Matematika Rekreasi Dalam Pembelajaran Aspek Bilangan Kamis, 18 April 2019 Tambah Komentar Edit Lima mitos sesat seputar matematika Tetapi yang menjadi kelemahan pemakaian kata matematika rekreasi atau rekreasi matematika ini setiap proses pembelajaran yakni lantaran tidak semua materi matematika yang ada di kurikulum kita mampu dibawakan secara rekreasi. Menurut Jakim Wiyoto, S.Si pada ketika Bimtek Online PPPPTK matematika tahap 4 memberikan Rekreasi Matematika diartikan sebagai program yang menyenangkan yang membangkitkan minat siswa mempelajari dan memahami konsep matematika.Tetapi sehabis rekreasi matematika ini diartikan ada dilema yang berkembang adalah 'menyenangkan' bagi setiap individu-individu itu berbeda. Misalnya untuk beberapa orang membuktikan teorema matematika diatas kertas yakni sesuatu yang menyenangkan tetapi untuk sebagian lagi itu yakni hal yang membosankan. Untuk dilema 'menyenangkan' yang berbeda, disinilah letak kiprah seorang guru yang sangat besar adalah memilih materi yang cocok dibawakan secara rekreasi atau bukan. Saya sendiri sebagai seorang guru matematika menganggap matematika rekreasi itu yakni matematika kreatif, lantaran matematika rekreasi lebih banyak didominasi memberikan dilema dan solusi yang tidak biasa. Masalah dan solusi yang tidak biasa hanya dihasilkan oleh orang-orang kreatif dengan bermatematika secara kreatif. Untuk yang bukan guru matematika mempelajari matematika rekreasi ini juga menjadi masukan yang sangat bagus, lantaran ini mampu menjadi the power to surprise sebagai seorang guru yang bukan matematika tetapi mampu bermatematika dengan kreatif. Berbagai topik matematika mampu kita bawakan secara rekreasi, berikut beberapa topik matematika rekreasi ihwal bilangan. 1. Bilangan tepat [perfect numbers]Suatu bilangan disebut bilangan tepat apabila jumlah semua pembagi sejatinya sama dengan bilangan itu sendiri. Pembagi sejati [proper divisor] dari suatu bilangan yakni semua pembagi/faktor dari bilangan tersebut selain bilangan itu sendiri. Misalnya pembagi sejati dari 8 yakni 1, 2, dan 4. Contoh: 28 merupakan bilangan sempurna lantaran jumlah semua pembagi sejatinya adalah 1 + 2 + 4 + 7 + 14 = 28 sama dengan bilangan itu sendiri. Rekreasi: Coba cari bilangan tepat yang lain? 2. Bilangan amicable [friendly numbers]Dua bilangan dinamakan bilangan amicable jikalau jumlah dari pembagi-pembagi sejatinya dari salah satu bilangan sama dengan bilangan yang lainnya. Bilangan 220 dan 284 merupakan contoh bilangan amicable. Untuk menunjukkan bahwa kedua bilangan 220 dan 284 yakni bilangan amicable yakni sebagai berikut: Pembagi-pembagi sejati 220 yakni 1, 2, 4, 5,10, 11, 20, 22, 44, 55, dan 110. Jumlah Pembagi-pembagi sejati 220 yakni 1 + 2 + 4 + 5 + 10 + 11 + 20 + 22 + 44 + 55 + 110 = 284. Sedangkan pembagi-pembagi sejati 284 yakni 1, 2, 4, 71, 142. Jumlah Pembagi-pembagi sejati 284 yakni 1 + 2 + 4 + 71 + 142 = 220. Rekreasi: Coba cari bilangan amicable yang lain? 3. Barisan bilangan Fibonacci [Fibonacci Number] Barisan Bilangan Fibonacci yakni 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, ... Sebagai pemanis Anda juga mampu membaca keajaiban bilangan fibonacci versi Arthur Benjamin. Rekreasi: Berikut ini diberikan sebuah dilema perkembangbiakan sepasang marmut. Pada awal bulan Januari 2011 Angga membeli sepasang bayi marmut [jantan dan betina]. Seandainya bayi marmut menjadi cukup umur sehabis tepat satu bulan dan setiap tepat satu bulan sepasang marmut cukup umur akan mempunyai sepasang bayi marmut. Bila tidak ada marmut yang mati, ada berapa pasang marmut [berapa pasang marmut cukup umur dan berapa pasang bayi marmut] yang dimiliki Angga pada awal bulan Januari, Februari, Maret, dan seterusnya sampai awal bulan Desember? 4. Persegi aneh [magic squares]Susunan bilangan-bilangan berbentuk persegi dimana jumlah bilangan-bilangan pada setiap baris, setiap kolom, dan setiap diagonalnya yakni sama disebut persegi ajaib. Perhatikan gambar diatas adalah persegi yang didalamnya terdapat susunan bilangan-bilangan 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, dan 18. Apa yang menarik pada gambar disamping? Coba Anda Jumlahkan bilangan-bilangan yang terdapat pada setiap baris, setiap kolom dan setiap diagonal. Apa yang terjadi? Ternyata jumlah bilangan-bilangan pada setiap baris, setiap kolom, dan setiap diagonalnya sama besar adalah 30. Rekreasi: Coba tentukan 9 bilangan yang akan disusun dalam persegi aneh 3x3. Sebagai pemanis untuk persegi aneh 4x4 [Lihat Disini] 5. Trik matematika menebak angkaUntuk trik matematika ini mungkin banyak versi, di postingan berikutnya mungkin akan kita coba sajikan trik-trik matematika dalam hal menebak angka. Dasar permainan ini yakni harus paham sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah, operasi hitung bilangan bulat dan pecahan, sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah. Dalam pembelajaran, materi ini mampu digunakan untuk memotivasi siswa. Dalam trik matematika yang disajikan Anda diminta untuk menyelidiki mengapa trik tersebut berlaku dan bagaimana alur penalarannya. Di bawah ini diberikan contoh kode dan ilustrasi yang mampu Anda praktekkan langsung di dalam pembelajaran. Anda membacakan instruksinya satu persatu dari kode langkah pertama sampai dengan langkah ke keempat. Di langkah kelima Anda yang menebak kesudahannya sesuai dengan yang ada pada kolom ilustrasi langkah kelima. Mengapa mampu demikian? Kunci pertama dari trik ini ada pada kode langkah kedua. Saat menambahkan suatu bilangan pilihlah bilangan dengan dua digit yang apabila ditambah dengan bilangan pertama [yang terdiri dari dua digit antara 50 dan 100] kesudahannya lebih dari 100. Mengapa? Karena pada kode yang ketiga harus menyoret angka ratusannya. Angka ratusan yang mungkin yakni 1, lantaran penjumlahan dua bilangan yang masing-masing mempunyai dua digit kesudahannya pasti kurang dari 200. Pada langkah ketiga Anda harus menyoret angka ratusannya dan menambahkan kebilangan yang terbentuk dari dua digit yang tersisa, ini berarti anda mengurangi 100 dan menambah 1 sama dengan mengurangi 99, ini merupakan kunci yang kedua. Penyelesainya selalu merupakan hasil dari pengurangan 99 dengan bilangan yang ditambahkan pada instruksilangkah kedua. Rekreasi: Rancanglah permainan trik matematika untuk menebak angka, mulailah dari operasi aljabar sederhana. Demikian penjelasan sederhana dilema matematika rekreasi ihwal bilangan. [Modul Matematika SMP Program Bermutu 'Pemanfaatan Matematika Rekreasi Dalam Pembelajaran Matematika di SMP' Tahun 2011] Sebagai pemanis Anda mampu menemukan Matematika Rekreasi pada buku Math Wonders to Inspire Teachers and Students, silahkan download disini. Video pilihan khusus untuk Anda 😊 mari kita lihat kreativitas siswa ini, membuat lagu dengan matematika; Bagikan Artikel ini
Belum ada Komentar untuk "Matematika Rekreasi Dalam Pembelajaran Aspek Bilangan"
Posting Komentar