6 Rujukan Teks Diskusi Singkat Terbaru (Perkembangan Zaman, Narkoba, Sosial, Komunikasi, Masyarakat)

Contoh Teks Diskusi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru - Diskusi umumnya dilaksanakan oleh beberapa orang atau kelompok dan membicarakan perihal suatu hal. Didalam proses berdiskusi umumnya akan terdapat sapek aspek mirip isu, rumor, argumen, dan sebuah kesimpulan. Didalam argumen sendiri sanggup kita klasifikasikan menjadi argumen positif dan argumen negatif.

Didalam teladan teks diskusi singkat yang dibicarakan umumnya terdapat beberapa topik diskusi, diantaranya yakni diskusi perihal kenakalan remaja, perihal teknologi, teks diskusi perihal narkoba sampai diskusi perihal pendidikan. Dalam berdiskusi terdapat aturan yang harus kita penuhi yakni selalu menghormati perbedaan pendapat alasannya yaitu yakni pada dasarnya setiap diskusi pasti akan terdapat perbedaan pendapat.
Contoh Teks Diskusi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru 6 Contoh Teks Diskusi Singkat Terbaru (Perkembangan Zaman, Narkoba, Sosial, Komunikasi, Masyarakat)
Contoh teks diskusi singkat
Sebenarnya teladan teks diskusi sanggup dengan praktis ditemukan dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi anda yang masih di jenjang sekolah. Selain itu pemanfaatan teknologi yang terkesan sudah maju sanggup membantu anda mencari teladan teks tersebut. Kali ini saya akan mengatakan beberapa teladan teks diskusi singkat dalam bahasa indonesia.

Sebelum mulai membaca teladan teks diskusi singkat terlebih dahulu anda perlu membaca perihal argumentasi dalam artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi agar anda sanggup memahami bagaimana cara berargumen yang benar.

Contoh Teks Diskusi Singkat

Contoh Teks Diskusi Tentang Pengaruh Teknologi
Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan mulai bermunculannya alat elektronik mirip smartphone, tablet, sampai music player. Di Indonesia sendiri perkembangan teknologi tidak sanggup dibendung lagi alasannya yaitu yakni mengalami perkembangan yang teramat sangat pesat. Namun dibalik perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini, terjadi beberapa imbas dan dampak yang dirasakan oleh banyak orang khususnya remaja.
Contoh Teks Diskusi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru 6 Contoh Teks Diskusi Singkat Terbaru (Perkembangan Zaman, Narkoba, Sosial, Komunikasi, Masyarakat)
Contoh teks diskusi singkat perihal perkembangan teknologi
Contoh teknologi yang sekarang ini menjadi primadona di kalangan sampaumur yakni smartphone. Remaja umumnya menyukai smartphone alasannya yaitu yakni penggunaanya yang praktis dan multifungsi, penggunaan smartphone juga sanggup memudahkan kegiatan para remaja. Selain itu smartphone memiliki bentuk dan ukuran yang relatif kecil sehingga praktis dibawa kemana-mana.

Namun teknologi yang kita kenal dan tengah bersahabat di sekitar kita ternyata juga memiliki imbas positif dan imbas negatif. Sebagai teladan jika para sampaumur terlalu sering menggunakan teknologi maka hal ini akan menyebabkan rasa ketergantungan dan kecanduan seolah mereka tidak sanggup hidup tanpa teknologi. Akhirnya mereka akan jauh lebih mementingkan teknologi yang mereka miliki dibandingkan berguru dan menuntut ilmu. Namun disamping dampak negatif, terseliplah dampak positif teknologi, yakni dengan menggunakan teknologi mirip smartphone dan tablet sampaumur akan sanggup memanfaatkannya dengan benar mirip teladan untuk mengerjakan tugas, mencari bahan di internet, dan saling berkomunikasi dengan mudah. Maka dari itu sebagai seorang remaja, kita harus sanggup memanfaatkan teknologi yang ada untuk hal-hal yang positif dan baik.

Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja
Pada periode perkembangan jaman sekarang ini sering kali kita mendengar informasi dan gosip perihal pergaulan bebas. Pergaulan bebas sendiri berasal dari eksploitasi seksual yang dialami oleh remaja. Eksploitasi seksual umumnya terdapat pada gambar-gambar, dan video tidak senonoh yang marak beredar.
Contoh Teks Diskusi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru 6 Contoh Teks Diskusi Singkat Terbaru (Perkembangan Zaman, Narkoba, Sosial, Komunikasi, Masyarakat)
Contoh teks diskusi singkat perihal kenakalan sampaumur dan narkoba
Umumnya dengan melihat adegan tidak senonoh yang terdapat dalam video maka sampaumur akan memiliki anggapan bahwa pergaulan bebas yakni hal yang masuk nalar untuk dilakukan. Parahnya lagi, tidak sedikit pula sampaumur yang kesudahannya terjerumus lebih dalam yakni mengkonsumsi obat-obatan terlarang, merokok, sampai meminum minuman keras.

Bersarkan dasar pemikiran diataslah kami memiliki topik kenakalan sampaumur sebagai bahan diskusi kami kali ini.

Dengan mengetahui dan mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh remaja, diharapakan sanggup mencegah mereka terjerumus ke pergaulan bebas dan jawaban jawaban negatif yang ditimbulkannya. Untuk mewujudkan hal ini perlu diadakannya penyuluhan informasi dan pengarahan dari pihak-pihak yang dianggap sanggup merubah mental para sampaumur (motivator).

Contoh Teks Diskusi Tentang Anak-anak
Smartphone merupakan teknologi canggih yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi baik secara audio maupun visual. Karena dianggap sanggup memudahkan segala aktivitas, smartphone akhhirnya digunakan banyak kalangan orang termasuk anak-anak. Namun pada dasarnya mengatakan ijin pada belum cerdik balig cukup akal untuk menggunakan smartphone masih menjadi bahan perdebatan di banyak sekali kalangan masyarakat.
Contoh Teks Diskusi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru 6 Contoh Teks Diskusi Singkat Terbaru (Perkembangan Zaman, Narkoba, Sosial, Komunikasi, Masyarakat)
Contoh teks diskusi singkat perihal penggunaan smartphone
Pihak yang tidak sepakat penggunaan smartphone oleh belum cerdik balig cukup akal berpendapat bahwa sartphone akan merenggut masa kanak-kanak mereka dengan konten dan fitur-fitur smartphone. Sehingga belum cerdik balig cukup akal akan lupa untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar mereka. Dengan munculnya smartphone belum cerdik balig cukup akal akan lebih terpaku pada permainan layar dan melupakan kesenangan mereka semasa kecil, sampai mereka menginjak sampaumur pun mereka akan selalu memiliki rasa ketergantungan terhadap smartphone.

Namun bagi mereka yang setuju, smartphone dianggap akan membantu belum cerdik balig cukup akal dalam menyebarkan kreativitasnya. Selain itu dari segi orang tua, mereka akan lebih praktis untuk mengawasi dan menghubungi anak mereka kapan saja dan dimana saja. Penggunaan smartphone diangga sanggup mencerdaskan belum cerdik balig cukup akal alasannya yaitu yakni smartphone mengandung fitur-fitur untuk menunjang pembelajaran.

Berdasarkan kedua pendapat diatas sanggup ditarik kesimpulan bahwa penggunaan smartphone untuk belum cerdik balig cukup akal masih menjadi berdebatan tersendiri di kalangan orangtua. Maka dari itu sebagai orang renta hendaknya kita sanggup memilah dan memilih dampak dampak smartphone terhadap anak kita.

Contoh Teks Diskusi Tentang Perkembangan Komunikasi
Seperti yang kita ketahui, sekarang merupakan periode perkembangan zaman. Perkembangan zaman tersebut juga mempengaruhi perkembangan teknologi di banyak sekali bidang mirip medis, komunikasi, trasnsportasi dan sebagainya. Namun jika dikaji lebih dalam, perkembangan teknologi di bidang komunikasi akan memegang kiprah paling besar. Contohnya saja penggunaan smartphone, Smartphone dikala ini telah berubah sangat modern yakni praktis untuk digunakan dan memiliki banyak sekali macam fitur-fitur canggih dan menarik. Tidak heran jika di periode sekarang ini sampaumur banyak yang menyukai smartphone. Umumnya smartphone digunakan para sampaumur untuk keperluan komunikasi, hiburan dan sebagainya. Namun mirip yang kite ketahui bahwa perkembangan jaman dan teknologi yang terjadi sekarang ini telah mengatakan dampak yang besar bagi para remaja.

Dampak positif dari penggunaan smartphone untuk sampaumur yakni mereka sanggup mengeksplorasi teknologi lebih luas dari sebelumnya, memudahkan segala kegiatan mereka mulai dari berkomunikasi baik visual maupun audio, dan membantu mereka dalam mencari bahan atau kiprah di internet.

Disamping dampak positif tentunya perkembangan smartphone ini juga memiliki dampak negatif pada remaja. Salah satunya yakni penggunaan smartphone sanggup membuat sampaumur kecanduan dan memiliki rasa keterantungan mirip tidak sanggup hidup tanpa perangkat ini. Tidak hanya itu saja, namun penggunaan smartphone yang terlalu over akan mengatakan dampak berupa sampaumur akan malas untuk berguru dan kesudahannya hal ini akan menurunkan prestasi mereka.

Maka dari itu sebagai seorang remaja, kita harus sanggup menggunakan perangkat smartphone kita dengan benar dan pada porsinya. Jika penggunaan smartphone ini dialokasikan dengan benar maka akan lebih banyak menyebabkan dampak positif bagi kita.

Contoh Teks Diskusi Tentang Perkembangan Teknologi di Masyarakat
Zaman dan teknologi dikala ini telah mengalami perkembangan yang pesat di banyak sekali bidang. Tidak sanggup dipungkiri bahwa teknologi tersebut sekarang ini telah mengisi sendi-sendi kehidupan kita. Mulai dari medis, transportasi, komunikasi dan sebagainya terus berkebang mirip sudah tidak sanggup lagi untuk dibendung. Perkembangan teknologi di banyak sekali bidang ini kesudahannya menyebabkan beerbagai pandangan di mata masyarakat. Banyak masyarakat yang beranggapan positif dengan perkembangan teknologi sekarang ini. Namun tidak sedikit juga masyarakat yang menganggap perkembangan teknologi membawa dampak negatif.
Contoh Teks Diskusi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru 6 Contoh Teks Diskusi Singkat Terbaru (Perkembangan Zaman, Narkoba, Sosial, Komunikasi, Masyarakat)
Contoh teks diskusi singkat perihal perkembangan teknologi
Masyarakat yang notabennya menganggap perkembangan teknologi sebagai sesuatu yang positif beranggapan bahwa perkembangan dikala ini sanggup membantu dan mempermudah segala kegiatan mereka. Mereka menganggap teknologi sebagai teman setia yang sanggup membantu mereka kapan saja. Seperti teladan perkembangan teknologi pada bidang transportasi, sekarang ini insan tidak perlu berjalan kaki terlalu lama untuk sampai ke tujuan mereka. Mereka sanggup memanfaatkan perkembangan transportasi untuk membantu mereka sampai di tujuan mereka. Seperti dikala kita hendak pergi melintasi negara kita tidak perlu lagi berjalan dan mengarungi lautan luas, namun kita hanya perlu naik pesawat yang tujuannya ke negara tujuan kita.

Selain sanggup membantu mempercepat transportasi, Perkembangan teknologi juga sanggup menghubungkan insan sekalipun dalam jarak yang cukup jauh.. Teknologi komunikasi tersebut yakni smartphone, perangkat ini memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang yang jaraknya sangat jauh dengan kita baik secara audio maupun visual.

Dalam bidang pengobatan dan medis, perkembangan teknologi telah menolong para dokter menyelamatkan ratusan bahkan ribuan nyawa. Betapa tidak, dengan adanya peralatan medis yang canggih tentunya sanggup mendukun proses pengobatan seseorang. Seperti dikala hendak melakukan operasi pembedahan, para dokter sanggup melakukan pembedahan dengan sangat akurat dan meminimalisir tingkat kegagalan operasi tersebut.

Namun di lain sisi bagi masyarakat cenderung menganggap perkembangan teknologi sebagai sesuatu yang negatif akan berpikiran bahwa perkembangan teknologi yang tidak sanggup dibendung ini akan menjerumuskan insan kejalan yang salah. Ibarat bom waktu, teknologo teknologi yang berkembang dikala ini siap meledak kapan saja untuk mengatakan dampak dan imbas buruk bagi manusia. Umumnya masyarakat yang kontra terhadap teknologi akan beranggapan bahwa teknologi hanya membawa dampak buruk bagi manusia.

Salah satu dampak buruk yang dirasakan aalah insan akan menjadi malas didalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Karena merasa telah dimanjakan oleh teknologi, insan akan menyerahkan segala urusan pada teknologi tersebut sampai lupa untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Akibatnya akan terjadi kesenjangan sosial di lingkup masyarakat. Tidak hanya itu penggunaan teknologi juga sanggup menyebabkan rasa kecanduan terhadap pemakainya. Ketika mereka terlepas dari teknologi maka mereka akan merasa putus asa.

Yang menghawatirkan dari perkembangan teknologi yakni diciptakannya senjata-senjata canggih yang mematikan demi kepentingan militer suatu negara. Senjata senjata tersebut umumnya akan digunakan untuk saling membunuh satu sama lain dengan alasan untuk memerangi kejahatan dan sebagainya. Namun tetap saja yang menjadi korban yakni warga sipil yang notabennya tidak tahu apa apa. Senjata yang paling canggih dan mematikan dikala ini yakni nuklir yang notabennya disebut dengan senjata pemusnah massal. Senjata ini sanggup membunuh jutaan insan dalam sekejap mata di suatu daerah dalam skala dan radius tertentu.

Hal yang paling tidak sanggup diterima dari perkembangan teknologi yakni teknologi kloning yang sekarang ini tengah dikembangkan. Manusia mulai mencari cara untuk menyaingi kekuatan Sang Pencipta dengan mencoba mengatakan kehidupan pada objek kloning. Hal ini dikhawatirkan akan membuat insan lupa dari mana mereka berasal dan lupa akan keberadaan Tuhan.

Berdasarkan penjelasan diatas sanggup disimpulkan bahwa perkembangan teknologi yang terjadi dalam lingkup kehidupan bermasyarakat memang menyebabkan dampak negatif dan positif. Sebagai insan yang modern dan hidupa dalam perkembangan jaman, kita tidak boleh melupakan keberadaan Tuhan. Selain itu kita harus sanggup untuk memebdakan antara imbas buruk dan imbas positif dari perkembangan teknologi ini.

Contoh Teks Diskusi Singkat Tentang Kebersihan dan Sampah
Sampah merupakan satu hal yang dianggap sangat meresahkan alasannya yaitu yakni mengatakan dampak buruk pada lingkungan. Sampah yang menumpuk umumnya sanggup menyebabkan banyak sekali penyakit sampai menyebabkan banjir. Dalam beberapa kasus, cara menanggulangi sampah dianggap menjadi permasalahan yang penting di beberapa daerah tertentu. Sebenarnya pemecahan dilema perihal sampah sudah menjadi perdebatan sejak dulu.

Banyak orang beranggapan bahwa sampah yakni sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi, maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara di bakar. Namun bagi mereka yang mengasihi alam, cara ini dianggap bukan sebagai solusi melainkan sebagai sebuah bencana baru. Sampah-sampah yang dibakar akan menghasilakan polusi udara berupa amis yang tidak sedap dan asap pembakaran yang sanggup menipiskan lapisan ozon.

Umumnya orang yang mengasihi lingkungan akan lebih memilih penyelesaian berupa dekomposting dan daur ulang. Sebagai teladan sampah organik mirip daun kering, batang pohon dan sebagainya sanggup dijadikan sebagai pupuk kompos melalui proses dekomposting. Sedangkan sampah non-organik yang memang tidakd sanggup mengalami pembusukan sanggup dilakukan daur ulang.

Pada dasarnya sampah sanggup diolah dan dimanfaatkan kembali. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan yakni cara paling tepat dan sesuai untuk merampungkan perasalahan sampah yang ada.

Itulah 6 teladan teks diskusi singkat dalam bahasa indonesia yang membahas perihal perkembangan zaman, perkembangan teknologi, narkoba, dan lain sebagainya. Selalu ingat bahwa diskusikan hal yang bermanfaat untuk kehidupan anda. Dan dalam proses diskusi kita harus sanggup menghargai perbedaan argumentasi yang terjadi. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "6 Rujukan Teks Diskusi Singkat Terbaru (Perkembangan Zaman, Narkoba, Sosial, Komunikasi, Masyarakat)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel