Rpp Perbandingan Berbalik Nilai Kurikulum 2013 Revisi 2019
RPP perbandingan berbalik nilai kurikulum 2013 revisi 2019
Perbandingan berbalik pada pelajaran matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2019 di ajarkan pada kelas 7 semester 2 dan merupakan kelanjutan dari materi perbandingan senilai. Untuk mengatakan pembelajaran yang baik tentunya harus dengan perencanaan yang baik pula. aneka macam guru yang hanya kopi paste hasil RPP dari MGMP atau website tertentu tanpa di sesuaikan dengan keadaan lingkungan sekolah masing masing. Oleh alasannya ialah yaitu itu kesempatan ini akan kami uraikan RPP perbandingan berbalik nilai kurikulum 2013 revisi 2019 dengan impian mampu digunakan sebagai teladan saudara untuk membuat atau menyesuaikan RPP dengan kondisi dan daya dukung sekolah serta penerima didik anda.
silakan anda lihat dan koreksi RPP perbandingan berbalik nilai kurikulum 2013 revisi 2019 berikut ini dan anda mampu download Rpp ini pada link di bawah ini
Review RPP sebagai berikut
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Kartika XII-1
Mata Pelajaran : Metematika
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/II (Dua)
Materi Pokok : Perbandingan
Sub Materi : Perbandingan Berbalik nilai
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran ( 80 menit )
A. Kompetensi Inti
KI-1 | : | Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya. |
KI-2 | : | Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KI-3 | : | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata |
KI-4 | : | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah gila (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.8 Membedakan perbandingan senilaidan berbalik nilai dengan menggunakan table data, grafik, dan persamaan | 3.8.1 Mengidentifikasi perbandingan berbalik nilai 3.8.2 Menghitung perbandingan berbalik nilai |
4.8 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai | 4.8.1 Menyelesaikan problem dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok penerima didik dapat:
1. Mengidentifikasi perbandingan berbalik nilai
2. Menghitung perbandingan berbalik nilai
3. Menyelesaikan problem dalam kehidupan sehari –hari yang berkaitan
dengan perbandingan berbalik nilai
Fokus pengembangan karakter :
Disiplin, tanggung jawab, mandiri, kerjasama, tanggung jawab
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Perbandingan berbalik nilai
a.Identifikasi Perbandingan Berbalik nilai
1, Seorang anak membeli sebuah jeruk dengan harga Rp 3000, bila anak membeli 10 Buah jeruk, maka siwa harus membayar Rp 3000. Artinya semakin banyak jeruk yang dibeli semakin banyak uang yang harus dibayarkan ( Perbandingan senilai )
2. Hubungan antara banyak pekerja dan waktu
misal : suatu pekerjaan mampu diselesaikan 10 orang dalam waktu 20 hari, bila dikerjakan 5 orang maka akan selesai dalam waktu 40 hari, artinya makin sedikit orang yang bekerja makin banyak waktu yang dibutuhkan ( Perbandingan berbalik nilai )
b. Menghitung Perbandingan berbalik nilai
misal harga 10 jeruk = y
1. Banyak jeruk harga jeruk
1 1000
10 y
Perbandingan senilai
1 1000
10 = y
1xy = 10x100
y = 10.000
Makara harga 10 buah jeruk Rp 10.000
2 Misal waktu yang dibutuhkan 5 pekerja = n hari
Banyak pekerja waktu
10 20 hari
5 n hari
Perbandingan berbalik nilai
10 n
5 = 20 hari
5 x n = 10 x20
5n = 200
n = 200
5
n = 40
3 Suatu persediaan kuliner mampu dihabiskan dalam waktu 60 hari oleh 10 ekor kambing, berapa hari yang dibutuhkan bila memiliki 20 ekor kambing untuk menghabiskan persediaan makan tersebut
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Mengerjakan buku siswa Matematika klas 7, semester 11 halaman 48 soal 3
3. Materi Pembelajaran Remedial
Mengulang klarifikasi perihal penyelesaian perbandingan berbalik nilai
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan : Model Problem Based Learning
F. Media dan Bahan
1. Media : Bahan tayang PowerPoint/Video
Sumber Belajar : As’ari AR, dkk. 2017. Buku Siswa SMP /Mts Matematika Kelas VII
Semester II, Jakarta: Kemdikbud. Halaman : 32 - 40, lingkungan
kelas/sekolah, dan internet
Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1
Kegiatan Pembelajaran | Langkah-langkah Pembelajaran | Waktu |
Model Problem Based Learning | ||
Pendahuluan | 1. Peserta didik melakukan do’a sebelum mencar ilmu (meminta seorang penerima didik untuk memimpin do’a) 2. Guru mengecek kehadiran penerima didik dan meminta penerima didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan 3. Peserta didik mendapat info perihal pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi Perbandingan. 4. Peserta didik mendapat info perihal kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan 5. Guru bertanya mencari info perihal penerapan perbandingan dalam kehidupan sehari -hari 6. Guru mengaitkan Perbandingan senilai dan berbalik nilai | 15 15 menit |
Inti | Langkah 1. Klarifikasi Masalah 1. Guru membagi penerima didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang 2. Peserta didik dalam memperhatikan dan mengamati klarifikasi yang diberikan guru yang terkait dengan Perbandingan senilai dan berbalik nilai 3. Peserta didik dalam kelompok mendapat info mengenahi perbandingan berbalik nilai 4. Guru membagikan LK dan penerima didik membaca petunjuk, mengamati LK (LK berisi perihal permasalaha yang berhubungan dengan perbandingan berbalik nilai ) 5. Guru memotivasi penerima didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari problem yang disajikan dalam LK serta guru mempersilahkan penerima didik dalam kelompok lain untuk mengatakan tanggapan, bila dibutuhkan guru mengatakan pinjaman komentar secara klasikal Langkah 2. Brainstorming 6. Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan serta meminta penerima didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk merampungkan problem berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai 7. Peserta didik dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan klarifikasi info perihal perbandingan berbalik nilai Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan Data 8. Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi perihal permasalahan perbandingan berbalik nilai berdasarkan petunjuk LK untuk a.Mengidentifikasi relasi perbandingan berbalik nilai b.Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai ( contoh : Perbandingan Waktu dan kecepatan ) 9. Peserta didik melakukan eksplorasi ibarat dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata 10. Guru berkeliling mencermati penerima didik dalam kelompok dan menemukan aneka macam kesulitan yang di alami penerima didik dan mengatakan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami 11. Guru mengatakan pinjaman kepada penerima didik dalam kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh penerima didik 12. Guru mengarahkan penerima didik dalam kelompok untuk merampungkan permasahan dengan cermat dan teliti Langkah 4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah 13. Guru meminta penerima didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan problem terkait perbandingan berbalik nilai 14. Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mampu mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan perihal Perbandingan berbalik 15. Peserta didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian problem yang diberikan terkait dengan perbandingan berbalik nilai Langkah 5. Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah 16. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan verbal hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai 17. Peserta didik yang lain dan guru mengatakan balasan dan menganlaisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, mengatakan pelengkap informasi, melengkapi info ataupun balasan lainnya. Langkah 6. Refleksi 18. Peserta didik melakukan reflesi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait dengan perbandingan berbalik nilai 19. Guru mengatakan apresiasi atas partisipasi semua penerima didik | 50 me 50 menit |
Penutup | 1. Guru mengatakan peran mampu bangkit diatas kaki sendiri sebagai training keterampilan dalam merampungkan problem matematika yang berkaitan dengan Perbandingan berbalik 2. Melaksanakan postes terkait dengan perbandingan berbalik nilai 3. Peserta didik mendengarkan instruksi guru untuk materi pada pertemuan berikutnya 4. Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru mengatakan instruksi untuk mencari pola terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet. 5. Guru mengatakan tugas | 15 me 15 menit |
TUGAS MANDIRI | 1. Sebuah baju harganya Rp 25,000, jikalau ibu membeli satu losin baju, berapa ibu harus membyar Soal : a. Tulis dalam bentuk perbandingan b, Berapa ibu harus membayar 2. Tulislah dalam bentuk perbandingan berbalik nilai,kemudian selesaikan , bila 20 kg beras mampu dihabiskan selama 40 hari. Berapa beras yang dibutuhkan setiap harinya. | |
G. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Kompetensi Sikap Spiritual
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1 | Observasi | Lembar observasi (Catatan Jurnal) | Terlampir | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) |
b. Sikap Sosial
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1 | Observasi | Lembar observasi (catatan jurnal) | Terlampir | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) |
2 | Penilaian Diri | Lembar observasi (catatan jurnal) | Terlampir | Saat pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning) |
3 | Penilaian Antar Teman | Lembar observasi (catatan jurnal) | Terlampir | Setelah pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning) |
Demikian artikel sederhana tentang RPP perbandingan berbalik nilai kurikulum 2013 revisi 2019 ini biar anda mampu mengakibatkan apa yang kami bagikan ini sebagai pandangan gres anda dalam membuat perencanaan pembelajaran di sekolah atau instansi lingkungan kerja anda.
Belum ada Komentar untuk "Rpp Perbandingan Berbalik Nilai Kurikulum 2013 Revisi 2019"
Posting Komentar