Konsep Kreatifitas Yang Perlu Kita Ketahui

Konsep Kreatifitas Yang Perlu Kita Ketahui Konsep Kreatifitas Yang Perlu Kita KetahuiApakah kreatifitas? Secara sederhana kreativitas sanggup ditunjukkan dengan kemampuan. Kreativitas ialah kemampuan untuk mencipta/berkreasi. Tidak ada satu pun pernyataan yang sanggup diterima secara umum mengenai mengapa suatu kreasi timbul. Kreativitas sering dianggap terdiri dari 2 unsur,
Pertama: Kefasihan yang ditunjukkan oleh kemampuan menghasilkan sejumlah besar gagasan pemecahan kasus secara lancar dan cepat.
Kedua: Keluwesan yang pada umumnya mengacu pada kemampuan untuk menemukan gagasan yang berbeda-beda dan luar biasa untuk memecahkan suatu masalah.

Istilah kreativitas digunakan untuk mengacu pada kemampuan individu yang mengandalkan keunikan dan kemahirannya untuk menghasilkan gagasan gres dan wawasan segar yang sangat bernilai bagi individu tersebut. Kreativitas sanggup juga dianggap sebagai kemampuan untuk menjadi seorang pendengar yang baik, yang mendengarkan gagasan yang datang dari dunia luar dan dari dalam diri sendiri atau dari alam bawah sadar.

Oleh alasannya yakni itu, kreativitas lebih tepat didefinisikan sebagai suatu pengalaman untuk mengungkapkan dan mengaktualisasikan identitas individu seseorang secara terpadu dalam korelasi eratnya dengan diri sendiri, orang lain, dan alam.

Dengan mengetahui kreativitas sebagai sifat hakiki sebagai manusia dan memahami bagaimana cara dan proses kita berpikir, guru akan bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam memecahkan masalah, mengambil keputusan maupun membuatkan gagasan atau ide. Kreativitas dalam hal ini tidak terbatas pada pengembangan gagasan atau wangsit ide, tetapi seorang dalam menuangkan wangsit atau menghasilkan sesuatu yang berbeda dan orisinal.

Berbagai definisi mengenai kreatifitas banyak dikemukakan oleh para hebat dan beragam, menurut penekanannya, definisi-definisi kreativitas sanggup dibedakan ke dalam dimensi person, proses, produk dan press.

Rhodes (dalam Supriadi:1994) menyebut keempat dimensi kreativitas tersebut sebagai “the Four P’s of Creativity”.
Definisi kreativitas yang menekankan dimensi person dikemukankan oleh Guilford 91950) : “Creativity refers to the abilities that are characteristics of creative people”
Definisi yang menekankan segi proses diajukan oleh Munandar (1977); ”Creativity is a process that manifests itself in fluency,in flexibility as well in originality of thinking”.
Baron (1976) menekankan segi produk, yaitu :”the ability to bring something new into existence” sementara Amabile (1983) mengemukakan,”Creativity can be regarded as the quality of products or responses judged to be creative by appropriate observers”
Berdasarkan analisis factor,Guilford menemukan bahwa ada lima sifat yang menjadi ciri kemampuan berfikir kreatif, yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), penguraian (elaboration), dan perumusan kembali (redefinition).

Kelancaran ialah kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan.
Keluwesan ialah kemampuan untuk mengemukakan bermacam-macam pemecahan atau pendekatan terhadap masalah.
Orisinalitas ialah kemampuan untuk mencetuskan gagasan dengan cara-cara yang asli,tidak klise.
Elaborasi ialah kemampuan untuk menguraikan sesuatu secara terinci.
Redefinisi ialah kemampuan untuk meninjau suatu problem menurut perspektif yang berbeda dengan apa yang sudah diketahui oleh banyak orang.
Karakteristik kreativitas tersebut pada diri seseorang sanggup dibangun dan dikembangkan melalui pendekatan pendidikan atau pengajaran yang menekankan pada situasi interaktif dan dinamis. Hal ini sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Mulyasa (2005:164) bahwa: “Proses pembelajaran pada hakekatnya untuk membuatkan program dan kreativitas peserta didik, melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar”.

Supriadi (2001:7) menyimpulkan bahwa pada intinya kreativitas ialah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Keberhasilan kreativitas menurut Amabile (Munandar, 2004:77) ialah persimpangan (intersection) antara keterampilan anak dalam bidang tertentu (domain skills), keterampilan berpikir dan bekerja kreatif, dan motivasi intrinsik. (*Konsep Kreatifitas Yang Perlu Kita Ketahui | Buku Permainan Kreatif untuk Guru - PT Globalindo Universal Multikreatif)

Masih menganggap matematika hanya hitung-hitungan semata, mari kita lihat kreativitas siswa ini, membuat lagu dengan matematika;
Konsep Kreatifitas Yang Perlu Kita Ketahui Konsep Kreatifitas Yang Perlu Kita Ketahui

Belum ada Komentar untuk "Konsep Kreatifitas Yang Perlu Kita Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel