Matematika Rekreasi: Pembuktian Perkalian Dua Suku Dengan Satu Atau Dua Suku Kamis, 18 April 2019 Tambah Komentar Edit Matematika Rekreasi dalam Pembelajaran Aspek Bilangan telah kita diskusikan. Setelah berdiskusi pada topik ini, dibutuhkan kita mampu menguasai referensi materi matematika rekreasi yang mampu digunakan dalam pembelajaran beserta dengan penjelasan matematisnya. Materi yang akan kita diskusikan yaitu tafsiran geometris perkalian dan pemfaktoran bentuk-bentuk aljabar. Tafsiran Geometris Perkalian dan Pemfaktoran Bentuk-Bentuk AljabarBagaimanakah cara mengalikan atau memfaktorkan bentuk aljabar? Berikut ini yaitu salah satu referensi pemfaktoran yang terdapat dalam salah satu Buku Sekolah Elektronik [BSE]. $ a^{2}-b^{2}=a^{2}+\left ( ab-ab \right )-b^{2} $ $ a^{2}-b^{2}=a^{2}+ab-ab-b^{2} $ $ a^{2}-b^{2}=\left (a^{2}+ab \right )-\left (ab+b^{2} \right ) $ $ a^{2}-b^{2}=a\left (a+b \right )-b\left (a+b \right ) $ $ a^{2}-b^{2}=\left (a+b \right )\left (a-b \right )$ Jika kita perhatikan bahwa dalam menguraikan bentuk aljabar di atas, dibutuhkan trik menambahkan bentuk $ \left ( ab-ab \right )$. Dibutuhkan kreatifitas untuk memunculkan bentuk ini. Sebagai alternatif dalam pembelajaran, beberapa operasi bentuk aljabar mampu dijelaskan melalui tafsiran geometris dalam bentuk luasan. Melalui visualisasi tafsiran geometris, sifat-sifat operasi tersebut mampu pribadi terlihat. Bentuk $ a\left (b+c \right )=ab+ac $Untuk menjelaskan sifat di atas, bimbinglah siswa untuk menentukan luas persegipanjang yang diberikan dengan dua cara yang berbeda. Persegipanjang pada gambar kiri memiliki panjang sisi $a$ dan $(b+c)$ Luas kawasan persegipanjang tersebut $a(b+c)$. Perhatikan jikalau luas kawasan persegipanjang tersebut dihitung per bagian, diperoleh luas kawasan pecahan pertama $ab$, dan luas kawasan pecahan kedua $bc$. Dengan demikian $a(b+c)=ab+ac$. Bentuk $(a+b)^{2}=a^{2}+2ab+b^{2} $Sama menyerupai pada persoalan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan, berikan siswa diagram persegi yang panjang sisinya $(a+b)$. Sehingga diperoleh luas kawasan persegi tersebut $( a+b)( a+b) =( a+b)^{2} $. Kemudian bimbinglah siswa mencari luas kawasan dengan cara menentukan luas per pecahan sehingga diperoleh jumlah luas kawasan dari keempat pecahan tersebut yaitu $ a^{2}+ab+ab+b^{2}=a^{2}+2ab+b^{2} $. Dengan demikian mampu disimpulkan $ \left ( a+b \right )^{2}=a^{2}+2ab+b^{2} $. Bentuk $ a^{2}-b^{2}=\left ( a+b \right )\left ( a-b \right ) $Dari gambar dibawah ini, luas kawasan pada gambar yang diarsir di sebelah kiri yaitu luas kawasan persegi besar dengan panjang sisi $a$ dikurangi luas kawasan persegi kecil dengan panjang sisi $b$ atau $ Luas\ =\ a^{2}-b^{2} $. Potong kawasan tersebut menurut garis putus-putus dan susun menjadi persegipanjang menyerupai pada gambar di sebelah kanan. Persegipanjang ini memiliki panjang sisi (a+b) dan (a-b) serta memiliki $ Luas\ =\ \left ( a+b \right )\left ( a-b \right )$. Akibatnya $ a^{2}-b^{2}=\left ( a+b \right )\left ( a-b \right ) $ Untuk memfaktorkan bentuk persamaan kuadrat, mampu di simak pada laman berikut: Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Demikian penjelasan sederhana duduk persoalan Matematika Rekreasi dalam Pembelajaran Aspek Aljabar. [Daftar Bacaan: Modul Matematika SMP Program Bermutu 'Pemanfaatan Matematika Rekreasi Dalam Pembelajaran Matematika di SMP' Tahun 2011] Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Pernah main game memindahkan air sampai mampu volume yang diinginkan tapi tidak berhasil menyelesaikannya, simak cara penyelesaiannya; Bagikan Artikel ini
Belum ada Komentar untuk "Matematika Rekreasi: Pembuktian Perkalian Dua Suku Dengan Satu Atau Dua Suku"
Posting Komentar