Peta Bahan Matematika Sma Kurikulum 2013

 alasannya ialah kurikulum ini yaitu kurikulum yang ditetapkan pemerintah diterapkan dan paling ba Peta Materi Matematika SMA Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 patut kita beri perhatian khusus, alasannya ialah kurikulum ini yaitu kurikulum yang ditetapkan pemerintah diterapkan dan paling banyak mengandung kontroversi. Meskipun banyak mengandung kontroversi tetapi kurikulum ini tetap di terapkan tahun pelajaran 2013/2014. Kemarin kita sudah coba banyak sekali struktur kurikulum 2013 untuk SMA, SMP dan SD. Sekarang kita coba membuatkan Peta Materi Kurikulum 2013.

Peta Materi - Matematika - Kelas X - Semester I

    1. Memecahkan dilema yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
      1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
      1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
    2. Memecahkan dilema yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
      2.1 Memahami konsep fungsi
      2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
      2.3 Menggunakan sifat dan aturan perihal persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
      2.4 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
      2.5 Merancang model matematika dari dilema yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat
      2.6 Menyelesaikan model matematika dari dilema yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
    3. Memecahkan dilema yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel
      3.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan gabungan linear dan kuadrat dalam dua variabel
      3.2 Merancang model matematika dari dilema yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
      3.3 Menyelesaikan model matematika dari dilema yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
      3.4 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
      3.5 Merancang model matematika dari dilema yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
      3.6 Menyelesaikan model matematika dari dilema yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya

Peta Materi - Matematika - Kelas X - Semester II

    4. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan dilema yang berkaitan dengan pernyataan bermacam-macam dan pernyataan berkuantor
      4.1 Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya
      4.2 Menentukan nilai kebenaran dari suatu per-nyataan bermacam-macam dan pernyataan berkuantor
      4.3 Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan bermacam-macam atau pernyataan berkuantor yang diberikan
      4.4 Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan bermacam-macam dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah
    5. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan dilema
      5.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
      5.2 Merancang model matematika dari dilema yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
      5.3 Menyelesaikan model matematika dari dilema yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya
    6. Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
      6.1 Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
      6.2 Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga
      6.3 Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga

Peta Materi - Matematika - Kelas XI - Semester I

    1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan dilema
      1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
      1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
      1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya
      1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan dilema
      1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
      1.6 Menentukan peluang suatu insiden dan penafsirannya
    2. Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya
      2.1 Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu
      2.2 Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus
      2.3 Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus
    3. Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya
      3.1 Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan
      3.2 Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam banyak sekali situasi
    1. Melakukan pengolahan, penyajian dan penafsiran data
      1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta pemaknaannya
      1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta pemaknaannya
      1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya

Peta Materi - Matematika - Kelas XI - Semester II

    4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian dilema
      4.1 Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian
      4.2 Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan dilema
    5. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi
      5.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
      5.2 Menentukan invers suatu fungsi
    6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan dilema
      6.1 Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga
      6.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
      6.3 Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
      6.4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan dilema
      6.5 Merancang model matematika dari dilema yang berkaitan dengan ekstrim fungsi
      6.6 Menyelesaikan model matematika dari dilema yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya
    2. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi
      2.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
      2.2 Menentukan invers suatu fungsi
    3. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan dilema
      3.1 Menghitung limit fungsi aljabar sederhana di suatu titik
      3.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar
      3.3 Menggunakan sifat dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi aljabar
      3.4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi aljabar dan memecahkan dilema
      3.5 Merancang model matematika dari dilema yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar
      3.6 Menyelesaikan model matematika dari dilema yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar dan penafsirannya
    2. Menggunakan kaidah pencacahan untuk menentukan peluang suatu insiden dan penafsirannya
      2.1 Menggunakan sifat dan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan dilema
      2.2 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
      2.3 Menentukan peluang suatu insiden dan menafsirkannya

Peta Materi - Matematika - Kelas XII - Semester I

    1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan dilema
      1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu
      1.2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana
      1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas kawasan di bawah kurva dan volum benda putar
    2. Menyelesaikan dilema jadwal linear
      2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
      2.2 Merancang model matematika dari dilema jadwal linear
      2.3 Menyelesaikan model matematika dari dilema jadwal linear dan penafsirannya
    3. Menggunakan konsep matriks, vektor, dan transformasi dalam pemecahan dilema
      3.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menyampaikan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
      3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2
      3.3 Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
      3.4 Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan dilema
      3.5 Menggunakan sifat-sifat dan operasi perkalian skalar dua vektor dalam pemecahan dilema
      3.6 Menggunakan transformasi geometri yang mampu dinyatakan dengan matriks dalam pemecahan dilema
      3.7 Menentukan komposisi dari beberapa transformasi geometri beserta matriks transformasinya
    1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan dilema sederhana
      1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu
      1.2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana
      1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas kawasan di bawah kurva
    2. Menyelesaikan dilema jadwal linear
      2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
      2.2 Merancang model matematika dari dilema jadwal linear
      2.3 Menyelesaikan model matematika dari dilema jadwal linear dan penafsirannya
    3. Menggunakan matriks dalam pemecahan dilema
      3.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menyampaikan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
      3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2
      3.3 Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
    1. Menyelesaikan dilema jadwal linear
      1.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
      1.2 Merancang model matematika dari dilema jadwal linear
      1.3 Menyelesaikan model matematika dari dilema jadwal linear dan menafsirkan solusinya
    2. Menggunakan matriks dalam pemecahan dilema
      2.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menyampaikan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
      2.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2
      2.3 Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

Peta Materi - Matematika - Kelas XII - Semester II

    4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan dilema
      4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
      4.2 Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian
      4.3 Merancang model matematika dari dilema yang berkaitan dengan deret
      4.4 Menyelesaikan model matematika dari dilema yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya
    5. Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan dilema
      5.1 Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan dilema
      5.2 Menggambar grafik fungsi eksponen dan logaritma
      5.3 Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen atau logaritma dalam penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma sederhana
    4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan dilema
      4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
      4.2 Merancang model matematika dari dilema yang berkaitan dengan deret
      4.3 Menyelesaikan model matematika dari dilema yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya
    3. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan dilema
      3.1 Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian
      3.2 Merancang model matematika dari dilema yang berkaitan dengan deret
      3.3 Menyelesaikan model matematika dari dilema yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya
      3.4 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
      3.5 Memecahkan dilema yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya

Meskipun peta materi kurikulum 2013 sudah dikeluarkan oleh pemerintah, tetapi kesan kurikulum ini yaitu kurikulum yang terlalu dipaksakan masih kelihatan, yaitu peta materi diatas belum dikelompokkan materi mana yang masuk kategori IPA, IPS atau BAHASA.

Apalagi matematika salah satu pelajaran paling rumit pemakaiannya di kurikulum 2013 tingkat SMA, alasannya ialah matematika masuk kategori Wajib, Pilihan Kelompok Peminatan, dan/atau Pilihan Lintas Minat. Semoga pemerintah dengan segera memperjelas kurikulum 2013 ini. [http://belajar.kemdiknas.go.id]

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Mengerjakan pembagian pecahan pada video ini dikerjakan dengan cara pilar (pintar bernalar);
 alasannya ialah kurikulum ini yaitu kurikulum yang ditetapkan pemerintah diterapkan dan paling ba Peta Materi Matematika SMA Kurikulum 2013

Belum ada Komentar untuk "Peta Bahan Matematika Sma Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel