12 Bukti Bumi Itu Lingkaran Terlengkap Berdasarkan Ilmuwan Dunia

12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia - Apakah anda pernah berfikir apakah bumi itu lingkaran atau datar? Hal inilah yang membuat beberapa ilmuan mencari bukti bahwa bumi itu lingkaran ataupun datar. Jika dilihat dari globe dan gambar gambar yang ada menyatakan beberapa bukti bumi bulat. Pada zaman dahulu terdapat beberapa pandangan mengenai hal hal yang berkaitan dengan bumi. Sejak zaman Yunani Kuno terdapat konsep bentuk bumi yang selalu menjadi perbincangan. Pada dikala itu terdapat perbincangan mengenai bentuk bumi yang datar. Hal seakan-akan ini bahkan dipercaya oleh banyak orang. Selain itu orang zaman dahulu juga percaya bahwa Mataharilah yang mengelilingi bumi dan bukan bumilah yang mengelilingi matahari. Hingga sampai kesudahannya para ilmuan menemukan bukti mengenai bentuk bumi yang bulat.
 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia 12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia
Apakah Bumi itu Bulat atau Datar?
Lalu apa saja bukti bumi lingkaran dari para ilmuan? Pembuktian bahwa bentuk bumi yang lingkaran dilakukan oleh beberapa ilmuan melalui penelitian. Dengan penelitian yang dilakukan tersebut mampu membuat beberapa hal yang salah mampu dibenarkan sesuai dengan bukti yang ada. Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa bukti bahwa bumi itu lingkaran terlengkap menurut ilmuan dunia. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak di bawah ini.

12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia

Pythagoras telah mengemukakan bukti bahwa bumi itu lingkaran sejak periode ke 6 SM. Kemudian pada tahun 330 SM, Aristoteles membangun fatwa bukti bumi lingkaran dari paradigma Pythagoras. Setelah itu pada tahun 3 SM dilanjutkan oleh Erasthotenes yang menunjukkan bukti empiris terkait bentuk bumi yang bulat. Adapun beberapa hal yang menyatakan bukti bentuk bumi yang lingkaran ialah meliputi:
  • Variasi ketinggian bintang yang diamati dari berbagai kawasan di Bumi.
  • Lenyapnya kapal di Cakrawala yang diamati dikala perginya kapat tersebut dari pelabuhan.
  • Terlihatnya bayangan Bumi di Bulan dikala terjadinya gerhana Matahari.
  • Perbedaan bayangan benda yang diamati dari berbagai tempat.
Baca juga : Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya
Pandangan bukti bahwa bumi itu lingkaran tersebut berlanjut sampai periode pertengahan. Kemudian pada tahun 1616, bukti bumi lingkaran dikemukakan lagi oleh Galileo. Tetapi pada dikala itu terdapat perbedaan pandangan antara Galileo dengan Gereja. Gereja mengungkapkan bahwa bentuk bumi itu datar. Karena Gelileo tidak mampu menunjukkan bentuk bumi itu lingkaran melalui bukti yang otentik, kesudahannya membuat Galilelo masuk ke dalam penjara.

Para ilmuan di dunia terus mencari dan menngumpulkan bukti bahwa bumi itu lingkaran dengan gigih dan tiada genti. Sampai pada kesudahannya bukti bumi lingkaran yang otentik diperoleh Apollo 8 melalui foto bumi dikala dalam misi luar angkasanya. Apollo 8 tersebut menghasilkan foto bumi yang dinamakan dengan Earthrise. Kemudian pada tanggal 24 Desember 1968, gambar tersebut disebarkan dan viral dikalangan penduduk dunia. Kebenaran dari bentuk bumi menurut pendapat ilmuan kuno ini mampu dibuktikan melalui penelitian selama kurang lebih 25 abad. Bentuk bumi memang lingkaran namun tidak terlihat menggunakan alat yang modern. Bentuk bumi yang tidak sempurna tersebut dikarenakan adanya rotasi yang menyebabkan bumi potongan tengah sedikit menggelembung pada potongan kutubnya. Maka dari itu dari satelit terdapat gambar bumi yang kadang terlihat menyerupai buah pir.
 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia 12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia
Bumi itu Bentuknya Bulat
Baca juga : Macam Macam Bioma Lengkap Dengan Ciri Cirinya
Lalu mengapa bentuk bumi itu bulat?
Bukti bahwa bumi itu lingkaran terlihat dari luar angkasa, namun bentuknya tidak terlihat lingkaran jikalau dilihat dari permukaan. Bukti bumi lingkaran tersebut telah dikemukakan oleh beberapa ilmuan dunia. Bumi memiliki permukaan yang datar, ada yang menjorok ke dalam bawah permukaan maritim maupun ada yang menjulang tinggi ke atas.  Selain itu bumi juga memiliki permukaan yang bentuknya bukit, palung, gunung, lembah dan sebagainya. Bumi yang berbentuk lingkaran ini dikarenakan adanya gravitasi bumi. Bentuk bumi tersebut dimanipulasi oleh gravitasi sehingga jarak pusat gravitasi dengan permukaan bumi memiliki panjang yang sama. Kemudian gaya gravitasi akan meningkat alasannya ialah ditambah dengan massa semua benda yang terdapat di bumi.

Selama 25 periode dilakukan beberapa penelitian untuk memperoleh bukti bahwa bumi itu bulat. Pemerolehan bukti bumi lingkaran ini dilakukan biar teori bumi itu datar mampu dibuktikan kebenarannya. Jaman dahulu orang mempercayai adanya teori bentuk bumi datar sehingga  membuat orang orang menampik adanya gerhana, gravitasi, bumi yang mengelilingi matahari dan sebagainya. Untuk itu semua hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang menghasilkan data tertentu. Sekian penjelasan mengenai bukti bahwa bentuk bumi itu lingkaran terlengkap menurut ilmuan dunia. Semoga artikel ini mampu menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca.

Belum ada Komentar untuk "12 Bukti Bumi Itu Lingkaran Terlengkap Berdasarkan Ilmuwan Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel