Urutan Bahan Pokok Pembelajaran Matematika Sd Kurikulum 2013 Jumat, 21 Desember 2018 Tambah Komentar Edit materi pokok matematika untuk SMP dan materi pokok matematika untuk SMA sudah tamat kita diskusikan, kata Mat dengan semangat. Setuju..!, sambung Ema, dengan kita mengetahui materi apa aja yang dipelajari di matematika SD, maka secara tidak langsung kita mengetahui apa yang dipelajari adik-adik SD kita di sekolah. Baiklah saya mulai buka permendikbud yang kemarin iya, Permendikbud Tahun 2016 no.024 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Kalau kompetensi yang diharapakan untuk Kompetensi Spiritual dan Sosial sepertinya apa yang diperlukan pemerintah pada lulusan SD sama dengan pada lulusan SMP atau SMA, jadi kita tidak usah diskusikan lagi, kita langsung kepada kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Materi pokok matematika inikan diberikan kepada belum cukup umur SD secara tematik, sehingga kita tidak usah memisahkan kompetensi yang diperlukan tercapai dengan materi pokoknya, jadi langsung kita tuliskan semuanya. Agar jangan membingungkan kepada guru atau orangtua yang ingin tahu materi matematika apa saja yang dipelajari di SD. Peta Materi Matematika SD Kurikulum 2013, sebelumnya sudah pernah di analisis sewaktu kurikulum 2013 pertama kali direncanakan. Lihat Peta Materi Matematika SD Kurikulum 2013. Berikut materi pokok pembelajaran sekaligus Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan yang diperlukan dicapai oleh belum cukup umur SD pada mata pelajaran matematika. Matematika SD Kelas IMenjelaskan makna bilangan cacah hingga dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek. Menyajikan bilangan cacah hingga dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan. Menjelaskan bilangan hingga dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda kasatmata serta cara membacanya. Menuliskan lambang bilangan hingga dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan pandangan gres nilai tempat. Membandingkan dua bilangan hingga dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret. Mengurutkan bilangan-bilangan hingga dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret. Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan. Menyelesaikan duduk duduk kasus kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99. Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya. Memprediksi dan membuat teladan bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya. Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan banyak sekali benda konkret. Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan banyak sekali benda konkret. Mengidentifikasi bangun datar yang mampu disusun membentuk teladan pengubinan. Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk teladan pengubinan. Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret. Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret. Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret. Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu. Matematika SD Kelas IIMenjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model kasatmata serta cara membacanya. Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret. Membandingkan dua bilangan cacah dan Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya. Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan. Menyelesaikan duduk duduk kasus penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan. Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali hingga dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian. Menyelesaikan duduk duduk kasus perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali hingga dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian. Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang. Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan banyak sekali kesetaraan pecahan mata uang. Menjelaskan dan menentukan panjang [termasuk jarak], berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Melakukan pengukuran panjang [termasuk jarak], berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Menjelaskan pecahan $\frac{1}{2}$, $\frac{1}{3}$, dan $\frac{1}{4}$ menggunakan benda-benda kasatmata dalam kehidupan sehari-hari. Menyajikan pecahan $\frac{1}{2}$, $\frac{1}{3}$, dan $\frac{1}{4}$ yang bersesuaian dengan pecahan dari keseluruhan suatu benda kasatmata dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model kasatmata bangun datar dan bangun ruang. Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan model kasatmata bangun datar dan bangun ruang. Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya. Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya. Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda konkret. Memprediksi teladan barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda konkret. Matematika SD Kelas IIIMenjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. Menyelesaikan duduk duduk kasus yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. Menjelaskan bilangan cacah dan pecahan sederhana [seperti $\frac{1}{2}$, $\frac{1}{3}$, dan $\frac{1}{4}$] yang disajikan pada garis bilangan. Menggunakan bilangan cacah dan pecahan sederhana [seperti $\frac{1}{2}$, $\frac{1}{3}$, dan $\frac{1}{4}$] yang disajikan pada garis bilangan. Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah. Menilai apakah suatu bilangan mampu dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah. Menggeneralisasi pandangan gres pecahan sebagai pecahan dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret. Menyajikan pecahan sebagai pecahan dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret. Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama. Menyelesaikan duduk duduk kasus penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama. Mendeskripsikan dan menentukan kekerabatan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menyelesaikan duduk duduk kasus yang berkaitan dengan kekerabatan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret. Menyelesaikan duduk duduk kasus luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret. Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret. Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret. Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar. Menyajikan dan merampungkan duduk duduk kasus yang berkaitan dengan keliling bangun datar. Menjelaskan sudut, jenis sudut [sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul], dan satuan pengukuran tidak baku. Mengidentifikasi jenis sudut, [sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul], dan satuan pengukuran tidak baku. Menganalisis banyak sekali bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki. Mengelompokkan banyak sekali bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki. Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar. Menyajikan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar. Matematika SD Kelas IV Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret. Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret Menjelaskan berbagai bentuk pecahan [biasa, campuran, desimal, dan persen] dan kekerabatan di antaranya. Mengidentifikasi banyak sekali bentuk pecahan [biasa, campuran, desimal, dan persen] dan kekerabatan di antaranya Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal. Menyelesaikan duduk duduk kasus penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan. Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan Menjelaskan bilangan prima. Mengidentifikasi bilangan prima Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar [FPB], kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil [KPK] dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Menyelesaikan duduk duduk kasus yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar [FPB], kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil [KPK] dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat. Menyelesaikan duduk duduk kasus pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan. Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua. Menyelesaikan duduk duduk kasus berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua Menjelaskan hubungan antar garis [sejajar, berpotongan, berhimpit] menggunakan model konkret. Mengidentifikasi kekerabatan antar garis [sejajar, berpotongan, berhimpit] menggunakan model konkret Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang. Mengumpulkan data diri peserta didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat. Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat Matematika SD Kelas V Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda. Menyelesaikan duduk duduk kasus yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda. Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal. Menyelesaikan duduk duduk kasus yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal. Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda [kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu]. Menyelesaikan duduk duduk kasus yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda [kecepatan, debit]. Menjelaskan skala melalui denah. Menyelesaikan duduk duduk kasus yang berkaitan dengan skala pada denah. Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume [seperti kubus satuan] serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga. Menyelesaikan duduk duduk kasus yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume [seperti kubus satuan] melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga. Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana [kubus dan balok]. Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana [kubus dan balok]. Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya. Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya. Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar [piktogram], diagram batang, atau diagram garis. Mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar [piktogram], diagram batang, atau diagram garis. Matematika SD Kelas VI Menjelaskan bilangan lingkaran negatif [termasuk menggunakan garis bilangan]. Menggunakan konsep bilangan lingkaran negatif [termasuk mengggunakan garis bilangan] untuk menyatakan situasi sehari-hari. Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan lingkaran negatif. Menyelesaikan duduk duduk kasus yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan lingkaran negatif dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam banyak sekali bentuk sesuai urutan operasi. Menyelesaikan duduk duduk kasus yang berkaitan operasi hitung gabungan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam banyak sekali bentuk sesuai urutan operasi. Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring. Mengidentifikasi titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring. Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran. Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk merampungkan masalah. Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola. Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola. Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya. Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya. Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data. Menyelesaikan duduk duduk kasus yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah. Jika melihat apa yang diharapakan pemerintah terhadap pencapaian belum cukup umur SD ibarat yang disampaikan diatas, pekerjaan bapak ibu guru ternyata sangat berat iya,.. sambung Ema. Iya benar, kita hanya berharap adik-adik di Sekoah Dasar tetap semangat mencoba mempelajari hal-hal baru, biar apa yang diperlukan pemerintah atau orang renta kita mampu optimal tercapai. Sepertinya diskusi kita sudah lumayan banyak kita sudah mampu istirahat dan besok kita lanjutkan lagi,.. kata Mat menutup diskusi. See You 😉. Jika ada masukan yang sifatnya membangun terkait duduk duduk kasus Urutan Materi Pokok Pembelajaran Matematika SD Kurikulum 2013, silahkan disampaikan, kami dengan senang hati segera menanggapinya😊😊. Jika Bermanfaat👌 Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring👀 Video pilihan khusus untuk Anda 😂 Masih menganggap matematika hanya hitung-hitungan semata, mari kita lihat kreativitas siswa ini; Bagikan Artikel ini
Belum ada Komentar untuk "Urutan Bahan Pokok Pembelajaran Matematika Sd Kurikulum 2013"
Posting Komentar