Hati-Hati Dengan Suatu Pola Minggu, 10 Februari 2019 Tambah Komentar Edit Kecamatan Pakkat, Parlilitan dan Tarabintang tawaran "hati-hati dengan suatu pola" sudah sangat diterapkan. Pada tiga kawasan tersebut arti kata pola ialah tuak. Pola [tuak] ialah minuman khas kawasan tapanuli yang jikalau diminum berlebihan mampu menimbulkan mabuk. Karena mampu menimbulkan mabuk sehingga sudah masuk logika untuk berhati-hati terhadap suatu pola. Tetapi pola yang akan kita diskusikan berikutnya ialah pola bilangan atau irama bilangan bukan pola menyerupai yang dimaksudkan diatas meskipun mampu juga memabukkan. Pola bilangan menjadi soal yang sering di bahas akhir-akhir ini, selain soal test untuk masuk CPNS, pada SBMPTN [Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nageri] juga sudah banyak memunculkan soal pola bilangan pada saat Tes Potensi Akademik [TPA]. Agar mampu cepat mengerjakan pola bilangan perlu banyak berlatih alasannya yaitu sangat banyak pola bilangan yang mungkin tercipta sehingga tdak mungkin menuliskan semua rumus pola bilangan yang ada. Kita hanya menekankan hati-hati dalam menentukan pola bilangan, khususnya yang belum dibuktikan kebenarannya. Seringkali kita mengerjakan soal matematika hanya cenderung melihat polanya dan kemudian menuliskan jawabannya. Padahal kita tidak tahu apakah pola tersebut benar atau tidak. Kalau ternyata kita mampu menyampaikan pola tersebut benar. maka boleh menggunakan pola tersebut. Tetapi sangat berbahaya jikalau kita tidak tahu apakah pola itu sudah terbukti benar atau masih salah. Sebagai contoh, coba tentukan bilangan berikutnya dari pola bilangan 2, 4, 8, ... Mari kita diskusikan kemungkinan polanya; Pola 1: $ 2^{n}$ [n menyatkan suku ke-n] Pola 2: $ n^{2}-n+2$ [n menyatkan suku ke-n] Pola 3: $ n^{3}-5n^{2}+10n-4$ [n menyatkan suku ke-n] Untuk $ n = 1$ $ 2^{n}=2^{1}=2$ $ n^{2}-n+2=1^{2}-1+2=1-1+2=2$ $ n^{3}-5n^{2}+10n-4=1^{3}-5 \times 1^{2}+10 \times 1-4$ $=1-5+10-4=2$ Untuk $ n = 2$ $ 2^{n}=2^{2}=4$ $ n^{2}-n+2=2^{2}-2+2=4-2+2=4$ $ n^{3}-5n^{2}+10n-4=2^{3}-5 \times 2^{2}+10 \times 2-4$ $=8-20+20-4=4$ Untuk $ n = 3$ $ 2^{n}=2^{3}=8$ $ n^{2}-n+2=3^{2}-3+2=9-3+2=8$ $ n^{3}-5n^{2}+10n-4=3^{3}-5 \times 3^{2}+10 \times 3-4$ $=27-45+30-4=8$ Bagaimana dengan untuk $ n = 4$, mungkin kebanyakan dari kita akan menjawab dengan 16, tapi pasti ada juga yang menjawab bukan 16. $ 2^{4}=2^{4}=16$ $ n^{2}-n+2=4^{2}-4+2=16-4+2=14$ $ n^{3}-5n^{2}+10n-4=4^{3}-5 \times 4^{2}+10 \times 4-4$ $=64-80+40-4=20$ Apa yang kita peroleh pada suku keempat ada 3 kemungkinan, sehingga jikalau ini soal untuk pilihan berganda maka suku kelima menjadi perlu kita hitung kembali pola yang mana yang diinginkan pembuat soal. tetapi jikalau ini ialah soal essay maka semua jawaban yang kita mampu diatas harus ditampilkan semua. Kembali kita tekankan disini yang harus diperhatikan, hati-hati itu sangat penting untuk mengerjakan matematika. Untuk n = 1, 2, 3 nilainya sama, ternyata untuk n selanjutnya sudah berbeda. Ingat! jangan praktis percaya dengan sesuatu yang belum ada buktinya. Lebih aman, kita buktikan dulu apakah hal tersebut bernilai benar atau bernilai salah. Hati-Hati Dengan Suatu Pola disadur dari Facebook Dunia Matematika. Mari kita dukung Revolusi Mental, untuk perubahan yang lebih baik. Video ilustrasi berikut mungkin mampu mengajak kita untuk ikut berubah; Bagikan Artikel ini
Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati Dengan Suatu Pola"
Posting Komentar