Mau Jadi Guru? Harus Kaya Dulu.

Banyak orang-orang pemerhati pendidikan atau yang bergelut di dunia pendidikan bertanya-tanya. Mengapa pendidikan di Indonesia itu tidak mengatakan perubahan kemajuan yang pesat. Jawabanya alasannya yaitu Guru di Indonesia masih miskin.


Ridwan Kamil, Wali Murid yang sedang Mengambilkan Raport
Ilustrasi: Mau Jadi Guru Harus Kaya dulu

Baiklah sebelum kami teruskan penulisan opini/pendapat  ini, untuk menghindari saya persepsi di pembaca saya batasin dulu yang kami dimaksud guru. Guru yang kami maksud disini seseorang pengajar yang berkerja di sebuah sekolah formal maupun bimbingan belajar, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Guru yang kami maksud bukan guru ngaji, guru rohani, guru bela diri dan sejenisnya.

Kaya / miskin yang kami maksud bukan dilihat secara ekonomi, alasannya yaitu kami bukan jago ekonomi. Kaya / miskin disini merupakan kekayaan seseorang pengetahuan guru memahami ilmu pendidikan dan ilmu yang mereka ajari.

Baiklah sepertinya kalian sudah paham apa yang kami maksud.
Benarkah menjadi guru harus kaya dulu? menurut kami ini sangat benar, jadilah guru yang kaya akan ilmunya.

Ilmu yang wajib dimiliki seorang guru yakni ilmu pendidikan dan ilmu yang guru ajari (misalnya ilmu matematika, biologi, kimia dan sebagainya).

Untuk ilmu pendidikan itu guru wajib memahami psikologi anak, metode pembelajaran, ilmu kurikulum, media pembelajaran, dan ilmu pendidikan lainnya. 

Untuk mencapai kekayaan pengetahuan ihwal ilmu ini, guru TIDAK BOLEH MALAS harus banyak belajar, membaca, ikut seminar dan PRAKTEKKAN .... jikalau belum berhasil ulangi lagi. Baca, pahami dan PRAKTEKKAN. Kelak guru akan menjadi kaya dengan sendirinya. 

Sedangkan untuk meningkatkan kekayaan ilmu yang diajarinya. Yang pertama, Guru harus banyak mencar ilmu dari aneka macam sumber buku paket. Kami menyarankan minimal guru harus memiliki 3 sumber buku paket untuk memperkayaan pemahaman. Sedangkan untuk pendalaman materi guru wajib memiliki buku UTAMA yang diterbitkan secara international.

Kedua, guru wajib diskusi bersama rekan sejawat seprofesi atau gabung di MGMP baik tingkat kecamatan, kabupaten bahkan provinsi untuk menambah wawasan. INGAT JANGAN pernah merasa sudah cukup dengan ilmu yang kita miliki, tetaplah belajar, mencar ilmu dan belajar. Barulah mengajar.

Baiklah mungkin itu sedikit opini dari kami biar bermanfaat dan mampu meningkatkan motivasi para guru untuk tetap semangat dalam mencar ilmu demi kekayaan ilmu.

Guru mengajar dengan kekayaan ilmunya, akan merasa pekerjaan sebagai guru itu menyenangkan

Insyaallah dengan kekayaan ilmu kelak guru akan menemukan kekayaan secara ekonomi. kami berdoa yang masih menunggu diangkat jadi PNS atau yang sedang menunggu lowongan jadi guru PNS akan segera terwujud. Aamiin.

Salam Dari kota Kembang,
Bandung




Belum ada Komentar untuk "Mau Jadi Guru? Harus Kaya Dulu."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel