Bunyi Dan Rumus Aturan Hooke Beserta Pola Soal

Bunyi dan Rumus Hukum Hooke Beserta Contoh Soal - Hukum Hooke merupakan salah satu aturan Fisika yang berkaitan dengan elastisitas dan pegas. Hukum ini memiliki bunyi aturan hooke, rumus aturan hooke dan pola soal aturan hooke ibarat halnya aturan fisika lainnya. Hukum hooke mampu dikatakan sebagai aturan dasar ihwal benda lentur dan pegas. Pertama kali aturan hooke diperkenalkan oleh Robert Hooke. Ia yaitu peneliti yang mengkaji korelasi antar gaya yang terdapat pada benda lentur maupun benda pegas. Penelitian tersebut bertujuan untuk menemukan cara agar benda mampu kembali ibarat bentuk semula. Maka dari itu, benda tersebut tidak akan melampaui batas awal.
Bunyi dan Rumus Hukum Hooke Beserta Contoh Soal Bunyi dan Rumus Hukum Hooke Beserta Contoh Soal

Hukum hooke digunakan untuk menghitung jumlah maksimum gaya pada sebuah benda namum tidak melebihi batas sehingga sifat elastisitasnya tetap ada. Namun sebelumnya, anda harus memahami ihwal Hukum kesetimbangan dengan Hukum Newton. Hal ini dikarenakan aturan hooke berkaitan dengan dua aturan tadi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas ihwal bunyi aturan hooke, rumus aturan hooke dan pola soal aturan hooke. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak di bawah ini.

Bunyi dan Rumus Hukum Hooke Beserta Contoh Soal

Hukum hooke ditemukan oleh peneliti bernama Robert Hooke. Nama aturan tersebut diambil dari nama penemunya. Hukum ini membahas ihwal korelasi pegas yang mengalami pertambahan panjang dengan gaya untuk meregangkan pegas. Contohnya sebuah pegas ditarik dengan kuat. Pegas tersebut akan semakin panjang. Kemudian kalau gaya tarik pegas melemah maka pegas tidak akan semakin panjang. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai bunyi aturan hooke, rumus aturan hooke dan pola soal aturan hooke. Berikut ulasan selengkapnya.
Bunyi Hukum Hooke
Bunyi aturan hooke yakni "Gaya yang bekerja pada sebuah benda memiliki besar yang sama dengan pertambahan panjang bendanya". Hukum ini berlaku untuk benda benda yang mampu diregangkan (benda elastis). Berikut rumus aturan hooke
F = k . x
Keterangan:
F = Gaya yang terdapat pada pegas, satuannya Newton.
k  = konstanta pegas, satuannya N/m.
x = pertambahan panjang pegas, satuannya meter.

Hukum hooke mampu kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Misalnya pegas yang terdapat pada sepeda, mobil maupun sepeda motor. Pegas ini dirangkai dengan kepingan tengahnya berupa besi dan dinamakan Shock Breaker. Shock Breaker tersebut berfungsi untuk meredam kendaraan dari kejutan atau gelombang tertentu. Dengan begitu kita terasa nyaman meski melewati jalan jalan yang berlubang,

Contoh Soal Hukum Hooke
Agar anda lebih memahami ihwal aturan ini, saya akan membagikan beberapa pola soal aturan hooke. Berikut contohnya:

1. Sebuah pegas ditarik menggunakan gaya 60 Newton. Jika konstanta pegasnya 30 N/m. Hitunglah pertambahan panjang pegas tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : F = 60 N; k = 30 N/m
Ditanyakan : x = ?
Jawab :
  F = k . x
60 = 30 . x
  x = 60/30
  x = 2 m
Jadi pertambahan panjang pegas tersebut yakni 2 m.
Baca juga : Pengertian Konduktor dan Isolator Beserta Contoh
2. Sebuah pegas memiliki konstanta 600 N/m. Jika pertambahan panjang pegas tersebut 0,25 m setelah gaya bekerja. Maka berapa besar gaya yang bekerja pada pegas tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : k = 600 N/m; x = 0,25 m
Ditanyakan : F = ?
Jawab :
  F = k . x
     = 600 . 0,25
     = 150 Newton
Jadi gaya yang bekerja pada pegas tersebut yakni 150 Newton.

3. Sebuah pegas digantung dengan pelengkap massa 5 kg. Apabila besar konstanta pegas 500 N/m. Hitunglah besar pertambahan panjang pegasnya?

Pembahasan.
Diketahui : m = 5 kg; k = 500 N/m
Ditanyakan : x = ?
Jawab :
Sebelumnya kita harus mencari gaya yang bekerja pada pegas menggunakan rumus gaya berat yaitu
W = m . g
     = 5 . 10 (besar gaya grafitasi = 10 m/s²)
     = 50 Newton
Kemudian aplikasikan pada rumus aturan hooke
  F = k . x
50 = 500 . x
  x = 50/500
  x = 0,1 m
Jadi pertambahan panjang pegas tersebut yakni 0,1 m.

Demikianlah penjelasan mengenai bunyi aturan hooke, rumus aturan hooke dan pola soal aturan hooke. Semoga artikel ini mampu menambah ilmu anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Bunyi Dan Rumus Aturan Hooke Beserta Pola Soal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel