Pengertian Bab Serpihan Indera Pendengaran Dan Fungsinya Beserta Gambar

Pengertian Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya Beserta Gambar - Manusia dibekali oleh indera pendengaran yang dinamakan telinga. Pengertian dan Fungsi pendengaran secara umum ialah organ tubuh insan yang berfungsi untuk menangkap bunyi dan menyalurkan bunyi tersebut untuk diproses otak. Telinga sendiri terdiri atas potongan potongan tertentu yang memiliki fungsi yang berbeda beda. Lantas apa saja potongan potongan pendengaran dan fungsinya secara umum? Untuk sanggup memahami pengertian dan fungsi potongan potongan pendengaran tersebut maka simaklah ilustrasi dan gambar potongan pendengaran yang akan saya sampaikan.

Secara umum, pendengaran terbagi atas 3 potongan utama yang memiliki fungsi berbeda beda antar potongan tersebut, yakni pendengaran potongan dalam, pendengaran potongan luar, dan pendengaran potongan tengah. Fungsi potongan potongan pendengaran tersebut berbeda beda satu sama lain namun jikalau digabungkan memiliki fungsi yang sama yakni untuk menyalurkan frekuensi bunyi menuju otak.

Pengertian Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya Beserta Gambar

Dalam penjelasan singkat diatas telah saya jelaskan pengertian dan fungsi potongan telingan secara umum. Namun kali ini kita akan membahas lebih dalam perihal fungsi potongan potongan telinga, pengertian telinga, dan fungsi pendengaran secara lebih spesifik disertai gambar dan penjelasan.
Pengertian Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya Beserta Gambar Pengertian Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya Beserta Gambar
Bagian potongan pendengaran dan fungsinya


Pengertian Telinga
Pengertian pendengaran ialah salah satu organ tubuh insan atau umum disebut indera pendengaran, berfungsi untuk mendengarkan dan menjaga keseimbangan tubuh. Telinga merupakan organ vital yang peka terhadap getaran bunyi. Hal ini sanggup terjadi sebab ialah salah satu potongan pendengaran memiliki receiver yang berfungsi untuk mengenali getaran bunyi yang datang. Telinga memiliki getara bunyi yang aman dan efektif antara 20Hz hingga 20.000Hz.

Fungsi Telinga
Sama seolah-olah potongan tubuh lain, pendengaran juga memiliki fungsi yang penting yakni sebagai pengatur keseimbangan tubuh. Dalam potongan pendengaran luar terdapat organ yang memiliki fungsi untuk mengatur serta menjaga keseimbangan tubuh kita. Telinga juga berafiliasi pribadi dengan saraf otak ke delapan yang memiliki fungsi untuk mendengarkan serta menjaga keseimbangan.
Baca juga: Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya Beserta Gambar
Telinga sebagai indera pendengaran memiliki pengertian bahwa pendengaran menjadi indera pendengar apabila terdapat suatu gelombang maupun getaran bunyi yang ditangkap oleh pendengaran potongan luar dan masuk menuju pendengaran potongan dalam dan diteruskan ke otak. Maka otak akan memproses getaran bunyi tersebut, Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan dibawah ini.

Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, pendengaran memiliki 3 potongan utama yakni, pendengaran potongan luar, pendengaran tengah, dan pendengaran potongan dalam. Bagian potongan pendengaran tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda antara satu sama lain. Berikut ini ialah fungsi potongan potongan pendengaran yang sanggup anda pelajari:

Telinga potongan luar
Telinga luar sendiri terdiri atas aurikula (daun telinga), saluran pendengaran luar, serta gendang pendengaran (membran timphani) untuk membatasi dengan pendengaran potongan dalam.
  1. Daun pendengaran merupakan organ yang tersusun atas sekumpulan tulang rawan yang berbentuk khusus untuk mendukung fungsi potongan itu sendiri, yakni untuk memusatkan getaran bunyi yang tiba hingga masuk kedalam saluran telinga.
  2. Saluran pendengaran potongan luar ialah potongan selanjutnya yang memiliki kelenjar suderifera yakni sebuah kelenjar yang sanggup menghasilkan cairan seolah-olah lilin yang juga sanggup mengeras. Cairan inilah yang menjaga pendengaran dari aneka macam kotoran yang memasuki telinga. Selain itu cairan ini juga menjaga pendengaran kita supaya tidak dimasuki serangga seolah-olah semut maupun lalat.
  3. Gendang bunyi merupakan potongan pendengaran luar yang berfungsi untuk menangkap getaran suara.
Telinga potongan tengah
Telinga tengah sendiri merupakan sebuah rongga yang berisi udara yang menjaga supaya tekanan udara didalam pendengaran tetap seimbang. Dinding dari potongan pendengaran ini dilindungi oleh semacam lapisan sl epite yang memiliki fungsi utama yakni untuk meneruskan bunyi yang sebelumnya diterima pendengaran potongan luar dan menuju ke pendengaran potongan tengah. Dalam potongan pendengaran tengah juga terdapat potongan yang dinamakan "tuba eustachius" yang merupakan penguhubung antara rongga verbal dengan telinga. Sama seolah-olah sebelumnya "tuba eustachous" memiliki fungsi untuk menjaga tekanan udara tetap seimbang antara pendengaran luar dan pendengaran tengah.

Bagian pendengaran tengah terdiri dari 3 tulang pendengaran yakni martil (maleus). landasan (incus), dan sanggurdi (stapes). Tulang tulang tersebut saling terhubung satu dengan yang lain melalui sendiri. Karena adanya sendi inilah, tulang dapt bergerak. Serangkaian tulang ini berfungsi untuk mengirimpan gelombang getaran bunyi yang diterima membrane timpani menuju ke oval di pendengaran potongan dalam. Tuba eustachius sendiri selalu menutup terkecuali pada dikala kita menelan makanan ataupun tengah menganga. Maka dari itu dikala kita tengha dalam tinggian tertentu pendengaran akan selalu berdengung. Kita juga dianjurkan untuk menelan sesuatu supaya tuba eustacius terbuka dan menyeimbangkan tekanan udara kembali yang ada didalam telinga.

Telinga potongan dalam
Telinga dalam terdiri dari potongan membran dan potongan tulang. Telinga dalam juga disebut sebagai labirin pendengaran sebab ialah bentuknya yang mirip labirin yang tersusun dari tulang (Osea Labirin). Pada dasarnya labirin ini merupakan rongga yang terbentuk pada tonjolan yang terdapat pada tulang pelipis yang notabenya berisi cairan perilimfe. Labirin membran sendiri terletak di potongan yang sama persis dengan labirin tulang. Namun perbedaanya ialah labirin membran ini memiliki tmepat yang lebih dalam dan dilapisi sel sel epitel dan cairan endolimfe.

Bagian potongan pendengaran lebih tepatnya pada labirin tulang didalam pendengaran dalam ialah sebagai berikut:

  1. Koklea : Fuangsinya lebih condong ke pendengaran.
  2. Kanalis semisirkulari : Fungsinya ialah untuk menjaga keseimbangan.
  3. Vestibuli : Fungsinya ialah untuk menjaga keseimbangan.
Adapun penjelasan dari masing masing potongan pendengaran dan fungsinya yang terdapat pada potongan dalam ialah sebagai berikut:

Rumah Siput (Koklea)
Koklea atau rumah siput merupakan potongan pendengaran yang berbentuk mirip tabung yang bengkok dan condong ke belakang dan memiliki lilitan yang mengelilingi tulang hingga membentuk kerucut di ujungnya maka dari itu koklea disebut juga sebagai rumah siput sebab ialah bentuknya yang mirip cangkang siput. fungsi koklea ialah sebagai reseptor sebab ialah dalam koklea ini terdapat sel sel saraf yang peka terhadap bebunyian dan getaran. Didalam tabung rumah siput terdapat potongan yang terbentuk dari membran dan tulang koklea, potongan ini juga disebut sebagai membran basilaris. Fungsinya tidak lain adalan untuk memisahkan koklea menjadi dua buah bagia, yakni potongan bawah disebut sebagai skala timpani dan potongan atas disebut sebagai skala vestibuli. Diantara kedua potongan ini terdapat juga skala media yang berfungsi sebagai pembatas antara skala vestibuli dan skala timpani.
Baca juga: Skema dan Proses Pembentukan Urine Beserta Gambarnya
Dalam skala timpani dan skala vestibuli terdapat sebuah cairan yang disebut cairan perilimfe. Pada dasarnya cairan ini berasal dari serebrospinal yang kemudia masuk melalui saluran yang berukuran sangat kecil dan jadinya berhenti dan mengumpul di vestibuli. Sedangkan didalam skala media (batas antara skala timpani dan vestibuli) terdapat cairan yang disebut endolimfe yang hingga sekarang belum diketahui darimana asal dan fungsinya.


Pada potongan membrane basilaris atas terdapat sebuah struktur yang bersifat khusus. Struktur ini sebut dengan sebutan organ korti. Organ korti ini fungsinya ialah untuk mengubah getaran yang dihasilkan bunyi menjadi impuls yang selanjutnya akan diteruskan menuju otak. Organ korti merupakan sebuah struktur yang tersusun dari sel sel rambut serta sel penyokong. Sel sel rambut pada organ korti ini dihubungkan oleh potongan pendengaran yang disebut auditori dari saraf otak kedelapan.

Vestibuli
Vestibuli merupakan potongan yang tersusun dari utrikula dan sakula. Sedangkan utrikula dan sakula sendiri tersusun dari sel sel rambut yang pada dasarnya memiliki struktur bersifat khusus. Sel rambut inilah yang kita sebut sebagai macula custika dalam pembelajaran biologi dan anatomi manusia. Dalam sel sel rambut macula astica ini tersebar pula partikel partikel dari serbuk protein kalsium karbonat yang selanjutnya kita sebut dengan totlith.
Baca juga: Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Beserta Tempat Berlangsungnya
Cara kerja vestibuli dalam sistem pendengaran ialah dikala posisi kepala kita berubah ubah, otolith yang sangat sensitif terhadap gravitasi ini akan lepas dari sel sel rambut yang terdapat pada macula austica. Hal inilah yang jadinya merangsang munculnya respon pendengaran yang jadinya juga direspon oleh otot dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan.

Saluran Setengah Lingkaran (Kanalis Semisirkularis)
Dalam potongan potongan pendengaran kita juga mengenal adanya saluran setengah bundar yang disebut kanalis semisirkularis. Saluran ini sendiri merupakan sebuah satu kesatuan yang terususun dari 3 saluran utama semisirkularis. Adapun 3 saluran tersebut adalah:

  1. Kanalis semisirkularis vertikal atas (Superior)
  2. Kanalis semisirkularis vertikal belakang (Posterior)
  3. Kanalis semisirkularis horizontal
Pada dasarnya saluran setengah bundar ini fungsinya ialah sebagai penyokong yang membantu proses transfer impuls menuju otak.

Proses Terjadinya Pendengaran

Proses terjadinya pendengaran pada dasarnya tidak terlalu rumit apabila kita telah mengetahui potongan potongan pendengaran dan fungsinya. Gelombang bunyi yang masuk melalui pendengaran potongan luar akan masuk menuju membran timpani. Pada membran timpani ini gelombang bunyi akan diubah menjadi gerataran yang selanjutnya akan diteruskan menuju ke koklea atau rumah siput. Getaran yang masuk akan membuat cairan yang terdapat pada rumah siput bergerak. Pergerakan cairan inilah yang merangsang sel rambut yang berfungsi sebagai reseptor. Sel rambut yang bergetar sebab ialah adanya getaran akan mengirimkan impuls menuju otak melalui saraf sensoris. Otak yang mendapat impuls akan memproses getaran dan menerjemahkannya.

Itulah materi perihal pengertian potongan potongan pendengaran dan fungsinya beserta gambar. Tidak hanya itu saja namun kita juga sanggup mempelajari proses terjadinya pendengaran dengan menyimak materi di atas. Telinga merupakan organ vital insan yang sangat penting sebab ialah pendengaran sanggup membantu kita bersosialisasi dan berkomunikasi satu sama lain. Fungsinya tidak lain dan tidak bukan ialah untuk mendengarkan. Maka dari itu rawatlah pendengaran kita supaya selalu sehat. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Bab Serpihan Indera Pendengaran Dan Fungsinya Beserta Gambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel