Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan

Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai PecahanMat disini ada beberapa gambar pecahan, tetapi teman-teman saya sepertinya masih salah dalam menarik kesimpulan dari gambar yang ada, bagaimana menurtmu Mat, kata Tika.

Penarikan kesimpulan dari gambar sepertinya masuk nalar iya, kata Mat yang mulai mencoba menganalisis kenapa penarikan kesimpulan masih kurang tepat.

Siswa tidak memahami dengan benar konsep pecahan sudah pasti iya, jikalau sudah paham pasti hal itu tidak terjadi. Kita mulai dari arti pecahan,
Pecahan yaitu sebagai belahan dari suatu keseluruhan dan keseluruhan itu terdiri atas bagian-bagian yang sama [identik], atau pecahan sebagai belahan yang berukuran sama dari yang utuh atau keseluruhan.

Misal, Sebuah apel dipotong menjadi dua potong yang identik [sama persis] sehingga diperoleh dua potong apel yang sama besar. Besarnya satu potong apel itu disebut sebagai setengah atau satu perdua ditulis $\frac{1}{2}$, $\frac{1}{2}$ yang mewakili ukuran dari masing-masing potongan.

Sedangkan bila sebuah apel dipotong menjadi tiga potong yang identik [sama persis] sehingga diperoleh tiga potong apel yang sama besar. Besarnya satu potong apel itu disebut sebagai sepertiga atau satu pertiga ditulis $\frac{1}{3}$, $\frac{1}{3}$ yang mewakili ukuran dari masing-masing potongan. Dan seterusnya, ini juga berlaku bila sebuah apel dibagi lagi dalam beberapa potong yang identik [sama persis].

Kaprikornus dalam makna bahwasanya atau dalam kehidupan sehari-hari setengah apel tidak sama dengan setengah durian atau dalam bilangan cacah tiga apel tidak sama dengan tiga durian.

Pada gambar 1, Kesalahan pemahaman siswa yaitu membandingkan dua nilai pecahan dari dua objek yang berbeda [keseluruhan yang berbeda] sehingga kesimpulan yang diambil kurang tepat. Contoh lain misalnya mirip yang disebutkan diatas yaitu bila dibanding setengah apel dengan setengah durian maka yang paling besar yaitu setengah durian.

Pada gambar 2, Kesalahan pemahaman siswa hanya alasannya yakni melihat dari bentuk objek yang dilihat tidak sama sehingga disimpulkan tidak sama. Jika diperhatikan pada gambar sudah sesuai dengan konsep pecahannya yaitu belahan yang berukuran sama dari yang utuh atau keseluruhan sehingga $\frac{1}{3}$ diambil dari keseluruhan yang sama sudah benar.

Untuk menguatkan siswa bahwa siSwa yang menyimpulkan hal mirip ini salah, mampu ditambah dengan membuat persegi panjang dengan kotak-kotak kecil sehingga siswa mampu menghitung banyak kotak-kotak kecil pada $\frac{1}{3}$ pertama sama dengan $\frac{1}{3}$ kedua walaupun bentuknya tidak sama tetapi alasannya yakni berasal dari keseluruhan yang sama maka nilai $\frac{1}{3}$ itu yaitu sama.

Pada gambar 3, Kesalahan pemahaman siswa yaitu tidak memperhatikan objek yang dibagi menjadi terdiri atas bagian-bagian yang sama. Pembagian pada segitiga menjadi tiga belahan yang tidak sama, menimbulkan kesalahan dalam penarikan kesimpulan bahwa satu belahan dari tiga pada segitiga yaitu $\frac{1}{3}$ . Sebagai komplemen bila hal ini dianggap anak-anak benar, maka pendapat ini juga akan menguatkan pendapat gambar yang kedua yaitu $\frac{1}{3}$ tidak sama dengan $\frac{1}{3}$, alasannya yakni luas tempat tidak sama.

Kira-kira mirip itu analisisnya Tika, mudah-mudahan mampu dimengerti, tutup Mat.

Ok, nanti saya kasih tahu sama temanku hasil diskusi kita ini, mudah-mudahan juga ia mampu memahami bahasa kita yang sederhana ini.

Selagi kita membahas wacana pecahan nich, potong Ema, ini ada juga duduk kasus wacana pecahan yaitu Tentukan hasil dari $5\frac{7}{8} \times 3\frac{3}{7}$ dengan menggunakan ilustrasi gambar!

Kira-kira ada wangsit tidak, bagaimana kita menghitungnya dengan menggunakan gambar, saya bisanya hanya dengan hitungan biasa, yaitu:
$5\frac{7}{8} \times 3\frac{3}{7}$
$=\frac{47}{8} \times \frac{24}{7}$
$=\frac{47 \times 24}{8 \times 7}$
$=\frac{47 \times 3}{1 \times 7}$
$=\frac{141}{7}$
$=20\frac{1}{7}$

Kalau dengan gambar, bagaimana kita coba dengan menggunakan persegi-persegi dan perlindungan konsep luas, balas Tika, jikalau $5\frac{7}{8} \times 3\frac{3}{7}$ kira-kira gambarnya mirip ini;
Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan
Lalu masing-masing bidang kita berik keterangan luas uuntuk tiap daerah, kira-kira gambarnya mirip berikut:
Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan
Jika tempat yang dibatasi $5\frac{7}{8}$ dan $3\frac{3}{7}$ kita hitung, kira-kira gambarnya mirip berikut ini:
Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan
Dari gambar diatas tinggal kita hitung luas tempat keseluruhan yaitu:
$5\frac{7}{8} \times 3\frac{3}{7}$
$=15+5 \times \frac{3}{7}+ 3 \times \frac{7}{8}+\frac{7}{8} \times \frac{3}{7}$
$=15+\frac{15}{7}+ \frac{21}{8}+\frac{21}{56}$
$=15+\frac{120}{56}+ \frac{147}{56}+\frac{21}{56}$
$=15+\frac{120+147+21}{56}$
$=15+\frac{288}{56}$
$=15+\frac{36}{7}$
$=15+5\frac{1}{7}$
$=20 \frac{1}{7}$
Benar, benar karenanya sama, kata Ema, mudah-mudahan ini mampu membantu teman-teman yang menanyakan hal ini. Sekarang kita sudah mampu istirahat dulu iya, besok kita lanjutkan kembali diskusinya.

Sebagai komplemen coba dibaca-baca juga wacana pecahan lainnya, yaitu:

Jika ada masukan yang sifatnya membangun terkait duduk kasus Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan, silahkan disampaikan, kami dengan senang hati segera menanggapinya😊😊.

Jika Bermanfaat👌 Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring👀

Video pilihan khusus untuk Anda 😂 Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan sangat kreatif;
Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel