Pak Ugon Sugata: Guru Juga Manusia

Kalau sebuah kendaraan selalu ada servis berkala,ada masa pakainya yang disebut umur teknis maupun umur ekonomis, itu semata untuk menjaga semoga kendaraaan tadi selalu terkontrol kondisinya dijalanan. Jadi tergelitik juga saat mendengar “Guru Juga Manusia ” manakala hal ini dikaitkan dengan salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah “kompetensi ke pribadian” 

Pak Ugon Sugata: Guru Juga Manusia
Sumber: Pribadi
Pernahkah terpikirkan oleh kita terhadap ranah yg satu ini,terutama yang menyangkut psikologis seorang guru yang berdampak pada terganggunya aktifitas profesinya dikarenakan kepribadian yang sudah terbangun terganggu diakibatkan oleh aneka macam faktor X. Dulu kita pernah mendengar seorang polisi baru sanggup pegang senjata manakala psikologisnya dinilai stabil/baik. Ketika pada waktu itu ada kasus seorang oknum polisi yang menembak membabi buta dikarenakan stres. 


Nah bagi guru bukan tidak mungkin dilingkungan institusinya tersedia pecahan yang mengurusi perkembangan psikologis guru secara berkala,selain juga sebagai lahan curhat bagi guru itu sendiri juga sebagai lahan konsultasi aneka macam permasalahan pribadinya. Bukankah di sekolah juga ada BP/BK bagi para Siswa ?. Maka tidak menutup kemungkinan ditiap sekolah pun disediakan layanan seorang Psikolog yang diperuntukan bagi Guru yang memiliki problem psikis.

Mengingat betapa beratnya peran seorang guru dikaitkan dengan tuntutan profesinya saat ini dan beban tanggung jawabnya dalam menjalankan profesinya bagi kemajuan anak didiknya.Dan kita yakin tidak semua guru memiliki kapasitas kecerdasan spiritual,kecerdasan emosionalnya dsb.sama dalam mengatasi aneka macam problem psikis yang menerpanya.

Jadi perlukah kehadiran seorang psikolog bagi guru disekolah ??

Belum ada Komentar untuk "Pak Ugon Sugata: Guru Juga Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel