Soal Dan Pembahasan Osn Sd Tingkat Provinsi Tahun 2019 Bidang Matematika
Seperti apa soal OSN tingkat provinsi bidang study matematika pada tahun 2019 ini, mari kita coba diskusikan. Setidaknya ini akan menjadi catatan atau sebagai bahan persiapan menghadapi OSP tahun 2020. Sebelumnya kita sudah pernah diskusikan soal OSP Matematika SD tahun 2017 yang masih sangat cocok juga dijadikan bahan latihan😉
(1). Pada final tahun 2018, sebanyak $\dfrac{5}{8}$ dari jumlah guru di suatu SD ialah wanita. Pada permulaan tahun 2019, sekolah tersebut mendapat $4$ orang pria guru sehingga banyaknya pria guru seluruhnya menjadi $16$ orang. Banyaknya perempuan guru yang mengajar di SD tersebut pada kahir tahun 2018 adalah...
Kita misalkan banyak guru final tahun 2018 sebagai berikut;
- Banyak guru pria ialah $x$
- Banyak guru perempuan ialah $y$
- Banyak guru ialah $z$
$y=\dfrac{5}{8}z$ sehingga $x=\dfrac{3}{8}z$
Pada permulaan tahun 2019, diterima $4$ orang pria guru sehingga banyaknya pria guru seluruhnya menjadi $16$ orang.
$\begin{array}{c|c|cc}
16 = \dfrac{3}{8}z +4 & y = \dfrac{5}{8}z \\
12 = \dfrac{3}{8}z & y = \dfrac{5}{8} \cdot 32 \\
z = 12 \cdot \dfrac{8}{3} & y = 20 \\
z = 32 & \\
\end{array} $
$ \therefore $ Banyaknya perempuan guru yang mengajar ialah $20$
(2). Enampuluh persen peserta didik di suatu sekolah ialah laki-laki. sebanyak $20\%$ pria dan $20\%$ perempuan tidak memakai seragam batik. Jika diketahui ada $320$ peserta didik memakai seragam batik, maka seluruh peserta didik yang ada di sekolah adalah...
Kita misalkan banyak peserta didik sebagai berikut;
- Banyak peserta didik pria ialah $x$
- Banyak peserta didik perempuan ialah $y$
- Banyak peserta didik ialah $z$
$x=60\% z$ dan sehingga $y=40\% z$
Dari keseluruhan peserta didik $310$ peserta didik memakai seragam batik dan yang tidak memakai batik ialah $20\%$ pria dan $20\%$ perempuan
$\begin{align}
z-320 & = 20\% \times 60\% z + 20\% \times 40\% z \\
z-320 & = 12\% \times z + 8 \% \times z \\
z-320 & = 20 \% \times z \\
z-20 \% \times z & = 320 \\
80 \% \times z & = 320 \\
z & = 320 \times \dfrac{100}{80} =400
\end{align}$
(*catatan pada soal asli $310$ peserta didik memakai seragam batik, tetapi lantaran hasilnya tidak bundar kita ganti jadi $320$)
$ \therefore $ Peserta didik yang ada di sekolah ialah $400$
(3). Ibu Vira memiliki $40$ permen rasa Mangga, $30$ permen rasa Melon dan $50$ permen rasa Jeruk. Apabila permen-permen tersebut akan dibagikan kepada sebanyak mungkin murid-muridnya dengan masing-masing anak mendapat potongan yang sama banyak, maka banyak permen rasa melon yang diberikan kepada setiap murid-muridnya adalah...
Untuk merampungkan soal di atas salah satu alternatifnya ialah dengan memakai Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari $30,\ 40,\ 50$ yaitu
- $30= 2 \times 3 \times 5$
- $40= 2^{3} \times 5$
- $50= 2 \times 5^{2}$
- FPB $(30,\ 40,\ 50)=10$
$ \therefore $ Banyak permen rasa melon ialah $3$
(4). Jika diberikan contoh bilangan pada tabel berikut:
maka $c \times a$ adalah...
Jika kita perhatikan tabel pada soal, contoh bilangan pada tiap kolom mengikuti irama bilangan barisan aritmatika, sedikit catatan perihal barisan aritmatika yaitu suku ke-$n$ ialah $U_{n}=U_{1}+(n-1)b$.
- Kolom 2: $2,\ 6,\ 10, \cdots, 54$ sehingga $U_{1}=2,\ b=4$ dan $U_{n}=54$.
$54=2+(n-1)4\ \Rightarrow n=14$ - Kolom 1: $1,\ 3,\ 5, \cdots, a$ sehingga $U_{1}=1,\ b=2$ dan $U_{14}=a$.
$a=1+(14-1)2\ \Rightarrow a=27$ - Kolom 3: $3,\ 9,\ 15, \cdots, c$ sehingga $U_{1}=3,\ b=6$ dan $U_{14}=c$.
$c=3+(14-1)6\ \Rightarrow c=81$ - Nilai $a \times c=27 \times 81=2187$
$ \therefore $ Nilai $a \times c$ ialah $2187$
(5). Hasil operasi campuran bilangan berikut
$\left( \dfrac{1}{2}-\dfrac{1}{3} \right) \times 60\% + 0,5 \times 1,1$
dalam bentuk desimal adalah...
$\begin{align}
& \left( \dfrac{1}{2}-\dfrac{1}{3} \right) \times 60\% + 0,5 \times 1,1 \\
& = \left( \dfrac{3-2}{6} \right) \times 60\% + 0,55 \\
& = \dfrac{1}{6} \times 60\% + 0,55 \\
& = 10\% + 0,55 \\
& = 0,1 + 0,55 \\
& = 0,65
\end{align}$
$ \therefore $ Hasil operasi campuran ialah $0,65$
(6). Diketahui segitiga $PQR$ sama kaki, dengan $PQ=PR$. maka nilai $x$ adalah...
Dengan memanfaatkan sudut pelurus yang besarnya $180^{\circ}$, beberapa sudut pada segitiga sudah mampu kita tentukan;
Berdasarkan gosip pada gambar di atas, mampu kita peroleh besar $x=180^{\circ}-70^{\circ}=110^{\circ}$$ \therefore $ Nilai $x$ ialah $110^{\circ}$
(7). Dua bilangan jumlahnya $30$ dan selisihnya $25$, hasil kali kedua bilangan itu adalah...
Kita misalkan kedua bilangan ialah $x$ dan $y$, sehingga kita peroleh;
$\begin{array}{c|c|cc}
x+y = 30 & \\
x-y = 25 & (+)\\
\hline
2x = 55 & \\
x = 27,5 & \\
y = 2,5 & \\
\end{array} $
Hasil kali kedua bilangan ialah $xy=27,5 \times 2,5 =68,75$
$ \therefore $ Hasil kali kedua bilangan ialah $68,75$
(8). Butet memiliki selembar kertas berbentuk persegi. Dia melipat serta menggunting kertas sebagai berikut:
maka gambar bangun yang terbentuk sesudah kerta tersebut dibuka adalah...
Hasil guntingan final jika puncaknya dibuang ialah berupa persegi yang ditengahnya berlubang berupa persegi juga.
$ \therefore $ Hasil guntingan final ialah $persegi$
(9). Suatu lomba diadakan untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Perlombaan tersebut ialah mengumpulkan semua bendera yang ada di pos-pos yang telah ditentukan. Setiap peserta diharuskan mengumpulkan satu bendera dari masing-masing pos. Jika setiap pos hanya mampu dilewati satu kali, maka banyak rute yang mungkin dilewati oleh peserta lomba adalah..
Banyak rute pilihan yang mungkin ialah
- Mulai-A-B-D-C-Akhir
- Mulai-A-D-B-C-Akhir
- Mulai-A-D-C-B-Akhir
- Mulai-B-A-D-C-Akhir
- Mulai-B-C-D-A-Akhir
- Mulai-C-D-B-A-Akhir
- Mulai-C-D-A-B-Akhir
- Mulai-C-B-D-A-Akhir
(10). Sepeda sirkus memiliki ukuran ban yang berbeda, ban depan berjari-jari $56\ cm$ dan ban belakang berjari-jari $70\ cm$. Jika sepeda dikendarai dan menempuh jarak $1,76\ km$. Maka roda depan dan roda belakang masing-masing berputar sebanyak...putaran
Untuk satu putaran roda jarak yang ditempuh ialah sama dengan keliling roda, maka;
- Keliling roda depan dengan $r=56\ cm$ yaitu $k=2 \pi r= 2 \times \dfrac{22}{7} \times 56=352\ cm$
Banyak putaran selama $1,76\ km=176000\ cm$ ialah $\dfrac{176000}{352}=500$ - Keliling roda belakang dengan $r=70\ cm$ yaitu $k=2 \pi r= 2 \times \dfrac{22}{7} \times 70=440\ cm$
Banyak putaran selama $1,76\ km=176000\ cm$ ialah $\dfrac{176000}{440}=400$
$ \therefore $ Banyak putaran roda ialah $500$ putaran untuk ban depan dan $400$ putaran untuk ban belakang
(11). Ayah Eko bekerja di kator dari Senin hingga Jumat dan pulang pergi ke kantor naik angkutan umum dengan biaya per harinya $Rp60.000,00$. Pada hari Senin biaya perjalanan ayah Eko lebih mahal $RP12.500,00$ daripada hari biasanya. Dalam $1$ bulan ($30$ hari), biaya paling sedikit yang harus dibayarkan ayah Eko adalah...
(Catatan: Selama $1$ bulan tidak ada hari libur selain Sabtu dan Minggu)
Dalam $1$ bulan ($30$ hari) biar pengeluaran minimum maka hari libur yaitu Sabtu dan Minggu dirancang yang paling banyak.
Satu Bulan | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|
Sen | Sel | Rab | Kam | Jum | Sab | Min |
- | - | - | - | 1 | 2 | |
3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 |
17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 |
24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 |
$ \therefore $ Biaya paling sedikit ialah $Rp1.250.000,00$
(12). Ibu Ani membeli $3$ jenis pakaian yaitu: kaos, kemeja dan celana. Ibu Ani membayar $Rp1.400.000,00$ untuk pembelian $\dfrac{3}{4}$ lusin kaos, $\dfrac{1}{2}$ lusin kemeja dan $\dfrac{1}{4}$ kodi celana. Jika harga satu celana dua kali lipat harga satu kaos dan total harga $\dfrac{1}{2}$ lusin kemeja sama dengan total harga $\dfrac{3}{4}$ lusin kaos, maka perbandingan harga satu kaos, satu kemeja dan satu celana adalah...
Kita misalkan $kaos=x$, $kemeja=y$ dan $celana=z$;
$x= \dfrac{3}{4} lusin= 9$
$y=\dfrac{1}{2} lusin=6$
$z=\dfrac{1}{4} kodi=5$
Diketahui $z=2x$, $6y=9x$ dan
$\begin{align}
9x+6y+5z & =1.400.000 \\
9x+9x+5(2x) & =1.400.000 \\
28x & =1.400.000 \\
x & = \dfrac{1.400.000}{28} \\
x & = 50.000 \\
y & = 75.000 \\
z & = 100.000 \\
\end{align}$
Perbandingan harga ialah $x : y:z=50.000:75.000:100.000$
$ \therefore $ Maka perbandingan harga ialah $2:3:4$
(13). Jika masing-masing huruf $A$ hingga $Z$ berpasangan dengan bilangan asli, contoh $A=1$, $B=2$, dan seterusnya, maka jumlah angka pada kalimat AKU SUKA MATEMATIKA adalah...
AKU SUKA MATEMATIKA
- AKU: $1+11+21=33$
- SUKA: $19+21+11+1=52$
- MATEMATIKA: $13+$$1+$$20+$$5+$$13+$$1+$$20+$$9+$$11+$$1=94$
- Jumlah keseluruhan $33+52+94=179$
(14). If $\dfrac{12}{20}=\dfrac{a}{5}=\dfrac{9}{b}$ then $a+2b$ equal to...
Dari persamaan $\dfrac{12}{20}=\dfrac{a}{5}=\dfrac{9}{b}$ kita peroleh:
- $\dfrac{12}{20}=\dfrac{a}{5}
\Rightarrow \dfrac{3}{5}=\dfrac{a}{5}$ sehingga nilai $a=3$ - $\dfrac{12}{20}=\dfrac{9}{b}
\Rightarrow \dfrac{3}{5}=\dfrac{9}{b}$ sehingga nilai $b=15$ - Nilai $a+2b=3+2(15)=33$
(15). Perhatikan contoh gambar di bawah ini
Banyak segi-$6$ pada contoh $5$ adalah...
Banyak segienam pada gambar pertama kedua dan ketiga membentuk sebuah contoh kita tuliskan:
- $1$
- $ 1 + 6=7 $
- $ 1 + 6 + 12=19$
- $1 + 6 + 12 + 18$
- $1 + 6 + 12 + 18+24=61$
(16). In this figure $ABC$ is equilateral triangle. Sides $AC$ and $BC$ are divided into tree congruents segments. If area of $ABC$ is $36\ cm^{2}$ then evaluate the shaded area in this figure...
Pada gambar coba kita beri garis kontribusi dan nama titik yang baru, kurang lebih menyerupai berikut ini;
- $\dfrac{[ACD]}{[ABD]}=\dfrac{1}{2}$
$\Rightarrow$ $2[ACD]=[ABD]$ - $ [ACD]+[ABD]=36$
$ [ACD]+2[ACD]=36$ $\Rightarrow$ $ [ACD]=12$ dan $ [ABD]=24$ - $\dfrac{[ADE]}{[ECD]}=\dfrac{1}{2}$
$\Rightarrow$ $2[ADE]=[ECD]$ - $ [ADE]+[ECD]=[ACD]$
$[ADE]+2[ADE]=12$
$\Rightarrow$ $[ADE]=4$ dan $[ECD]=8$
$ \therefore $ Luas yang diarsir ialah $28\ cm$
(17). Pada pertandingan sepak bola suatu klub sepak bola akan memperoleh nilai $3$ jika ia menang, memperoleh bilai $1$ jika seri dan nilai $0$ jika kalah. Jika selama $25$ kali pertandingan PS.OSN pernah seri dan memperoleh skor $48$, maka klub PS.OSN paling sedikit memperoleh kekalahan...kali.
PS.OSN memperoleh nilai $48$ dengan meminimalkan kekalahan untuk $25$ pertandingan;
- $25$ seri nilainya ialah $25$,
- $24$ seri dan $1$ menang nilainya $27$,
- $23$ seri dan $2$ menang nilainya $29$,
- $22$ seri dan $3$ menang nilainya $31$,
- $21$ seri dan $4$ menang nilainya $33$,
- $20$ seri dan $5$ menang nilainya $35$,
- $19$ seri dan $6$ menang nilainya $37$,
- $18$ seri dan $7$ menang nilainya $39$,
- $17$ seri dan $8$ menang nilainya $41$,
- $16$ seri dan $9$ menang nilainya $43$,
- $15$ seri dan $10$ menang nilainya $45$,
- $14$ seri dan $11$ menang nilainya $47$,
- $13$ seri dan $12$ menang nilainya $49$,
$ \therefore $ Paling sedikit memperoleh kekalahan ialah $1$ kali
(18). Dodi, Endang, Fahmi, dan Gafiz berlomba melempar batu. Hasil perlombaan diperoleh: $5\%$ lemparan Endang lebih jauh dari lemparan Dodi, $8\%$ lemparan Fahim lebih bersahabat dari lemparan Dodi dan $10\%$ lemparan Gafiz lebih jauh dari lemparan Dodi. Jika rata-rata jarak lemparan mereka $305,25\ dm$, maka jarak lemparan Gafiz adalah...
Misal: Dodi=$D$, Endang=$E$, Fahmi=$F$, dan Gafiz=$G$.
- $E=5\%+D$ atau $E=105\%D$
- $F+8\%=D$ atau $F=92\%D$
- $G=10\%+D$ atau $G=110\%D$
$\begin{align}
305,25 &= \dfrac{D+E+F+G}{4} \\
1221 &= D+E+F+G \\
1221 &= 100\%D+105\%D+92\%D+110\%D \\
1221 &= 407\%D \\
D &= \dfrac{1221 \times 100}{407} =300 \\
G &= 110\% \times 300 = 330
\end{align}$
$ \therefore $ Jarak lemparan Gafiz ialah $330\ dm$
(19). Dalam suatu perlombaan lari pada ajang Asian Games $10$ orang pelari akan berlomba termasuk $2$ orang pelari Indonesia Ari dan Eka. Rata-rata Kecepatan $10$ orang pelari ialah $11\ km/jam$. Jika kecepatan Eka lebih lambat $3\ km/jam$ dari kecepatan Ari dan rata-rata kecepatan keduanya ialah $12\ km/jam$, maka rata-rata kecepatan dari $9$ orang pelari selain Eka adalah...
Misal: Ari=$A$ dan Eka=$E$ dan Pelari lain $P_{1}$ hingga $P_{8}$.
Kecepatan Eka lebih lambat $3\ km/jam$ dari kecepatan Ari dan rata-rata $A$ dan $E$ ialah $12$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
A-E &= 3 \\
A+E &= 24 \\
\hline
2A &= 27 \\
A &= 13,5 \\
E &= 10,5
\end{align}$
Dari $10$ peserta lari rata-rata ialah $11$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
11 &= \dfrac{A+E+P_{1}+\cdots+P_{8}}{10} \\
110 &= A+E+P_{1}+\cdots+P_{8} \\
110-10,5 &= A+P_{1}+\cdots+P_{8} \\
99,5 &= A+P_{1}+\cdots+P_{8} \\
\bar{x}_{9} &= \dfrac{A+P_{1}+\cdots+P_{8}}{9} \\
&= \dfrac{99,5}{9}=11,05555...
\end{align}$
$ \therefore $ Rata-rata kecepatan ialah $11,0\bar{5}\ km/jam$
(20). Rata-rata ulangan matematika dari $35$ peserta didik kelas V SD HEBAT ialah $83,9$. Rata-rata nilai ulangan $17$ peserta didik ialah $80$, sedangkan rata-rata nilai ulangan $13$ peserta didik lainnya ialah $83$. Nilai ulangan terkecil yang mungkin dari 5 peserta didik sisanya adalah...
Dari $35$ peserta didik rata-rata ialah $83,9$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
83,9 &= \dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{35}}{35} \\
83,9 \times 35 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{35} \\
2936,5 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{35}
\end{align}$
Dari $17$ peserta didik rata-rata ialah $80$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
80 &= \dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{17}}{17} \\
80 \times 17 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{17} \\
1360 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{17}
\end{align}$
Dari $13$ peserta didik rata-rata ialah $83$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
83 &= \dfrac{x_{18}+x_{19}+x_{20}\cdots+x_{30}}{13} \\
83 \times 13 &= x_{18}+x_{19}+x_{20}\cdots+x_{30} \\
1079 &= x_{18}+x_{19}+x_{20}\cdots+x_{30}
\end{align}$
Jumlah nilai $5$ peserta yang lain ialah $2936,5-1360-1079=497,5$. Karena jumlah nilai $5$ siswa yang tidak diikutkan ialah $497$ dan maksimumnya ialah $500$, nilai yang terkecil yang mungkin ialah $97,5$.
$ \therefore $ Nilai ulangan terkecil ialah $97,5$
(21). Misalkan $\square$ dan $\blacktriangle$ merupakan dua bilangan. Bila $ \square \bigstar \blacktriangle =\square \times \square +$$ \blacktriangle \times \blacktriangle -$$2 \times \square \times \blacktriangle$ maka nilai bilangan faktual $ \blacktriangle $ biar $8 \bigstar \blacktriangle =169 $ adalah...
Jika kita perhatikan simbol-simbol di atas menyerupai memakai identitas bilangan berpangkat $(a-b)^{2}=a^{2}+b^{2}-2ab$
$\begin{align}
\square \bigstar \blacktriangle &= \square \times \square + \blacktriangle \times \blacktriangle - 2 \times \square \times \blacktriangle \\
\square \bigstar \blacktriangle &= \left( \square - \blacktriangle \right)^{2} \\
8 \bigstar \blacktriangle &= \left( 8 - \blacktriangle \right)^{2} \\
169 &= \left( 8 - \blacktriangle \right)^{2} \\
13^{2} &= \left( 8 - \blacktriangle \right)^{2} \\
13 &= 8 - \blacktriangle \\
\blacktriangle &= 8 - 13 =-5 \\
\end{align}$
$\begin{align}
\square \bigstar \blacktriangle &= \square \times \square + \blacktriangle \times \blacktriangle - 2 \times \square \times \blacktriangle \\
\square \bigstar \blacktriangle &= \left( \blacktriangle - \square \right)^{2} \\
8 \bigstar \blacktriangle &= \left( \blacktriangle-8 \right)^{2} \\
169 &= \left( \blacktriangle-8 \right)^{2} \\
13^{2} &= \left( \blacktriangle-8 \right)^{2} \\
13 &= \blacktriangle-8 \\
\blacktriangle &= 8 + 13 =21 \\
\end{align}$
$ \therefore $ Nilai bilangan faktual $ \blacktriangle $ ialah $21$
(22). Banyaknya bilangan bundar faktual tiga $ABC$ dengan $ABC-BCA=198$ adalah...
$\begin{align}
ABC-BCA &= 198 \\
100A+10B+C-(100B+10C+A) &= 198 \\
99A-90B-9C &= 198 \\
9(11A-10B-C) &= 198 \\
11A-10B-C &= 22 \\
11 \left( A- \dfrac{10B-C}{11} \right) &= 11 \times 2
\end{align}$
Dari persamaan di atas kita peroleh $\left( A- \dfrac{10B-C}{11} \right) \equiv 2$ maka $\dfrac{10B-C}{11}$ harus bilangan bundar dan $10B-C$ kelipatan $11$
- Untuk $B=9$ maka $C=2$ dan $A$ tidak ada yang memenuhi
- Untuk $B=8$ maka $C=3$ dan $A=9$
- Untuk $B=7$ maka $C=4$ dan $A=8$
- Untuk $B=6$ maka $C=5$ dan $A=7$
- Untuk $B=5$ maka $C=6$ dan $A=6$
- Untuk $B=4$ maka $C=7$ dan $A=5$
- Untuk $B=3$ maka $C=8$ dan $A=4$
- Untuk $B=2$ maka $C=9$ dan $A=3$
Ide, referensi, atau penjabaran dari alternatif penyelesaian soal diatas dibantu oleh teman-teman guru matematika di Matematika Nusantara.
Berikut beberapa file yang dijadikan lampiran atau rujukan:
- Soal Olimpiade Sains Nasional SD tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika download
- Soal Olimpiade Sains Nasional SD tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang IPA download
- Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika oleh Miftahus Saidin Download
- Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika oleh Hendri Purnomo Download
Pembahasan soal diatas masih jauh dari sempurna, Jadi jika ada masukan yang sifatnya membangun terkait duduk kasus alternatif penyelesaian atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan😊CMIIW
Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊
Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan cara pilar (pintar bernalar);
Belum ada Komentar untuk "Soal Dan Pembahasan Osn Sd Tingkat Provinsi Tahun 2019 Bidang Matematika"
Posting Komentar