Jenis Dan Sifat Sifat Materi Berserta Kegunaannya Lengkap

Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap - Disekitar kita terdapat majemuk benda dengan materi materi yang berbeda. Benda benda tersebut juga memiliki sifat yang berbeda. Ada benda yang memiliki sifat lentur, keras, mampu menghantarkan panas, lunak, kedap air, tidak kedap air maupun tidak mampu menghantarkan panas. Sifat sifat materi dari benda itu memiliki kegunaan yang berbeda pula. Maka dari itu benda benda yang terdapat disekitar kita terbuat dari materi yang tidak sama. Dalam pembuatan suatu benda, kita harus memperhatikan sifat materi dan kegunaan materi tersebut. Dengan pemilihan materi yang sesuai akan menawarkan pemanfaatan yang sesuai pula.
Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap
Benda benda yang terdapat disekeliling kita berasal dari materi yang tidak sama alasannya yakni disesuaikan dengan sifat materi dan kegunaan materi tersebut. Contohnya meja memiliki kegunaan untuk meletakkan mengembangkan barang sehingga membutuhkan materi yang memiliki sifat besar lengan berkuasa serta keras mirip kayu. Mangkuk memiliki kegunaan untuk menaruh kuliner sehingga harus memilih materi yang bersifat licin dibagian permukaannya dan kuat. Masih banyak lagi pola rujukan benda yang berada disekitar kita dengan pemilihan materi yang berbeda. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sifat sifat materi beserta kegunaan materi lengkap. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak dibawah ini.

Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap

Benda yang terdapat disekeliling kita mampu dimanfaatkan dan digunakan apabila memiliki sifat materi yang sesuai. Misalnya benda yang terbuat dari plastik yang tahan air, dengan materi ini maka mampu dibuat menjadi kawasan untuk menmpung air. Namun plastik memiliki sifat materi yang tidak tahan terhadap api sehingga tidak cocok digunakan untuk pembuatan alat penggorengan maupun panci. Maka dari itu pembiasaan materi harus diperhatikan dengan seksama semoga mampu berfungsi dengan baik. Di bawah ini terdapat beberapa sifat materi beserta kegunaan materi tersebut :

1.  Bahan tidak tembus air. Sifat materi tersebut tidak mampu tembus air misalnya tanah liat yang telah dibakar, kaca, karet dan plastik. Dengan sifat tersebut air tidak mampu masuk kedalam benda yang berbahan dasar tersebut. Kegunaan materi ini biasanya digunakan untuk membuat benda yang berkaitan dengan air.
2. Bahan yang mampu menyerap air. Sifat materi selanjutnya mampu menyerap air misalnya materi kaos, kain pel, kertas dan katun. Adapula benda mirip buku pelajaran. Untuk materi pada penggalan sampulnya pasti memiliki materi yang berbeda dengan halaman halaman lainnya. Di penggalan sampulnya memang diberikan materi yang terlapisi dengan minyak maupun tahan air. Kegunaan materi ini semoga buku mampu terlindungi dari air dan sebagainya.
3. Bahan lentur dan lembut. Sifat materi ini lebih lentur dan juga lembut, misalnya materi busa, kulit, katun, kapuk dan sutera. Kegunaan materi tersebut semoga nyaman ketika dikenakan ditubuh.
Baca juga : Pengemasan dan Perawatan Kerajinan dari Bahan Lunak
4. Bahan keras dan kuat. Sifat materi keras dan besar lengan berkuasa dimiliki oleh materi kayu, logam dan batu. Kegunaan materi tersebut untuk menahan benda yang berat. Biasanya materi yang keras dan besar lengan berkuasa diperlukan untuk membuat bangunan, alat rumah tangga ataupun furnitur.
5. Bahan lentur dan keras. Sifat materi lentur dan keras dimiliki oleh materi per logam maupun karet. Kegunaan materi ini biasanya digunakan dalam mobil. Mobil tersebut sulit untuk tergelincir alasannya yakni penggalan bannya terbuat dari materi karet. Bahan ban kendaraan beroda empat ini menawarkan cengkraman pada jalan dan mampu menahan beban kendaraan beroda empat sehingga lebih tahan goncangan dan lebih aman.
6. Bahan yang transparan. Sifat materi ini lebih tembus pandang, misalnya kaca. Bahan tersebut juga mampu dilalui oleh cahaya. Kegunaan materi ini yakni untuk memudahkan kita semoga mampu melihat keadaan dibalik materi tersebut.

Alat alat yang terdapat disekitar kita terbuat dari materi materi yang tertentu. Dalam memilih alat tersebut harus memperhatikan sifat materi dan kegunaan bahan. Sifat materi dan kegunaan materi yang sesuia mampu memudahkan kita dalam bekerja. Sifat materi dalam sebuah benda tergantung pada susunannya. Sifat tersebut mirip halus, kasar, kedap air, lentur, besar lengan berkuasa dan sebagainya. Berikut beberapa jenis materi menurut jenisnya :

Logam
Bahan pertama yang mampu digunakan dalam pembuatan benda yakni logam. Logam memiliki sifat materi yang tahan air, mampu menghantarkan panas dan listrik dengan baik, simpel dibuat dan ditempa, sulit untuk dibakar, tidak lentur, keras, besar lengan berkuasa dan padat. Namun adapula logam yang berbentuk cair. Kegunaan materi cair ini untuk pembuatan termometer. Sifat materi logam ini juga mampu digunakan unutk beberapa hal mirip :
  • Untuk perhiasan, biasanya terbuat dari logam perak dan emas.
  • Untuk pembuatan alat alat pertanian alasannya yakni memiliki sifat materi yang mampu dibentuk, keras dan kuat. Contohnya sabit, garpu, cangkul. 
  • Untuk membuat kabel tembaga alasannya yakni memiliki sifat yang mampu menghantarkan listrik.
  • Untuk materi bangunan, jembatan maupun rumah alasannya yakni memiliki sifat materi yang tidak lentur, besar lengan berkuasa dan keras.
  • Untuk membuat alat dapur alasannya yakni memiliki sifat yang mampu menghantarkan panas.
Plastik
Bahan selanjutnya yang mampu digunakan untuk pembuatan benda yakni plastik. Plastik merupakan minyak mentah yang telah diolah. Plastik memiliki sifat materi yang simpel dibakar, lentur, transparan/tembus pandang, materi isolator panas maupun listrik, kedap air, ringan, simpel dicetak maupun dibentuk. Berikut kegunaan materi plastik menurut sifatnya :
  • Bahan utama untuk membuat wadah yang memiliki sifat tahan air serta ringan. Misalnya kantong plastik, gelas maupun ember.
  • Bahan untuk pegangan alat dapur dikarenakan memiliki sifat yang isolator terhadap panas.
  • Bahan utama untuk membuat mainan anak yang memiliki sifat simpel dicetak maupun dibentuk.
Kaca
Bahan selanjutnya yang mampu digunakan untuk pembuatan benda yakni kaca. Kaca merupakan materi yang berasal dari kerikil kapur, pasir silica ataupun bubuk soda. Sifat materi kaca tersebut meliputi kuat, tidak mampu menyerap air, transparan, padat, mampu menahan panas, isolator dari materi panas maupun listrik, dan simpel untuk dipanaskan maupun dibentuk. Kegunaan materi ini menurut sifatnya yaitu

  • Untuk membuat peralatan rumah tangga alasannya yakni tahan panas, misalnya gelas dan piring.
  • Untuk materi pembuat kaca jendela alasannya yakni memiliki sifat yang transparan atau tembus pandang.
Baca juga : 8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya
Kayu
Bahan selanjutnya yang mampu digunakan untuk pembuatan benda yakni kayu. Kayu bersumber dari flora yang terdapat disekitar kita. Sifat materi kayu ini meliputi kuat, keras, tidak tahan api, tidak tahan air, simpel untuk dibentuk, sebagai isolator listrik dan panas. Kegunaan materi kayu menurut sifatnya yaitu :
  • Untuk materi pembuatan pegangan alat dapur alasannya yakni memiliki sifat yang tahan panas.
  • Untuk materi bakar alasannya yakni memiliki sifat yang simpel terbakar.
  • Untuk membuat rangka rumah alasannya yakni memiliki sifat besar lengan berkuasa dan keras.
  • Untuk materi pembuatan perabotan rumah tangga alasannya yakni memiliki sifat simpel dibentuk, besar lengan berkuasa dan keras.
Karet
Bahan selanjutnya yang mampu digunakan untuk pembuatan benda yakni karet. Bahan karet bersumber dari getah lateks atau karet. Sifat materi karet meliputi tidak mampu ditembus air, tidak tahan terhadap api, lentur atau lentur, sebagai isolator listrik dan panas, simpel meleleh dan kuat. Kegunaan materi ini menurut sifatnya meliputi :
  • Untuk materi pembuatan peredam benturan alasannya yakni memiliki sifat yang lentur atau elastis.
  • Untuk materi pembuatan balon dan ban alasannya yakni memiliki sifat yang lentur atau elastis.
  • Untuk materi pembuatan pembungkus kabel alasannya yakni memiliki sifat yang isolator terhadap listrik.
    Benang
    Bahan selanjutnya yang mampu digunakan untuk pembuatan benda yakni benang. Benang merupakan pemintalan tali halus yang berasal dari materi sintetis buatan maupun kapas. Kegunaan materi benang juga mampu untuk menjahit. Benang tersebut mampu dibagi menjadi beberapa jenis misalnya benang jahit, benang plastik, benang kasur dan sebagainya. Sifat materi ini yakni tidak simpel untuk putus dan lebih lentur. Umumnya benang terbuat dari kapas sehingga sifatnya lebih besar lengan berkuasa dari pada benang yang terbuat dari nilon.

    Kain
    Bahan selanjutnya yang mampu digunakan untuk pembuatan benda yakni kain. Kain berasal dari serat. Serat tersebut kemudian dipintal semoga menjadi sebuah benang. Benang tersebutlah yang kemudian djadikan menjadi sebuah kain. Bahan serat mampu dibagi menjadi dua yaitu :

    1. Serat Alami. Serat tersebut berasal dari flora dan hewan. Untuk serat yang berasal dari flora berasal dari kulit batang rami, kapas, dan kapuk. Sifat materi serat ini yakni lebih lembut, lentur dan mampu menyerap air. Sedangkan serat dari binatang mirip sutra dan wol. Sifat materi serat wol yakni halus, mampu menyerap air dan lebih hangat ketika dikenakan.  Untuk serat sutera memiliki sifat materi yang sangat halus dan kuat. Kegunaan materi tersebut sama yaitu membuat sebuah kain.
    2. Serat Sintetis. Serat sintetis berasal dari materi plastik. Sifat materi sintetis yakni tidak nyaman dikenakan, tidak mampu menyerap keringat, dan cepat kusut. Kegunaan materi sintetis yakni untuk pembuatan pakaian yang berasal dari poliester maupun nilon

    Kertas
    Bahan terakhir yang mampu digunakan untuk pembuatan benda yakni kertas. Kertas berasal dari olahan kayu yang telah dibuat menjadi bubur kertas kemudian ditambahkan dengan kayu, jerami, sampah kertas, pepagan segar, dan kain. Sifat materi kertas ini yakni simpel untuk dibakar, simpel menyerap air dan lebih halus. Kegunaan materi ini misalnya untuk mrmbuat kertas minyak, manila, kertas HVS, dan karton.

    Inilah beberapa sifat materi dan kegunaan materi yang mampu saya bagikan. Ternyata berbagai benda benda yang berada disekitar kita dengan sifat dan kegunaan yang berbeda beda. Semoga artikel ini mampu bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

    Belum ada Komentar untuk "Jenis Dan Sifat Sifat Materi Berserta Kegunaannya Lengkap"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel