Tips: Cara Mengatasi Rasa Jenuh Ketika Mengajar

Cara Mengatasi rasa Jenuh ketika Mengajar - Bagi seorang guru, mengajar merupakan salah satu sisi program yang harus dilakukan dilakukan dengan baik dan profesional, lantaran yaitu mengajar merupakan salah satu pekerjaan yang mempunyai tanggung jawab yang besar. Mungkin kita oke bahwa untuk menciptakan acara mencar ilmu dan mengajar (KBM) yang menyenangkan dan menarik untuk siswa itu tanggung jawab penuh seorang guru.

Ilustrasi: Tips mengatasi rasa Jenuh Saat Mengajar
Sumber Foto : www.resumeok.com


Tapi, tidak mampu dipungkiri guru juga seorang manusia, bukan robot yang mampu melakukan aktifitas terus menerus. Terkadang Guru juga menemukan titik Jenuh dalam mengajar. Jika guru sudah jenuh dalam mengajar secara langsung KBM di kelas juga akan terasa kurang baik yang dalam waktu lama akan mempengaruhu hasil mencar ilmu siswa yang buruk.

Dari itulah, kami ingin membuatkan tips cara mengatasi rasa jenuh ketika mengajar bagi seorang guru. Inan kito mencatat setidaknya ada beberapa cara berikut untuk mengatasi rasa jenuh ketika mengajar.

#1 Rubah Niat : Mengajar merupakan Ibadah Jariyah, Bukan Sekedar Mencari Nafkah

Tidak mampu dipungkiri, nasib guru di negara kita Indonesia belum begitu baik Jika diBandingkan dengan negara-negara lain. Guru Honorer di Indonesia hanya dibayar rata-rata dibawah Rp. 1.000.000 per bulannya dengan tuntutan peran begitu berat, terkadang hal ini mampu menurunkan semangat mengajar seorang guru honorer yang hanya "memikirkan Uang" . Yang muncul yaitu rasa jenuh ketika mengajar. Hal ini mampu kita coba dengan meluruskan Niat bahwa Mengajar merupakan Ibadah Jariyah, problem uang dan rizki Allah akan membayarkannya dari jalan lain. Percayalah jikalau niat kita lurus banyak rizki yang tak terduga akan datang kepada Kita.


#2 Gunakan Metode dan media pembelajaran yang beragam

Terkadang juga muncul dari faktor internal kita sebagai guru. Biasanya bagi kita yang mengajar dengan sedikit keragaman metode digunakan. Kita akan simpel di terpah rasa jenuh ketika mengajar. Jadi coba;ah mencari, mempelajari dan mempraktekkan metode pembelajar yang baru. Ingat salah satu ciri-ciri guru yang profesional dan menginspirasi yaitu mampu menggunakan metode mencar ilmu mengajar yang beragam. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang beragam, kita akan terus tertantang untuk mengajar sehingga kita tidak akan merasa jenuh.

#3 Pahami dunia anak / siswa, Memahami gaya belajar

Setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga mampu di katakan setiap anak itu unik mempunyai ciri masing-masing. Salah satu beragaman mereka yaitu problem gaya belajar. Siswa itu mempunyai gaya mencar ilmu Visual, Audiotori dan kinestetik.

Gaya mencar ilmu siswa dengan Visual, siswa secara umum dikuasai mencar ilmu menggunakan indera visualnya yaitu mata. Jadi siswa menyerupai ini banyak mencar ilmu dengan cara melihat. Gaya mencar ilmu siswa Audiotori, siswa secara umum dikuasai mencar ilmu menggunakan indera pendengaran yaitu telinga. Jadi siswa menyerupai ini banyak mencar ilmu dengan cara mendengar. Gaya mencar ilmu siswa Kinestetik, Siswa banyak mencar ilmu dengan cara bergerak dan melakukan sesuatu menyerupai praktikum dan observasi.

Biasanya muncul permasalahan ketika gaya mencar ilmu anak tidak cocok dengan gaya mencar ilmu guru. sehingga guru merasakan kejenuhan dalam mengajar. Untuk menghindari itu, guru harus memahami gaya mencar ilmu anak dan guru mengajar dengan aneka macam gaya belajar.

#4 Ciptakan Suasana kelas yang Baru

Biasanya sekolah mempunyai standar daerah duduk siswa masing-masing, sehingga posisi duduk siswa yang monoton mampu menjadikan kejenuhan siswa dan guru sebagai pengajar. Untuk menghindari kejenuhan cobalah ciptakan daerah duduk siswa yang baru. menyerupai kursi / meja di bentuk posisi setengah bulat atau liter "U" atau mampu juga menyerupai daerah duduknya ruang rapat.

#5 Memulai KBM dengan doa dan hal-hal yang menarik bagi Kita dan Siswa

Bukalah KBM dengan hal-hal yang paling menarik bagi Siswa juga kita sebagai guru, tapi ingat yang paling utama jangan lupa memulai KBM dengan berdoa ya. :-) Ini doa yang dianjurkan bagi seorang Guru Muslim.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي–وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي–وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي–يَفْقَهُوا قَوْلِي.
"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku–Dan mudahkanlah untukku urusanku,–Dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku,–Agar mereka mengerti perkataanku," (Terj. QS. Thaahaa: 25-28)

dan Ajaklah siswa Anda untuk membaca doa berikut:


untuk hal hal yang menarik, mampu saja Anda membuka KBM dengan minat Anda masing-masing. Seperti Stand Up Comedy, bercerita lucu, mendongen, atau nyanyi korea. Atau Anda juga mampu meminta siswa yang ingin mengambarkan minat mereka.

Tapi sebaik-baiknya cara membuka KBM, yaitu dibuka dengan hal yang berhubungan dengan materi yang akan dijarkan.

Mungkin itulah 5 tips menghindari rasa jenuh ketika mengajar. Bagi rekan-rekan yang ingin menambahkannya silakan di komen di kolom komen bawah postingan ini. Tips yang baik akan kami tampilkan di postingan ini.

Terima kasih atas kunjungan pada postingan Tips: Cara Mengatasi rasa Jenuh ketika Mengajar, agar bermanfaat.

Salam Kami


Belum ada Komentar untuk "Tips: Cara Mengatasi Rasa Jenuh Ketika Mengajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel