Kumpulan Teknik Promosi Penjualan Lengkap
Promosi penjualan(sales promotion) merupakan kegiatan yang sangat penting dan merupakan penggalan integral dari proses pemasaran. Berbagai cara dilakukan untuk mempromosikan produk yang dibuat.
Lingkungan bisnis kuliner inetrenasional ketika ini telah menjadi sangat kompetitif karena yaitu meningkatnya jumlah warung makan/ restoran yang memperlihatkan produk mereka. Seorang wirausahawan harus mengetahui beberapa seni administrasi penjualan untuk meningkatkan popularitas produk yang dihasilkan.
Beberapa teknik promosi yang mampu dilakukan yaitu :
Memberikan kupon (Coupons)
Teknik ini dilakukan dengan memberikan akta yang memberi hak pada pemegangnya untuk mendapat pengurangan harga menyerupai yang tercetak untuk pembelian produk tertentu. Kupon mampu dikirim, disertakan atau dilampirkan ada produk, atau diselipkan dalam iklan di majalah dan Koran. Kupon supaya efektif sebaiknya memberikan ptongan harga 15% hingga 20%.
Price-off Deals/Discount (Potongan harga)
Teknik ini dilakukan dengan memberikan penggalan harga pribadi di tempat pembelian, biasanya penggalan harga berkisar dari 10% -25%.
Premium and advertising specialties (Promosi special)
Teknik ini dilakukan dengan memberikan barang dengan biaya yang relatif rendah atau gratis sebagai insentif untuk membeli produk tertentu.
Contest and sweepstakes (Kontes dan Undian)
Teknik promosi yang dilakuakn dengan memberikan hadiah berupa proposal kesempatan untuk memenangkan uang tunai, perjalanan atau barangbarang karena yaitu membeli sesuatu. Teknik ini mampu juga dilakukan dengan cara memberikan kontes perihal mebuat jingle atau logo produk kuliner intersional yang akan dibuat.
Sampling and trial offers (pemberian teladan produk)
Merupakan teknik promosi dengan memberikan penawaran gratis untuk sejumlah produk atau jasa. Sampel itu mampu dikirim dari rumah ke rumah, dikirim lewat pos, diambil di toko, disertakan pada produk lain atau dipajang dalam suatu penawaran iklan. Pemberian sample yaitu cara yang paling efektif dan paling mahal untuk memperkenalkan suatu produk baru. Beberapa teknik yang dipergunakan pada sampling yaitu :
1) In-store sampling yaitu proteksi teladan produk di dalam took.
2) Door-to-door samplingyaitu proteksi teladan produk dengan mendatangi konsumen satu per satu. Teknik ini tidak mengecewakan mahal karena yaitu besarnya biaya tenaga kerja, tetapi mampu efektif jikalau pemasar mempunyai informasi lokasi yang sesuai dengan segmentasi dan sasaran yang akan dicapai pada area geografi tertentu.
3) Mail sampling yaitu mengirimkan teladan prosuk melalui jasa pos. Teknik ini merupakan alternatif dari distribusi door-to-door.
4) Newspaper sampling yaitu pengiriman teladan produk melalui surat kabar,
5) On-Package sampling yaitu teknik dimana teladan barang disisipkan pada kemasan produk lain, sangat berguna untuk brands targeted Contohnya: Pembelian kuliner utama berhadiah ice cream.
6) Mobile sampling yaitu membawa keluar logo untuk menghiasi mall, area rekreasi, ecan raya dan sentra perbelanjaan.
7) Brand (Product) placement yaitu teknik promosi untuk mencapai pasar dengan memasukan produk pada sebuah aktivitas televisi atau film. Contoh: artis melakuakn adegan makan/minum dengan memakai produk kuliner internsional atau di warung makan/restoran.
8) Rebates (Rabat/ proposal pengembalian tunai) yaitu memberikan pengurangan harga setelah pembelian terjadi. Konsumen mengirim buktipembelian tertentu kepada produsen. Dikenal dalam proposal barang konsumsi sebagai beli tiga, mampu satu gratis.
9) Frequency (Continuity) programs yaituteknik promosi yang mengarah kepada program-program yang berkelanjutan, menyerupai memperlihatkan konsumen discount atau hadiah produk gratis untuk mencapai terjadinya pengulangan dalam pembelian atau langganan dari brand atau perusahaan yang sama.
10) Event Sponsorship yaitu menjadi spronsor pada suatu event besar yang banyak didatangi oleh konsumen.seperti pertandingan balap mobil, konser musik atau aktivitas amal, itu menciptakan brand sangat ditonjolkan pada aktivitas tersebut sehingga menciptakan mampu diandalkan brand meningkat bersamaan dengan para penonton di aktivitas tersebut.
Demikian artikel Kumpulan Teknik Promosi Penjualan Lengkap supaya mampu bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Teknik Promosi Penjualan Lengkap"
Posting Komentar