Mengapa Siswa Suka Mencontek?

Mencontek, Mungkin kata yang sering kita dengar ketika pelasanaan tes atau ulangan baik UTS, UAS, UN maupun tes lainnya. Mencontek merupakan perilaku siswa yang sedang tes baik siswa SD, SMP, SMA bahkan mahasiswa banyak yang suka mencontek. Hal ini mengapa sering terjadi?

Mengapa siswa suka mencontek?
Kredit foto:

Saya mencoba bertanya langsung ke beberapa anak didik saya, mengapa mereka mencontek. Jawabanya sangat variatif mulai tidak belajar, kurang bercaya diri, efek sahabat dan lain-lain. Karena keterarikan saya mengenai budaya yang jelek ini.

Saya mencoba melakukan Riset kecil (semu Ilmiah) untuk mengetahu mengapa siswa suka mencontek. Data saya kumpulkan dengan bertanya langsung dan mencocokkan dengan literasi lain dari aneka macam sumber. Ternyata Siswa mencontek itu dengan Alasan-alasan berikut:

1. Tidak belajar, Tidak memahami materi
Idealnya yang namanya sebuah ujian atau ulangan harus didahuli dengan proses pembelajaran. Siswa yang kurang belajarnya biasanya tidak mampu memahami materi dengan baik. Sehingga beliau beranggapan bahwa materi yang difunakan untuk tes sangat sulit untuk menjawanya. sehingga memunculkan hasrat untuk mencontek.

2. Tidak Percaya diri
Ada juga siswa yang sudah berguru dan mampu memahami materi dengan baik tapi tidak memiliki kepercayaan diri yang baik. Biasanya akan mudah terpengaruh oleh temannya. Sehingga beliau kuatir bahwa jawabannya salah yang berakhir melakukan "menyamakan jawaban". hehehe

3. Lalainya pengawas
Masih ingat pesan Bang Napi di Acara BUSER RCTI beberapa tahun yang lalu?

"Kejahatan bukan hanya sebab Niat, Tapi sebab ada kesempatan. Waspadalah, Waspadalah, WASPADALAH...!!!"
Artinya siswa mencontek juga terkadang bukan sebab ada niat, tapi sebab ada kesempatan. Makara Kalau pembaca ditugaskan untuk mengawas yang lagi ulangan / ujian jangan lalai, sebab kelalaian kalian menjadi kesempatan buat siswa untuk mencontek.

4. Dipengaruhi teman
Pengaruh sahabat disini bahu-membahu ada benang merahnya dengan siswa yang kurang percaya diri tadi. Kedua faktor ini tidak mampu dipisahkan.

5. Lemahnya hukuman
Lemahnya sanksi untuk siswa yang mencontek mampu menjadikan siswa menjadi kebiasaan untuk mencontek. semestinya sebuah lembaga / sekolah yang melakukan tes / ulangan membuat rule / aturan yang jelas untuk yang mencontek. menyerupai jika mencontek:

  • Tidak lulus pelajaran yang diulangankan (untuk kampus)
  • Lembar tanggapan di sobek dan langsung menerima nilai NOL
  • Dipanggil orang tuanya ke sekolah
  • dan sebagainya, sesuaikan dengan tingkat pendidikan dan jenjang pendidikan

6. Tipisnya duduk problem Iman
Waduh... jika duduk problem ini agak berat, sebab menyangkut tentang Agama. hehehe. Maklum pemahaman Agama penulis masih rendah. Tapi setahu penulis setiap agama di Indonesia melarang untuk berbuat curang menyerupai mencontek ini. Tapi pada Intinya... Jika keimanan seorang siswa tipis maka mudah untuk digoda setan untuk mencontek :-)

Betul begitu yang pak Ustazd?

7. Nilai dan peringkat lebih dihargai di Masyarakat kita dibanding KEJUJURAN
Penutup yang membuat siswa suka mencontek berujung semua ke sini, yaitu sebab nilai dan peringkat lebih dihargai di masyarakat kita dibanding sebuah kejujuran.



Belum ada Komentar untuk "Mengapa Siswa Suka Mencontek?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel