Soal Dan Kunci Tanggapan Uas Ips Sejarah Semester 1 Kelas 10 Sma/Ma


Berikut ini yakni rujukan soal dan kunci akhir Ulangan Akhir Semester (UAS) mata pelajaran IPS Sejarah Semester 1 (Ganjil/Gasal) Kelas 10 (X) SMA/MA. Soal ini bisa digunakan sebagai latihan dalam menghadapi ujian final semester 1 mata pelajaran SEJARAH untuk kelas 10 SMA/MA. Dengan belajar dan banyak latihan mengerjakan soal, harapannya siswa akan lebih siap dalam menghadapi ujian.


SOAL LATIHAN ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL MAPEL IPS SEJARAH  KELAS 10 (X) SMA/MA

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e di depan akhir yang paling benar !

1.Seorang guru yang sedang menjelaskan insiden perang Padri di kelas bisa digolongkan dalam proses sejarah sebagai ...
a. peristiwa
b. ilmu
c. cermin
d. kisah
e. seni
Jawab: d

2. Sejarah sanggup dipandang sebagai karya seni. Artinya ...
a. seolah-olah sekali dengan dongeng
b. tak berbeda dengan dongeng fiksi
c. penyimpulan dan penulisan suatu insiden sejarah erat dengan kaidah dan keindahan bahasa
d. pengisahan sejarah bukan hal yang fiktif
e. merupakan karya seniman/ seniwati pilihan
Jawab: c

3. Penuturan pelaku sejarah disebut dengan sumber verbal atau dengan istilah lain disebut
sebagai ...
a. kesaksian
b. kisah
c. penuturan
d. oral history
e. rekaman
Jawab:  d

4. Siapakah Bapak sejarah dunia?
a. Lord Heuden Van Mirck
b. Herodotus
c. Socrates
d. Aristoteles
e. Plato
Jawab: b

5. Seorang Filosof Romawi memberikan bahwa “Sejarah yakni guru kehidupan”. Siapah dia?
a. herodotus
b. Thales
c. Cicero
d. Hipocrates
e. Aristoteles
Jawab:  c

6. Dalam kondisi yang bagaimana sumber sekunder sanggup dikatakan (menggantikan) sebagai sumber primer....
a. Apabila sumber sekunder sederajat dengan sumber primer
b. Apabila sumber sekunder telah berubah bentuk menjadi sumber primer
c. Apabila sumber primer rusak atau hilang
d. Apabila sumber primer tidak menerima legitimasi
e. Apabila sumber primer ada lebih dari satu
Jawab: c

7. Senjata, baju, peluru dalam penelitian sejarah sanggup dikategorikan sebagai sumber......
a. sekunder
b. primer
c. benda
d. berita
e. tulisan
Jawab: c

8. Secara praktis, kata sejarah sering dipahami dalam empat pengertian ruang lingkup, yaitu sebagai
a. peristiwa, kisah, ilmu dan seni
b. cerita, legenda, dongeng, dan babad
c. kisah, ilmu, dongeng rakyat, dan kronik
d. kenang-kenangan, kisah, ilmu dan seni
e. mitos, dongeng, kisah, dan kronik
Jawab: e

9. Istilah sejarah asalnya dari bahasa Arab yakni syajaratun. Apa arti dari syajaratun itu?
a. rantai
b. bunga
c. tanaman
d. tumbuhan
e. pohon
Jawab: e

10. Ilmu yang mempelajari benda-benda peninggalan sejarah disebut ….
a. kaligrafi
b. geologi
c. artefaklogi
d. arkeologi
e. filologi
Jawab: c

11. Ketika melaksanakan tahapan penelitian sejarah, apabila telah memasuki fase interpretasi maka kajian yang dikaji berupa …
a. kronologi
b. fakta
c. data
d. sumber
e. bukti
Jawab: b

12. Cara masyarakat Indonesia yang belum mengenal ukiran pena merekam dan mewariskan masa lalunya yakni dengan
a. membuat lukisan-lukisan di dinding gua
b. membangun prasasti
c. membangun tempat-tempat pemujaan
d. melalui ingatan kolektif dalam bentuk tradisi lisan
e. melalui upacara-upacara ritual tradisional
Jawab: d

13. Dibawah ini yang merupakan ciri historiografi tradisional adalah....
a. mitologis
b. feodalis
c. keraton sentris
d. etnosentris
e. kolonialistik
Jawab: d

14. Berikut ini merupakan ciri-ciri folklore, kecuali ....
a. mengandung pesan moral
b. terdiri atas banyak versi
c. tersebar diwilayah tertentu
d. diciptakan oleh raja-raja atau kerabat kerajaan
e. diciptakan, disebarkan, dan diwariskan secara lisan
Jawab: d

15. Sebagai sebuah sumber sejarah, tradisi verbal memiliki fungsi penting bagi masyarakat, kecuali …
a. melukiskan kondisi fakta mental masyarakat
b. pertanda keturunannya yang berasal dari aras tertinggi
c. pertanda simbol identitas masyarakat
d. merupakan simbol solidaritas masyarakat
e. alat legitimasi bagi keberadaan masyarakat
Jawab: b

16. Cerita yang termasuk legenda setempat/lokal adalah
a. Si Kancil Sang Bijak
b. Lutung Kasarung
c. Si Pitung
d. Sunan Kalijaga
e. Sangkuriang
Jawab: e

18. Tugas utama seorang sejarawan yakni ...
a. menuliskan sejarah menurut seleranya sendiri
b. memilih dokumen sejarah yang sesuai dengan seleranya
c. menghadirkan masa kemudian yang apa adanya
d. merahasikan fakta sejarah semoga tidak diketahui orang lain
e. memutarbalikkan fakta semoga orang lain paham sejarah
Jawab: c

19. Cerita Si Pitung dari Betawi atau Lutung Kasarung dari Jawa Barat termasuk kedalam jenis legenda ….
a. keagamaan
b. perseorangan
c. setempat
d. sosial
e. alam gaib
Jawab: b

20. Penulisan sejarah yang menampilkan kiprah orang-orang besar yakni termasuk jenis sejarah ....
a. sosial
b. bangsa
c. ekonomi
d. keluarga
e. politik
Jawab: e

21. Untuk insiden sejarah yang sifatnya kontemporer, langkah yang musti segera dikerjakan oleh seorang sejarawan yaitu mengumpulkan......
a. artifak
b. dokumen
c. kesaksian
d. bukti-bukti
e. nara sumber
Jawab: c 

22. Sejarah disebut juga geschicht, yang berarti sesuatu yang telah terjadi. Istilah “Geschicht” berasal dari bahasa ...
a. Yunani
b. Belanda
c. Jerman
d. Inggris
e. Arab
Jawab: c

23. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (1990) pengertian folklor yakni …
a. sekelompok orang yang memiliki persamaan ciri-ciri pengenal fisik, sosial dan budaya
b. adat-istiadat tradisional dan dongeng rakyat yang diwariskan secara turun-temurun, yang dibukukan
c. ahasil abstraksi dari pengalaman sosial suatu masyarakat
d. seluruh kebudayaan yang diwariskan secara turun temurun secara verbal atau contoh
e. watak istiadat tradisional yang memiliki dongeng rakyat yang diwariskan secara turun temurun, tetapi tidak dibukukan
Jawab: e

24. Tradisi sejarah tertua masyarakat Indonesia yang sudah mengenal ukiran pena sanggup diketahui dari prasasti ...
a. tugu
b. kutai
c. tuk Mas
d. canggal
e. kedukan bukit
Jawab: b

25. Salah satu tahap penelitian sejarah yang berkaitan langsung dengan uji materi sumber, yaitu.....
a. heuristik
b. verifikasi
c. interpretasi
d. historiografi
e. rekonstruksi
Jawab: c

26. Jejak insan pra sejarah antara lain berupa bangunan Megalithikum. Bangunan tersebut membuktikan bahwa insan pada zaman dahulu ...
a. sudah memiliki kemampuan teknik bangunan yang memadai
b. menyembah roh nenek moyang
c. sering kali melaksanakan upacara keagamaan
d. menghasilkan kebudayaan yang tinggi
e. tingkat kecerdasannya yang sudah tinggi
Jawab: b

27 Urutan langkah dalam penelitian sejarah yang benar yakni ....
a. pemilihan topik, heuristik, interpretasi, verifikasi, historiografi
b. verifikasi, heuristik, interpretasi, pemilihan topik, historiografi
c. pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi, historiografi
d. heuristik, verifikasi, interpretasi, pemilihan topik, historiografi
e. historiografi, heuristik, verifikasi, interpretasi, pemilihan topik
Jawab: c

28. Adit sedang berkunjung ke perpustakaan daerah. Ia sedang mengumpulkan sumber-sumber sejarah ihwal seputar peralihan kekuasaan dari pemerintah Orde Lama ke pemerintahan Orde Baru. Kegiatan Adit tersebut dalam tahap penelitian sejarah disebut …
a. historiografi          
b. ekskavasi        
c. interpretasi
d. heuristic
e. verifikasi
Jawab: d

29. Cara penentuan usia suatu benda peninggalan budaya menurut lapisan tanah disebut ….
a. pateografi
b. geologi
c. heraldik
d. fitipologi
e. stratigrafi
Jawab: e

30. Salah satu ciri historiografi kolonial yaitu....
a. menetapkan sejarah analitis dimensional
b. menggunakan pendekatan multidimensional
c. memperhatikan aspek-aspek kehidupan masyarakat daerah
d. ihwal kedatangan Belanda ke Indonesia
e. sebagian besar dibuat di negeri Belanda
Jawab: d


II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!

1.Dalam teknik penulisan sejarah diharapkan tunjangan beberapa ilmu lain diantaranya epigrafi, yaitu ilmu yang mempelajari ihwal ...
Jawab: Aksara kuno

2.Kegiatan menilai keaslian dan keabsahan suatu sumber sejarah disebut ...
Jawab: Verifikasi

3.Salah satu yang dikerjakan peneliti sejarah pada tahap heuristik ialah ...
Jawab: Mengumpulkan sumber-sumber yang diperlukan

4.Perhatikan pernyataan berikut ini :
1. Mencari informasi
2. Mencari sebab-sebab terjadinya sejarah
3. Mengumpulkan sumber-sumber sejarah
4. Menentukan motif sejarah dan pengaruh insiden sejarah
Sususnlah tahap-tahap penelitian sejarah yang dilakukan oleh para hebat sejarah secara baik dan urut!
Jawab: Nomer 4, 2, 1 dan 3

4.Seorang pakar yang menerima gelar Mpu Sejarawan Indonesia yaitu ...
Jawab: Sartono Kartodirdjo

5.Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (1990) pengertian folklor yakni ...
Jawab: Adat istiadat tradisional yang memiliki dongeng rakyat yang diwariskan secara turun temurun, tetapi tidak dibukukan

6.Sejarah memiliki 4 ruang lingkup. Sebutkan dan berikan cirinya masing-masing!
Jawab:
-Sejarah sebagai kisah -> cirinya diceritakan kembali
-Sejarah sebagai seni -> cirinya mengandung inspirasi, imajinasi, emosi dan kaidah bahasa yang indah
-Sejarah sebagai ilmu -> cirinya empiris, objektif, dan generalisasi
-Sejarah sebagai insiden -> cirinya unik dan benar-benar terjadi/ faktual

7.Sebutkan kegunaan/ fungsi dari sejarah yang sangat berarti bagi kehidupan manusia!
Jawab:
1. Sebagai Sarana Edukatif dan Instruktif
2. Sebagai sumber Inspirasi
3. Sebagai sarana Rekreasi
4. Untuk menumbuhkan kesadaran waktu
5. Untuk meningkatkan rasa kebangsaan

8.Sebutkan tahapan-tahapan dalam penelitian sejarah!
Jawab:
-Heuristik,
-Verifikasi (kritik),
-Interpretasi, dan
-Historiografi

9. Berikan masing-masing rujukan bahwa sejarah memiliki nilai edukatif, inspiratif, dan rekreatif!
Jawab:
-Edukatif -> Dengan mempelajari sejarah maka akan menumbuhkan kebijaksanaan dan kearifan hidup karena di dalamnya berisi pelajaran hidup
yang sangat berharga.
-Inspiratif -> Seorang anak/ siswa karena melihat kegagahan Jenderal Soedirman dan mendengar dongeng heroik ihwal beliau maka sang anak/ siswa
tersebut terinspirasi ingin menjadi tentara
-Rekreatif -> Dengan berkunjung ke Museum atau situs sejarah/ bangunan kuno bersejarah maka kita sekaligus menerima hiburan.

10.Sebutkan beberapa ilmu bantu sejarah !
Jawab:
-Paleografi
-Numismatik
-Arkeologi
-Dan sebagainya


Demikian rujukan soal dan kunci akhir UAS mata pelajaran IPS SEJARAH Semester 1 Kelas 10 SMA/MA. Semoga bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "Soal Dan Kunci Tanggapan Uas Ips Sejarah Semester 1 Kelas 10 Sma/Ma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel