Kisi-Kisi Un 2015 Dan Kriteria Kelulusan Akseptor Latih T.P. 2014-2015 Minggu, 07 April 2019 Tambah Komentar Edit Anies Baswedan akan mengevaluasi Ujian Nasional (UN) dan Kurikulum 2013. Disamping apa yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan akan mengevaluasi Ujian Nasional (UN) dan Kurikulum 2013, pada masa pemerintahan sebelumnya staf khusus Mendikbud Sukemi di Surabaya menyebutkan bahwa "Bisa jadi, UN akan digantikan dengan ujian tingkat kompetensi pada tahun 2016 sesuai Kurikulum 2013 Untuk mensukseskan pelaksanaan Ujian Nasional, Badan Standard Nasional Pendidikan (BSNP) sudah mengeluarkan kisi-kisi Ujian Nasional Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 30 September 2014. Salah satu kisi-kisi UN 2015 adalah kisi-kisi mata pelajaran Matematika SMP/Mts sebagai berikut; KOMPETENSI 1 Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. INDIKATOR Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan perbandingan. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret. KOMPETENSI 2 Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. INDIKATOR Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan himpunan. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan fungsi. Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel. KOMPETENSI 3-i Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur berdiri datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. INDIKATOR Menyelesaikan dilema menggunakan teorema Pythagoras. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan luas berdiri datar. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan keliling berdiri datar. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus). Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran. KOMPETENSI 3-ii Memahami sifat dan unsur berdiri ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. INDIKATOR Menentukan unsur-unsur pada berdiri ruang. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring berdiri ruang. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan volume berdiri ruang. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan luas permukaan berdiri ruang. KOMPETENSI 4 Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. INDIKATOR Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam merampungkan dilema sehari-hari. Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data. KOMPETENSI 5 Memahami konsep peluang suatu peristiwa serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. INDIKATOR Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian. Dengan mengamati kisi-kisi matematika SMP/Mts diatas, kisi-kisi tersebut tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi UN tahun 2014, sehingga materi Pengayaan Materi Untuk Ujian Nasional sudah mampu dipelajari. Untuk mendownload Kisi-kisi Ujian Nasional Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2014-2015 secara lengkap. (download disini) Untuk Mendownload Kriteria Kelulusan Peserta Didik Dari Satuan Pendidikan Dan Penyelengaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 144 Tahun 2014. (download disini) Kisi-kisi UN 2015 dan Kriteria Kelulusan Peserta Didik T.P. 2014-2015 [http://bsnp-indonesia.org/id/] Mari kita dukung Revolusi Mental, untuk perubahan yang lebih baik. Video ilustrasi berikut mungkin mampu mengajak kita untuk ikut berubah; Bagikan Artikel ini
Belum ada Komentar untuk "Kisi-Kisi Un 2015 Dan Kriteria Kelulusan Akseptor Latih T.P. 2014-2015"
Posting Komentar