Kesetimbangan Kimia

Halo sahabat, apa kabarnya semuanya, hari ini saya akan share bahan kimia perihal pokok bahasan Kesetimbangan Kimia. Ayo sahabat, sebelum kalian belajar mari perhatikan gambar berikut :

Keseimbangan vs Kesetimbangan ?


Selama ini kita mengenal kata seimbang dalam hukum-hukum fisika. Misalnya, melihat timbangan yang membandingkan dua benda yang berbeda, dikala mereka seimbang maka kita menyimpulkan bahwa keduanya memiliki massa yang sama. 
Dunia ini diciptakan dengan berbagai keseimbangan yang ada. ada pria ada wanita, ada gunung ada lembah, ada air ada api, ada cuek ada panas, ada suka ada duka. betulkan sobat ? dalam filosofi cina dikenal Yin dan Yan sebagai suatu perlambang keseimbnagan dan harmonisasi di dunia ini.
Begitu juga dengan reaksi kimia, dikala kita pelajari perihal reaksi kimia. kita mengenal reaksi berjalan dari reaktan menjadi produk tetapi produk tersebut mampu mengalami reaksi balik membentuk reaktan. mari kita belajar perihal harmonisasi dan kesetimbangan dalam reaksi kimia.


Apa itu reaksi kimia ?

Reaksi kimia yaitu reaksi yang melibatkan reaktan-reaktan, dikala mereka melewati sebuah proses reaksi maka mereka suatu dikala akan menghasilkan sebuah produk. reaksi dinyatakan dengan penulisan sebagai berikut "
[ Reaktan ] --> [ Produk ]
contohnya pada reaksi pembentukan asam klorida (HCl) dibawah ini :
H2 + Cl2 --> HCl
tanda panah memperlihatkan arah reaksi. pada teladan di atas, arah reaksi berjalan searah yaitu menuju ke produk saja.


Apakah semua reaksi berjalan searah ?

Mari kita perhatikan kertas yang dibakar berikut :

Apakah abu hasil pembakaran kertas mampu diubah kembali menjadi kertas utuh ? tentulah tidak dapat. maka reaksi pembakaran kertas yaitu reaksi yang searah atau tidak mampu balik (irreversible). reaksi yang hanya berjalan searah dinyatakan dengan tanda panah tunggal sebagai berikut :
[ Reaktan ] → [ Produk ]

tetapi pada kenyataannya banyak juga reaksi yang berjalan dua arah. Di Laboratorium, senyawa PCl5 dipanaskan membentuk PCl3 dan Cl2. diharapkan dikala terjadi reaksi berakhir, PCl5 tidak adalam dalam sistem, ternyata setelah secara kasat mata reaksi berakhir, namun sistem masih saja terdapat PCl5. Begitu pula dikala didiamkan beberapa waktu, PCl5 masih terdapat dalam sistem. ini berarti mampu disimpulkan bahwa selain peruraian PCl5, dalam sistem juga terjadi pembentukan PCl5 dari PCl3 dan Cl2.
Jadi sahabat, reaksi peruraian PCl5 merupakan reaksi dua arah atau mampu balik (reversible). Reaksi yang berjalan dua arah dinyatakan dengan panah ganda sebagai berikut :
[ Reaktan ]  ⇄ [ Produk ]


Apakah manfaat dari kesetimbangan Kimia ?

Dalam dunia industri, sudah jelas berprinsip bagaimana menghasilkan produk yang maksimal dari bahan yang ada dengan mengatur berbagai besaran yang berpengaruh.
Industri tersebut menyerupai industri-indutri yang menghasilkan amonia (NH3) asam sulfat (H2SO4) dan lain sebagainya. Sebab proses pembentukan zat-zat tersebut akan berlangsung dalam reaksi yang setimbang, maka laju reaksi ke arah produk sama dengan laju reaksi ke arah reaktan. Berikut yaitu reaksi pembentukan amonia
3H2 + N2 ⇄ 2NH3

Sahabat, jikalau kita perhatikan reaksi di atas, maka arah reaksi ke kanan merupakan reaksi pembentukan amonia sedangkan arah reaksi ke kiri merupakan reaksi penguraian amonia. Apa yang harus dikerjakan jikalau kita ingin meningkatkan produk semaksimal mungkin ? Silakan pelajari bahan yang saya share berikut :

< height="480" src="https://drive.google.com/file/d/1F1yxJNYuxegdbpP8aqVOG3uPJFI9jfxo/preview" width="600">


Ok sobat jikalau bahan yang saya share di atas dirasa masih belum cukup silakan mampu juga mencoba mempelajari bahan kesetimbangan kimia melalui 2 video berikut, semoga mampu membantu meningkatkan pemahamannya, :

< allowfullscreen="" class="YOUTUBE--video" data-thumbnail-src="https://i.ytimg.com/vi/HiNNqDV2Dl8/0.jpg" frameborder="0" height="400" src="https://www.youtube.com/embed/HiNNqDV2Dl8?feature=player_embedded" width="600">


< allowfullscreen="" class="YOUTUBE--video" data-thumbnail-src="https://i.ytimg.com/vi/5JehGdA4DZI/0.jpg" frameborder="0" height="400" src="https://www.youtube.com/embed/5JehGdA4DZI?feature=player_embedded" width="600">

Sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Semoga bermanfaat materinya, dan jangan lupa  tinggalkan komentarnya.

Belum ada Komentar untuk "Kesetimbangan Kimia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel