Soal Dan Pembahasan Olimpiade Matematika Sma Hasil Kreatifitas Siswa

Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika SMA Hasil Kreatifitas Siswa  Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika SMA Hasil Kreatifitas Siswa
Liburan sudah hampir final sebab materi bakar sudah mau habis dan otak kehabisan pandangan baru mau nulis apa sekarang. Tetapi tiba-tiba jadi teringat sebelum libur kemarin salah satu siswa SMA Negeri 2 Lintongnihuta angkatan I dengan nama Simon Putra Aekhela memperlihatkan sebuah hasil kreatifitasnya, yaitu pembahasan soal-soal matematika.

Pesannya adalah "coba bapak diskusikan dengan teman-teman bapak". Nah, sebab pesannya mirip itu jadi disini coba kita diskusikan hasil kreatifitasnya sebab sebagai seorang guru mempunyai siswa yang kreatif adalah hal yang menyenangkan. Beberapa ukiran pena sebelumnya yaitu OSP matematika 2013, Pertanyaan jarak titik ke bidang dan alat peraga terbuat dari kertas adalah ukiran pena yang pandangan baru awalnya adalah dari siswa.

Ada apa dengan Simon Putra? kenapa ia menjadi materi pembicaraan kali ini?. Jawabnya Simon mengerjakan soal-soal matematika dengan cara yang tidak biasa. Yang tidak biasa! Dengan cara biasa gimana ya? jikalau yang biasa itu siswa membahas soal dan menuliskannya di buku atau kertas selembar tetapi Simon mengerjakan soal matematikanya dengan menggunakan power point. Satu poin penting lainnya adalah bahwa ia mengerjakan ini tanpa diberikan perintah artinya ia sanggup dikatakan kreatif.

Agar tulisannya tidak hanya melulu cerita, kita bahas satu soal yang dibahas Simon,
Tentukan nilai dari:
$ \left ( 1-\frac{2}{3} \right )\left ( 1-\frac{2}{5} \right )\left ( 1-\frac{2}{7} \right )\left ( 1-\frac{2}{9} \right ) \cdots \left ( 1-\frac{2}{2013} \right ) $
Pembahasan:
$ \left ( 1-\frac{2}{3} \right )\left ( 1-\frac{2}{5} \right )\left ( 1-\frac{2}{7} \right )\left ( 1-\frac{2}{9} \right ) \cdots \left ( 1-\frac{2}{2013} \right ) $

$ =\left ( \frac{3}{3}-\frac{2}{3} \right )\left ( \frac{5}{5}-\frac{2}{5} \right )\left ( \frac{7}{7}-\frac{2}{7} \right )\left ( \frac{9}{9}-\frac{2}{9} \right ) \cdots \left ( \frac{2013}{2013}-\frac{2}{2013} \right ) $

$ =\left ( \frac{1}{3} \right )\left ( \frac{3}{5} \right )\left ( \frac{5}{7} \right )\left ( \frac{7}{9} \right ) \cdots \left ( \frac{2011}{2013} \right )$
$ =\frac{1}{3} \cdot \frac{3}{5} \cdot \frac{5}{7} \cdot \frac{7}{9} \cdots \frac{2011}{2013}$

$ =\frac{1}{\not{3}} \cdot \frac{\not{3}}{\not{5}} \cdot \frac{\not{5}}{\not{7}} \cdot \frac{\not{7}}{\not{9}} \cdots \frac{\not{2011}}{2013}$

$ =\frac{1}{2013}$

Untuk melihat hasil kreatifitas Simon secara lengkap [Data Disini]😊CMIIW

Jangan Lupa Untuk Berbagi πŸ™Share is Caring πŸ‘€ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan cara pilar (pintar bernalar);
Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika SMA Hasil Kreatifitas Siswa  Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika SMA Hasil Kreatifitas Siswa

Belum ada Komentar untuk "Soal Dan Pembahasan Olimpiade Matematika Sma Hasil Kreatifitas Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel