10 Pola Dongeng Fabel Singkat Dan Pendek Beserta Strukturnya

10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya - Terdapat berbagai jenis teks dalam bahasa indonesia, salah satunya yakni teks dongeng bergaya narasi (karangan) ibarat dongeng fabel. Cerita sendiri sangat digemari oleh banyak orang lantaran bersifat menghibur pembaca melalui alur dan berbagai unsur dongeng tersebut. Seperti yang kita ketahui, dongeng juga memiliki majemuk kategori, misalnya dongeng fabel, dongeng dongeng, dongeng mitos dan lain lain. Namun dongeng yang cukup banyak digemari yakni pola dongeng fabel pendek.

Banyak sekali pola pola dongeng fabel singkat maupun pendek yang mampu kita jumpai, baik secara online ataupun offline. Bahkan tidak jarang dongeng fabel tersebut diterbitkan dalam sebuah buku dongeng anak. Dibalik dongeng fabel tersirat pesan moral yang mampu diambil. Teks dongeng fabel yakni salah satu jenis teks bahasa indonesia yang menceritakan kehidupan binatang dengan perilaku hampir ibarat manusia.
 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
Contoh dongeng fabel pendek beserta strukturnya
Cerita fabel pada dasarnya termasuk kedalam jenis dongeng fiksi dan tidak ada unsur nyata. Cerita tersebut dibuat menggunakan unsur imajinasi tanpa mengaitkannya pada kehidupan nyata. Cerita fabel biasanya disebut dongeng moral lantaran didalamnya terdapat pelajaran yang mampu diambil. Pada umumnya dongeng fabel mengandung tokoh tokoh binatang. Cerita tersebut memiliki kemiripan dengan kehdupan insan berserta huruf karakternya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa pola dongeng fabel singkat dan pendek beserta struktur dongeng fabel. Langsung saja mampu anda simak dibawah ini.

10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya

Dalam dongeng fabel terdapat tokoh binatang dengan huruf yang memiliki kemiripan dengan sifat manusia. Sifat tersebut mampu berupa kebaikan ataupun keburukan. Para tokoh binatang memiliki sifat yang sopan, jujur, senang bersahabat, pintar maupun sifat sifat terpuji lainnya. Namun para tokoh binatang juga memiliki sifat sombong, suka menipu, ingin menang sendiri, licik, culas maupun sifat tercela lainnya.
Baca juga : Contoh Majas Personifikasi Beserta Penjelasan
Cerita fabel menjadi sarana maupun tempat yang mungkin mampu menyampaikan nilai atau pesan moral. Pada pembuatan pola dongeng fabel singkat juga harus memperhatikan struktur dongeng fabel yang berlaku. Struktur tersebut digunakan untuk membuat ceritanya menjadi lebih menarik.

Struktur Cerita Fabel

Struktur yakni suatu hal yang digunakan untuk menyebarkan suatu teks. Struktur dongeng fabel meliputi resolusi, orientasi, komplikasi maupun koda. Berikut penjelasan mengenai struktur dongeng fabel :

  • Koda yakni struktur dongeng fabel yang terdapat dibagian akibat cerita. Struktur tersebut biasanya mengandung amanat ataupun pesan pada cerita.
  • Resolusi yakni struktur dongeng fabel yang berisi cara memecahkan duduk perkara yang dialami oleh tokoh cerita.
  • Komplikasi yakni struktur dongeng fabel yang mengandung klimaks ataupun puncak dari duduk perkara yang dialami oleh tokoh cerita.
  • Orientasi yakni struktur dongeng fabel yang terdapat dibagian akibat cerita. Dalam struktur ini biasanya mengandung latar tempat, perkenalan tokoh, waktu, maupun perkenalan background.
Selain struktur, dalam pola dongeng fabel biasanya juga memiliki kaidah kebahasaan yang juga menjadi ciri ciri khusus dari jenis teks dongeng ini. Adapun ciri cirinya yakni ibarat seolah-olah dongeng narasi atau karangan. Jika anda

Contoh Cerita Fabel Singkat Pendek

Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa kita mampu menemukan berbagai pola dongeng fabel pendek lengkap dengan strukturnya di berbagai media baik cetak maupun non cetak. Terlebih lagi kalau kita masih duduk di bangku sekolah tentunya dengan praktis kita akan menjumpai pola dongeng fabel ini.

Dibawah ini telah saya sajikan beberapa pola dongeng fabel terbaik yang mampu kita ambil hikmahnya ataupun sekedar kita jadikan sebagai bacaan ringan. Setiap pola dongeng dibawah memiliki penokohan, alur, latar, dan setting yang berbeda beda, jadi silahkan simak dongeng fabel dibawah ini.

Contoh Cerita Fabel Singkat “Katak dan Ular Piton”
Disebuah danau hiduplah dua binatang bernama katak dan ular air. Katak tersebut melompat lompat disekitar danau lantaran ia termasuk binatang yang suka ingin tahu. Katak tersebut ingin mencari acara gres dengan cara berpetualang disekitar danau. Dengan senangnya sang katak melompat lompat menjauhi danau. Iapun terkejut lantaran ada semak semak yang goyang. Ternyata dibalik semak semak tersebut muncullah ular piton. Katakpun kaget dan berusaha menjauhi ular piton, kemudian ia berusaha kembali ke danau lagi. Sebelum katak menjauhi ular, ternyata si piton menyadari keberadaan katak. Ular tersebut berusaha mendekati katak dan merayap dengan cepat.
 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
contoh dongeng fabel singkat dan pendek tentnag katak dan ular piton
Setelah ular dekat dengan katak, ia segera mengangkat kepalanya dengan tinggi dan berkata, “ Hai katak gemuk apa yang kamu lakukan dihutan ini?” Katak tersebut takut dengan ular dan berusaha untuk menjauh. Sang ular pun berkata bahwa ia tak akan memakan katak lantaran ia sudah memakan kelinci kecil. Kemudian sang kata berkata, “ Aku ingin berpetulang dan mencari acara baru”. Sang ular memperlihatkan petualangan yang seru dan katakpun mau. Apabila katak ingin mencoba petualangan baru, ia harus menjelajahi hutan sendirian. Katakpun belum pernah menelusuri sekitar hutan lantaran ia takut dimangsa binatang binatang buas lainnya.
Baca juga : Pengertian, Jenis Jenis dan Contoh Majas Dalam Puisi
Sang ular meawarkan proteksi untuk menemani katak menjelajahi hutan. Ia berkata,” Wahai ular carilah tali dan ikatkan pada ekorku.” Sang kata bertanya, “ Untuk apa tali itu?” Tali tersebut untuk menjaga agar katak tidak tertinggal jauh ketika dihutan, jadi ia tetap aman bersama ular. Katak tersebut tidak pikir panjang dan mendapat tawaran  ular. Katakpun mencari tali dan mengikatkan perutnya dengan ekor sang ular. Setelah itu mereka berjalan menjelajahi hutan, hingga ditengah hutan sang ular memiliki niat buruk. Ia ingin berusaha membelit katak. Ular tesebut berusaha membelit katak namun tubuh katak disambar oleh elang dan digelantungkan di udara. Elang tadi menyadari bahwa ia juga menangkap piton lantaran ekornya terikat dengan katak.
Pesan moral dari pola dongeng fabel singkat diatas yaitu jauhilah niat buruk terhadap orang lain lantaran dikemudian hari akan merugikan kita.

Contoh Cerita Fabel Singkat “Kelinci dan Siput”
Pada jaman dahulu hiduplah dua binatang dihutan yang luas. Binatang itu yakni kelinci dan siput. Kelinci tersebut memiliki sifat sangat sombong dan pemarah. Bahkan sang kelinci sering meremehkan binatang binatang lainnya. Ketika ia berjalan jalan disekitar hutan, kelinci itu bertemu sang siput berjalan dengan lambatnya. Kelinci berkata, “ Siput, apa yang kamu lakukan disini?” Siput menjawab,” Aku sedang mencari penghidupan.” Kelinci tersebut malah murka lantaran ia berpikir sang siput hanya berlagak mencari penghidupan. Si siput berusaha menjelaskan maksud jawabannya tadi namun kelinci tetap saja murka bahkan ia juga mengancam akan menginjak tubuh siput.
 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
contoh dongeng fabel pendek perihal siput dan kelinci
Akhirnya siput menantang tabrak kecepatan dengan kelinci. Mendengar tantangan tersebut sang kelinci murka besar. Ia mendapat tawaran siput dan berkata dengan keras agar binatang binatang lain menjadi saksi perlombaan lari antara kelinci dengan siput. Hari perlombaan tiba, kelinci dan siput tadi berlomba lari untuk hingga kefinish. Namun sebelumnya si siput memiliki nalar untuk meminta siput siput lainnya berada di titik titik jalur lomba lari hingga ke finish. Hal ini dikarenakan cangkang semua siput memiiliki kesamaan, dengan begitu binatang binatang lain tidak akan curiga. Kelincipun melompat dan berlari meninggalkan siput dijalur start. Akhirnya rencana siput berjalan lancar dan akhirnya siput tadi menjadi pemenang walaupun sebenarnya yang memasuki finish yakni temannya. Dengan kemenangan siput membuat kelinci menjadi tidak sombong dan tidak pemarah lagi.
Pesan moral pola dongeng fabel singkat diatas yakni jangan suka meremehkan orang lain dengan kesombongan kita. Kesombongan tersebut akan membuat kita rugi dan menyesal dikemudian hari.

Contoh Cerita Fabel Pendek “Gajah, Kerbau dan Harimau”
Suatu hari ada seekor kerbau mencari gajah didalam hutan. Kerbau tersebut mencari gajah untuk menemaninya mencari masakan dihutan. Setelah lama mencari akhirnya kerbau melihat gajah yang sedang berjalan. Gajah tersebut mau menemani kerbau untuk mencari makanan, tetapi sebelum bertemu gajah sang kerbau menemui harimau terlebih dahulu. Sang kerbau juga meminta harimau untuk menemaninya mencari masakan dihutan dan harimau mendapat ajakannya. Setelah kerbau mengumpulkan gajah dan harimau. Kemudian mereka berusaha melakukan perburuan masakan bersama. Mereka berusaha menangkap binatang binatang lain dan merebut masakan binatang lain juga. Ketiga binatang itu bekerja sama untuk memburu masakan dihutan.
Baca juga : Jenis Jenis Prosa Lama dan Prosa Baru
Hewan binatang tersebut mulai dari pagi hingga sore mencari makanan. Mereka berhasil menangkap binatang lain dan merebut makanannya. Berbagai jenis masakan dikumpulkan mulai dari buah buahan hingga binatang binatang hidup. Harimau menunjuk kerbau untuk membagi makanannya. Kerbau tersebut menghitung banyaknya masakan dan membagi  tiga dengan adil. Sang harimau merasa tidak adil dan marah, akhirnya ia menerkam kerbau dan tumpukan makanannya menjadi bertambah. Setelah itu harimau menunjuk gajah untuk membagi makanannya. Akhirnya lantaran harimau merasa masih kurang akhirnya ia juga menerkam gajah. Harimau tersebut serakah lantaran merasa kekurangan masakan dan menerkam kedua temannya tadi.
Pesan moral dari pola dongeng fabel pendek diatas yakni jangan memiliki sifat serakah dan kurang agar tidak dijauhi oleh orang lain.  Karena pada suatu hari kita akan membutuhkan proteksi orang lain juga. Namun pada akhirnya orang lain tidak mau untuk membantu kita.

Contoh Cerita Fabel Pendek “Kancil dan Anjing Pemburu”
Disebuah hutan ada pemburu yang ditemani anjingnya. Ia mencari binatang binatang hutan untuk dimangsanya. Anjing tersebut dilatih untuk memburu binatang binatang dihutan. Pemburu tersebut akhirnya mencari buruannya bersama sang anjing. Ditengah tengah pemburuannya, ia melihat kancil sedang makan. Ia berusaha mengejar sang kancil hingga akhirnya sang kancil tertangkap.  Sang kancil berusaha keras mengindari pemburu dan anjingnya. Namun apa daya dia malah tertangkap dan dimasukkan ke dalam kandang. Sang kancil termasuk binatang yang pintar dihutan. Ia berusaha keluar dari sangkar tesebut. Sang kancil berusaha menipu anjing tadi agar ia mampu membantu mengeluarkannya dari kandang. Kancil berkata bahwa yakni yang disayang oleh pemburu lantaran kancil diberikan masakan yang banyak dan diberikan kasih sayang lebih. Ia juga berkata bahwa anjing tadi akan digantikan oleh kancil.
 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
contoh dongeng fabel singkat perihal kancil dan anjing pemburu
Dengan berpikir panjang akhirnya anjing berhasil ditipu oleh sang kancil. Ia tergoda kata katanya dan tidak terima atas perkataan kancil. Akhirnya anjing membuka pintu sangkar dan mengusir kancil dari tempatnya. Anjing juga mengancam kancil apaila ia masih mendekati pemburu, ia akan dimangsa oleh anjing. Sang kancilpun menjauhi temoat pemburu tadi dan berusaha meloloskan diri. Sang pemburu datang untuk mengambil buruannya. Melihat buruannya yang lepas membuat pemburu sangat marah. Pemburu tadi akhirnya murka kepada anjing tadi. Dengan kecerdikan kancil membuatnya terlepas dari bahaya yang mengancamnya.
Pesan moral dari pola dongeng fabel diatas yakni apabila kita memiliki semangat dan impian kuat untuk mewujudkannya. Maka cepat atau lambat pasti impian tersebut akan terwujud.
Karena bersifat membangun kepribadian, dongeng fabel ini banyak digunakan orang anyir tanah untuk menyampaikan pesan moral pada anak anaknya. Lebih jauh lagi, pola dongeng fabel juga dijadikan sebagai materi dalam mata pelajaran bahasa indonesia di sekolah khususnya SD hingga SMP.

Demikianlah penjelasan mengenai pola fabel singkat dan pendek beserta pesan moral dan struktur dongeng fabel. Perlu kita ingat kembali bahwa dongeng fabel merupakan sebuah dongeng bergaya narasi yang merupakan karangan fiktif belaka.

Digunakan untuk menghibur pembacanya melalui alur dongeng lucu dan hal yang paling menonjol dari dongeng fabel yakni huruf dalam dongeng merupakan binatang yang mampu berbicara layaknya manusia. Terimakasih telah membaca pola dongeng fabel singkat dan pendek beserta strukturnya.

Belum ada Komentar untuk "10 Pola Dongeng Fabel Singkat Dan Pendek Beserta Strukturnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel