Lima Mitos Sesat Seputar Matematika

anyak mitos menyesatkan mengenai matematika Lima Mitos Sesat Seputar MatematikaBanyak mitos menyesatkan mengenai matematika. Mitos-mitos salah ini memberi andil besar dalam menciptakan sebagian masyarakat merasa alergi bahkan tidak menyukai matematika.

Akibatnya, secara umum dikuasai siswa kita mendapatkan nilai buruk untuk bidang studi ini, bukan alasannya yakni tidak mampu, melainkan alasannya yakni sejak awal sudah merasa alergi dan takut sehingga tidak pernah atau malas untuk mempelajari matematika. Meski banyak, namun ada lima mitos sesat yang sudah mengakar dan menciptakan persepsi negatif terhadap matematika.

Mitos pertama,

Matematika yakni ilmu yang sangat sukar sehingga hanya sedikit orang yang atau siswa dengan IQ minimal tertentu yang bisa memahaminya.
Ini terang menyesatkan. Meski bukan ilmu yang termudah, matematika bahu-membahu merupakan ilmu yang relatif simpel jikalau dibandingkan dengan ilmu lainnya.

Sebagai contoh, amati perbandingan soal untuk siswa kelas 6 sebuah SD swasta berikut ini. Soal pertama, Sebutkan 3 tarian khas kawasan Kalimantan Tengah. Soal kedua, Sebuah bulat dibagi menjadi tiga buah juring dengan perbandingan masing-masing sudut pusatnya yakni 2 : 3 : 4, maka hitung besar masing-masing sudut pusat juring-juring tersebut

Ternyata, persentase siswa yang menjawab benar soal kedua lebih besar dibandingkan persentase siswa yang menjawab benar soal pertama. Tanpa ingin mengundang perdebatan, pola di atas menunjukkan, bahwa matematika bukanlah ilmu yang sangat sukar.

Soal matematika terasa sulit bagi siswa-siswa kita alasannya yakni mereka tidak memahami konsep bilangan dan konsep ukuran secara benar semasa di sekolah dasar. Jika konsep bilangan dan ukuran dikuasai, maka pekerjaan menganalisis dan menghitung menjadi hal yang simpel dan menyenangkan.

Mitos kedua,

Matematika yakni ilmu hafalan dari sekian banyak rumus.
anyak mitos menyesatkan mengenai matematika Lima Mitos Sesat Seputar Matematika
Mitos ini menciptakan siswa malas mempelajari matematika dan kesannya tidak mengerti apa-apa tentang matematika. Padahal, sejatinya matematika bukanlah ilmu menghafal rumus, alasannya yakni tanpa memahami konsep, rumus yang sudah dihafal tidak akan bermanfaat.

Sebagai contoh, ada soal berikut, Benny merakit sebuah mesin 6 jam lebih lama daripada Ahmad.
Jika bahu-membahu mereka sanggup merakit sebuah mesin dalam waktu 4 jam, berapa lama waktu yang diharapkan oleh Ahmad untuk merakit sebuah mesin sendirian ?

Seorang yang hafal rumus persamaan kuadrat tidak akan bisa menjawab soal tersebut apabila tidak bisa memodelkan soal tersebut ke dalam bentuk persamaan kuadrat. Sesungguhnya, hanya sedikit rumus matematika yang perlu (tapi tidak harus) dihapal, sedangkan sebagian besar rumus lain tidak perlu dihafal, melainkan cukup dimengerti konsepnya.

Mitos ketiga,

Matematika selalu berhubungan dengan kecepatan menghitung.
anyak mitos menyesatkan mengenai matematika Lima Mitos Sesat Seputar Matematika
Memang, berhitung yakni pecahan tak terpisahkan dari matematika, terutama pada tingkat SD. Tetapi, kemampuan menghitung secara cepat bukanlah hal terpenting dalam matematika. Yang terpenting yakni pemahaman konsep. Melalui pemahaman konsep, kita akan bisa melakukan analisis (penalaran) terhadap permasalahan (soal) untuk kemudian mentransformasikan ke dalam model dan bentuk persamaan matematika.

Jika permasalahan (soal) sudah tersaji dalam bentuk persamaan matematika, baru kemampuan menghitung diperlukan. Itu pun bukan sebagai sesuatu yang mutlak, alasannya yakni pada dikala ini telah banyak beredar alat bantu menghitung mirip kalkulator dan komputer. Jadi, mitos yang lebih tepat yakni matematika selalu berhubungan dengan pemahaman dan penalaran.

Mitos keempat,

Matematika yakni ilmu abnormal dan tidak berhubungan dengan realita.
Mitos ini jelas-jelas salah kaprah, alasannya yakni fakta memperlihatkan bahwa matematika sangat realistis. Dalam arti, matematika merupakan bentuk analogi dari realita sehari-hari.

Contoh paling sederhana yakni solusi dari Leonhard Euler, matematikawan Prancis, terhadap kasus Jembatan Konisberg. Selain itu, hampir di semua sektor, teknologi, ekonomi dan bahkan sosial, matematika berperan secara signifikan.
anyak mitos menyesatkan mengenai matematika Lima Mitos Sesat Seputar Matematika
Robot cerdas yang bisa berpikir berisikan kegiatan yang disebut sistem pakar (expert system) yang didasarkan kepada konsep Fuzzy Matematika. Hitungan aerodinamis pesawat terbang dan konsep GPS juga dilandaskan kepada konsep model matematika, goneometri, dan kalkulus. Hampir semua teori-teori ekonomi dan perbankan modern diciptakan melalui matematika.

Mitos Kelima,

Matematika yakni ilmu yang membosankan, kaku, dan tidak rekreatif.
Anggapan ini terang keliru. Meski tanggapan (solusi) matematika terasa eksak alasannya yakni solusinya tunggal, tidak berarti matematika kaku dan membosankan. Walau tanggapan (solusi) hanya satu (tunggal), cara atau metode merampungkan soal matematika bahu-membahu boleh bermacam-macam.
anyak mitos menyesatkan mengenai matematika Lima Mitos Sesat Seputar Matematika
Sebagai contoh, untuk mencari solusi dari dua buah persamaan, sanggup digunakan tiga cara yaitu, metode subtitusi, eliminasi, dan grafik. Contoh lain, untuk menunjukan kebenaran teorema Phytagoras, sanggup dipergunakan banyak cara. Bahkan menurut pakar matematika, Bana G. Kartasasmita, sampai dikala ini sudah ada 17 cara untuk menunjukan teorema Phytagoras. Solusi matematika yang bersifat tunggal menyebabkan kenyamanan alasannya yakni tegas dan pasti.

Selain tidak membosankan, matematika juga rekreatif dan menyenangkan. Albert Einstein, tokoh fisika terbesar masa ke-20, menyatakan bahwa matematika yakni senjata utama dirinya dalam merumuskan konsep relativitasnya yang sangat terkenal tersebut. Menurut Einstein, ia menyukai matematika dikala pamannya menjelaskan bahwa prosedur kerja matematika mirip dengan cara kerja detektif, sebuah lakon yang sangat disukainya sejak kecil.

Memang, cara kerja matematika mirip sebuah games. Mula-mula kita harus mengidentifikasi variabel-variabel atau parameter-parameter yang ada melalui atributnya masing-masing. Setelah itu, laksanakan operasi di antara variabel dan parameter tersebut. Yang paling menyenangkan, dalam melakukan operasi kita dibebaskan melakukan manipulasi (trik) semau kita agar sampai kepada solusi yang diharapkan. Kebebasan melakukan manipulasi dalam operasi matematika inilah yang menantang dan mengundang keasyikan tersendiri, kolam sedang dalam permainan atau petualangan. Karena itu, tidak mengherankan jikalau terkadang kita menjumpai siswa yang asyik menyendiri dengan soal-soal matematikanya.

Simak juga bagaimana matematika disajikan dengan kreatif dalam bentuk gambar, lagu dan puisi
  1. Lagu Matematika: Matematika: Raih Masa Depan Bersamaku
  2. Lagu Matematika: I Love You Matematika I Love You..!
  3. Gambar Matematika: Kreativitas Siswa Tentang Matematika dan Seni
  4. Puisi Matematika: Matematika Jantung Kehidupan

Selain itu, secara intrinsik matematika juga memiliki angka berupa bilangan bulat yang mengandung misteri yang sangat mengasyikkan. Misalnya Anda melakukan operasi perkalian maupun pertambahan terhadap dua bilangan tertentu, maka terkadang akan muncul bilangan yang memiliki bentuk simetri tertentu. Contoh lain, Anda sanggup memperlihatkan kemahiran menebak dengan tepat angka tertentu yang telah mengalami beberapa operasi. Bagi yang belum memahami matematika, kemampuan Anda menebak angka dianggap sihir, padahal itu merupakan operasi.

Matematika yakni ilmu yang simpel dan menyenangkan. Karena itu, siapa pun bisa mempelajarinya dengan baik. Untuk itu, kiprah utama kita yakni merobohkan mitos-mitos sesat di sekeliling matematika.

Dengan memahami konsep-konsep matematika maka akan lebih simpel belajarnya. Pahami semua konsepnya, maka rumus matematika yang manapun, apapun itu akan terhafal dengan sendirinya, bahkan untuk menciptakan rumus cepat atau “the king” katanya akan sangat simpel dilakukan.

Data disadur dari banyak sekali sumber, bila Anda merasa pemilik sebagian atau keseluruhan konten diatas dan keberatan ditampilkan. Anda sanggup menghubungi Admin Blog, dan Admin Blog akan dengan senang hati menanggapi permintaan Anda. Terima kasih | Admin Blog

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Masih menganggap matematika hanya hitung-hitungan semata, mari kita lihat kreativitas siswa ini;
anyak mitos menyesatkan mengenai matematika Lima Mitos Sesat Seputar Matematika

1 Komentar untuk "Lima Mitos Sesat Seputar Matematika"

  1. MGM Grand Casino and Resort, Las Vegas - MapYRO
    Find choegocasino your way around the casino, find where 원주 출장안마 everything 정읍 출장샵 is 여주 출장샵 located with maps, customer reviews, hotel deals and guest reviews. Rating: 2.8 · ‎16 경주 출장안마 reviews

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel