Rpp Matematika Skala Peta Dan Model Kurikulum 2013
RPP matematika skala Peta dan Model kurikulum 2013
Matematika ialah pelayan bagi pelajaran yang lain, sebagai teladan nya ialah mata pelajaran IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial. Materi Matematika dan IPS ada kaitanya sebagaimana materi skala peta. Oleh lantaran ialah itu maka untuk mendukung pembelajaran IPS maka pembelajaran matematika potongan skala peta harus di berikan dengan maksimal sehingga kompetensi siswa perihal materi ini terpenuhi. Materi skala peta dan model disajikan pada pelajaran matematika tingkat atau kelas VII semester 2. Untuk melakukan layanan embelajaran yang baik maka kali ini kami akan membagikan kepada anda semua RPP matematika skala Peta dan Model kurikulum 2013.
Perhatikan gambaran RPP matematika skala Peta dan Model kurikulum 2013 ini kemudian silakan anda download RPPnya pada potongan bawah artikel. Kami sudah menyediakan link download Rppnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Kartika XII-1
Mata Pelajaran : Metematika
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/II (Dua)
Materi Pokok : Perbandingan
Sub Materi : Skala, Peta dan Model
Alokasi Waktu : 3 Jam Pelajaran (120 menit )
A. Kompetensi Inti
KI-1 | : | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya. |
KI-2 | : | Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KI-3 | : | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata |
KI-4 | : | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah asing (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.8 Membedakan perbandingan senilaidan berbalik nilai dengan menggunakan table data, grafik, dan persamaan | 3.8.1 Menentukan skala pada peta dan model 3.8.2 Menentukan jarak sesungguhnya dua kota apabila diketahui peta dengan skala tertentu 3.8.3 Menentukan jarak dua kota pada peta apabila diketahui jarak sesungguhnya dan skala tertentu 3.8.4 Menentukan ukuran sesungguhnya dari suatu benda apabila diketahui skala dan ukuran modelnya 3.8.5 Menentukan ukuran suatu model apabila diketahui skala dan ukuran sebenarnya |
4.8 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai | 4.8.1 Menyelesaikan dilema dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan skala, ukuran sesungguhnya dan ukuran benda model |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi dan tanya jawab akseptor didik dapat:
1. Menentukan skala suatu peta dan model
2. Menentukan jarak sesungguhnya dua kota apabila diketahui jarakntya dalam peta.
3. Menentukan jarak pada peta apabila jarak sesungguhnya antara dua kota dan skala diketahui.
4. Menentukan ukuran sesungguhnya suatu model apabila diketahui ukuran modelnya.
5. Menentukan ukuran model apabila suatu benda akan dibuat model dengan skala tertentu.
6. Menyelesaikan masalahah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan permasalahan peta dan model
Fokus pengembangan karakter : Jujur, kerjasama, tanggung jawab
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Skala pada peta
b. Skala pada termometer
c. Model (maket)
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Maket
3. Materi Pembelajaran Remedial
Skala
E. Metode Pembelajaran
Model Problem Based Learning
F. Media dan Bahan
1. Media | : | Bahan tayang PowerPoint/Video |
2. Alat dan Bahan | : | Kertas plano, spidol |
G. Sumber Belajar
Sumber Belajar | : | As’ari AR, dkk. 2017. Buku Siswa SMP /Mts Matematika Kelas VII Semester II, Jakarta: Kemdikbud. Halaman : 32 - 40, lingkungan kelas/sekolah, dan internet |
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan (3 x 40’)
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1. Guru menawarkan salam. 2. Guru meminta salah seorang akseptor didik untuk memimpin berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran akseptor didik. 3. Tujuan yang akan dicapai: Guru menawarkan tujuan pembelajaran hari ini yaitu akseptor didik akan merampungkan dilema yang terkait dengan perbandingan senilai yang berlaku di dalam peta yaitu skala 4. Apersepsi: Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman akseptor didik perihal bilangan pecahan. 5. Manfaat: Guru menawarkan manfaat materi ini dengan menjelaskan pemakaiannya dalam pelajaran matematika selanjutnya misalnya pada dilema kesebangunan. 6. Rencana kegiatan: Guru menawarkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan adalah problem based learning yaitu akseptor didik akan berguru dengan cara melakukan penyelidikan, berkelompok dan mempresentasikan hasil diskusi untuk merampungkan suatu dilema yang berkaitan skala peta dan model 7. Lingkup penilaian: Pengetahuan dan Keterampilan Teknik penilaian: Tertulis | 15 menit |
Inti | Fase 1: Orientasi akseptor didik pada masalah Peserta didik diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. Guru membagikan Lembar Kerja yang menyerupai yang terdapat pada Buku Paket halaman 32 dan 33 kepada akseptor didik yang berisi sebuah masalah, yaitu Jarak antara dua kota pada peta. Peserta didik diminta untuk membaca dan mencermati dilema tersebut. Fase 2: Organisasi belajar Dengan difasilitasi Guru, akseptor didik memahami dilema dengan mengidentifikasi apa yang diketahui, apa yang perlu mereka ketahui, apa yang ditanyakan, apa yang perlu dilakukan untuk merampungkan masalah, dan mengajukan dugaan hasil penyelesaian masalah. Fase 3: Penyelidikan individual maupun kelompok Peserta didik melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan gosip yang terkait dengan masalah. Guru memfasilitasi akseptor didik dalam merampungkan dilema dengan menunjukkan pertanyaan-pertanyaan kritis. Fase 4: Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah Peserta didik menuliskan hasil dari penyelesaian masalah. Peserta didik menyajikan hasil diskusinya dengan cara tertulis dan dipresentasikan. Fase 5: Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah Guru membimbing akseptor didik untuk melakukan refleksi terhadap proses penyelesaian masalah. | 90 menit |
Penutup | 1. Peserta didik bantu-membantu dengan guru membuat kesimpulan mengenai perbandingan senilai pada peta (skala). 2. Peserta didik mengerjakan quiz secara individual 3. Peserta didik bantu-membantu dengan guru merefleksi dari proses program dan hasil yang telah dilakukan. 4. Guru menunjukkan soal untuk PR . 5. Guru menawarkan materi selanjutnya yaitu skala pada kehidupan sehari-hari. 6. Salah seorang akseptor didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran. | 15 menit |
Penugasan: Kerjakan soal berlatih pada Buku Siswa halaman 39 mulai nomor 1 samapai dengan nomor 3 a. |
Pertemuan Kedua (2x40’)
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1. Guru menawarkan salam. 2. Guru meminta salah seorang akseptor didik untuk memimpin berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran akseptor didik. 3. Tujuan yang akan dicapai: Guru menawarkan tujuan pembelajaran hari ini yaitu akseptor didik akan merampungkan dilema yang terkait dengan skala 5. Apersepsi: Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman akseptor didik perihal bilangan pecahan. 6. Manfaat: Guru menawarkan manfaat materi ini dengan menjelaskan pemakaiannya dalam pelajaran matematika selanjutnya misalnya pada dilema kesebangunan. 7. Rencana kegiatan: Guru menawarkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan adalah problem based learning yaitu akseptor didik akan berguru dengan cara melakukan penyelidikan, berkelompok dan mempresentasikan hasil diskusi untuk merampungkan suatu dilema yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari misalnya skala termometer dan pengukuran tinggi pohon secara tidak langsung. 8. Lingkup penilaian: Pengetahuan dan Keterampilan Teknik penilaian: Tertulis | 5 menit |
Inti | Fase 1: Orientasi akseptor didik pada masalah Peserta didik diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. Guru membagikan Lembar Kerja terkait dengan ukuran pada peta kepada akseptor didik yang berisi sebuah masalah, yaitu Permasalahan perbandingan senilai yang ada di kehidupan sehari-hari Peserta didik diminta untuk membaca dan mencermati dilema tersebut. Fase 2: Organisasi belajar Dengan difasilitasi Guru, akseptor didik memahami dilema dengan mengidentifikasi apa yang diketahui, apa yang perlu mereka ketahui, apa yang ditanyakan, apa yang perlu dilakukan untuk merampungkan masalah, dan mengajukan dugaan hasil penyelesaian masalah. Fase 3: Penyelidikan individual maupun kelompok Peserta didik melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan gosip yang terkait dengan masalah. Guru memfasilitasi akseptor didik dalam merampungkan dilema dengan menunjukkan pertanyaan-pertanyaan kritis. Fase 4: Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah Peserta didik menuliskan hasil dari penyelesaian masalah. Peserta didik menyajikan hasil diskusinya dengan cara tertulis dan dipresentasikan. Fase 5: Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah Guru membimbing akseptor didik untuk melakukan refleksi terhadap proses penyelesaian masalah. | 60 menit |
Penutup | 1. Peserta didik bantu-membantu dengan guru membuat kesimpulan mengenai permasalahan skala dalam kehidupan sehari-hari 2. Peserta didik mengerjakan quiz secara individual 3. Peserta didik bantu-membantu dengan guru merefleksi dari proses program dan hasil yang telah dilakukan. 4. Guru menunjukkan soal untuk PR . 5. Guru menawarkan materi selanjutnya yaitu perbandingan berbalik nilai 6. Salah seorang akseptor didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran. | 15 menit |
Penugasan: Kerjakan soal berlatih pada Buku Siswa halaman 39 mulai nomor 4 sampai dengan nomor 10 b. |
Link download
Demikian artikel tentang RPP matematika skala Peta dan Model kurikulum 2013 agar bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Rpp Matematika Skala Peta Dan Model Kurikulum 2013"
Posting Komentar