunjangan alat. Persen dilambangkan dengan simbol %. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara praktis menghitung persen tanpa kalkulator beserta tumpuan menghitung persen tanpa kalkulator. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak di bawah ini.

Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Pada dasarnya menghitung persen mampu dilakukan dengan menggunakan rumus persen. Rumus ini bermaksud untuk memudahkan siswa supaya lebih praktis dalam mencari nilai persen yang ada. Adapun rumus dalam menghitung persen yaitu
Persentase (%) = (bagian/seluruh) x 100
Dengan rumus diatas, kita mampu mengubah bentuk persen menjadi pecahan tertentu ataupun sebaliknya. Namun alasannya yaitu banyaknya variasi perhitungan persen, maka kita harus menggunakan cara praktis menghitung persen tanpa kalkulator. Caranya cukup mengubah persen menjadi bentuk pecahan kemudian dirubah lagi menjadi lebih sederhana. Setelah itu dikalikan dengan nilai yang ingin dicari persennya. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak tumpuan menghitung persen tanpa kalkulator di bawah ini:
Baca juga : Rumus Persamaan Garis Lurus Beserta Contoh Soal
1. Pak Jono memiliki angsa yang jumlahnya 8.000 ekor. Jika bulan depan pak Jono ingin menjual bebeknya sebanyak 25%, maka berapakah jumlah angsa yang akan di jual?

Pembahasan
Pada umumnya kita menghitung persen dengan merubahnya menjadi pecahan kemudian mengalikan dengan jumlah yang diinginkan mirip cara di bawah ini:
25% = 25/100
Jumlah angsa yang dijual = 25/100 x 8.000 = 2.000 ekor

Cara diatas menggunakan rumus persen yang ada tetapi bagaimana kalau jumlah angka yang ingin dikalikan memiliki besar ratusan ribu? Tentunya cara ini akan lebih panjang dan lebih sulit. Namun tidak perlu khawatir alasannya yaitu anda mampu menggunakan cara praktis menghitung persen tanpa kalkulator mirip di bawah ini :

 25% diubah menjadi 1/4 supaya lebih praktis menghitungnya. Maka perhitungan persennya akan mirip dibawah ini :
Jumlah angsa yang dijual = 8.000/4 = 2.000 ekor

2. Mall Sentul menyediakan diskon sebesar 20% dengan nilai belanja sebesar 200.000. Berapakah besar diskon yang diberikan oleh Mall tersebut?
Baca juga : Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan
Jawab.
20%= 1/5
Besar diskon yang diberikan = 200.000/5
                                               = 40.000

Demikianlah penjelasan mengenai cara praktis menghitung persen tanpa kalkulator dan tumpuan menghitung persen tanpa kalkulator. Dalam menghitung persen, cara ini lebih praktis bukan? Dengan begitu anda tidak akan bergantung lagi dengan alat dalam perhitungan persen atau sejenisnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Gampang Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel