Jenis Jenis Prosa Usang Dan Prosa Baru

Jenis Jenis Prosa Lama dan Prosa Baru - Hasil karya sastra Indonesia memiliki majemuk variasi. Karya tersebut mampu berupa imajinasi ataupun fakta yang berasal dari pengarang mirip prosa, pantun histori, puisi dan sebagainya. Salah satu karya sastra Indonesia yaitu prosa. Prosa mampu dibagi menjadi dua bentuk yaitu prosa lama dan prosa baru. Setiap bentuk prosa mampu dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Untuk jenis jenis prosa lama dengan jenis jenis prosa gres memiliki perbedaan. Pengertian prosa menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu sebuah karangan yang bersifat bebas serta tidak ada kaitannya dengan kaidah tertentu. Untuk jenis karangan dalam bentuk prosa memiliki sifat berkebalikan dengan puisi dalam hal pembuatannya. Kata prosa berasal dari kata serapan bahasa Inggris yang berarti prose. Kata inilah yang memiliki makna yang cukup luas yaitu sekelompok gesekan pena non fiksi maupun karya sastra mirip artikel, esai, laporan dan lain lain.
Hasil karya sastra Indonesia memiliki majemuk variasi Jenis Jenis Prosa Lama dan Prosa Baru
Penjelasan mengenai prosa mampu dilihat dari sudut sastranya memiliki makna lain yaitu wacana naratif atau narrative discourse, teks naratif atau narrative text, dan dongeng fiksi atau fiction. Untuk pengertian prosa yang setingkat dengan arti rekaannya yaitu sebuah karangan naratif yang memiliki sifat rekaan dan tidak betul betul terjadi. Untuk karangan yang bersifat fiksi memiliki tokoh, latar dan insiden yang bersifat imajinatif. Hal inilah yang membedakannya dengan karangan non fiksi. Karena pada karangan non fiksi memiliki tokoh, latar dan insiden yang bersifat faktual dan empiris. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan lebih dalam mengenai jenis jenis prosa lama dan jenis jenis prosa baru. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak dibawah ini.

Jenis Jenis Prosa Lama dan Prosa Baru

Sudah saya jelaskan diatas bahwa prosa merupakan sebuah karya sastra yang berwujud gesekan pena bebas tanpa adanya ikatan dengan aturan pembuatan karyanya, misalnya diksi, rima, irama dan sebagainya. Karya sastra prosa ini mampu dibagi menjadi dua bentuk yaitu prosa lama dan prosa baru. Kedua bentuk prosa tersebut masih mampu dibagi lagi menjadi beberapa jenis. berikut jenis jenis prosa lama dan jenis jenis prosa gres beserta penjelasan.
Baca juga : Penggunaan EYD Yang Baik dan Benar

Prosa Lama

Bentuk prosa yang pertama yaitu prosa lama. Prosa lama yaitu suatu karya sastra yang pembuatannya belum ada efek dari budaya barat. Dahulunya bentuk prosa lama ini berupa gesekan pena alasannya yaitu jaman dahulu belum ditemukan alat tulis menulis. Namun seiring berkembangnya jaman karya prosa lama mampu berupa gesekan pena juga. Dibawah ini terdapat jenis jenis prosa lama beserta penjelasannya.

Hikayat
Jenis prosa lama yang pertama yaitu hikayat. Hikayat yaitu sebuah dongeng yang berupa kehidupam para dewa, pangeran, raja, dewi dan sebagainya. Untuk dongeng yang terdapat dalam hikayat ini memiliki sifat tidak masuk logika ataupun fiksi. Misalnya Hikayat Raja Bijak, Hikayat Hang Jebat, Hikayat Nabi Sulaiman, dan sebagainya.

Tambo atau Sejarah
Jenis prosa lama selanjutnya yaitu tambo atau sejarah. Sejarah yaitu sebuah karangan prosa lama yang berupa insiden bencana tertentu. Untuk sejarah yang bersifat lama memiliki perbedaan dengan gesekan pena sejarah yang dibuat dimasa sekarang. Biasanya sejarah karya lama memiliki perhiasan tambahan dongeng yang membuat karangan menjadi lebih menarik. Sedangkan sejarah karya sastra kini lebih berisi insiden bencana yang sesungguhnya dan mampu dibuktikan dengan fakta. Contoh sejarah prosa lama yaitu Sejarah Melayu yang dibuat pada tahun 1612 oleh Tun Sri Lanang.

Kisah
Jenis prosa lama selanjutnya yaitu kisah. Kisah yaitu jenis prosa lama yang berupa dongeng pendek. Pada umumnya kisah ini berisi wacana pengalaman, petualangan, ataupun perjalanan orang orang dulu. Contoh kisah prosa lama yaitu kisah perjalanan Raja Abdullah menuju Kota Mekkah.

Dongeng
Jenis prosa lama selanjutnya yaitu dongeng. Dongeng yaitu jenis prosa lama yang menceritakan wacana imajinasi zaman dahulu. Prosa lama yang satu ini lebih populer dibandingkan jenis prosa lainnya. Untuk jenis jenis dongeng dongengpun berbeda beda tergantung isi ceritanya. Berikut jenis dongeng :

Mitos
Mitos termasuk kedalam jenis prosa lama kategori dongeng dongeng. Mitos yaitu dongeng dongeng yang berisis wacana kepercayaan pada hal hal magis maupun alam ghaib. Misalnya : dongeng asal mula Kuntilanak, dongeng batu menangis, Ratu Pantai Selatan dan sebagainya.

Legenda
Legenda termasuk kedalam jenis prosa lama kategori dongeng dongeng. Legenda merupakan dongeng dongeng yang berupa asal mula maupun riwayat mengenai sesuatu hal yang terjadi. Misalnya : Legenda Pulau Jawa, Legenda Candi Prambanan, dan sebagainya.
Baca juga : Pengertian, Jenis Jenis dan Contoh Majas Dalam Puisi
Fabel
Fabel termasuk kedalam jenis prosa lama kategori dongeng dongeng. Fabel yaitu dongeng dongeng yang berupa kisah kisah yang tokohnya berupa binatang. Dongeng fabel ini banyak digunakan oleh orang renta sebagai alat pendidikan anaknya. Misalnya : Kancil Yang Bijak, Kura Kura dan Kelinci, dan sebagainya.

Sage
Sage termasuk kedalam jenis prosa lama kategori dongeng dongeng. Sage merupakan jenis dongeng yang berisi kisah keberanian, kesaktiaan seseorang ataupun kepahlawanan. Misalnya : calon arang, ciung wanara, Patih Gadjah Mada, dan sebagainya.

Pandir atau Jenaka
Pandir atau jenaka termasuk kedalam jenis prosa lama kategori dongeng dongeng. Jenaka merupakan dongeng dongeng yang berupa kisah orang bodoh dengan nasib yang sial. Biasanya dongeng jenaka ini bersifat lucu sehingga mampu menghibur para pendengar pendengarnya. Misalnya dongeng si pandir, dongeng abunawas, dan sebagainya.


Prosa Baru

Bentuk prosa selanjutnya yaitu prosa baru. Prosa gres yaitu suatu karya sastra yang pembuatannya terdapat efek dari budaya barat atau budaya asing. Awal mula munculnya prosa gres saat prosa lama telah dianggap kuno. Dibawah ini terdapat jenis jenis prosa gres beserta penjelasannya :

Roman
Jenis prosa gres yang pertama yaitu roman. Roman yaitu jenis prosa gres yang ceritanya berupa kisah seseorang dari lahir sampai meninggal. Jenis prosa ini menyuguhkan pembelajaran kehidupan secara menyeluruh dengan alur bercabang. Misalnya layar terkembang hasil karya dari Sultan Takdir Ali Syahbana.

Novel
Jenis prosa gres selanjutnya yaitu novel. Novel yaitu jenis prosa gres yang ceritanya panjang. Novel tersebut berisi wacana kehidupan seseorang secara sebagian dengan aneka macam bentuk konflik yang terjadi. Konflik inilah yang mampu merubah sikap dari tokoh ceritanya. Misalnya Novel Sang Pemimpi, Novel Ave Maria, Novel Ayat Ayat Cinta, dan sebagainya.

Cerpen
Jenis prosa gres selanjutnya yaitu cerpen. Cerpen yaitu jenis prosa gres yang banyak disukai, mulai dari kalangan remaja sampai dewasa. Cerpen ini bercerita wacana pengalaman maupun kisal sebagian dari tokoh utamanya. Untuk jenis dongeng cerpen dan novel memiliki perbedaan dalam hal konfliknya. Untuk konflik cerpen hanya satu saja dan ridak menjadikan perubahan sikap pada pemain film utama. Misalnya cerpen keluarga gerilya yang dibuat oleh Pramoedya Ananta, cerpen robohnya surau kami yang dibuat oleh A.A. Navis, dan sebagainya.

Riwayat
Jenis prosa gres selanjutnya yaitu riwayat. Riwayat yaitu karangan prosa gres yang menceritakan pengalaman hidup seseorang dari lahir sampai meninggal yang berasal dari kisah nyata. Untuk riwayat ini biasanya berisi wacana kisah tokoh yang menginspirasi banyak orang maupun terkenal. Riwayat ini mampu dibagi menjadi beberapa bentuk yaitu otobiografi dan biografi. Otobiografi merupakan sebuah kisah yang dibuat oleh tokoh yang memiliki kaitannya, sedangkan biografi yaitu sebuah kisah yang dibuat serta ditulis oleh orang lain.
Baca juga : Contoh Majas Personifikasi Beserta Penjelasan
Kritik
Jenis prosa gres selanjutnya yaitu kritik. Kritik yaitu sebuah ulasan mengenai pandangan seseorag wacana karya maupun hasil kerja orang lain. Untuk kritik berupa asalan yang bersifat objektif, tertentu dan menghakimi.

Resensi
Jenis prosa gres selanjutnya yaitu resensi. Resensi ialau  jenis prosa gres yang berupa ulasan sebuah karya mirip film, lagu, buku maupaun karya lainnya. Resensi ini menunjukkan penilaian mengenai tokoh, alur, tema, ataupun unsur lain yang menjadi pertimbangan pembaca maupun pendengranya.

Esai
Jenis prosa gres yaang terakhir yaitu esai. Esai merupakan sebuah gesekan pena yang berisi pendapat penulis mengenai sesuatu hal yang sedang terjadi dalam masyarakat.

Inilah jenis jenis prosa lama dan jenis jenis prosa gres yang mampu saya jelaskan. Semoga artikel ini mampu bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Prosa Usang Dan Prosa Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel