Reaksi Reduksi Dan Oksidasi

Ilustrasi referensi reaksi redoks yang ada disekitar kita, "paku berkarat"
Dalam materi didik ini, Anda akan mempelajari Reaksi Reduksi dan Oksidasi yang mencakup Konsep reaksi reduksi oksidasi, bilangan oksidasi dan Reaksi reduksi dan oksidasi.
Dalam mempelajari materi didik ini, program berguru yang diberikan terbagi atas dua serpihan yaitu program berguru 1 dan program berguru 2. Dalam program berguru 1, anda akan mempelajari Reaksi reduksi dan oksidasi (reaksi redoks). Dalam program berguru 2, anda akan mempelajari Tata nama senyawa biner. 
            Setelah anda mempelajari materi didik ini, anda diharapkan mampu memahami Reaksi Reduksi dan Oksidasi, dan secara khusus, anda diharapkan mampu :
1. Menentukan perubahan bilangan oksidasi setiap unsur dalam persamaan reaksi redoks
2. Menganalisis ciri-ciri reaksi redoks berdasarkan adanya reaksi reduksi dan oksidasi.
3. Menentukan zat oksidator dan reduktor dalam persamaan reaksi redoks.
4. Menentukan jenis reaksi yang terjadi berdasarkan persamaan reaksi redoks 


Nah untuk memahami reaksi reduksi dan oksidasi, simak uraian berikut :
Waktu anda masih kanak-kanak mungkin anda pernah mendengar dongeng? sedikit ceritanya, pada zaman dahulu kala, ada seorang pangeran yang menunggang kuda putih dan baju zirah yang sangat kuat. Dia mencoba untuk menyelamatkan sang putri dari seorang naga raksasa. Ketika dia mengacungkan pedangnya ternyata naga menyemburkan cairan dari dalam perutnya. Cairan itu membuat pedang sang pangeran menjadi hancur. Mengapa mampu demikian ?

Kenapa pedang sang pangeran hancur ?

Salah satu yang ditakuti oleh besi yaitu oksidasi (berkarat) karena ketika besi mengalami oksidasi dia akan menjadi rapuh dan simpel untuk dihancurkan dengan mudah. Karena itu perlu adanya pemeliharaan pada jembatan-jembatan raksasa di dunia setiap tahunnya, disebabkan adanya musuh alami besi yaitu oksidasi.

Apa itu Oksidasi ?
Oksidasi yaitu reaksi penambahan atom oksigen, O.
adapula yang berpendapat bahwa oksidasi yaitu reaksi penambahan bilangan oksidasi (bilok), tetapi pengertian terbaru untuk oksidasi yaitu reaksi pelepasan elektron.
Setiap reaksi yang memenuhi kondisi di atas, maka digolongkan sebagai reaksi oksidasi. sedangkan senyawa yang mengalami oksidasi disebut reduktor

Apa itu Reduksi ?
Reduksi yaitu reaksi pengurangan atom oksigen, O.
adapula yang berpendapat bahwa reduksi yaitu reaksi pengurangan bilangan oksidasi (bilok), tetapi pengertian terbaru untuk reduksi yaitu reaksi penangkapan elektron.
Setiap reaksi yang memenuhi kondisi di atas, maka digolongkan sebagai reaksi reduksi. sedangkan senyawa yang mengalami oksidasi disebut oksidator

Apa itu bilok ?
Bilok / bilangan oksidasi yaitu tingkat oksidasi suatu atom. Tingkat oksidasi menentukan sifat keterikatannya dengan atom lain dan juga reaksinya. untuk menentukan bilangan oksidasi atom dalam senyawa / ion maka anda perlu mempelajari aturan perihal bilangan oksidasi.

Untuk lebih jelas perihal penjelasan materi reaksi reduksi oksidasi, maka bacalah dan pahami materi didik berikut :

< height="680" src="https://drive.google.com/file/d/1UA7TKQ2EpGhqFvFvyM-4v2Ls07Z1b16A/preview" width="640">


Nah jikalau anda sudah mempelajari materi pada materi didik di atas, dan belum betul memahami materi yang dibaca mungkin video berikut mampu membantu anda untuk berguru reaksi Reduksi dan oksidasi.


< allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen="" frameborder="0" height="450" src="https://www.youtube.com/embed/w31moqpGi3c?start=1371" width="600">




Setelah anda mempelajari materi didik di atas, kerjakanlah lembar kerja berikut untuk menguji pemahaman anda perihal materi reaksi reduksi oksidasi. 

< height="680" src="https://drive.google.com/file/d/1U_Gf1ZKDc-YLTAiQFL67cxu8S8NwqFce/preview" width="640">

Selamat belajar, jikalau ada koreksi silakan tinggalkan di komentar.

Belum ada Komentar untuk "Reaksi Reduksi Dan Oksidasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel