Fitur (Learning Administrasi Sistem) Guru Pembelajaran

Learning Manajemen Sistem (LMS) guru pembelajaran moda daring merupakan sistem yang digunakan untuk acara pembelajaran bagi peserta guru pembelajaran moda daring (dalam jaringan). Dalam LMS guru pembelajaran moda daring terdapat beberapa ikon fitur yang harus diketahui oleh peserta training guru pembelajaran moda daring.

Fitur (Learning Manajemen Sistem) Guru Pembelajaran
Sumber: scren shoot dr https://paspor.gurupembelajar.id


Fitur LMS Guru Pembelajaran yang harus diketahui peserta Guru Pembelajaran Moda daring berikut yakni fitur beserta ikon yang terdapat dalam LMS:

1. Lesson
Lesson merupakan suatu akomodasi yang digunakan untuk menunjukkan konten dan atau variasi acara pembelajaran pada guru pembelajaran moda daring. Lesson pada acara duru pembelajar moda daring ini diberi nama  "Kegiatan" dilanjutkan dengan nomor dari sesi dan urutan kegiatannya ( teladan "kegiatan 1.2, artinya sesi 1 Lesson ke-2). Dalam lesson berisi perihal materi pembelajaran yang terdiri dari teks dan gambar. Lesson juga berisi quis atau pertanyaan-pertanyaan yang bersifat untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman peserta pada topik pembelajaran tertentu.

2. Page
page merupakan akomodasi yang terdapat pada guru pembelajar Moda daring yang isinya ini berupa laman web yang sanggup menyajikan teks, gambar, suara, video, atau tautan web. Pada GP daring, page digunakan untuk menampilkan petunjuk atau pengantar pada setiap sesi. Pengantar sesi berisi acara dan alur acara sesi yang akan dilakukan peserta selama sesi tersebut.

3. Book
Book merupakan suatu akomodasi yang terdapat pada GP Moada daring yang isinya berupa acara melakukan penelaah materi bacaan atau instruksi. Book pada acara guru pembelajaran moda daring diberi nama "bahan bacaan atau intruksi" dalam materi bacaan berisi perihal materi pembelajaran yang terdiri dari teks dan gambar. Sedangkan pada isyarat berisi petunjuk untuk melakukan kegiatan.

4. Blog
Pada setiap sesi peserta guru pembelajar moda daring diharuskan untuk melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaluinya melalui blog. Pengampu dan mentor sanggup melihat blog peserta untuk mengetahui pemikiran, refleksi, dan pengalaman peserta pada sesi tersebut.

5. Forum
Forum merupakan aktifitas inti dalam sebuah sesi. forum disediakan untuk melakukan diskusi antar peserta bahkan dengan mentor dan pengampu sebagai fasilitatornya. Di dalam forum peserta bahkan sanggup menjawab pertanyaan, mengumkapkan pendapat, dan berbagi pengalaman dengan peserta lain sehingga terbentuk sebuah pemahaman. Dalam acara Guru Pembelajar ini terdapat dua macam forum yang sanggup digunakan yaitu:


  1. Forum umum, digunakan untuk melakukan diskusi mengenai teknis dan akademis umum pada kursus yang sedang tampil.
  2. Forum sesi, dgunakan untuk melakukan diskusi mengenai topik yang diberikan pada setiap sesinya.
6. Chatting
Aktivitas lainnya dalam Guru Pembelajaran Moda Daring yakni chatting. Chatting berfungsi sebagai ajang komunikasi langsung antara sesama peserta guru pembelajaran dengan mentor dan pengampu.

7. Wb Conference/vikon
Pada Guru pembelajar Moda daring terdapat acara untuk melakukan vikon/web Conference. Web Conference digunakan untuk komunikasi antar pengampu dengan kepala sekolah dan kepala sekolah lainnya dalam bentuk audio video melalui fasilta website

8. Messages
Dalam acara guru pembelajar moda daring, messages (pesan) ini merupakan sebuah akomodasi untuk melakukan pengiriman pesan langsung terhadap peserta lain, mentor ataupun pengampu

9. Quiz
Fitur ini sanggup memuat banyak pertanyaan/pernyataan untuk mengukur kemampuan peserta. Pada GP daring, fitur ini dimanfaatkan sebagai evaluasi secara formatif dan sumatif. Qiiz ini digunakan pada evaluasi sumatif setiap sesi dan sumatif akhir. Pembelajaran berupa tes akhir. Tes sumatif dan tes final dilakukan sejumlah 2 kali tes

10. Questionnaire
Fitur ini sanggup memuat aneka macam jenis pertanyaan / pernyataan untuk memperoleh data dari peserta, dan biasannya dimanfaatkan sebagai alat survey. Pada Gurru pembelajar moda daring, Questionnaire digunkan sebagai alat untuk mengetahui reaksi peserta terhadap pembelajaran dan pelatihan, salah satu contohnya yakni evaluasi training yang digunkan untuk mengukur kebermanfaatan pembelajaran.

11. E-portofolio
Pada moda darng, e-portofolio digunkan untuk menyimpan / mengunggah file tagihan peserta untuk sanggup diperiksa, dikomentari dan diberi umpan balik. fitur ini juga digunkan oleh mentor untuk mengusut kelengkapan dan kualitas tagihan setiap peserta.



Belum ada Komentar untuk "Fitur (Learning Administrasi Sistem) Guru Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel