Kerja Ilmiah : Uji Daya Hantar Listrik Larutan

Dalam materi bimbing ini, Anda akan mempelajari Daya hantar Listrik Larutan yang mencakup pengertian larutan, larutan elektrolit dan larutan non elektrolit serta jenis larutan elektrolit dan larutan non elektrolit.

Daya Hantar Listrik larutan mampu diamati pada nayala lampu
       
Dalam mempelajari materi bimbing ini, program berguru yang diberikan terbagi atas dua penggalan yakni program berguru 1 dan program berguru 2. Dalam program berguru 1, anda akan mempelajari daya hantar listrik larutan dengan melakukan program ilmiah atau melakukan praktikum melalui portal Rumah Belajar melalui fitur Laboratorium Maya. Dalam program berguru 2, anda akan mempelajari sifat serta jenis larutan elekrolit kuat, elektrolit lemah dan larutan non elektrolit
            Setelah anda mempelajari materi bimbing ini, anda diharapkan mampu memahami Daya hantar Listrik Larutan, dan secara khusus, anda diharapkan mampu :
1.    Mengidentifikasi gejala daya hantar listrik larutan dengan cermat.
2.    Menjelaskan pengertian larutan elektrolit dan non elektrolit dengan tepat.
3.    Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya.
4.    Menganalisis penyebab daya hantar listrik larutan dengan tepat
5.    Menganalisis jenis senyawa terlarut yang mampu menghantarkan listrik

6. Menggolongkan larutan ke dalam larutan elektrolit kuat, lemah dan non elektrolit berdasarkan kekuatan daya hantar listrik larutannya.

Sebelum anda mempelajari materi Daya Hantar Listrik Larutan dan untuk memotivasi berguru anda, simak video berikut :

< allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen="" frameborder="0" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/Kdcc3C5UQEA" width="600">

Menurut pengamatan Anda, apa yang dilakukan oleh orang tersebut? apakah yang menjadikan ikan tangkapannya mampu dengan praktis di ambil? Kira-kira kriteria air (larutan) yang bagaimana yang mampu menghantarkan arus listrik? Apakah semua larutan dapat menghantarkan arus listrik? Mari pelajari materi ini dengan melakukan percobaan sederhana berikut !
Larutan mempunyai peranan penting dalam kehidupan, terutama dalam bidang industri. Larutan termasuk ke dalam gabungan homogen yang komponennya terdiri atas zat terlarut dan pelarut. Pelarut yang umumnya digunakan yakni air, sedangkan zat terlarut terdiri dari aneka macam senyawa baik senyawa ion maupun senyawa kovalen.
Pratikum ini ditujukan untuk mengetahui larutan yang mampu menyalakan lampu dan yang tidak mampu menyalakan lampu. Nyala lampu merupakan ciri bahwa larutan tersebut mampu menghantarkan arus listrik, sehingga disebut sebagai larutan elektrolit. Larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit mampu dibedakan dengan mengamati nyala lampu.
Bergantung pada jenis zat terlarutnya, larutan ada yang bersifat elektrolit dan non elektrolit. Apa yang dimaksud dengan larutan elektrolit dan non elektrolit? Apa yang menjadikan perbedaannya? Mari kita pelajari melalui program berikut :

Persiapan

1. Bentuklah kelompok kecil yang beranggotakan 4-6 orang untuk melakukan program ilmiah berikut.

2.  Buka fitur Laboratorium Maya Portal Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id/LabMaya/Konten/VirtualLab/225) dengan cara klik DISINI

3.    Saat selesai dibuka, akan muncul tampilan sebagai berikut :


4.    Klik lakukan percobaan, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :


5.    Lakukan percobaan uji daya hantar listrik larutan, dengan cara memilih jenis larutan, menyalakan saklar serta melakukan pengamatan terhadap perubahan pada nyala lampu dan elektroda. Perhatikan gambar berikut :

6.    Lakukan pengamatan dan catat hasil percobaan dan lengkapilah tabel dengan data hasil pengamatan praktikum yang telah dilakukan! (download dulu form dibawah kemudian catat hasil pengamatan anda)

7.    Lakukan diskusi bersama anggota kelompokmu untuk merampungkan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dalam Lembaran Kerja berikut : 

< height="480" src="https://drive.google.com/file/d/1pvmfShGzxCY1SMv6E0HUScWR07eYkfuU/preview" width="640">

Selamat melakukan Praktikum dan berdiskusi, sampai bertemu pada pertemuan berikut dengan melaporkan hasil praktikumnya di depan kelas bersama kelompok masing-masing

Belum ada Komentar untuk "Kerja Ilmiah : Uji Daya Hantar Listrik Larutan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel